Yang Ramai dan Yang Sepi Pendaftar di SNMPTN Jalur Undangan

Kamis, 10 Maret 2011 | 21:38 WIB


Program studi (prodi) kependidikan di Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada umumnya kebanjiran peminat. Sebaliknya, sejumlah program studi nonkependidikan masih sepi pendaftar meski masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tinggal dua hari.

Sebagaimana tahun lalu, hingga Kamis (10/3) pukul 21.00 berdasarkan rekap undangan.snmptn.ac.id, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) masih menjadi “primadona” dengan total pendaftar 5.593 orang. Sebanyak 1.874 di antaranya menempatkan prodi tersebut sekaligus Unnes sebagai pilihan pertama.

Urutan berikutnya ditempati Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (2.488), Pendidikan Matematika (2.238), Pendidikan Bahasa Inggris (2.016), Akuntansi (1.638), Kesehatan Masyarakat (1.589), Manajemen (1.414), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (1.301), Pendidikan Biologi (1.148), dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (1.122).

Sastra Prancis dan Ilmu Sejarah

Di sisi lain, sejumlah program studi nonkependidikan, yang lazim disebut ilmu murni, masih relatif  sepi-sepi saja. Prodi Sastra Prancis dan Ilmu Sejarah masing-masing baru mampu menggaet satu pendaftar yang menjatuhkan pilihan pertamanya.

Urutan tersepi berikutnya, dengan kriteria mereka yang menjatuhkan pilihan pertama baik prodi maupun perguruan tingginya, ditempati Pendidikan Luar Sekolah (4), Sastra Jawa (5), Fisika (6), Pendidikan Teknik Bangunan (7), Biologi (9), dan Sastra Indonesia (9).

Gelar Ganda

“Sebenarnya, terhadap program studi kependidikan kami sudah mulai melaksanakan program double degree (gelar ganda). Sebagai pilot project, Prodi Sastra Jawa telah melaksanakan program ini mulai 2010. Cukup dengan mengambil beberapa SKS mata kuliah kependidikan yang bisa ditempuh selama dua semester, mereka yang berasal dari ilmu murni akan mendapatkan gelar sarjana pendidikan, di samping gelar sarjana murni, sehingga berhak menjadi pendidik,” kata Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Agus Wahyudin.

Dikemukakan pula, program itu akan segera dilaksanakan oleh sejumlah program studi murni lainnya. “Terutama program-program studi yang lulusannya sedang dibutuhkan sekali oleh dunia pendidikan,” katanya.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 27.674 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

42 komentar pada “Yang Ramai dan Yang Sepi Pendaftar di SNMPTN Jalur Undangan

  1. Bagaimana dg. peminat Pend. Akuntansi & Psikologi ? Kebetulan saya memilih jurusan tsb.
    Terima Kasih………….

  2. maaf.. di snmptn saya memilih unnes jadi pilihan ke 2 soalnya saya tidak tahu kalo unnes memperhitungkan hal tersebut
    bisa gak saya ubah lagi pendaftaran online nya???
    terimakasih

  3. Mau tanya peluang masuk sastra inggris berapa persen kah? Yang daftar berapa orang dan yang diterima berapa? Trus rincian biayanya berapa? Mulai dr biaya pendidikan, pembangunan, dll…

    Terima kasih,
    mitha

  4. ass
    saya mendaftar di jalur undangan bidik misi di unnes jurusan akuntansi
    saya berharap sekali bisa diterima
    mohon pihak unnes memberi saya kesempatan.
    karena ini adalah satu satunya harapan saya untuk bisa kuliah
    saya hobi sekali dengan akuntansi
    trimahkasih

  5. ka’ mau tanya kalo snmptn jalur undangan pendidikan biologi , yang diliat apanya , nilai keseluruhan ato cuma biologinya ajja ???

    oh ya yg diliat nilai.n slalu naik, gmana kaka’ kelas disana ato gmana ???

  6. Kak maaf tau tnya untk prodi pendidikan fisika taun kmrn lewat jalur undangan sejumlah berapa ya yg dtrima,innsyaallah saya akan mencoba taun ini :)

  7. kakak,,,aku mau tanya untuk prodi jurusan akuntansi taun ini berapa peluang untuk ditrimanya??. . .insyaallah saya berminat untuk masuk jurusan itu..
    terima kasih..:)
    mohon jawabannya ya kakak..

  8. kalo untuk prodi akuntansi nilai rata2 minimalnya berapa? untuk yg dari luar kota kira2 peluang di terima nya besar nggak?

  9. selamat sore..
    min, saya mau tanya,jumlah peserta snmptn yang pilih prodi sastra prancis berapa banyak yah???..

    mohon jawabannya..
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *