Unnes Sediakan 1.858 Kursi dari SBMPTN

Senin, 25 April 2016 | 13:02 WIB


Unnes Sediakan 1.858 Kursi dari SBMPTN
Humas / Dok

Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Dr Rustono MHum

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 dimulai hari ini, Senin (25/4) pukul 08.00 hingga 20 Mei pukul 22.00 WIB mendatang. Untuk jalur ini, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan 1.858 kursi atau 30 persen dari kuota keseluruhan penerimaan mahasiswa baru Unnes tahun ini, yakni 6.285 kursi.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Unnes Prof Dr Rustono Mhum, Unnes menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri Unnes (UM Unnes). Dari SNMPTN, Unnes sudah menjaring sebanyak 2.474 kursi (40 persen) sisanya, 1.952 orang (30 persen) melalui seleksi mandiri. “Mereka akan diterima di 74 program studi (prodi) yang tersebar di delapan fakultas,” jelasnya, Senin (25/4).

Berbeda dengan tahun lalu, menurut dia, tahun ini panitia SBMPTN 2016 menyediakan dua metode ujian. Peserta bisa memilih ujian menggunakan paper based test (PBT) maupun computer based test (CBT). Peserta CBT hanya bisa mengikuti kelompok bidang sains dan teknologi (saintek) atau sosial dan humaniora (soshum). Sedangkan yang mengambil campuran hanya tersedia ujian PBT. “Di Unnes, penyelenggaraan CBT hanya tersedia untuk 100 peserta,” kata Prof Rus, panggilan akrabnya.

Prof Rus menambahkan, lewat SBMPTN, pendaftar juga bisa memperebutkan beasiswa Bidikmisi. Program tersebut merupakan beasiswa penuh yang membuat penerimanya terbebas dari segala biaya kuliah selama delapan semester. Bahkan, mereka juga menerima bantuan biaya hidup Rp 600 ribu per bulan.

“Minimal 620 paket beasiswa Bidikmisi akan dikucurkan oleh Unnes tahun ini. Namun demikian Unnes masih mengajukan tambahan kuota untuk beasiswa Bidikmisi ini,” imbuhnya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.461 kali
EDITOR : Hendi Pratama

6 komentar pada “Unnes Sediakan 1.858 Kursi dari SBMPTN

  1. Seperti halnya SNMPTN, melalui seleksi SBMPTN ini semoga bisa menyaring calon-calon mahasiswa yang layak dan kelak menjadi kaum intelek yang memberikan kontribusi bagi almamater dan bangsanya.

  2. Makin canggih saja Unnes ini (y)
    semoga mahasiswa Unnes yang baru benar-benar merupakan mahasiswa yang terbaik dari yang terbaik :)

  3. Semoga ke depannya tidak hanya 100 peserta yang bisa menggunakan CBT tetapi bisa lebih banyak lagi.
    Dan untuk calon mahasiswa yang nantinya akan diterima diseleksi secara ketat berdasarkan prestasi yang dimiliki sehingga nantinya bisa bisa memberikan banyak prestasi untuk Unnes dan Indonesia.

  4. Adik adiku, dengan doa, usaha dan kerja keras pasti kalian mampu meraih cita cita. Salah satunya lolos SBMPTN. Yang penting lihat kemampuan diri dan fakta dilapangan.. juga perhatikan passing grade. Kecermatan antara melihat kemampuan dan peluang sangat dibutuhkan dalam lolos tidaknya kalian di seleksi SBMPTN. Semangat! kuliah adalah salah satu gerbang menuju kesuksesan kalian.

    #Unnes Rumah Ilmu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *