SM Program Profesi Insinyur 2025

Universitas Negeri Semarang akan menyelenggarakan Seleksi Mandiri untuk menerima mahasiswa baru Program Profesi Insinyur pada semester Gasal tahun akademik 2025/2026. Seleksi ini dilaksanakan untuk melakukan penjaringan calon mahasiswa Program Profesi Insinyur kelas reguler (umum).

Persyaratan Umum

  1. Memiliki latar pendidikan kualifikasi akademik Sarjana Teknik (ST) atau Sarjana Teknik Terapan (S.Tr).
  2. Memiliki latar belakang kualifikasi akademik Sarjana Pendidikan Teknik (S.Pd bidang Teknik/S.Pd.T) atau Sarjana Sains (S.Si) dengan ketentuan: memiliki pengalaman kerja dalam bidang keinsinyuran paling sedikit 3 tahun (diperlukan untuk Penyetaraan)

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran

Tahapan Seleksi dan Kalender Pendaftaran PPI UNNES Semester Gasal Tahun 2025
No.KegiatanGelombang 1Gelombang 2
1Pendaftaran Online15 s.d. 31 Januari 20251 Mei - 18 Juli 2025
2Cetak Kartu Ujian2 s.d 3 Februari 2025mulai 14 s.d 25 Juli 2025
3Pelaksanaan Seleksi Wawancara (Online)3 Februari 202525 Juli 2025 pukul 08.00 WIB
4Pengumuman Hasil Seleksi5 Februari 20251 Agustus 2025
5Masa Registrasi Administratif6 s.d 10 Februari 20255 - 15 Agustus 2025

Tata Cara Pendaftaran dan Seleksi

  1. Membuka laman https://unnes.ac.id/admission, membaca persyaratan kemudian membuat akun pendaftaran atau menggunakan akun lama jika sudah pernah mendaftar.
  2. Membayar biaya pendaftaran seleksi PPI sebesar Rp. 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah).
  3. Melakukan pendaftaran online dengan mengunggah dokumen-dokumen berikut:
    1. Salinan/Scan Ijazah S1
    2. Salinan/Scan Transkrip Nilai Akademik S1
    3. Pas Foto terbaru 4×6
    4. Salinan/Scan Akreditasi Universitas (saat lulus)
    5. Salinan/Scan Akreditasi Program Studi (saat lulus)
    6. Surat Kesediaan Mengikuti Program Profesi Keinsinyuran.
    7. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen.
    8. Surat Pengalaman Kerja
    9. Surat Ijin Pimpinan untuk mengikuti kegiatan/kuliah di PSPPI.
  4. Template dokumen seleksi dapat diunduh di laman https://unnes.id/dokumenAdmisi.

Pelaksanaan Tes

Peserta wajib mengikuti tes wawancara (peserta gelombang 1) yang dilakukan secara daring (online). Untuk teknis wawancara akan diumumkan melalui laman https://unnes.ac.id/admission atau lewat broadcast pesan Whatsapp melalui nomor resmi Admisi dan Layanan Terpadu UNNES +628994725800 atau +62895800403400 menjelang pelaksanaan seleksi. Untuk tes peserta PPI Gelombang 2 adalah tes UTBK Online yang dijadwalkan pada tanggal 25 juli 2025 pukul 08.00 WIB. Kartu ujian peserta PPI dapat diunduh pada laman sm.unnes.ac.id pada menu finalisasi -> cetak kartu ujian.

Contoh Template Dokumen Dapat Diunduh Disini

Ketentuan Lain

Ketentuan Lain
  1. Seluruh kegiatan pada hari/tanggal yang sudah ditentukan jika tidak disebutkan maka bertepatan pada pukul 15.00 WIB.
  2. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan kesempatan yang sama untuk studi di UNNES bagi semua etnis, agama, status, gender, disabilitas, dan kelompok yang kurang terwakili lainnya.
  3. Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberlakukan Zona Integritas, sehingga UNNES berkomitmen penuh terhadap prinsip transparansi dan akuntabilitas. Oleh karena itu, kami tidak menerima segala bentuk sumbangan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku.
  4. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  5. Peserta Seleksi Mandiri UNNES yang telah dinyatakan lulus seleksi:
    1. diwajibkan melakukan registrasi administrasi (pengumuman registrasi diumumkan saat pengumuman hasil seleksi);
    2. dinyatakan gugur apabila:
      1. tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan dan jadwal;
      2. terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/ memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  6. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui laman https://unnes.ac.id/admission, instagram @alt.unnes, notifikasi di akun pendaftaran peserta, atau notifikasi Whatsapp dari nomor +628994725800 atau +62895800403400.

Layanan Pengaduan dan Pendampingan

  1. Layanan Offline (Prioritas): Gedung H (Rektorat) Lantai 1 Kampus Sekaran, Gunungpati, Kota Semarang pada jam kerja
    1. Hari Senin s.d. Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB, Istirahat 12.00 -13.00 WIB
    2. Hari Jumat pukul 08.00 – 14.00 WIB, Istirahat 11.30 -13.00 WIB
  2. Layanan Online: https://unnes.ac.id/helpdesk

Manfaatkan kesempatan,
lakukan pendaftaran sekarang!