SM By Research Magister dan Doktor Semester Genap 2025/2026

Universitas Negeri Semarang (UNNES) membuka kesempatan untuk melanjutkan studi S2 (Magister) dan S3 (Doktor) melalui Seleksi Mandiri by Research yang dibuka sepanjang tahun. Kelas by research menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dalam pendidikan Magister Doktor, dengan fokus utama pada output penelitian dan publikasi. Berbeda dengan kelas reguler, mahasiswa tidak diwajibkan mengikuti perkuliahan terjadwal, melainkan lebih banyak melakukan pembimbingan dengan promotor baik secara daring maupun luring sesuai kesepakatan. Program ini sangat menguntungkan karena mahasiswa dapat menyelaraskan topik penelitian dengan bidang pekerjaannya, sehingga memungkinkan mereka untuk mengerjakan proposal, pengumpulan data, analisis, hingga publikasi dari lokasi kerja masing-masing.

Persyaratan Umum

  1. Mengikuti seleksi pada jadwal yang telah ditentukan.
  2. Tidak ada gangguan jiwa;
  3. Bebas narkoba;
  4. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai Mahasiswa UNNES, termasuk menanggung biaya belajar yang berupa uang kuliah, uang praktikum, dan lain-lain.

Persyaratan Khusus Bagi Pelamar Program Magister (S2)

  1. Memiliki Ijazah program Sarjana/Diploma 4 jurusan dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek, serumpun dengan jurusan S2 yang akan dimasuki kecuali prodi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Dasar, Pendidikan Kejuruan, dan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.;
  2. Berindeks Prestasi Sarjana/Diploma 4 minimal 2,75 atau berpengalaman kerja minimal 5 tahun.

Persyaratan Khusus Bagi Pelamar Program Doktor (S3)

  1. Memiliki ijazah program Sarjana/Diploma 4 & Magister dari PTN atau PTS dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Kemdikbudristek, serumpun dengan jurusan S3 yang akan dimasuki kecuali Manajemen Pendidikan dan Pendidikan Dasar;
  2. Berindeks Prestasi Magister minimal 3,00 atau berpengalaman kerja minimal 5 tahun.
  3. Membuat outline penelitian disertasi dengan template yang dapat diunduh di https://unnes.id/dokumenAdmisi.

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran

KegiatanWaktu
Pendaftaran Online10 November 2025 s.d. 23 Januari 2026 pukul 16.00 WIB
Pembayaran Pendaftaran10 November 2025 s.d. 23 Januari 2026 pukul 16.00 WIB
Seleksi28 Januari 2026
Pengumuman Hasil Seleksi30 Januari 2026
Masa Registrasi Administratifdiumumkan saat pengumuman hasil seleksi
Kuliah Perdana9 Februari 2026

Kelengkapan Berkas Pendaftaran

  1. File Usulan Riset format pdf;
  2. File pas foto berwarna ukuran 3×4 format jpg/png/JPEG maksimal 500kb;
  3. File Scan KTP berwarna format jpg/png/JPEG maksimal 500kb
  4. File Scan Transkrip Akademik S1 bagi pendaftar Magister (S2) dan Transkrip Akademik S2 bagi pendaftar Doktor (S3) berwarna format pdf maksimal 500kb;
  5. File Scan Ijazah S1 bagi pendaftar Magister (S2) dan Ijazah S2 bagi pendaftar Doktor (S3)  berwarna format pdf maksimal 500kb;
  6. File Scan Surat Izin dari Pimpinan Instansi/Lembaga Tempat Bekerja format pdf maksimal 500kb*;
  7. File Scan Surat Keterangan Pembiayaan format pdf maksimal 500kb*;
  8. File Scan Surat Keterangan Pengalaman Kerja yang Memadai (Bagi IPK < 2,75) format pdf maksimal 500kb*;
  9. File Scan Surat Rekomendasi 2 (dua) Dosen format pdf maksimal 500kb*;
  10. Materai 10.000.
  11. Template dokumen pendukung dapat diunduh: https://unnes.id/dokumenAdmisi

*) Tidak wajib diunggah

Tata Cara dan Biaya Pendaftaran

  1. Membuka laman pendaftaran https://unnes.ac.id/admission;
  2. Membuat akun pendaftaran
  3. Mengisi data diri dan unggah pas foto pada menu Identitas kemudian klik simpan data dan klik verifikasi data;
  4. Memilih jalur seleksi pendaftaran pada menu Gelombang Tersedia;
  5. Mengisikan data diri tambahan dan riwayat pendidikan;
  6. Memilih program studi (maksimal 2 program studi);
  7. Memilih Bank BTN/BNI untuk pembayaran pendaftaran;
  8. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000 untuk program Magister (S2) dan Rp. 750.000 untuk program Doktor (S3) melalui Bank yang telah dipilih menggunakan nomor Virtual Account (VA). Peserta diberi kesempatan untuk mengubah pilihan program studi maksimal sekali sebelum dilakukan pembayaran pendaftaran (pastikan nomor VA yang dibayarkan dengan pilihan prodi yang tertera di aplikasi pendaftaran sesuai). Jika peserta sudah melakukan pembayaran pendaftaran kemudian mengganti pilihan program studi, silakan klik mundur untuk melakukan pendaftaran dan pembayaran pendaftaran kembali.
  9. Mengunggah dokumen persyaratan pendaftaran;
  10. Melakukan finalisasi pendaftaran;
  11. Mencetak Kartu Peserta dan Kartu Ujian Seleksi Mandiri sesuai jadwal;
  12. Mengikuti pelaksanaan seleksi sesuai jadwal.

