UNNES Punya Peran Strategis Bentuk Pribadi Anak Bangsa

Rabu, 27 September 2017 | 7:00 WIB


UNNES Punya Peran Strategis Bentuk Pribadi Anak Bangsa
Humas /Dok

Universitas Negeri Semarang (UNNES) punya peran strategis membentuk pribadi anak bangsa menjadi generasi yang nasionalis, toleran dan solider.

Hal itu dikatakan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat menghadiri deklarasi aksi kebangsaan perguruan tinggi se-Indonesia melawan radikalisme, di Nusa Dua Convension Center, Bali, Senin (25/9). Aksi deklarasi itu diikuti 3.000 rektor dan pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia, serta beberapa tokoh pendidikan termasuk Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (MentistekDikti) Prof Drs Muhammad Nasir MSi Ak PhD CA.

Kegiatan ini menurut Prof Fathur, adalah momentum kebangsan yang harus jadi inspirasi untuk merawat kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Lantaran itulah, Rektor terus mengupayakan agar UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi bereputasi internasional ini mampu tampil sebagai kekuatan moral dan intelektual yang dapat diandalkan bagi Indonesia.

Pada acara penutupan, Selasa (26/9), Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo mengingatkan, perguruan tinggi adalah sumber pengetahuan dan pencerahan. Oleh karena itu Presiden menekankan, sangat berbahaya bila perguruan tinggi dimanfaatkan segelintir pihak sebagai medan infiltrasi ideologi radikalisme terorisme.

Lebih lanjut Jokowi menegaskan, perguruan tinggi harus mengambil sikap jelas dan tegas dalam mencegah dan melawan radikalisme. Perguruan Tinggi juga harus mengambil peran nyata dalam membela Pancasila dan NKRI sebagai wujud kepedulian kepada bangsa dan negara Indonedia.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 281 kali
EDITOR : Dwi Sulistiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X