Wonogiri Borong Juara Sinden Idol 2012

Senin, 3 Desember 2012 | 0:34 WIB


Wonogiri Borong Juara Sinden Idol 2012
LINTANG HAKIM/HUMAS

Lina Rohmiyati, juara I Sinden Idol 2012.

Kabupaten Wonogiri berhasil memborong gelar juara pada final Sinden Idol 2012 di auditorium Universitas Negeri Semarang (Unnes), Minggu (2/12). Gelar juara I diraih lewat Lina Rohmiyati dan juara II Watik. Satu lagi gelar yang tersisa, yakni juara III diraih pesinden asal Kebumen, Eka Suranti.

Dengan gelar tersebut, Lina berhak atas trofi Gubernur Jawa Tengah dan uang Rp 20 juta, sedangkan Watik memperoleh trofi Rektor Unnes dan uang Rp 15 juta. Adapun Eka berhak membawa pulang trofi Ketua Ikatan Alumni Unnes dan uang Rp 10 juta.

Babak terakhir dari rangkaian panjang audisi yang digelar di lima kota, Wonogiri, Pati, Kebumen, Tegal, Magelang, dan Semarang. “Audisi diikuti 221 pesinden yang berusia 12 – 40 tahun yang tidak hanya dari Jawa Tengah, tetapi juga beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Tuban dan Ponorogo,” ungkap Rektor Unnes Prof Dr Sudijono Sastroatmodjo, penggagas acara, saat menyampaikan sambutan.

Pada audisi itulah dari tiap-tiap kota dipilih tiga orang atau total 18 untuk mengikuti karantina dan pelatihan di bawah bimbingan pencipta gending yang juga dosen Karawitan Unnes, Widodo Brotosejati. Kedelapan belas peserta itu kemudian berkompetisi pada babak semifinal yang kemudian menyisakan 10 finalis.

Selain lomba, penyelenggara juga memberikan anugerah sinden legendaris kepada almarhum Nyi Tjondrolukito (Yogyakarta), Nyi Ngatirah (Semarang), dan Nyi Tukinem (Surakarta). Mereka mendapatkan tali asih dari Unnes, masing-masing Rp 5 juta.

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat membuka lomba menyatakan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut. “Sinden Idol harus berlanjut,” kata Gubernur yang hadir hingga lomba usai.

Juri dalam lomba tersebut Widodo Brotosejati (Unnes), Ki Darsono (guru sinden, Solo), Nyi Supadmi (ISI Solo), serta juri kehormatan Prof Dr Supriadi Rustad (Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ditjen Dikti Kemdikbud) dan Dr Ir Sri Puryono (Asisten Sekda Provinsi Jawa Tengah).


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 5.901 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

25 komentar pada “Wonogiri Borong Juara Sinden Idol 2012

  1. Secara keseluruhan, acara Sinden Idol sangat menarik dan sangat LUAR BIASA.
    Banyak hal yang bisa saya rasakan dalam acara ini, mendengarkan gendhing-gendhing Jawa yang sarat akan makna dan pelajaran hidup, menyiratkan suatu nilai luhur budaya Jawa.
    Namun saya bingung penulisan berita ini, di atas disebutkan diambil 3 terbaik dari tiap daerah, kedelapan masuk semi final, dan akhirnya di ambil 10 finalis.
    ada kata ‘kedelapan’, itu dari mana? Sedangkan finalis ada 10. Kemarin pada acara semifinal saya lihat ada 10 lebih. Tapi kok disitu delapan? Saya jadi bingung membacanya. Terima Kasih dan Salam Konservasi.!

  2. SELAMAT,,,,
    Untuk seluruh peserta, terutama yang sudah berhasil menjadi idola baru jagat Pesinden RI….
    Juga untuk seluruh panitia dan semua pendukung rangkaian kegiatan panjang ini, terutama saudara2ku di seluruh DPC se Jateng / Panitia Audisi Lokal yang telah “bergerilya” dengan gigihnya menjemput “bakat” terpendam di sana dan mengantarnya menjadi yang terbaik diajang ini.
    Seperti disampaikan pak Gub, semoga even SINDEN IDOL akan terus berlanjut di masa mendatang, dengan kwalitas yang jauh lebih baik tentunya.
    SELAMAT…

  3. Halo teman2 di Wonogiri, Kangmas Suparno, mas Hari dan seluruh panitia lokalnya… selamat nggih, semoga “capeknya” terobati ya, jagoannya berhasil menggondol 2 gelar terbaik ! Juga Kangmas H. Agus Sunaryo dan jajarannya dari DPC IKA Unnes kab Kebumen yg menjadi idola 3… dan semua teman lainnya tentu.

