Unnes Rekrut 300 Sarjana Pendidikan Mengajar di Pelosok

Unnes Rekrut 300 Sarjana Pendidikan Mengajar di Pelosok
FOTO: LINTANG/CLIC; DESAIN: ROCHSID TEHAPE

Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan merekrut sedikitnya 300  sarjana pendidikan untuk mengajar selama setahun di berbagai pelosok Indonesia.  Selama mengabdi, mereka akan mendapatkan biaya hidup per bulan dan setelah itu akan dibiayai untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pembantu Rektor  Bidang Akademik Agus Wahyudin  mengemukakan hal itu terkait dengan penunjukan universitasnya sebagai salah satu pelaksana program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia itu. Dalam program itu, secara nasional tahun ini akan diberangkatkan sedikitnya 3.500 orang.

”Unnes bersama 12 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) lainnya akan segera merekrut calon peserta sekaligus kelak menjadi tempat pelaksanaan PPG,” katanya.

Mereka, lanjutPR I, akan ditempatkan di wilayah yang lazim disebut 3T, yakni terdepan, terluar, dan tertinggal. Wilayah tersebut antara lain Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

Muara dari program ini, lanjut PR I, adalah munculnya guru profesional yang memiliki pengabdian  tinggi terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia. ”Setiap lulusan PPGmerupakan  guru profesional,” katanya.

Dikemukakan,  para peserta merupakan sarjana pendidikan lulusan empat tahun terakhir dan ber-IPK minimal 2,75 dari program studi yang dibutuhkan di wilayah pengabdian.

Menurutsurat yang dikirimkan oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Kemdiknas, program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia  tak lepas dari permasalahan pendidikan yang senantiasa membelit wilayah pelosok. Antara lain kekurangan guru, disparitas kualitas,  mismatched, distribusi tidak merata, tingginya angka putus sekolah, dan rendahnya angka partisipasi sekolah.

Alasan lainnya, peningkatan mutu pendidikan di wilayah itu perlu dikelola secara khusus dan sungguh-sungguh. Apalagi daerah 3T memiliki peran strategis dalam memperkukuh  ketahanan nasional dan keutuhan NKRI. Dengan begitu, perlu percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T dengan memberdayakan sarjana pendidikan dalam rangka pembekalan calon pendidik profesional melalui program ini,

Pendaftaran akan dibuka di 12 LPTK, termasuk Unnes pada 20-29 Oktober 2011 melalui website unnes.ac.id. Selanjutnya seleksi digelar 30 Oktober hingga 1 November. Sebelum diberangkatkan oleh Mendiknas pada 21 November, mereka akan mendapatkan berbagai pembekalan di LPTK penyelenggara.

214 Responses to “Unnes Rekrut 300 Sarjana Pendidikan Mengajar di Pelosok”

  1. andra mengatakan:

    PROGRAM YANG SERUPA SEPERTI INI DIADAKAN LAGI TIDAK TAHUN 2012 INI.MHON INFONYA TERIMAKASIH

  2. sujarno mengatakan:

    sya jg brminat untk mngikuti pngabdian ini, trimakasih

  3. dewi mengatakan:

    klo dikalteng ada g yaa…

  4. supri mengatakan:

    pak/bu kalau ada pembukaan lagi tolong saya dikonfirmasi lewat email saya ya pak, saya ingin bergabung tapi tidak tahu dimana website atau tempat untuk melihat update pembukaan lagi… sebelumnya terimakasih dan mohon maaf apabila kurang berkenan.

  5. EL OEMATAN.S.PD mengatakan:

    pak/ klo uda buka pendaftran SM 3T tolong konfirmsai sy d email saya, seblumnya trimakaih pak dan ibu.

  6. EL OEMATAN.S.PD mengatakan:

    pak/ibu apabila sudah buka SM 3T tolong komfirmasi saya melalui emailnya saya.Sebelumnya terimaksih pak dan ibu.

  7. Bus Pariwisata mengatakan:

    Untuk tahun 2012 masih ada tidak?

  8. Michael mengatakan:

    pak tolong berikan kesempatan kepada kami yang sudah mengajar di pedalaman sejak beberapa tahun yang lalu. saya kecewa setelah melihat pengumuman ini ternyata waktu pendaftaranya sudah selesai. sementara saya sangat mengharakan agar saya bisa mengikuti program SM 3T. pak boleh tidak kami ikut gelombang yang ke 2, dan boleh tidak maksimal usia 30 karena sekarang sudah berusia 28. 2 bulan.

  9. febri mengatakan:

    untuk tahun 2013 pendaftarannya dibuka kapan ya…?saya tunggu infonya….

  10. maryono mengatakan:

    tolong kasih info lenkap tempat pendaftaran,,,,aku mau ikut wilayah papua

Tinggalkan Balasan