Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) menciptakan sebuah inovasi baru dalam dunia pendidikan melalui Program Kreativitas Mahasiswa Riset Sosial Humaniora Asosiasi MIPA LPTK Indonesia (PKM-RSH AMLI). Mereka mengembangkan media pembelajaran inovatif berjudul “Comic Book Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Articulate Storyline Bernuansa Lentog Tanjung Kudus”.
Proyek penelitian ini berfokus pada pengembangan komik berbasis pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang terintegrasi dengan perangkat lunak Articulate Storyline, dan menggunakan kearifan lokal Lentog Tanjung Kudus sebagai tema utamanya. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dalam materi aritmatika sosial. Uji coba sendiri telah dilakukan pada siswa kelas VII D di SMP Negeri 41 Semarang, yang berlangsung dari 22 Agustus hingga 5 September 2024.
Hasil dari uji coba tersebut menunjukkan respon positif dari guru dan siswa, yang mengapresiasi keunikan dan efektivitas media pembelajaran ini. Tim berharap bahwa komik yang mereka kembangkan dapat dikenalkan kepada masyarakat luas dan menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran, meskipun program PKM ini telah selesai.
“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam program ini. Kami berharap inovasi ini bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan dan memotivasi kita semua untuk terus berinovasi,” ungkap Shella Fajar Cahyani, ketua tim.
Tim dipimpin oleh Shella Fajar Cahyani, mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2022, dengan anggota tim Enik Duwi Nur Cahyanti, Marlin Respita Rini, Laily Arfina Sari, dan Anggun Filisia Acuna, yang semuanya merupakan mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2022.
Mereka dibimbing oleh dosen FMIPA UNNES, Bapak Adi Satrio Ardiansyah, S.Pd., M.Pd.
Dengan inovasi ini, tim PKM FMIPA UNNES membuktikan bahwa kreativitas dan kearifan lokal dapat digabungkan untuk menciptakan solusi pembelajaran yang menarik serta efektif.