UNNES Kembangkan Surat Dinas Elektronik

Selasa, 6 September 2016 | 15:56 WIB


UNNES Kembangkan Surat Dinas Elektronik
SIHONO/HUMAS

Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan cara pelan-pelan tapi pasti akan merubah surat dinas manual menjadi elektronik.

Perubahan ini diharapkan banyak menguntungkan beberapa pihak diantaranya meminimalisir penggunaan kertas (paperless), memudahan akses dalam penggunaan, lebih cepat dalam pencarian data, efektif dan efesiensi waktu pendistribusi surat, dan memberikan peningkatan kinerja bagi sumber daya manusia pengelola surat dinas.

Kapala Sub Bagian Tata Usaha Biro Umum Hukum dan Kepegawaian Darmoyo SPd MKom menyampaikan itu saat memberi bimbingan teknis pelaksanaan sistem informasi manajemen surat dinas (Siradi), Selasa (6/9) di raktorat kampus Sekaran.

Bimbingan teknis diikuti 130 orang dari unsur Kabag, kasubbag, dan operator di lingkungan UNNES.

Darmoyo menjelaskan, pengembangan sistem ini mengacu pada peraturan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor 51 tahun 2015 tentang Tata Naskah Dinas di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Menurut Darmoyo, kinerja di dalam ‘Siradi’ ini pengelolaan surat dinas yang telah ada akan diubah menjadi sekumpulan data naskah dinas elektronik untuk dikelola secara elektronik.

Naskah elektronik ini mencakup surat-menyurat elektronik, arsip elektronik, dokumentasi elektronik, dan transaksi elektronik yang tersaji dan terekam dalam satu sistem informasi berbasis website (siradi.unnes.ac.id).
 

 


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.143 kali
EDITOR : Lintang Hakim

satu komentar pada “UNNES Kembangkan Surat Dinas Elektronik

  1. Unnes dengan semua gagasan konservatifnya akan menjadi trending topik yang selalu hangat di kalangan mahasiswa, juga universitas lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X