Tes SNMPTN di Semarang, PTN Pilihan Bisa di Mana Saja

Selasa, 10 Mei 2011 | 11:42 WIB


Para pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Ujian Tulis/Keterampilan bisa mengikuti ujian di Kota Semarang, meski program studi dan perguruan tinggi yang dipilih berada di luar kota ini, bahkan luar provinsi. Caranya, memilih Panitia Lokal (Panlok) 42 pada saat melakukan pembayaran di kantor Bank Mandiri atau anjungan tunai mandiri (ATM) bank tersebut.

Sekretaris Panlok 42 Prof Wiyanto mengingatkan hal itu sehubungan dengan masih belum dipahaminya tata cara pendaftarn secara menyeleruh oleh para pendaftar.

“Kelihatannya pilihan panlok ini sepele. Tapi jika salah dalam pengisian bisa repot sendiri. Misalnya, sekalipun pilihannya pada sebuah program studi di Universitas Cenderawasih yang berada nun jauh di Jayapura sana, peserta tetap bisa mengikuti ujian di Semarang asalkan dia memilih Panlok 42.  Namun kalau salah memilih panlok, misalnya Panlok 95, dia harus mengikuti ujian di Jayapura,” katanya.

Menurut Prof Wiyanto, seleksi secara nasional , lebeih-lebih secara online ini diharapkan lebih memudahkan calon peserta sekaligus menghemat dana masyarakat. “Dapat dibayangkan, berapa rupiah yang harus dikeluarkan jika setiap calon peserta harus datang ke perguruan tinggi yang dipilih saat pendaftaran dan nanti datang lagi saat ujian,” katanya.

Diingatkan pula, pendaftaran untuk lulusan 2009 dan 2010 terakhir Selasa (10/5) pukul 23.59, sedangkan pembayaran sudah ditutup Senin (9/5) pukul 23.59. “Namun lulusan 2011 masih bisa melakukan pendaftaran hingga 24 Mei mendatang,” kata Pembantu Rektor Bidang Akademik FMIPA Unnes ini.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 14.780 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

26 komentar pada “Tes SNMPTN di Semarang, PTN Pilihan Bisa di Mana Saja

  1. Keponakan saya ingin kuliah di Semarang, tetapi saat ini sekolah di SMAN di Pamulang Tangerang. bisakah dia daftar dan tes nya di Tangerang atau Jakarta? kalau bisa bagaimana caranya?

  2. saya ingin kuliah di unnes.. tetapi seadainya saya test nya tdak hrus di unnes apa bisa? misal di uns?karena sy tgal di solo…?

  3. bagaimana dengan yang lulusan tahun 2010, sudah bayar tapi tidak dapat masuk untuk mendaftar……………………………..

  4. maaf
    saya ingin mengetahui tanggal ujian snmptn di laksanakan itu tanggal berapa mengapa di website unnes semarang tidak di beritahukan tolong informasinya saya harap segera terimakasih

  5. @mesti n ega
    bs sekali,yg pntng swktu dftr memilih kode panlok sesuai daerah/tempat yang dekat dengan lokasi anda tinggal(bermukim)
    @bowo pndftrn utk lulusn 2009,2010 sekarang dprpanjang sampai tgl 24 mei 20011

    1. Jika sudah telanjur, tidak bisa mengubahnya lagi. Kecuali, membeli PIN baru dan terakhir tanggal 24 Mei. Salam.

  6. ASKUM, pak kalau tes SNMPTN TULIS apa harus di semarang nya?apa boleh di kampus cabang nya seperti di tegal? maturnuwun.

    1. Tidak bisa. Tes SNMPTN didasarkan pada panitia lokalnya (Semarang dengan Panlok 42), bukan perguruan tinggi pilihan.

  7. salam, saya ada kesulitan dalam nengisi biodata snmptn tulis, saya mengisi nama MUTI’ATUL UMMAH. dan pd data personal sudah betul, tetapi pd kartu tertulis MUTI'ATUL UMMAH, BAGAIMANA pak? PLEASE DIJAWAB. .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X