Tiga Jalur Seleksi Masuk PTN 2013

Selasa, 11 Desember 2012 | 0:04

Berita Terkait

Anda sebentar lagi lulus SMA/MA/SMK dan ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (SNMPTN)? Ada baiknya memahami jalur-jalur seleksi untuk merebut bangku kuliah di perguruan tinggi milik pemerintah itu, termasuk Unnes.

Kepada unnes.ac.id, Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo menerangkan, sebagaimana PTN lain, Unnes pun mengenal tiga jalur. “Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ketiga, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan seleksi mandiri,” katanya.

Apa perbedaan di antara ketiganya? “SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Tahun ini namanya SNMPTN. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran,” katanya.

Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. “Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN,” terang Rektor.

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri. “Untuk Unnes, namanya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes atau lazim disingkat SPMU. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya,” katanya.

Untuk mendownload materi Informasi awal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2013.

1. Materi Sosialisasi silakan klik di sini
2. Info Awal SNMPTN 2013 silakan klik di sini
3. Press Release SNMPTN 2013 silakan klik di sini
4. Poster SNMPTN 2013 silakan klik di sini
5. Informasi SNMPTN Universitas Negeri Semarang 2013 silakan klik di sini
6. Petunjuk Pengisian PDSS silahkan klik di sini
7. Daya Tampung Unnes silakan klik di sini
8. Pendaftaran SNMPTN 2013 silahkan klik di sini
9. Petunjuk Pengisian Portofolio Bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan Silahkan klik di sini
10 Panduan Pendaftaran Peserta SNMPTN 2013 silahkan klik di sini

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

197 Komentar untuk “Tiga Jalur Seleksi Masuk PTN 2013”

  1. eneng erliani

    Selasa, 11 Desember 2012 | 11:20

    Alhamdulillah walau SNMPTN tulis dihapus masih ada SBMPTN. Jadi, semangat buat anak-anaku yang memiliki cita-cita yang kuat untuk masuk di PTN yang diinginkan, harapan kalian masih terbuka, perjuangan kalian selama setahun rela mengorbankan diri tidak melanjutkan pendidikan dan lebih memilih berjuang mempersiapkan diri untuk berkompetisi di tahun 2013 tidak sia-sia, pantang menyerah teruslah berjuang, semangaaaaat. Terimakasih kepada pemerintah yang masih membuka peluang SNMPTN tulis atau apapun itu namanya karena kalau benar-benar dihapuskan berarti sudah membunuh harapan ribuan anak bangsa dan itu merupakan hal yang paling kejam. Sekali lagi terimakasih para pemikir dan pemerintah

  2. sheila

    Selasa, 11 Desember 2012 | 11:25

    lohh??
    kalo buat lulusan 2011 bisa ikt snmpt gk? trs ada ksmpatan buat dpet bdikmisi?

  3. sigit christiyanto

    Selasa, 11 Desember 2012 | 13:38

    Bagi yg lulusan d3 mau masuk s1 gmn?

  4. iin indri

    Selasa, 11 Desember 2012 | 14:19

    kalau untuk anak smk/sma yg belum lulus/blm UN bagaimana?
    dan ada kesempatan buat dapet bdikmisi?

  5. Defira Ayu Widya Mustika

    Selasa, 11 Desember 2012 | 14:24

    nambah nggak ngerti maunya gimana. kalo kayak gini bisa buat anak anak seperti saya jantungan setiap waktu. mau sampe kapan keputusannya berubah ubah gini?
    Alhamdulillah sih :D

  6. Dianita

    Selasa, 11 Desember 2012 | 15:24

    Apakah biaya per semester SBMPTN=SNMPTN ?

