Waspada, Penipuan Bermodus Tawaran Seminar Masih Terjadi

Rabu, 26 Februari 2014 | 9:21 WIB


Waspadalah, pelaku penipuan bermodus penawaran seminar ternyata masih berkeliaran. Baru-baru ini, penipuan menimpa salah satu mahasiswi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dengan tawaran mengikuti seminar di Jakarta dan fasilitas akomodasi, penipu merayu korban agar mentransfer sejumlah uang.

Diceritakan korban, awalnya pelaku menelepon dengan mengatasnamakan sebagai Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman. Pelaku memberi tahu korban bahwa korban terpilih untuk mengikuti seminar yang diselenggarakan Dirjen Dikti di Jakarta. Untuk meyakinkan korban, pelaku bahkan membacakan identitas korban.

“Dia tanya saldo di rekening saya. Saya jawab hanya Rp800 ribu. Dia bilang, kalau hanya itu tidak cukup. Supaya bisa menerima transferan biaya tiket pesawat, dia bilang saldo saya harus di atas Rp1 juta. Kemudian dia memandu saya ke ATM mentransfer uang ke rekening yang dia sebutkan,” kata korban.

Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan yang juga Pengelola Bidikmisi, Alamsyah, menghimbau mahasiswa Bidikmisi untuk tidak percaya dengan undangan seminar melalui telepon. Ia berpesan supaya mahasiswa melakukan konfirmasi kepada universitas secara langsung jika menerima emberitahuan melalui telepon atau SMS.

“Sangat tidak logis kalau pengelola kegiatan meminta mahasiswa meminta sejumlah uang. Kalau menerima begitu, jangan dipercaya. Konfirmasi lebih dulu kepada universitas,” kata Alamsyah.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.355 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

satu komentar pada “Waspada, Penipuan Bermodus Tawaran Seminar Masih Terjadi

  1. Barusan saya juga mendapat SMS yang sama, dia dana harus segera di cairkan kalau tidak dana akan kembali, dan dari nada bicaranya memaksa untuk segera, untung saya mau ke ATM masih belum bisa, karena jaraknya jauh, trus saya minta konfirmasi dari temen2….. dan saya belum sampai menuju ke ATM

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X