MAJU BERSAMA

Unnes Rekrut 300 Sarjana Pendidikan Mengajar di Pelosok

Minggu, 16 Oktober 2011 | 20:25

FOTO: LINTANG/CLIC; DESAIN: ROCHSID TEHAPE

Berita Terkait

Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan merekrut sedikitnya 300  sarjana pendidikan untuk mengajar selama setahun di berbagai pelosok Indonesia.  Selama mengabdi, mereka akan mendapatkan biaya hidup per bulan dan setelah itu akan dibiayai untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Pembantu Rektor  Bidang Akademik Agus Wahyudin  mengemukakan hal itu terkait dengan penunjukan universitasnya sebagai salah satu pelaksana program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia itu. Dalam program itu, secara nasional tahun ini akan diberangkatkan sedikitnya 3.500 orang.

”Unnes bersama 12 lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) lainnya akan segera merekrut calon peserta sekaligus kelak menjadi tempat pelaksanaan PPG,” katanya.

Mereka, lanjutPR I, akan ditempatkan di wilayah yang lazim disebut 3T, yakni terdepan, terluar, dan tertinggal. Wilayah tersebut antara lain Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara.

Muara dari program ini, lanjut PR I, adalah munculnya guru profesional yang memiliki pengabdian  tinggi terhadap Negara Kesatuan republik Indonesia. ”Setiap lulusan PPGmerupakan  guru profesional,” katanya.

Dikemukakan,  para peserta merupakan sarjana pendidikan lulusan empat tahun terakhir dan ber-IPK minimal 2,75 dari program studi yang dibutuhkan di wilayah pengabdian.

Menurutsurat yang dikirimkan oleh Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Kemdiknas, program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia  tak lepas dari permasalahan pendidikan yang senantiasa membelit wilayah pelosok. Antara lain kekurangan guru, disparitas kualitas,  mismatched, distribusi tidak merata, tingginya angka putus sekolah, dan rendahnya angka partisipasi sekolah.

Alasan lainnya, peningkatan mutu pendidikan di wilayah itu perlu dikelola secara khusus dan sungguh-sungguh. Apalagi daerah 3T memiliki peran strategis dalam memperkukuh  ketahanan nasional dan keutuhan NKRI. Dengan begitu, perlu percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T dengan memberdayakan sarjana pendidikan dalam rangka pembekalan calon pendidik profesional melalui program ini,

Pendaftaran akan dibuka di 12 LPTK, termasuk Unnes pada 20-29 Oktober 2011 melalui website unnes.ac.id. Selanjutnya seleksi digelar 30 Oktober hingga 1 November. Sebelum diberangkatkan oleh Mendiknas pada 21 November, mereka akan mendapatkan berbagai pembekalan di LPTK penyelenggara.

Diunggah oleh :
Editor: Rochsid Tri HP

214 Komentar untuk “Unnes Rekrut 300 Sarjana Pendidikan Mengajar di Pelosok”

  1. Gilang maulana

    Minggu, 16 Oktober 2011 | 20:41

    It’s a great program,,,This is laso a nice chance for the fresh S.Pd garaduation to participate in developing education sector in our country. I hope this program will have a good progress education in our country especially in remote region…

  2. retha

    Minggu, 16 Oktober 2011 | 20:47

    wa,,,minat nih..pengen yang ke sulawesi utara.
    syarat dan ketentuanny apa ya????
    terimakasih sebelumnya.

  3. ekawati rekno anggraeni

    Minggu, 16 Oktober 2011 | 20:52

    Alhamdulillah, berita ini sudah saya temukan. untuk mendaftar perekrutan guru tersebut syaratnya apa saja? karena saya kesulitan dalam memperoleh info ini lebih lanjut. terimakasih sebelumnya.

  4. retha

    Minggu, 16 Oktober 2011 | 20:57

    Mohon info lebih lengkapnya ya….
    untuk syarat,tempat pendaftaran, dan ketentuan-ketentuan yang lainnya.
    terimakasih.

  5. nugroho tri wibowo

    Minggu, 16 Oktober 2011 | 21:20

    pengen keluar jawa, tp IPK kurang dikit bleh gak ya ikut

  6. adi setiyanto

    Minggu, 16 Oktober 2011 | 22:54

    meluuuuuuuuuu pak….nanti daerah perbatasan saya buat kuat ..biar tidk di caplok orang luar…..

  7. rusman

    Senin, 17 Oktober 2011 | 00:53

    Mohon info lebih lengkapnya ya….
    n syarat”y jg
    terimakasih

  8. vera

    Senin, 17 Oktober 2011 | 04:44

    Berita bagus dan sudah saya nanti tapi jurusan Bahasa Jawa ada kesempatan apa tidak karena ke luar Jawa gitu,terima kasih.

  9. Cinta NKRI

    Senin, 17 Oktober 2011 | 07:22

    sayang sekali saya belum lulus… baru aja mau KKN… semoga aja program 3T bisa mencerdaskan anak bangsa….

  10. rita

    Senin, 17 Oktober 2011 | 08:27

    berita bagus, semoga ada informasi lebih lanjut untuk cara pendaftarannya.terima kasih

  11. Badrus Siroj

    Senin, 17 Oktober 2011 | 08:41

    Sekedar informasi, semoga bermanfaat.
    Persyaratan Peserta:
    1. Lulusan S1 Kependidikan 4 tahun terakhir dari program studi yg terakreditasi dan sesuai dengan mata pelajaran yg dibutuhkan.
    2. Ber-IPK minimal 2,75
    3. Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
    4. Bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza) yang dibuktikan dengan surat dari yg berwenang
    5. Berkelakuan baik (surat ket.polisi)
    6. Belum menikah dan tidak akan menikah selama penugasan
    7.Memiliki motivasi dan semangat pengabdian yang tinggi
    8. Mampu menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat di daerah 3T
    9. Diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan
    (suber:brosur dikti) untuk persyaratan lebih jelas dan lebih rinci lagi silahkan menunggu informasi dari yg berwenang.

