Seleksi Mandiri Program Magister dan Doktor Semester Genap Tahun 2023/2024

Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) akan menyelenggarakan Seleksi Mandiri UNNES (SM-UNNES) Pascasarjana Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, kegiatan seleksi ini merupakan penerimaan mahasiswa baru Program Magister dan Doktor yang diselenggarakan secara mandiri. Seleksi dibuka untuk pendaftar calon mahasiswa umum yang memenuhi persyaratan.

Ketentuan Umum

1. Bagi pelamar Program Magister (S2)

a. Memiliki Ijazah S1/D4 jurusan dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek, yang serumpun dengan jurusan S2 yang akan dimasuki;

b. Berindeks Prestasi minimal 2,75 atau berpengalaman kerja yang memadai.

2. Bagi pelamar Program Doktor (S3)

a. Memiliki ijazah S1/D4 & S2 dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek, yang serumpun dengan jurusan S3 yang akan dimasuki;

b. Berindeks Prestasi minimal 3,00 atau berpengalaman kerja yang memadai.

3. Mengikuti seleksi tulis berbasis komputer (UTBK) dengan materi Tes Potensi Akademik dan Kemampuan Bahasa Inggris secara online (dari domisili peserta) dan dilanjutkan wawancara secara online khusus bagi program Doktor.

4. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan program studi pilihan.

5. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa Biaya Perkuliahan Tunggal (BPT) tiap semester.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran Seleksi Mandiri UNNES untuk Pascasarjana (Magister dan Doktor) dilayani secara online yang dilaksanakan dengan rincian jadwal sebagai berikut:

No

Kegiatan

Gelombang 1

Gelombang 2

1.

Waktu Pendaftaran         

1 November – 1 Desember  2023 pkl 16.00 WIB

11 Desember 2023 – 19 Januari 2024 pkl 16.00 WIB

2.

Cetak Kartu Ujian

29 November – 4 Desember 2023

17 – 22 Januari 2024

2.

Seleksi

4 Desember 2023

22 Januari 2024

3.

Pengumuman Hasil Seleksi

7 Desember 2023 pkl 16.00 WIB

25 Januari 2024 pkl 16.00 WIB

4.

Registrasi Administrasi

8  Desember 2023 – 2 Februari 2024 pkl 16.00 WIB

26 Januari – 2 Februari 2024 pkl 16.00 WIB

5.

PKKMB & Matrikulasi

5 – 9 Februari 2024

6.

Perkuliahan Semester Genap tahun akademik 2023/2024

5 Februari 2024

Pilihan Program Studi

Daftar program studi dan kelompok program studi yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

No. Program Studi
A. PROGRAM DOKTOR (S3)
1. 110360 – Manajemen Kependidikan S3
2. 130160 – Pendidikan Bimbingan dan Konseling S3
3. 200160 – Pendidikan Seni S3
4. 220160 – Ilmu Pendidikan Bahasa S3
5. 300160 – Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S3
6. 400160 – Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam S3
7. 410160 – Pendidikan Matematika S3
8. 630160 – Pendidikan Olahraga S3
9. 710160 – Pendidikan Ekonomi S3
10. 815160 – Ilmu Hukum S3
11. 100260 – Pendidikan Dasar S3
   
B. PROGRAM MAGISTER (S2)
1. 100250 – Pendidikan Dasar S2
2. 100350 – Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2
3. 110250 – Pengembangan Kurikulum S2
4. 110350 – Administrasi Pendidikan S2
5. 120150 – Pendidikan Luar Sekolah S2
6. 130150 – Bimbingan dan Konseling S2
7. 160150 – Pendidikan Anak Usia Dini S2
8. 200150 – Pendidikan Seni S2
9. 210150 – Pendidikan Bahasa Indonesia S2
10. 220150 – Pendidikan Bahasa Inggris S2
11. 300150 – Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
12. 310050 – Kajian Sejarah S2
13. 320150 – Pendidikan Geografi S2
14. 400150 – Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam S2
15. 410150 – Pendidikan Matematika S2
16. 420150 – Pendidikan Fisika S2
17. 425050 – Fisika S2
18. 430150 – Pendidikan Kimia S2
19. 500150 – Pendidikan Kejuruan S2
20. 515050 – Teknik Sipil S2
21. 555050 – Teknik Kimia S2
22. 630150 – Pendidikan Olahraga S2
23. 645050 – Kesehatan Masyarakat S2
24. 700150 – Pendidikan Ekonomi S2
25. 705250 – Ilmu Ekonomi S2
26. 725050 – Akuntansi S2
27. 735050 – Manajemen S2
28. 805150 – Ilmu Hukum S2

 

Tata Cara Pendaftaran

Peserta tes Pascasarjana diharuskan mengikuti prosedur sebagai berikut:

a. Menyiapkan file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kb, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg;

b. Menyiapkan file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor);

c. Membuka laman https://unnes.ac.id/admission kemudian membuat akun jika belum pernah mendaftar sebelumnya;

d. Pendaftar mengisi biodata, menentukan jenjang yang dipilih, dan jalur pendaftaran Magister/Doktor Semester Genap Gelombang 1/2;

e. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran ke BNI atau BTN menggunakan Virtual Account (VA) dengan rincian sebagai berikut: 

Pendaftaran Mahasiswa S3

Rp. 750.000,- (Tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)

Pendaftaran Mahasiswa S2

Rp. 350.000,- (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah)

f. Peserta membuka laman pendaftaran untuk melengkapi  isian biodata, unggah dokumen persyaratan, kemudian melakukan finalisasi pendaftaran;

g. Mencetak Kartu Ujian pada jadwal yang ditentukan. Sebelum mencetak peserta wajib mengunggah (upload) file pas foto yang sudah disiapkan sesuai prosedur poin satu pada formulir yang telah tersedia. 

Kelengkapan Berkas

Program Magister (S2)

  1. File scan ijazah dan transkrip akademik S1;
  2. File pas foto berwarna ukuran 3 x 4;
  3. File scan Surat Rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing/mengampu;
  4. File scan Surat Izin dari Pimpinan instansi/lembaga tempat bekerja;
  5. File scan Surat Keterangan Sumber Pembiayaan;
  6. File scan Surat Keterangan berpengalaman kerja yang memadai dari pimpinan tempat bekerja bagi pendaftar yang IPK dibawah 2,75;
  7. File tersebut diupload di laman pendaftaran (Batas unggah berkas pada akhir tanggal pendaftaran) 

 

 

 

Program Magister (S3)

  1. File scan ijazah dan transkrip akademik S1 dan S2;
  2. File pas foto berwarna ukuran 3 x 4;
  3. File scan Surat Rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing/mengampu;
  4. File scan Surat Izin dari Pimpinan instansi/lembaga tempat bekerja;
  5. File scan Surat Keterangan Sumber Pembiayaan;
  6. File scan Surat Keterangan berpengalaman kerja yang memadai dari pimpinan tempat bekerja bagi pendaftar yang IPK dibawah 2,75;
  7. File tersebut diupload di laman pendaftaran (Batas unggah berkas pada akhir tanggal pendaftaran) 

 

Format surat bisa diunduh di laman pendaftaran pada bagian upload berkas.

Cara Set Tempat Ujian SM UNNES Daring

Informasi Pendaftaran

  • Petugas  Admisi dan Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  • Telepon (024) 86008700 ext. 000 Faks (024) 8508091 pada jam kerja (Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB & Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB) 
  • Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk.

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!