Unnes Siap Kembangkan Kampung Budaya

Jumat, 8 Februari 2013 | 21:08 WIB


Unnes Siap Kembangkan Kampung Budaya
DHONI ZUSTIYANTORO/HUMAS

Ilustrasi: warga asing sedang bermain gamelan di "Kampung Indonesia" Brest International Festival Maritime, Juli 2012, di Brest Prancis.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) tengah mematangkan konsep Kampung Budaya. Sebuah tempat di mana menjadi ajang akulturasi antarkultur, lokal maupun mancanegara.

“Hal itu berkait langsung dengan pencapaian visi dan misi Unnes sebagai Universitas Konservasi yang bertaraf internasional, khususnya dalam bidang seni dan budaya. Unnes siap mengembangkan kampung budaya,” ujar Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama (PR IV) Unnes, Prof Fathur Rokhman, saat rapat koordinasi belum lama ini.

Kampung Budaya, Prof Fathur mengatakan, dirancang dengan konsep besar pelestarian, pengembangan, dan pemanfaatan budaya lokal. “Selain itu harus ada relasi akademik dan praktis, program kegiatan, serta manajemen yang memadai,” katanya.

Prof Fathur juga mengatakan, pembangunan fisik tempat ini akan didanai sepenuhnya oleh Islamic Development Bank (IDB).

Dengan adanya Kampung Budaya, diharapkan Unnes bisa menjadi tempat wisata budaya dan pusat budaya di Jawa Tengah serta menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tangah.

-Badrus Siroj, admin kerjasama.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.208 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

satu komentar pada “Unnes Siap Kembangkan Kampung Budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X