  12. Vietria

    Senin, 17 Oktober 2011 | 08:47

    saya pengen ikut..syaratnya aja,slain yg tertera di atas..kmudian jurusan yg di butuhkan apa saja.mohon berikan info yg jelas..supaya saya bsa mmpersiapkan diri…makasih atas perhatiannya

  13. agus tulus

    Senin, 17 Oktober 2011 | 09:03

    dimanapun tempatnya,seorang guru harus mau dan mampu mengabdikan dirinya untuk kecerdasan bangsa..

  14. henry yuniarko

    Senin, 17 Oktober 2011 | 09:14

    huufff. . Itulah gunanya S1,sya lu2san D2 IPK dg lbh dr ckup bs gk ya. .hmm. .
    cb kl trnsferan S1 ku ni dh slesai. .btw. . Salut&bangga kepada smua pihat terkait,maju trus oendidikan indonesia

  15. Fatih Averous

    Senin, 17 Oktober 2011 | 09:15

    Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia, ini adalah salah satu program yang bagus. Yang ingin saya tanyakan, selain IPK minimal 2,75 dan fresh graduate. apakah status harus single?

  16. aprilin

    Senin, 17 Oktober 2011 | 09:21

    mau tanya bagaimana cara mengikuti program tersebut, dan pendaftarannya dimana saja ? serta syarat pendaftaran apa saja ? mohon bantuannya . terimakasih

  17. Suciati ningsih, S.Pd

    Senin, 17 Oktober 2011 | 09:22

    Saya berminat sekali. . Mudah2n bisa masuk kedalam perekrutan. .

  18. Jati Widya Iswara

    Senin, 17 Oktober 2011 | 09:36

    ada 12 LPTK sebagai penyelenggara,,selain UNNES univ mana lagi yang ditunjuk?terimakasih

  19. al firdhaus

    Senin, 17 Oktober 2011 | 10:00

    semoga berita ini benar,,,,

    karna PT.Indonesia dbwh pmpnn anis bawasden n bpk prof.DR.boediono dlm progm Indonesia Mengajar sudah jauh hari melakukan progm kyk gni
    mga unnes jg bs membntu….

  20. wulan

    Senin, 17 Oktober 2011 | 10:27

    kok cuma 300 sarjana? sdangkan brta yang ad dikoran suara merdeka tercatat 3.500 sarjana.saya mohon info yang lebih akurat n lengkap. terimakasih

  21. Agung....

    Senin, 17 Oktober 2011 | 10:28

    Yg penting msh NKRI ikut…..
    Mohon info komplitnya

  22. aguste

    Senin, 17 Oktober 2011 | 10:38

    bagusssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  23. fiwi

    Senin, 17 Oktober 2011 | 10:39

    persyaratan,tempat pendaftaran, dan informasi yang lainya yang berkaitan dengan hal tersebut apa ya?mohon untuk di kasih informasi yang lengkap.terimakasih sebelumnya.

  24. Amien

    Senin, 17 Oktober 2011 | 10:51

    pendaftarannya bagaimana dan syarat-syarat yang harus dilampirkan apa saja..?

  25. asih

    Senin, 17 Oktober 2011 | 10:58

    selain di UNNES di LPTK mana lagi, info tersebut dapat saya peroleh? thanks

  26. yudit akbar

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:05

    Pak,untuk jurusan non kependidikan bisa daftar gak? sy punya pengalaman mengajar

  27. IRWAN GANTENG

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:09

    Kalo IPK kurang dari yg ditentukan apa bisa ikut daftar trims

  28. Gunawan

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:16

    kalau sarjana pendidikan alumni dari perguruan tinggi swasta bisa ikutan gak ya?????
    Thank you…..

  29. HARDIANTO

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:16

    saya siap tuh….tapi aku butuh syarat- syarat yang jelas…kebetulan aku sarjana pendidikan sekolah dasar dan IPK saya cukup……

  30. karetha

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:28

    saya sangat tertarik dengan program ini, tapi tolong dong infonya yg lengkap, termasuk syarat dan cara pendaftaran,terima kasih

  31. Ramlan_kurniawan

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:41

    alhamdulillah ada program seperti ini… tapi penempatan yang di jawa gx ada ya

  32. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:51

    Untuk seluruh Indonesia 3.500, khusus yang lewat Unnes 300. Silakan Saudara cermati kembali berita di dua media tersebut. Salam.

  33. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:52

    Semua universitas eks IKIP negeri di Indonesia.

  34. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:53

    Sarjana pendidikan dari PTS bisa mendaftar asalkan prodinya terakreditasi.

  35. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Senin, 17 Oktober 2011 | 11:56

    Selain Unnes, LPTK tempat pendaftaran/penyelenggara PPG: Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Gorontalo, Undiksa Bali, Universitas Negeri Manado.

  36. putra

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:04

    maaf pak itu sudah jadi pns atau hanya guru bantu saja …. dan gajinya berapa pak terima kasih

  37. pajero

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:05

    berita bagus, tapi maaf mohon segera diberi informasi yang lengkap mengingat waktu pendaftaran semakin dekat agar mereka yang berminat bisa segera mempersiapkan diri

    suwun

  38. pajero

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:09

    selain itu kontrak kerja yang hanya berlaku juga memerlukan kejelasan juga ke depannya bagaimana?

  39. yu Lie

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:17

    wah..minat banget…tapi kalo bukan lulusan unnes boleh gag ya?????

  40. ismi

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:17

    apa semua lulusan prodi kependidikan bisa mengikuti seleksi?
    karena penempatan di luar jawa kan tidak memungkinkan untuk prodi2 seperti pend. b. jawa ikut ya pak?

  41. yu Lie

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:24

    syarat-syaratnya apa saja ya?? mksh

  42. david rahman

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:31

    alhamdulillah ada program ini, tapi syarat dan cara pendaftarannya gimana?

  43. supeno

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:43

    pak mau nanya, kalo jurusan pendidikan olahraga untuk penempatan di pelosok ada gak ya….? mohon jawabanya terimakasih.

