Workshop Media Pembelajaran PAUD

Selasa, 27 November 2012 | 16:38

DOC.PAUD

Berita Terkait

Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus kreatif sehingga mampu membuat media pembelajaran yang menarik bagi peserta didiknya. Demikian kata Agustinus Arum Eka dosen pendidikan guru PAUD Unnes, ketika memberikan materi dalam workshop pembelajaran pendidik PAUD Jumat (23/11) di gedung Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) kampus Unnes Sekaran, Gunungpati.

“Kebutuhan tenaga pendidik PAUD semakin meningkat. Penting bagi seorang tenaga pendidik untuk memiliki keterampilan dalam membuat rancangan media pembelajaran yang menarik bagi anak didiknya,” katanya.

Untuk meningkatkan keterampilan, peserta tidak hanya memperoleh teori tetapi juga melakukan praktik pembuatan media dari bahan daur ulang. Contohnya memanfaatan barang-barang bekas dari botol dan kertas  yang dibentuk menjadi alat permainan edukatif (APE). Di antaranya, miniatur orang dari botol bekas dan  mobil-mobilan dari kertas bekas sebagai media permainan anak. Selain itu, peserta juga diberikan bekal pengembangan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dengan menggunakan presentasi program power point dengan animasi untuk menarik perhatian peserta diidik.

Agar suasana belajar di dalam kelas semakin menarik, penggunaan musik juga menjadi perhatian dalam workshop tersebut. Karenanya peserta  mendapatkan praktek penciptaan lagu dengan notasi yang tepat untuk anak usia dini. Kata Amirul Mukminin, dosen PG PAUD Unnes yang juga ketua panitia. Ditambahkannya bahwa workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pendidikan anak usia dini.

Diunggah oleh :
Editor: Riki Arswendi

2 Komentar untuk “Workshop Media Pembelajaran PAUD”

  1. Zainul Mufidah

    Kamis, 24 Januari 2013 | 13:29

    workshop yang sangat menarik.
    semoga dengan adanya workshop ini mampu menambah wawasan serta sofskill para pendidik di PAUD, karena PAUD tidak jauh berbeda dengan keluarga. lingkungan PAUD merupakan dasar bagi seorang anak menumbuhkan karakter pribadinya selain di lingkungan keluarga.
    sukses selalu untuk para pendidik PAUD, semoga mampu membekali mereka dengan karakter insan rahmatan lil’alamin..
    Zainul Mufidah Pendidikan Agama Islam FIAI UII

  2. NURHAYATI

    Senin, 9 September 2013 | 00:45

    PAUD sangat penting bagi anak karena pembentuk awal karakter anak terjadi di lingkungan PAUD. Untuk itu dibutuhkan kreatifitas yang tinggi bagi tenaga pendidikan Paud dalam merancang pembelajaran menggunakan media sehingga pembelajaran diminati oleh anak apalagi kita ketahui dunia anak pada jenjang paud adalah dunia permainan sehingga bagaimna seorang guru memberikan permainan yang bermakna yang di dalamnya terdapat pembelajaran yang dibutuhkan si anak .terima kasih

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log
^Back to Top