Pelaksanaan Seleksi Tes Wawancara Secara Online

  1. Jadwal tes wawancara: dimulai pukul 13.00 WIB s.d. maksimal 16.00 WIB
  2. Persiapan Tes Wawancara Online:
    1. Peserta menyiapkan usulan riset, kartu ujian, SKL/Ijazah, dan identitas diri (KTP/SIM/Kartu Tanda Mahasiswa);
    2. Pasokan listrik dan koneksi internet selama tes;
    3. Satu komputer/laptop/ponsel berkamera terinstal aplikasi zoom meeting yang terhubung internet;
    4. Menentukan ruang ujian yang kondusif yang akan digunakan sendiri oleh peserta.
  3. Informasi teknis pelaksanaan seleksi akan diinfokan kemudian melalui pesan WA dari nomor Admisi.

Pilihan Program Studi

No.Program StudiJenjang
Fakultas Bahasa dan Seni
1Pendidikan Bahasa IndonesiaS2
2Pendidikan Bahasa InggrisS2
3Pendidikan SeniS2
4Ilmu Pendidikan BahasaS3
5Pendidikan SeniS3
Fakultas Ekonomika dan Bisnis
1
AkuntansiS2
2Ilmu EkonomiS2
3Manajemen
S2
4Pendidikan EkonomiS2
5Pendidikan EkonomiS3
Fakultas Hukum
1Ilmu HukumS2
2Ilmu HukumS3
Fakultas Ilmu Keolahragaan
1
Pendidikan OlahragaS2
2Pendidikan OlahragaS3
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi
1
Bimbingan dan KonselingS2
2Pendidikan Anak Usia DiniS2
3Pendidikan Non FormalS2
4Pengembangan KurikulumS2
5Pendidikan Bimbingan dan KonselingS3
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
1Kajian SejarahS2
2Pendidikan GeografiS2
3Pendidikan Ilmu Pengetahuan SosialS2
4Pendidikan Ilmu Pengetahuan SosialS3
Fakultas Kedokteran
1Kesehatan Masyarakat
S2
2Kesehatan Masyarakat
S3
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
1BiologiS2
2FisikaS2
3Pendidikan FisikaS2
4Pendidikan Ilmu Pengetahuan AlamS2
5Pendidikan Kimia
S2
6Pendidikan MatematikaS2
7InformatikaS2
8Pendidikan Ilmu Pengetahuan AlamS3
9Pendidikan MatematikaS3
Fakultas Teknik
1Teknik SipilS2
2Teknik KimiaS2
Sekolah Pascasarjana
1Administrasi PendidikanS2
2Pendidikan DasarS2
3Pendidikan KejuruanS2
4Penelitian dan Evaluasi PendidikanS2
5Manajemen KependidikanS3
6Pendidikan DasarS3
7Pendidikan KejuruanS3

Contoh Template Dokumen Dapat Diunduh Disini

Ketentuan Lain

Ketentuan Lain
  1. Seluruh kegiatan pada hari/tanggal yang sudah ditentukan jika tidak disebutkan maka bertepatan pada pukul 15.00 WIB.
  2. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan kesempatan yang sama untuk studi di UNNES bagi semua etnis, agama, status, gender, disabilitas, dan kelompok yang kurang terwakili lainnya.
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberlakukan Zona Integritas, sehingga UNNES berkomitmen penuh terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas. Oleh karena itu, kami tidak menerima segala bentuk sumbangan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
  4. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  5. Peserta Seleksi Mandiri UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi:
    1. diwajibkan melakukan registrasi administrasi (pengumuman registrasi diumumkan saat pengumuman hasil seleksi);
    2. dinyatakan gugur apabila:
      1. tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan dan jadwal;
      2. terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/ memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  6. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman https://unnes.ac.id/admission, instagram @alt.unnes, notifikasi di akun pendaftaran peserta, atau notifikasi Whatsapp dari nomor +628994725800 atau +62895800403400.

Layanan Pengaduan dan Pendampingan

  1. Layanan Offline (Prioritas): Gedung H (Rektorat) Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang pada jam kerja
    1. Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB, Istirahat 12.00 -13.00 WIB
    2. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, Istirahat 11.30 -13.00 WIB
  2. Layanan Online: https://unnes.ac.id/helpdesk

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!