  44. ibtida

    Senin, 17 Oktober 2011 | 12:56

    what a great program!
    hopefully every single plan will go well. ^_^

  45. ERIKTA ARYZONA

    Senin, 17 Oktober 2011 | 13:12

    wes pak gak usah kesuen seleksi seleksinan, sing penting gelem ngabdi mencerdaskan anak bangsa niku pun sae, lulusan unes aku yakin bagoes bagoes kuk pak, po maneh di batesi 2,75 sudah tdk diragukan lagi kemampuannya dr angka akedimik di atas 2,75, ayo ndang mangkat ra usah kesuen

  46. umay

    Senin, 17 Oktober 2011 | 13:30

    syarat’y apa aja

  47. rela nico

    Senin, 17 Oktober 2011 | 13:50

    syrat n ketentuan’y ap yah???kirim persyaratanya kemana??trmaksih

  48. Nur Indah

    Senin, 17 Oktober 2011 | 13:54

    Info yang sangat menarik. Ini merupakan impian saya untuk mampu menjelajah Papua :)

    Mohon informasi tentang segal;a syarat yang harus dipenuhi :)

  49. dirga

    Senin, 17 Oktober 2011 | 14:15

    syaratnya apa saja ya?

  50. Moko

    Senin, 17 Oktober 2011 | 14:29

    Jaya, Unnes Jaya.
    Sekarang saya sudah di Batam, ayo susul aku………

  51. yulia

    Senin, 17 Oktober 2011 | 14:33

    syarat lain yg harus dlampirkan apa saja ya????

  52. mahardika bagus prasetyo

    Senin, 17 Oktober 2011 | 14:43

    tolonginfo yg lengkap dong,,berminat nih..:)

  53. Rachel sachin

    Senin, 17 Oktober 2011 | 15:11

    bingung……….syarat”a apa saja???trs ada pengangkatan cpns pa ga yah disana?????

  54. dwi rahmatun

    Senin, 17 Oktober 2011 | 15:36

    tu kyk skul profesi gtu y???brarti qt kudu kul lg gt dunk???berarti nant qt ngajarnya cm 1 thn??lha biz tu gmn??gmn si?sy krang jelas..mohon dijelaskan..

  55. reny kristyowati

    Senin, 17 Oktober 2011 | 15:53

    wah….info yg sgt menarik tapi syarat pendaftarannya apaja ya? trus apa lgsung bs jd PNS? mohon informasinya. mksh

  56. agus sumindar

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:09

    saya berminat sekali.. tp IPK kurang dari 2.75 bisa ga ya?
    Tolong info lebih lanjut pelaksanaanya, thanks

  57. benti ambarsari

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:21

    Program yang bagus. Yang ingin saya tanyakan, syarat pendaftarannya apa saja?, untuk formasi pendidikan matematika ada tidak? mohon informasinya.terima kasih.

  58. Galih Suryadmaja

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:24

    Kalau bukan sarjana pendidikan apakah bisa mengikuti program ini? Saya lulusan dari Etnomusikologi, dan sekarang baru menjalani studi S2, dan sudah lama saya hendak menjadi pengajar di daerah pelosok di negeri ini, Karena benci setiap melihat tayangan berita tentang kondisi sebagian masyarakat Idonesia yang “Masih Terjajah”. Tolong Informasinya…

  59. herudin

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:29

    daftare kemana…

  60. abdul halim

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:31

    alhamdulilah banget program ini dilaksanakan. trus syarat2 apa saja. truz pendidikannya apa aja yang dibutuhkan. trims

  61. rajindra

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:42

    ‘. iki pye carane?? nek gawe pengumuman sing jelas to yooooo……..
    . daftare piye? ning ndi?? opo wae syarate???……..

  62. Sonny Aji SH

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:53

    LANGSUNG SAJA PAK ….CARA PENDAFTARAN GIMANA ,,,,SAYA TIDAK BISA MENEMUKAN DI WEB ,,,,,

  63. inggar

    Senin, 17 Oktober 2011 | 16:57

    info yang menarik…
    ini syaratnya apa saja kah??pendaftarannya gmana??n syarat apa saja kah selama mnjalani kontrak??.thanks

  64. gestin

    Senin, 17 Oktober 2011 | 17:09

    Saya Unnes lulus 2006 n udh 2 taun lbh di kepulauan riau
    Masih bs ikut serta Ga ya? trims

  65. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Senin, 17 Oktober 2011 | 17:57

    Saudara-saudara semua, kami akan segera menyampaikan informasi lebih lengkap tentang program ini, di web ini pula. Ini memang baru berita awal. Sampai saat tim pusat dan tim LPTK sedang melakukan koordinasi di Yogyakarta. Silakan Saudara-saudara memantaunya lewat website ini. Saudara juga bisa mendapatkan keterangan terbaru di Pusat Humas Unnes. Salam.

  66. restiana ferli

    Senin, 17 Oktober 2011 | 18:19

    saya berminat tolong info lebih lengkapnya dan ini sudah menjadi pns atau hanya guru pengabdian saja? mohon infonya.. terima kasih.

  67. Bambang Setiawan

    Senin, 17 Oktober 2011 | 18:29

    wah sayang sekali yang dikirim hanya yang masih single padahal saya sama istri mau ikut……..? gmn ada solusi tidak ya

  68. alendra

    Senin, 17 Oktober 2011 | 18:55

    program yg d butuhkan apa az ea??,,trus biaya hdpx dpt brpa??

  69. nunung sugiyanto

    Senin, 17 Oktober 2011 | 19:27

    gimana caranya mengikuti 3t yang diselenggarakan oleh unnes, terima kasih

  70. tri wulandari

    Senin, 17 Oktober 2011 | 19:47

    wah kriteria yg belum menikah dan tdk akan menikah slma penugasan… sy tdk termasuk kriteria ne cz bntr lg mo meried… ya sdhlah, slmt b’juang kawan (yg termasuk kriteria) hehehe…

  71. muth

    Senin, 17 Oktober 2011 | 19:49

    Pak.. untuk yang di papua di tempatkan di daerah mana saja? saya sangat berminat sekali untuk mengabdi disana.. mohon infonya trimakasih..

