Unnes Pentaskan Ketoprak, Wayang, dan Tari

Jumat, 18 April 2014 | 8:47 WIB


Unnes Pentaskan Ketoprak, Wayang, dan Tari
humas/shp

Ilustrasi

Universitas Negeri Semarang (Unnes) bakal menggelar pementasan ketoprak, wayang kulit, dan tari dalam waktu yang berdekatan, hingga akhir April 2014. Berbagai pementasan itu sekaligus mengukuhkan universitas ini konsisten dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya.

Pentas ketoprak, yang juga dikolaborasikan dengan karawitan, panembrama, tari klasik, dan tari kreasi, dilangsungkan Jumat-Sabtu, 18-19 April 2014 di B6 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes. Bumi Maeswara akan dipentaskan oleh mahasiswa Unnes yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Jawa pada 18 April 2014. Pentas itu adalah salah satu sajian dalam pentas pelantikan pengurus baru.

Sedangkan pada malam berikutnya, 19 April, Adeging Singhasari dipentaskan oleh para alumni Unnes. Pementasan dua lakon ketoprak itu masing-masing dimulai pukul 19.00. Puluhan alumni Unnes yang tersebar di berbagai wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur dijadwalkan turut meramaikan pementasan ini.

Berselang satu malam setelah itu, pergelaran wayang kulit padat selama tak lebih dari satu jam, akan dilangsungkan oleh Forum Selasa Legen Unnes untuk memperingati Hari Kartini, Senin, 21 April 2014, di auditorium kampus Sekaran. Sarasehan rutin putaran ke-51 itu menghadirkan Nyi Paksi Rukmawati yang membabar lakon Salindri. Selain mendalang, bersama sang ayah, Ki Sri Sadono Among Rogo, perempuan muda alumnus Jurusan Pedalangan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta itu bakal berbicara makna filosofis di balik lakon yang telah dibawakan.

Pada 29 April 2014, Himpunan Mahasiswa (Hima) Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik) memperingati Hari Tari Sedunia dengan menari selama 12 jam nonstop di kampus Sekaran. Pembukaan dilakukan di lapangan B7 FBS Unnes pada pukul 06.00 dilanjutkan tarian oleh sejumlah kelompok yang dipadukan dengan perkusi. Selain terpusat di FBS, para mahasiswa juga akan menari secara estafet mengelilingi kampus. Mereka juga bakal mengajak siapa pun menari untuk memperingati Hari Tari Sedunia yang diperingati setiap 29 April itu.

Keterangan selengkapnya mengenai masing-masing acara dapat diperoleh dengan menghubungi masing-masing koordinator. Pementasan ketoprak pada Ahmad Alfan (085727676109), pentas wayang kulit pada Heri Purnomo (08985300605), dan Hari Tari Sedunia pada Elinta Budy (085727134109).


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 1.629 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

3 komentar pada “Unnes Pentaskan Ketoprak, Wayang, dan Tari

  1. Universitas Negeri Semarang adalah Universitas Konservasi yang menjaga, melestarikan dan memelihara budaya Nusantara. Go Unnes!

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X