SM Reguler Magister dan Doktor Semester Gasal 2024/2025

Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan Seleksi Mandiri untuk menerima mahasiswa baru program Magister dan Doktor pada semester Gasal tahun akademik 2024/2025. Seleksi ini dilaksanakan untuk melakukan penjaringan calon mahasiswa Program Magister maupun Doktor kelas reguler (umum).

Persyaratan

1. Bagi pelamar Program Magister (S2)

a. Memiliki Ijazah program Sarjana/Diploma 4 jurusan dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek, yang serumpun dengan jurusan S2 yang akan dimasuki kecuali prodi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Dasar, Pendidikan Kejuruan, dan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.

b. Berindeks Prestasi Sarjana/Diploma 4 minimal 2,75 atau berpengalaman kerja minimal 5 tahun.

2. Bagi pelamar Program Doktor (S3)

a. Memiliki ijazah program Sarjana/Diploma 4 & Magister dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya yang diakui oleh Kemdikbudristek, yang serumpun dengan jurusan S3 yang akan dimasuki kecuali Manajemen Pendidikan dan Pendidikan Dasar.

b. Berindeks Prestasi Magister minimal 3,00 atau berpengalaman kerja yang minimal 5 tahun.

3. Mengikuti seleksi masuk Magister/Doktor UNNES.

4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000 untuk program Magister dan Rp. 750.000 untuk program Doktor.

5. Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki ketunaan/cacat yang dapat mengganggu kelancaran dalam melaksanakan tugas yang sesuai dengan program studi pilihan.

6. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran

No

Kegiatan

Gelombang 1

Gelombang 2

1

Pendaftaran Online

20 Maret s.d 22 Mei 2024 pukul 16.00 WIB

10 Juni – 13 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB

2

Pembayaran Pendaftaran

20 Maret s.d 22 Mei 2024 pukul 15.00 WIB

10 Juni – 13 Agustus 2024 pukul 15.00 WIB

3

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Secara Online (lokasi tes di tempat masing-masing peserta)

27 – 28 Mei 2024

15 – 16 Agustus 2024

4

Pelaksanaan Tes Wawancara Online (lokasi tes di tempat masing-masing peserta)

27 – 28 Mei 2024

15 – 16 Agustus 2024

5

Pengumuman Hasil Seleksi

31 Mei 2024 pukul 16.00 WIB

19 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB

6

Masa Registrasi Administratif

3 – 7 Juni 2024 pukul 16.00 WIB

akan diinformasikan lebih lanjut

7

Kuliah Perdana

26 Agustus 2024

Kelengkapan Berkas Bagi Pelamar Magister (S2)

  1. File Scan ijazah dan transkrip akademik S1
  2. File pas foto berwarna ukuran 3 x 4
  3. File scan Surat Rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing/mengampu dengan format (word) atau (pdf)
  4. File scan Surat izin dari Pimpinan instansi/lembaga tempat bekerja dengan format (word) atau (pdf)
  5. File scan Surat keterangan Sumber Pembiayaan dengan format (word) atau (pdf)
  6. File scan Surat keterangan berpengalaman kerja yang memadai dari pimpinan tempat bekerja bagi pendaftar yang IPK di bawah 2,75 dengan format (word) atau (pdf)

Kelengkapan Berkas Bagi Pelamar Doktor (S3)

  1. File Scan ijazah dan transkrip akademik S1 dan S2
  2. File pas foto berwarna ukuran 3 x 4
  3. File scan Surat Rekomendasi akademik dari 2 orang dosen yang pernah membimbing/mengampu dengan format (word) atau (pdf)
  4. File scan Surat izin dari Pimpinan instansi/lembaga tempat bekerja dengan format (word) atau (pdf)
  5. File scan Surat keterangan Sumber Pembiayaan dengan format (word) atau (pdf)
  6. File scan Surat keterangan berpengalaman kerja yang memadai dari pimpinan tempat bekerja bagi pendaftar yang IPK di bawah 2,75 dengan format (word) atau (pdf)
  7. Rancangan usulan penelitian disertasi (template akan diinfokan kemudian)
  8. File tersebut diupload di laman pendaftaran https://sm.unnes.ac.id

Pelaksanaan Seleksi

Seleksi Program Doktor dan Program Magister berupa Tes Tertulis dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris dan Wawancara keprodian yang
dilakukan secara daring dari lokasi masing-masing pendaftar. Jadwal seleksi dapat
dilihat di kartu ujian dan akan diinfokan melalui WA nomor resmi Admisi dan
Layanan Terpadu.

Pilihan Program Studi

Berikut Daftar Program Studi yang membuka pendaftaran pada jalur ini:

No. Program Studi Jenjang Studi
1. Manajemen Kependidikan  Program Doktor
2. Ilmu Pendidikan Bahasa Program Doktor
3. Pendidikan Olahraga Program Doktor
4. Pendidikan Seni Program Doktor
5. Pendidikan Bimbingan dan Konseling Program Doktor
6. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Doktor
7. Pendidikan Matematika Program Doktor
8. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Program Doktor
9. Kesehatan Masyarakat Program Doktor
10. Pendidikan Ekonomi Program Doktor
11. Ilmu Hukum Program Doktor
12 Pendidikan Dasar Program Doktor
No. Program Studi Jenjang Studi
1. Pendidikan Bahasa Indonesia Program Magister
2. Pendidikan Bahasa Inggris Program Magister
3. Pendidikan Olahraga Program Magister
4. Manajemen Pendidikan (Administrasi Pendidikan) Program Magister
5. Pendidikan Seni Program Magister
6. Pendidikan Matematika  Program Magister
7. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Program Magister
8. Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran (Pengembangan Kurikulum) Program Magister
9. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Magister
10. Pendidikan Dasar Program Magister
11. Bimbingan dan Konseling Program Magister
12. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Magister
13. Pendidikan Ekonomi Program Magister
14. Pendidikan Kejuruan Program Magister
15. Pendidikan Luar Sekolah Program Magister
16. Pendidikan Fisika Program Magister
17. Kesehatan Masyarakat Program Magister
18. Ilmu Ekonomi Program Magister
19. Ilmu Hukum Program Magister
20. Pendidikan Geografi Program Magister
21. Pendidikan Kimia Program Magister
22. Pendidikan Anak Usia Dini Program Magister
23. Fisika Program Magister
24. Kajian Sejarah Program Magister
25. Akutansi Program Magister
26. Manajemen Program Magister
27. Teknik Kimia Program Magister
28. Teknik Sipil Program Magister
29. Biologi Program Magister

Contoh Template Dokumen Dapat Diunduh Disini

Ketentuan Lain

1. UNNES tidak melayani pendaftaran langsung secara manual di Kampus baik di dalam atau di luar jadwal pendaftaran.

2. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

3. Peserta Seleksi Mandiri UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi

a. Diwajibkan melakukan registrasi administrasi (pengumuman registrasi diumumkan saat pengumuman hasil seleksi)

b. Dinyatakan gugur apabila:

   i. Tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan dan jadwal.

   ii. Terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/ memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

4. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman https://unnes.ac.id/admission atau notifikasi di akun pendaftaran peserta atau notifikasi Whatsapp dari nomor +628994725800

Cara Set Tempat Ujian SM UNNES Daring atau Online Domisili

Kontak

Informasi  lebih  lanjut  dapat  disampaikan  melalui petugas  Admisi dan  Layanan Terpadu  (ALT)  UNNES  Gedung  H  (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang pada jam kerja

  • Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB
  • Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB 

Helpdesk: https://unnes.ac.id/helpdesk

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!