  72. ulee

    Senin, 17 Oktober 2011 | 19:51

    stelah 1 thun jalani kontrak tu k dpanny gmana?ap langsung d angkat jd pns ato gmana?mwny sie langsung.hahahaha

  73. dyah saptarini

    Senin, 17 Oktober 2011 | 20:26

    trimakasih info, setelah selesai program dkembalikan lagi ke asal? cari kerja lagi donk
    semoga saja ini langkah menuju yang lebih baik

  74. mae

    Senin, 17 Oktober 2011 | 21:13

    ikut… uny ada ya? boleh daftar dua tempat kah? he…

  75. keith_na

    Senin, 17 Oktober 2011 | 21:24

    tahun depan ada lagi gak pak program ni….
    Piiingiiin banget ikuut n bisa ngabdi buat pendidikan…
    Tapi angkatan 08,, baru lulus tahun depan :’(

  76. imam santoso

    Senin, 17 Oktober 2011 | 22:59

    mohon kepastian,
    saya lulusan non-kependidikkan apakah bisa mengikuti program ini?
    terima kasih…..

  77. wachid octaviarto

    Senin, 17 Oktober 2011 | 23:00

    iseng-iseng berhadiah…jadi pengangguran gak enak banget…moga ini jadi pengalaman yang berharga…infonya lebih lanjut ditunggu segera pak Sucipto Hadi Purnomo….
    terima kasih sebelumnya…..

  78. Nurul Chasanah

    Senin, 17 Oktober 2011 | 23:34

    itu baru pengabdian sesungguhnya……………
    lanjutkan proram tersebut sampai tahun tahun berikutnya,,,,

  79. teguh

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 00:12

    Berarti kalau sudah 1 th kontrak lang sung terputus ya, dan kita harus cari sekolah lllain sendiri?

  80. Gatot Sukarno Putra

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 03:38

    As Wr Wb.Kalau Sudah Pengabdian dan sudah lulus sarjana apakah boleh ikut dan pengabdian yang lama apa bisa diteruskan?.Alhamdulilah syarat IPk saya memenuhi Syarat dari D3 POLINES dan SI UTP SURAKARTA Keperguruan.Atas Jawabannya saya ucapkan terimakasih.

  81. Teguh 2009

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 07:27

    program ini sangat bagus, tapi mohon kejelasan nasib setelah 1 Tahun masa penugasan. Terima kasih.

  82. Three_soesanto

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 07:31

    pak
    yang diutamakan kok lulusan PTN yang PTS juga banyak pak n g kalah saing ama PTN.
    jurusan yang dibutuhkan apa saja pak? mohon dijelaskan lebih rinci n tempat pendaftraannya bisa 0nline apa kagak.

  83. saras

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 07:52

    Saya sekarang di luar kota, tapi saya sangat minat sekali untuk penempatan di Papua… mohon informasi lengkapnya… terima kasih

  84. govinda

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 07:54

    kalimantan juga pak, perbatasan malaysia

  85. saras

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 07:58

    Saya sekarang di luar kota, tapi saya sangat minat sekali untuk penempatan di Papua… mohon informasi lengkapnya… terima kasih

  86. saras

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 07:59

    Saya sekarang di luar kota, tapi saya sangat minat sekali untuk penempatan di Papua… mohon informasi lengkapnya… terima kasih
    bisa minta no. tlp bagian humas tersebut kah?

  87. mei

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 08:07

    setelah 1 thun kontrak apa langsung bisa jd pns, otomatis???atau hanya 1 tahun kontrak trus kita cari kerja sendiri lg di tempat asl???kn repot???

  88. singgih

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 08:50

    beneran terjamin ga tujangannya??
    Kira-kira perbulan berapa???
    dan setelah setahun langsung diangkat PNS ga

  89. Junaid

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 09:06

    Melu…..

  90. bambang setyono

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 09:24

    sehubungan dengan informasi yang saya dapat sesuai dengan persyaratan harus sarjana pendidikan,tetapi pendidikan terahir saya non pendidikan akan tetapi saya memiliki akta mengajar dari perguruan tinggi yang lain.apakah saya bisa mengikuti program ini?terima kasih

  91. Sarif

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 09:25

    Lulusan PAI da ga ya. moga ja ada peluang

  92. duwi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 09:27

    kalo dah diterima, terjamin gak nanti disananya?

  93. yuni lestari

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 09:38

    habis satu tahun kontrak kerja di sana kelanjutanya nasib kita bagaimana??

  94. bambang setyono

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 09:55

    saya lulusan non pendidikan tetapi saya memiliki akta mengajar dari perguruan tinggi swasta yang lain.apakah saya bisa ikut dalam program ini?

  95. bambang setyono

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 10:19

    apakah progam yang non pendidikan tapi memiliki akta mengajar dari perguruan tinggi yang lain bisa ikut dalam progam ini ???terima kasih

  96. susi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 10:28

    pak,kalau barusan aja 3bulan yang lalu menikah,apa g bs pak mengikuti program ini,org berumah tangga kan jg perlu pekerjaan pak?mksh,tolong infony

  97. gina

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 10:35

    mohon informasi yg lebih lengkap,,dari persyratan dll.

  98. hendrie

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 11:02

    siap…
    jika negara memanggil kita, kita siap mengabdi di seluruh penjuru NKRI.
    jaya pendidikan INDONESIA!!

  99. bagus

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 11:18

    jurusan yang dibutuhkan apa saja …
    terima kasih .. salam sutera

  100. putra

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 11:25

    pak keselamatan kita terjamin tidak di daerah itu …..

  101. diyah

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 11:27

    pak ijazah saya blum kluar,cma pnya SKL ma transkip nilai dari TU UNNES bsa ikut g?

  102. setyo

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 11:31

    It’s a good job n it’s a really job from God.

  103. Banyu

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 11:51

    bagaimana dengan mahasiswa pasca smt 1, apakah bisa ikut mendaftar??