  7. Junifar

    Selasa, 11 Desember 2012 | 18:46

    Apa bedanya SBMPTN dengan SNMPTN? klo masalah biaya? Klo lebih mahal=Mempersulit kuliah… Smoga sama aja…

  8. iga

    Selasa, 11 Desember 2012 | 20:00

    saya lulusan thn 2012 Mau ikut tes lgi
    Minta info seMua jalur -tanggal- cara serta persyaratanya dong
    asih bisa nggak ikut jalur undangan atau bidikMisi

  9. Angger nugroho

    Selasa, 11 Desember 2012 | 22:18

    Alhamdulillah apa SBMPTN berlaku untk semua ptn? Semoga universitas yg saya impikan juga menggunakan SBMPTN.

  10. rifqi adiasya

    Rabu, 12 Desember 2012 | 02:45

    Mau jwb pertanyaan Dianita, kalau biaya per semester antara SBMPTN dan SNMPTN itu sama, tp tergantung kebijakan kampus yg dituju. Mis. UI. Yg masuk lewat SNMPTN itu disebut reguler dan bisa milih mau bayar per semesternya berapa (sesuai kemampuan ekonominya) :)

  11. Darmanto

    Rabu, 12 Desember 2012 | 12:05

    Syukurlah kalau seperti itu….. mudah-mudahan keputusan pemerintah ini bisa berdampak positif bagi PTN dan mempermudah para alumni SLTA untuk melanjutkan ke PTN yang di idolakan…. Amin

  12. Dianita

    Kamis, 13 Desember 2012 | 05:05

    Ok,makasih infonya

  13. Putriana

    Kamis, 13 Desember 2012 | 10:47

    Bagaimana dg jalur beasiswa bidikmisi pak?? tolong infonya. terima kasih..

  14. mimhy

    Kamis, 13 Desember 2012 | 11:04

    saya lulusan 2012, mau ikut lagi tes MPTN tahun depan (2013). .
    dari beberapa artikel yg saya baca, angkatan 2012 dan 2011, hx bisa ikut jalur tes tulis (SBMPTN) yang di bayar sendiri oleh peserta. tapi tidak ada perincian tentang bagaimana tahapan untuk mendaftar, biayanya, ataupun kapan (jadwal) untuk SBMPTN. .
    saya mohon untuk info SBMPTN lebih rinci, karena saya tidak tah harus bertanya hal begini pada siapa. .
    Trims. .

  15. Tahroni

    Kamis, 13 Desember 2012 | 12:48

    kalau boleh saya mau minta brosurnya unnes, adek2 kelasku berminat untuk kuliah di unnes,.
    dimna saya harus mengambilnya pak?

  16. Exsan

    Kamis, 13 Desember 2012 | 13:24

    terimakasihuntuk pemerintah, mengenai program-program pendidikan yang luar bisa

  17. febry

    Kamis, 13 Desember 2012 | 21:31

    bagaimana dengan uang semester snmptn dgan sbmptn, apakah adakah perbedaanny??

  18. ammalia

    Jumat, 14 Desember 2012 | 15:47

    nilai raport yang diambil dari semester 1 atau semester 3 ?

  19. Rinawati

    Sabtu, 15 Desember 2012 | 07:50

    pak??? bagaimana caranya daftar SNMPTN unnes 2013??karena adek saya mau mendaftar di unnes 2013 ini

  20. syarah

    Sabtu, 15 Desember 2012 | 10:45

    saya alumni 2012 mau mnta info yang lebih jelasnya y buat program yang bisa diikuti para alumni, kalo bisa yang detail banget,
    terima kasih

  21. muhammad syarif

    Sabtu, 15 Desember 2012 | 16:01

    perkenalkan nama saya muhammad syarif
    tahun 2013 ada SNMPTN undangan di UNNES ga? bagaimana cara mendaftarnya?
    ad program bidikmisi ga? bagaimana kalo mau dapet beasiswa bidikmisi?

  22. Ice

    Sabtu, 15 Desember 2012 | 17:54

    saya lulusan 2013 nanti, mau tny kapn SNMPTN mandiri di mulai ?
    soalnya gag mungkin ikut SNMPTN(undangan)…..

