Tiga Jalur Seleksi Masuk PTN 2013

Anda sebentar lagi lulus SMA/MA/SMK dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (SNMPTN)? Ada baiknya memahami jalur-jalur seleksi untuk merebut bangku kuliah di perguruan tinggi milik pemerintah itu, termasuk Unnes.

Kepada unnes.ac.id, Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo menerangkan, sebagaimana PTN lain, Unnes pun mengenal tiga jalur. “Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketiga, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri,” katanya.

Apa perbedaan di antara ketiganya? “SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Tahun ini namanya SNMPTN. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran,” katanya.

Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. “Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN,” terang Rektor.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri. “Untuk Unnes, namanya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes atau lazim disingkat SPMU. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya,” katanya.

Untuk mendownload materi Informasi awal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2013.

1. Materi Sosialisasi silakan klik di sini
2. Info Awal SNMPTN 2013 silakan klik di sini
3. Press Release SNMPTN 2013 silakan klik di sini
4. Poster SNMPTN 2013 silakan klik di sini
5. Informasi SNMPTN Universitas Negeri Semarang 2013 silakan klik di sini
6. Petunjuk Pengisian PDSS silahkan klik di sini
7. Daya Tampung Unnes silakan klik di sini
8. Pendaftaran SNMPTN 2013 silahkan klik di sini
9. Petunjuk Pengisian Portofolio Bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan Silahkan klik di sini
10 Panduan Pendaftaran Peserta SNMPTN 2013 silahkan klik di sini

197 Responses to “Tiga Jalur Seleksi Masuk PTN 2013”

  1. misbahul jamal mengatakan:

    caranya bagaimana kalau mendaftar melaluin online
    mohon penjelasannya

  2. ifha mengatakan:

    apakah bsa lulusan 2012 ikut SNMPTN?trus kpan di bka pndaftaran SBMPTN?

  3. Ratna Sariningsih mengatakan:

    Saya baru dapat informasi sekarang jadi untuk pendaftaran snmptn 2013 sepertinya sudah terlambat, apakah ada susulannya?

  4. ayu nitasari mengatakan:

    SBMPTN nya kapan ya?

  5. ibnu mengatakan:

    sbmptn.nya kpan ? syaratnya apa aja?

  6. dede mengatakan:

    nice info gan! hehe

  7. Lisa Sona Yohana mengatakan:

    Min, jumlah pendaftar fakultas psikologi unnes brp sampai saat ini?

  8. Adi Kurniawan mengatakan:

    Asskum..
    mau nanya. Jalur bidikmisi kan terakhir hari ini, tadi mau daftar kok mau dimasukin tidak bisa. Klau bapak/ibu/teman” tahu solusinya mohon dibalas.
    terimakasih.
    Wasskum.

  9. ian mengatakan:

    saya tamatan 2011..
    apa msih bisa ikut smptn???

  10. Lita mengatakan:

    apa benar yang keterima SNMPTN undangan hanya siswa/i yang mendapatkan pringkat 1-5 besar di kelasnya? dan hanya di ambil 1 anak dengan univ sama per kelas

  11. stephanie mengatakan:

    bagaimana cara pendaftaran PTN lewat SBMPTN ????
    apakah sama dengan SNMPTN ???

  12. Jelika mengatakan:

    Mw nyak.
    D’unnes ntu jrusan yg plg d’mnati itu ap sih,
    pend biologi pemint ny byk pha gx,?

  13. luluk mengatakan:

    saya mau tanya pak, saya sudah mendaftar bidikmisi,tapi saya gak ikut PDSS…apa saya harus ikut SBMPTN ato seleksi mandiri yg ditentukan masing-masing PTN pak?

  14. sukron mengatakan:

    Berapa biaya pendaftaran SBMPTN?
    Kalo keterima kuliah di PTN lwt SBMPTN biayanya di tanggung pemerintah?

  15. dila mengatakan:

    mau tanyak ni,,kalo’ jalur mandiri itu uang kuliahnya lebih mahal ya dari pada jalur SBMPTN,terus jalu SBMPTN itu cara pndaftran sma gag kayak jalu SNMPT tahun 2012,,

  16. dicky mengatakan:

    good evening sir,,
    May I ask u , kalo lulusan 2010 mash bisa daftr di unnes tidak?
    Apakah bisa lewat jalur spmu?
    Mohon info and answer my question?
    Thanks….

  17. majidnur mengatakan:

    Selamat berjuang adik2 ku semoga diterima di kampus Konservasi tercinta, apapun jalurnya, SNMPTN, SBMPTN dan SPMU, semoga kalian bisa bergabung bersama kami di sini, selamat berjuang!!!
    yang bilang “amin” saya doakan bisa diterima di UNNES,.