  104. fedi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 12:27

    jurusan yang diambil apa aja…….?????

  105. mav

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 13:45

    wah,,,,bgus ni…….
    pndaftran untuk semua universitas kah ? yang memiliki ijazah pengajar?

  106. Lieya

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 13:53

    Mohon info untuk jurusan yang dibutuhkan apa saja??
    Terimakasih

  107. rini tri h

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 13:57

    mohon informasi yang lebih jelas tentang program yang dibutuhkan?

  108. bp

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 13:58

    semoga informasinya berguna bagi temen temen seperjuanganku,

  109. chi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 14:13

    saya sarjana non pendidikan, tapi saya sangat tertarik dan sangat ingin ikut mengabdi dengan mengajar putra-putri bangsa yang berada di daerah 3T.

  110. chi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 14:19

    mohon informasi tentang rekrutmen guru yang lain yang tidak mensyaratkan harus dari sarjana pendidikan. karena saya yakin, kebutuhan tenaga pengajar di daerah 3T masih banyak. terima kasih.

  111. atin

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 15:43

    maf…kalo boleh tau itu kerjasama dg Indonesia Mengajar (IM) nya pak Anis Beswadan g??saya lulusan bhs Jawa kira2 bkesempatan gak y??
    nuwun

  112. debi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 15:51

    mohon informasi yang lengkap dan persyaratannya apa aja

  113. dyaz

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 16:05

    mhon info lbh lngkap’a. saya lulusan bhasa jawa,kr2 bz tdak?mksh

  114. Amar

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 16:52

    mohon informasi selengkapnya.

  115. Taufik Aunillah

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 17:06

    hmm… kesempatan

  116. sumi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 18:10

    Info yang bagus pak, tapi sayang yang dibutuhkan lulusan 4 tahun terakhir, berarti tahun 2007 ke sini ya..apa tidak bisa ditambahin lagi, saya lulusan 2004, dan masa harus belum nikah.

  117. Yeni

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 18:28

    tolong dunk, persyaratan dan keperluan lain yg dibutuhkan sgera di informasikan,,,
    mksh

  118. BEKTI

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 18:51

    kami tunggu info selengkap lengkapnya pak…semoga semua ini dapat bermanfaat untuk teman2 yang berminat menjadi pengajar di luar pulau…

  119. xoyan

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 19:21

    Pak mohon lebih lngkap infonya, mulai dari syarat, tmpat pendaftaran dan prosedur pendaftarannya, ini kan udah mndekati hari pendaftaran, biar ada persiapan untuk melengkapi syarat2nya…terimakasih atas perhatiannya.

  120. Adisti Candra

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 19:35

    Wah…info ya bagus tuh Pak…saya b’minat skali utk ikutan program itu…tlng syarat n sistem pendaftaranya djelaskan?????kira2 utk guru bhs.Inggris dbutuhkan tidak yah…terimaksaih atas info’y…

  121. Adisti Candra

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 19:41

    Pak saya lulusan dr PTS apakah saya boleh daftar???prodi saya pendidikan bahasa Inggris sudah terakreditasi “B” apakah saya boleh m’daftar????mohon info’y selengkap2nya…terimakasih Pak

  122. Fadhilah

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 19:50

    Saya berminat meskipun sekarang saya sudah bekerja,tapi apa formasi untuk Pend Teknik sipil ada pak?,

  123. deby

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 19:51

    apakah hrs mahasiswa unes?

  124. Three_soesanto

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 20:05

    temen2 semua kalau pingin lebih jelas persyaratan n ditempatkan dimana…silahkan masuk ke web nya universitas negeri malang.disitu dah lengkap.tapi saya ingin menanyakan pada bapak..tunjangan per bulannya berapa.cukup kagak pak hidup nan jauh dimato.thank

  125. putry methic ijoe

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 20:20

    haduwww, klo gak boleew nikah slma tugas,, brat jg ne, sbntr lg merid…,met berjuang aja tmn@ ku smuaw….

  126. SAMSUL

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 20:22

    itu gmn pak apakah lulusan diluar unes bisa/ tidak? apakah bisa langsung jadi PNS kl mendaftar.

  127. Maz DaRto

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 20:29

    prlu d cba ini…. utk pngalamn msa dpn skaligs mnjelajhi kwsn Indo…..

  128. Rossy

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 20:35

    Wah minat bangeeeeeettt….. tp syg ya slama bertugas gak boleh merid dulu hikz :( ditunggu info slnjutnya :)

  129. rohmat setiawan

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 21:13

    a.w.w…
    saya tertarik pak, dg program ini ,saya sdah lulus (S1 PAI) tpi ijasah blum keluar misalkan d ganti dg surat keterangan lulus bgmana????? bisa tidaK.,. dan mohon info selengkapnya,.,.JAZAKUM,.,.,.,

  130. dimas

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 21:16

    kami tunggu info slanjutnya,..
    klo yg udh nikah kira2 blh gk???

  131. Aulia

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 21:54

    Setelah selesai PPG, trus nanti lulusannya balik ke tempat asal masing2? or diberangkatkan lg ke daerah pelosok tempat pertama ditempatkan ya??

  132. siti kundari

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 21:58

    bagus banget, smoga dpat mmbantu masa depan anak_anak bangsa.
    dan tolong info persyaratannya dtulis lengkap &scepatnya. makasih………

  133. nurul eko pambudi

    Selasa, 18 Oktober 2011 | 22:19

    ass,sebelumnya maaf pak bu,tolong semua pertanyaan di atas di jawab biar kami calon yang benar2 ingin berjuang,bisa memberikan apa yang kita miliki…………….. dan saya bertanya, kalau sudah berkeluarga bagaimana?

  134. agus susilo

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 09:22

    Berapa batas persyaratan umur maximalnya?

