Wisuda Tiga Kali, Masa Tunggu Calon Wisudawan Singkat

Selasa, 10 Juni 2014 | 7:30 WIB


Wisudawan Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam (FMIPA) Roziko tampak sangat gembira pada, Selasa (10/6). Pagi-pagi, bersama keluarganya, ia sudah berada di Auditorium Kampus Unnes Sekaran untuk mengikuti wisuda. Cita-citanya menjadi sarjana pendidikan akhirnya tercapai setelah sembilan semester menempuh pendidikan.

Roziko merasa lega karena ia bisa mengikuti wisuda tanpa harus menunggu lama. Pasalnya, sejak pertengahan 2013 lalu, Unnes menggelar wisuda tiga kali setahun. Setelah mengikuti ujian skripsi dan memvalidasi nilai, calon wisudawan bisa segera mendaftar dan mengikuti wisuda.

“Dengan begini, saya bisa segera mempersiapkan diri untuk menyiapkan karier. Kalau sy harus menunggu sampai Oktober, sy harus menunggu beberapa bulan. Itu tidak produktif,” katanya ditemui unnes.ac.id.

Manfaat yang sama dirasakan Arisa, wisudawan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Ia bekerja keras sehingga bisa menyelesaikan skripsi sejak April. Setelah seluruh kewajiban akademik diselesaikan, tanpa ragu ia langsung mendaftar wisuda periode kedua tahun 2014.

“Saya memang ingin segera lulus. Makanya, saya kejar target supaya skripsi bisa cepat selesai. Alhamdulillah, sekarang wisuda dilaksanakan tiga kali. Setelah ini saya akan konsen melanjutkan S2,” katanya.

Penambahan jadwal wisuda memang dilakukan agar masa tunggu calon wisudawan menjadi singkat. Secara periodik, wisuda akan dilaksanakan setiap Februari, Juni, dan Oktober. Dengan cara itu, universitas berharap wisduawan bisa segera lulus dan mendapatkan karier yang diidamkan atau menmepuh pendidikan lanjutan.

“Selain memperpendek waktu tunggu wisudawan. Kami juga berupaya memperpendek waktu tunggu kerja. Supaya, lulusan bisa langsung menemukan karier yang cocok dengan mereka setelah lulus,” ungkap Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Pada wisuda periode kedua tahun ini, Unnes akan mewisuda 1.053 lulusan. Dari jumlah tersebut dapat dirinci, 19 orang dari program Diploma, 959 orang dari program Sarjana 1, 73 dari program Magister, dan 6 orang dari program doktor.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 2.737 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

2 komentar pada “Wisuda Tiga Kali, Masa Tunggu Calon Wisudawan Singkat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X