  18. WawanAkhir mengatakan:

    Kira-kira kapand yeah jalur SBMPTN trbuka??
    Soal.nya zaya mau mendaftar lwat jalur itu. Mohon info.y

  19. T RIYANTO mengatakan:

    assalamualikum,pak tolong di jawab
    apa jalur SNMPTN masih di buka?
    Saya lupa telat mendaftar SNMPTN
    apakah saya bisa mendaftar SNMPTN?

    Saya lupa,karena saya masih bingung setelah lulus mau kerja/kuliah.

  20. heris fatmalasary mengatakan:

    。,去,q mau dftarr kliahh gmna nihhh ..?? sulitt amatt sihh ..??ksihh tw q donkk

  21. Relis destiana mengatakan:

    assalamualaikum,saya mau tanya,gimana cara melihat pengumuman bidik misi,saya cari kok gak bisa ketemu.

  22. ruth mengatakan:

    bagamana nichhhh??
    q dnger pndaftaran ptn hny untuk llsan un 2013 n tngglny udah dkce tw
    truss bwt llusan 2012 gmn??
    ko infony gk kluar..
    kpn pndaftrany q gk tw
    pha sma yach dng tnggl pndaftaran ptn thun lalu???
    tolong dikasih infonya ea..

  23. Khoirinnisa mengatakan:

    Saya masih bingung dengan jalur SBMPTN dan cra daftarnya apa bsa dengan daftar langsung ke unnes.nya?

  24. andre mengatakan:

    Jadwalnya dunk tq

  25. atiq mengatakan:

    SBMPTN . .d.buka mulae kpan yua. . .

  26. sutiran mengatakan:

    Tgl brp? ujian mandiri di buka, & gemana cara onlinenya tolong aku di kasih tahu ya ….. secepatnya. karena tahun kemarin aku terlambat..jangan sampai sedih ke 2x…

  27. fira mengatakan:

    kasih tahu……..tgl ujian mandiri dan cara daftar…..oooooommmm?…tak tunggu ya…

  28. Dendi mengatakan:

    Ada yg tau jadwal seleksi mandiri unnes 2013.? Mohon bantuanya..
    Terima kasih

  29. Azis Maulana mengatakan:

    mau tanya nh.

    saya pngen msuk PTN , tpi jalur yg SBMPTN , pndaftrannya blum ada info juga ya kapan d bukanya.

    ksh tahu dong yg udah tw.

  30. anisa mengatakan:

    caranya dftar kuliah diinternat gimana ????????????????

  31. Ayu mengatakan:

    Assalamualaikum..
    Saya mau tanya,, apakah saya bisa ganti jurusan setelah saya mendaftar bisik misi prodi kimia di UNNES?? Tolong jwbnya ya.. Soalnya ibi pnting bgt bwt msa dpan sya.. Trimksih..

  32. ira mengatakan:

    saya ikut program bidikmsi dan saya memilih seleksi mandiri, cara mendaftar di unnes dengan jalur tersebut bagaimana?? tolong disertakan link pendftaran online 2013 beserta jadwalnya

  33. yus mengatakan:

    hebatttttt……

  34. syuha arfah mengatakan:

    apakah harus mendaftar lewat SBMPTN jika ingin masuk PTN?..

  35. Mutia mengatakan:

    kalo SNMPTN dan SBMPTN gagal apa ada jalur lain?

  36. SUPRIHADI mengatakan:

    Mohon informasi tentang SPMU: jadwal pendaftaran, tes, dst.

    Terima kasih

  37. Ada yg tau jadwal seleksi mandiri unnes 2013.? Mohon bantuanya..
    Terima kasih

  38. mayang praditha mengatakan:

    saya bersekolah di smk pariwisata,dalam satu program keahlian ada 3 kelas. jika saya akan mengisi prestasi akademik di spmu unnes. apakah harus hasil pringat dalam satu kelas atau 3 kelas sekaligus?
    mohon jawabannya segera

  39. fauzi mengatakan:

    apa ada jalur lain setelahnya jalur mandiri

  40. Normand mengatakan:

    Hi, its fastidious paragraph on the topic of media print, we all
    be familiar with media is a wonderful source of information.

  41. Isis mengatakan:

    Sebenernya SMPTN sama SBMPTN bedanya apa ya? :bingung

  42. wati mengatakan:

    admin.. kalau lulusan 2012 untuk pendaftaran SNMPTN tahun 2014 masih bisa apa enggak?
    ditunggu jawabannya ya :D

  43. dhiah mengatakan:

    ada persyaratan lain gak buat yg berasal dari luar provinsi

  44. nislatul mila mengatakan:

    saya ingin memint iinformasi…klo ingin ikut jalur prestasi kira kira dari raport semes 1 sampe semes 5 itu rata ratanya harus berapa
    n besarnya bidik misi yang diberikan oleh setiap siswa kisaranya berapa

  45. Hasrika Annas Ghazali mengatakan:

    Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin.

Tinggalkan Balasan