  135. Susana Devi

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 09:49

    Mohon infonya bagi mahasiswa yang sudah lulus, tetapi belum dapat ikut wisuda (hanya berbekal SKL belum mempunyai ijazah) boleh ikut tidak? terima kasih

  136. Tika

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 10:34

    Lulusan 2011 boleh daftar nggak Pak?…LPTK penyelenggara di mana saja?terus mahasiswa lulusan dari luar Unnes bisa ikut daftar ga Pak??info nya kurang lengkap..terimakasih

  137. dhian

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 10:45

    saya berminat sekali,tetapi saya baru akan diwisuda blan desember esok,bagaimana apa saya masih bisa mendaftar? trimakasih…

  138. adi kurniawan

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 11:30

    insya Alloh saya tertarik… di tunggu info selanjutnya

  139. ida

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 11:47

    apakah hrus freshgraduate………………….non kependidikan plus akta boleh g yah………..adakah batasan umur

  140. faud

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:04

    Ada harapan jadi PNS g nek da ikut rekrutmen gtu an….
    biar g keplintang…..

  141. nonny

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:11

    wah, kami juga pgn nanya nech.. apakah masa depan kita setelh PPG tu jelas atau kita hrs melamar kerja lg? apakah nanti ada kmungkinanx kita dtempatkn di daerah asal kita yg jg daerah trpencil (trmsuk 3T)? apakh biaya yg digunakn wkt pmbekalan n pmbrangktnx sdh dtanggung pmrnth atau tdk? trz wkt pelathnx kira2 brp lma? mohon penjelasanx krn kmi bnr2 mmerlukan jwbnx. mksh

  142. SAIFUL LATIF

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:23

    untuk cara pendaftarannya bagai mana…?
    mohon informasinya…..! terimaksih

  143. ika Jpok fkip Uns

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 14:07

    membutuhkan guru olah raga nggak???trz kontraknya brp thun???di jamin jadi PNS nggak???

  144. imam khoirudin

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 14:29

    sama dengan program pendampingan smk.
    kalo hanya dalam waktu tertentu sifatnya hanya membantu saja, tidak bisa untuk melakukan perubahan. dan juga rawan terhadap budaya korupsi.
    kalau ingin melakukan perubahan lebih baik langsung ditujukan ke pihak sekolah2 dengan cara menunjuk guru yang benar2 profesional dan berpengalaman di bidang pendidikan.

    kalo hanya program kayak gini saya rasa kurang efektif.

  145. jannah

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 15:40

    kalo dari jurusan pend luar sekolah bisa gak ya ikut >>>

  146. rekno

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 17:23

    syaratnya apalagi pak??
    ditunggu banget lho….
    syukron. :-)

  147. Yuli erna

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 17:47

    mohon maaf mau bertnya..
    klo tinggal yudisium ap bisa masuk dalam syart pendaftrn n bisa daftar?

  148. annas maarif

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 19:09

    untuk lulusan D2 pgpjsd ada gak?

  149. irwan

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 19:18

    Mohon Maaf sya mau bretanya Pak…
    Apakah setelah 1 Tahun nati kita sdh selesai dari Luar Jawa bs langsung jdi PNS N bersertifikasi???mohon infonya yang sejelas-jelsnya.Trimksih

  150. suherman

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 19:19

    wah kesemapatan emas tuh

  151. kholilur

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 19:38

    insyaallah aku ikut ……..
    semangat semangat semangat ….. !
    mari kita cerdaskan anak2 bangsa …….

  152. suherman

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 19:51

    kesempatan bagus sekali tuh

  153. putri

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 21:07

    Pendaftaran akan dibuka di 12 LPTK,,12 lptk tu mana aja??apa cm semarang aja?

  154. udi

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 21:32

    kalo lulusan D2 PGSD.bkn dari UNS gmna pak????????
    trus kedepannya gmana,ap bisa jd PNS gitu.?????????

  155. Burhan

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 06:47

    saya ingin tanya. bagaimana cara pendaftaran onlinenya. soalnya saya sudah masuk di menu pendaftaran harus mengisikan password dulu. password apa yang harus saya isikan. atau meminta passwordnya dulu di puskom. terima kasih..

  156. maria

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 07:44

    infonya untuk mahasiswa yang sudah lulus, tetapi belum wisuda (hanya berbekal SKL belum mempunyai ijazah) boleh ikut tidak? mohon info nya

  157. anik

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:57

    kenapa 4 thn terakhir?……………………yang 6thn terakhir boleh daftar g?

  158. bimz

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:10

    .iklan.com??????????????????????????????…………………………….

  159. arif hidayat

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:23

    saya mau tanya.. gmna cara pendaftran onlinenyaaa… saya di jogja.. urlnya mana????? mohohn di BLSSSSSS

  160. roza

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:51

    pertanyaannya……..pngen DI ANGKAT jadi PNS SEMUA!kreatif diri dong, kembangkan ilmu kmu mnjadi wiraswasta yg handal………jgn mngandalkan PNS gtu, beban PEMERINTAH bertumpuk, lu2san S1 bnyak tp KURANG KREATIF buat menciptkan lahan pkerjaan….

  161. adis

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 11:00

    cara mendaftarnya gmn y??kok saya buka web ny unnes gak ada menu pendaftaran online?tlong dblz,trimz

  162. BOWO

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 11:24

    udah tanggal 20 pendaftaran online nya gimana nih pak?kok blm ada,,,,,,,,

  163. eny tri

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:03

    saya lulusan unnes th 2009 jurusan pendidikan bahasa jawa,,apakah boleh mengikuti program maju bersama mencerdaskan Indonesia???sedangkan penepatan di luar jawa yg otomatis seprtinya tdk membutuhkan bhs jawa.mohon penjelasannya untuk jurusan apa aj yg dibutuhkan…trmksh

  164. pipop

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:16

    pak, tadi kami sudah datang ke LP3, dari LP3 kami disuruh tanya ke bagian pendidikan dan evaluasi, tapi sampai sana kami belum mendapat jawaban yg pasti tentang pendaftarannya. Padahal dari websitenya pendaftarannya bisa dilakukan online atau lewat LPTK yg ditunjuk oleh dikti. sampai jam 12.00 wib kami belum bisa mendaftar secara online pak, trus bagaimana tindak lanjutnya pak?