  4. Mas Wasino,.. siapa sih yang tak kenal Wonogiri, gudangnya pesinden ( namun belum semua lho yang muncul, bukan tidakmungkin masih banyak yang (jauh) lebih baik lagi dari yang sekarang ini.. Juga di wilayah lain tentunya ) Moga2 ajang serupa diwaktu mendatang lebih bagus lagi ya mas.
    Hidup Wonogiri!! , hidup sinden !! Hidup mas Wasino….
    @ mbak indah sumarni, sepertinya sudah diralat kok, — kata “belas” nya terlewatkan saat diketik ( sehingga jadi delapan ) oleh mas SHP tengah malam tadi usai acara.

  5. Selamat untuk peserta Sinden Idol (peserta audisi, finalis, dan para juara) Panjenengan semua LUAR BIASA!!!. Selamat dan sukses pula untuk panitia/penyelenggara. Semoga kata WOW! masih sangat relevan untuk mewakili semua diksi ungkapan kekaguman kepada pemenang Sinden Idol 2012. Untuk Jeng Dhesi (peserta Sinden Idol Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES … selamat juga, hebatttt!!! jangan patah semangat … masih banyak kesempatan. Panjenengan sudah menjadi Sinden Idol di kampus konservasi ini). Nuwun.

  6. Maturnuwun katur para kadang ingkang sampun kapareng paring panjurung punapadene pangayubagya dhumateng para kadang pesindhen saking Wonogiri tanapi para kadang IKA-nipun. Mugi-mugi jagading basa, sastra, seni, tuwin budaya Jawi sangsaya ngrembaka arerambatan saking SINDHEN IDHOL punika ingkang ingembanan UNNES minangka pawiyatan luhur ‘konservasi’.

  7. Ya…. jadi membanggakan kota kelahiran masing-masing. Buat saya : selamat untuk UNNES yang telah sukses menyelenggarakan acara Sinden Idol. Jaya UNNES ku. Salam konservasi…..

  8. Selamat pada para juara, salam konservasi. DPC IKA Wonogiri perlu terus membina para juaranya agar berkontribusi di skala nasional/international….Good Luck.

  9. Alhamdulillah para pesinden wonogiri dapat memberi arti dan warna bagi kelestarian budaya yang adi luhung. Selamat kami ucapkan kepada para pemenang, semua peserta dan semua panitia penyelenggara. Untuk DPP IKA mohon lain waktu ada kegiatan serupa khusus pelajar bila perlu mulai tingkat SD, SMP, SMA agar pembibitan sinden dapat lebih baik. Jangan sampai budaya ini diserobot oleh bangsa lain. Terima kasih juga kami sampaikan kepada semua pihak yang banyak mengapresiasi wonogiri, mudah-mudahan ini tidak menjadikan kesombongan.

  10. untuk saudara indah sumarni…. jangan bingung …. kalau membaca dan memahami itu yang cermat, tulisan kedelapan tidak ada, yang ada diberita diatas adalah Kedelapan belas peserta berkompetisi pada babak semifinal, kemudian dipilih 10 finalis. cukup jelas khan??? jayalah UNNES, sukses dan salam konservasi!

  11. Selamat untuk para idol dan nominator, semoga dapat mengembangkan martabat di jagad pesindenan. Sinden bukan hanya olah swara tapi diimbangi dengan olah jiwa, olah rasa, lan solah bawa.
    Terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras sejak persiapan, audisi, karantina, semi final sampai grand final.

  12. Salam SUTERE buat UNNES ku
    Saya sebagai warga asli Wonogiri dan alumni Pendidikan Kimia Unnes (wisuda April 2012) sangat bangga dengan adanya Sinden Idol ini. Menurut saya hal ini perlu dilestarikan agar kebudayaan kita tidak mati.
    Untuk peserta asal Wonogiri yang telah mendapat juara atau bagi yang belum, terima kasih, karena berkat semuanya (pesinden dan pelatih) kini membuat Kota Gaplek kita menjadi harum di Universitas.
    Barokalloh, nderek bebungah. @saking Jaten-Selogiri WONOGIRI SUKSES.

    “KANGEN UNNES”

  13. Selamat dan Sukses atas prestasi yang di raeh oleh sinden2 dari Wonogiri. memang Wonogiri tempat Gudangnya Sinden dan Penyanyi Campur sari. hayo… pertahankan dan lestarikan budaya kita. Juga tak lupa kepada Sedulur Kebumen kami mengucapkan selamat atas juara ke III nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X