  165. catur sari dewi

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:23

    saya lulusan pendidikan matematika lulus oktober kmrn. kalau mau daftar giman yuaw caranya..?? ini sistemnya kontrak/dapt menjadi PNS…?????

  166. Elis

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 15:16

    saya sangat berminat dan siap mengabdi di pelosok manapun, akan tetapi saya sdah menikah dan pny anak, keluarga sdh mengijinkan,bahkan bersedia ikut apabila sy nantinya di tempatkan di luar jawa setelah pengabdian. bisakah saya ikut mendaftar untuk perperan serta dalam mencerdaskan bangsa? saya lulusan th 2010 FIP BK dengan IPK 3.13 .

  167. echa

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 15:20

    Ass. Mohon maaf sebelumnya bapak. Kami mmbutuhkan informasi yang lebih detail mengenai jurusan apa saja yang dibutuhkan dalam program tersebut dan berapa kuotanya. Selain itu kami juga mmbutuhkan kejelasan mengenai bagaimana tindak lanjut ke depan dari program ini. terima kasih

  168. nymph

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 15:33

    saya lulusan pendidikan tapi Pendidikan Luar Sekolah apakah Bisa ikut program tersebut ???? terima kasih

  169. nymph

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 15:35

    Saya lulusan Pendidikan Luar Sekolah apakah bisa mengikuti program tersebut???? terima kasih

  170. hadi

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 16:00

    wah berti kalo udah nikah g bsa ya??? mskipun umur mash 26 th.termaksih

  171. zaman

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 00:30

    menarik sekali untuk diikuti… semoga sukses buat yang nantinya berkesempatan berangkat untuk mengabdi.

  172. rianta

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 00:30

    Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia pastinya bukan AKMIL karena mencerdaskan pasti menggunakan OTAK DAN KOMPETENSI, knp harus ada syarat HARUS BELUM MENIKAH? bukankah Yang sudah menikah malah mempunyai tanggung jawab yang tinggi, mampu beradaptasi dan siap berkompetisi?? Bp. Sucipto Hadi Purnomo sudah menikah dan bisa membandingkan lebih bertanggungjawab mana anda pada waktu belum menikah dan setelah menikah, mohon di kaji kembali. terimaksih.

  173. Rizqi Shaomi

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 06:18

    Assamualaikum
    Kepada Bapak dan Ibu Dosen yang kami hormati,
    Kami sangat tertarik dengan progam maju bersama ini tapi kami merasa memiliki kesulitan dalam pendaftaran online. Mohon beri petunjuk tatacara pendaftaran online. Atas respon dan perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
    Wassamualaikum
    (Rizqi Shaomi, S.Pd, Alumni PBSI UNNES angkatan 2005, sekarang mengajar di Kota Bumiayu. Jika teman-teman ada yang tahu informasinya, mohon memberi saya informasi tersebut lewat shaomi_rizqi@yahoo.co.id atau nomor handphone 085647830037)

  174. priwanti ningrum

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 09:20

    ini mulai pendaftarannya kapan pak??tolong diperjelas tanggalnya biar tdk ada kesalahan.trims

  175. ali farkhan

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 09:21

    waah bagus juga tuh program pemerintah…..mencerdaskan anak bangsa..dan bisa menjadi pengalaman buat lulusan sarjana baru..
    apa semua lulusan sarjana bisa ikut program itu yaa.. termasuk yang lulusan daru PTAIN

  176. elvira

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 10:07

    mohon info untuk kualifikasi pndidikan yg dbutuhkan&gmn pndftran bg yg jauh dr LPTK yg dtunjuk.thanks b4….^

  177. Nicolaus Praditya Nugroho

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 11:44

    Saya saat ini masih semester 3, apa boleh ikut program ini?
    saya ingin sekali mengikuti program ini . . .
    Mohon penjelasannya . . .
    Terima kasih . . .

  178. Ida Ayuk

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 13:27

    Suatu program yng bagus untuk pemerataan sarjana d daerah pelosok, namun kenapa d batasi hny untk mereka yang blm menikah? pdhal bg yg sdh menikah program itu jg merupakan suatu harapan untuk bs menyalurkan pendidikan yg di miliki untk ikut mencerdaskan anak bangsa yg jauh dr sentuhan perhatian dr para pendidik. sy berharap agr agar status dlm persyaratan agr d pertimbangkn kembali,agr kami yg sdh berkeluarga bs berperan serta, trimakasih.

  179. gilang

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 13:33

    sy sngt berminat dg program ini. syangnya sy sdh menikah. sy mohon untuk persyaratan memperbolehkan yang sdh berkeluarga bs ikut mendaftar, syukur2 sy ktrima krn sy sdh siap untuk d tempatkan d mana sj. TQ.

  180. Arie Kusworo, S.Pd

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 15:00

    Sudah bisa untuk daftar belum?

  181. ayu

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 15:24

    it is so amazing…,,saya sangat tertarik untuk mengikuti program ini. saya akan merasa sangat beruntung jika bisa diterima dalam program ini.saya juga siap ditempatkan di mana saja.saya ingin mengabdi kepada negara indonesia.semoga saya bisa diterima dlm program ini.amiiiiinn ya robb…

  182. edi prasojo

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 19:12

    saya pengin sekali mengabdi pada negara ini karena melihat keadaan pendidikan pelosok terutama diperbatasan dsb yg bgitu memprihatinkan apabila dibandingkan dgn alokasi APBN untk pndidikan 20%, saya juga dah membuktikan ini dengan WB dah 6 thn!!tapi mengapa koq harus ada syarat blm mnikah? apa tu tdk bsa drubah…pa tdk ada pemikiran bahwa kalau dah nikah tu lebih bsa bertanggung jwb&dwasa menghadapi situasi apapun,jangan2 nanti yg blm nikah kaget dgn situasi disana..smoga ini dipikirkan oleh pembuat keputusan???trima kasih

  183. sangat sangat berminat ikut program ini pa syaratnya

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 19:45

    Tolong krim info selengkapnya

  184. sangat sangat berminat ikut program ini pa syaratnya

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 19:45

    Tolong krim info

  185. Sumiati,S.Pd

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 20:13

    program ini sangat bagus, mohon diperjelas formasi yang dibutuhkan apa saja…

  186. Soekoadi

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 23:45

    saya siap mengabdiken diri ini buat ibu pertiwi NKRI.

  187. Heru Purnomo

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 08:04

    saya lulusan D2 dan tinggal menggu wisuda S1 yang insyaallah bulan November. Apa saya masih bisa ikut ????????

  188. awan

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 10:04

    mohon tanya..
    kalau saya ikut program ini apakah saya bisa jd PNS pak???
    bales plis..

  189. Yulianto

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 10:45

    Kesempatan untuk berbuat sesuatu demi negara, dan menjadi manusia berguna

  190. dian wiguna

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 13:27

    program bagus dan harus dijadikan program wajib untuk mencerdaskan bangsa indonesia bagi tenaga pendidik(warga negara RI) setelah lulus dari PTN/PTS

  191. anis

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 09:22

    bismillah ini mimpiku.semga direstui orang tua.trmakasih infonya pak cip, mas badrus,dan kawan-kawan…

  192. karmila hasanah

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 18:39

    apakah tidak ada untuk lulusan DII saya pingin sekali mengikuti ini mohon bantuannya agar ada yg menyelenggarakan untuk lulusan DII krn masih bnyak yg lulusan DII yg ingin mengikuti program ini.
    mkasih

  193. lina

    Senin, 24 Oktober 2011 | 16:16

    saya, berminat berada di jakarta.. daftar di kampus mana ya??

  194. tofik yuniarto

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 20:42

    saya minat d ambon

  195. fatho

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 22:02

    biaya hidup ada, mencukupi apa gak?
    Saya sudah lulus tapi ijazah belum keluar, boleh ikut pa gak?

  196. Agus

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 07:51

    To all# ktika dr awal anda2 sdh mempertnykan,bgaimanakah nasib stlh 1 thn nanti,d angkt jd pns gx stlhny,dpt tunjangan brp?
    it menandakan bgi anda2 yg brfikiran seperti it sblm mendftr,brarti anda sbgai sarjana pndi2kn tdklah mempunyai ktulusan untk mengabdi trhadap negeri ini..Anda trlalu brorientasi pd uang..dan it tdk jauh bda dgn sifat wakil rakyat kita..
    Tanyakan ap yg km brikan untk negaramu..bukan ap yg negara brikan untkmu..salam

  197. fafa

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 09:11

    bagaimana kelanjutan nasib para guru yang selesai dikontrak setelah 1 th?

  198. UUN

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 10:43

    Bagaimana kl janda…apa boleh mendaftar???? mohon infonya…./ Tq

  199. july

    Rabu, 26 Oktober 2011 | 18:22

    that’s great news :)

  200. saeful anwar

    Jumat, 28 Oktober 2011 | 09:14

    kok cuma 4 tahun lulusan terakhir?saya lulusan 2007…berarti gak bisa ikut dong?masih bisa di tawar gak?

  201. Susi

    Sabtu, 29 Oktober 2011 | 12:23

    asalamualaikum bapak, maaf,jurnal yang sudah mendaftar dapat dilihat di mana ya pak?

  202. sugeng k

    Sabtu, 29 Oktober 2011 | 17:37

    wah sayang q dah berkeluarga,klo blm pingin ni k NTT.klo sekalian ma istri boleh gak ya????????????

  203. jamiati

    Minggu, 30 Oktober 2011 | 18:38

    aku gak ada program kaya gini juga udah ngajar di pedalaman… ahahahaha

  204. cahyo kusuma

    Selasa, 13 Desember 2011 | 15:30

    kalau untuk program yang ke papua kapan ya?. q pengen ikut mohon info lanjutan.

  205. andra

    Kamis, 2 Februari 2012 | 11:18

    PROGRAM YANG SERUPA SEPERTI INI DIADAKAN LAGI TIDAK TAHUN 2012 INI.MHON INFONYA TERIMAKASIH

  206. sujarno

    Jumat, 24 Februari 2012 | 14:58

    sya jg brminat untk mngikuti pngabdian ini, trimakasih

  207. dewi

    Selasa, 13 Maret 2012 | 10:48

    klo dikalteng ada g yaa…

  208. supri

    Sabtu, 28 April 2012 | 20:28

    pak/bu kalau ada pembukaan lagi tolong saya dikonfirmasi lewat email saya ya pak, saya ingin bergabung tapi tidak tahu dimana website atau tempat untuk melihat update pembukaan lagi… sebelumnya terimakasih dan mohon maaf apabila kurang berkenan.

  209. EL OEMATAN.S.PD

    Rabu, 9 Mei 2012 | 13:34

    pak/ klo uda buka pendaftran SM 3T tolong konfirmsai sy d email saya, seblumnya trimakaih pak dan ibu.

  210. EL OEMATAN.S.PD

    Rabu, 9 Mei 2012 | 13:37

    pak/ibu apabila sudah buka SM 3T tolong komfirmasi saya melalui emailnya saya.Sebelumnya terimaksih pak dan ibu.

  211. Bus Pariwisata

    Kamis, 24 Mei 2012 | 08:37

    Untuk tahun 2012 masih ada tidak?

  212. Michael

    Senin, 30 Juli 2012 | 12:54

    pak tolong berikan kesempatan kepada kami yang sudah mengajar di pedalaman sejak beberapa tahun yang lalu. saya kecewa setelah melihat pengumuman ini ternyata waktu pendaftaranya sudah selesai. sementara saya sangat mengharakan agar saya bisa mengikuti program SM 3T. pak boleh tidak kami ikut gelombang yang ke 2, dan boleh tidak maksimal usia 30 karena sekarang sudah berusia 28. 2 bulan.

  213. febri

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 06:24

    untuk tahun 2013 pendaftarannya dibuka kapan ya…?saya tunggu infonya….

  214. maryono