  23. ulfa

    Sabtu, 15 Desember 2012 | 22:32

    saya nggak tau prosedur buat ikut snmptn/ bidikmisi.
    ni pengalaman prtama saya…
    bisa kasihsaya ptunjuk, cara, prosedur ttg snmptn/ bidkmisi ini?
    terimakasih

  24. Handoko

    Selasa, 18 Desember 2012 | 13:32

    Mau tanya, kalo koment disini dijawab admin ga sih? Kalo iya, tolong donk jawabannya ditampilkan disini, biar pengunjung lain bisa ikut baca.

  25. lily

    Rabu, 19 Desember 2012 | 12:05

    mau tanya nih, kalo mau mau masuk di univ negeri semarang melalui jalur PMDK ada? terus persyaratan kalo dari luar provinsi gimana?
    need responses !

  26. arum

    Minggu, 23 Desember 2012 | 06:15

    pak tolong kasih tau info ttg tanggal dan persyaratannya semua jalur.makasih

  27. Harry

    Minggu, 23 Desember 2012 | 11:44

    Kebetulan saya guru SMA dan terlibat dalam SNMPTN, mungkin saya bisa memberikan beberapa Informasi
    SNMPTN = Seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi siswa yang dilihat dari Nilai Rapor siswa sejak semester 1 hingga semester 5. (seperti PMDK), dan tahun ini semua siswa berhak mendaftar tidak ada QUOTA lagi dan siswa tidak perlu membayar.
    Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
    1. Pengisian PDSS : 17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya
    diisikan secara berkala setiap akhir semester. (Oleh Pihak Sekolah)
    2. Pendaftaran : 1 Februari – 8 Maret 2013 (Verifikasi data Oleh SISWA)
    3. Proses Seleksi : 9 Maret – 27 Mei 2013
    4. Pengumuman Hasil Seleksi : 28 Mei 2013
    5. Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi : 11-12 Juni 2013

    SBMPTN = Seleksi masuk PTN dengan Jalur Tulis (semua PTN di Indonesia) yang berhak mengikuti SBMPTN adalah lulusah tahun 2013, 2012 dan 2011.
    Untuk pengumuman Besaran Biaya pendaftaran dan Mekanisme Pendaftaran belum diumumkan, jadi harap bersabar (tapi tidak akan berbeda dari SNMPTN Tulis tahun lalu).

  28. Harry

    Minggu, 23 Desember 2012 | 12:09

    Tambahan Mengenai SBMPTN 2013 :
    > Seleksi penerimaan ini didasarkan pada hasil ujian tertulis dan keterampilan, seleksi ini merupakan seleksi mandiri yang dilaksanakan secara bersama-sama oleh 61 PTN.
    > Biaya pendaftaran seleksi ditanggung oleh pendaftar.
    > Siswa wajib membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditunjuk dan selanjutnya mendaftar secara online.
    > Siswa yang dapat mendaftar adalah lulusan tahun 2011, 2012 dan yang mengikuti/akan lulus UN tahun 2013
    > Waktu pelaksanaan setelah SNMPTN 2013 (info rinci akan disampaikan melalui sekolah masing-masing, baik dalam bentuk poster maupun undangan sosialisasi yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN di kota setempat/terdekat) dan situs: sbmptn.ac.id.
    > Kuota jumlah siswa yang akan diterima rata-rata sekira 40 %

  29. adinata

    Selasa, 25 Desember 2012 | 23:54

    saya minta penjelasan… apakah yg bisa ikut SNMPTN harus siswa ya berprestasi dan ikut 10 besar dari smester 1 – 5,…??

  30. Firman Nugroho

    Kamis, 27 Desember 2012 | 10:12

    Assalamu’alaikum wr wb,
    Pak mohon informasinya, saya ingin mengikuti jenis ujian mandiri. Apakah pendaftaran dan pelaksanaan ujian mandiri tersebut dilakukan di Semarang? atau di kota kota lain?, sebab saya tinggal di propinsi Riau. terima kasigh Pak infonya.
    Wassalam

  31. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 27 Desember 2012 | 10:21

    Saudara Firman Nugroho, ujian mandiri Unnes (SPMU) hanya diselenggarakan di Kota Semarang. Saudara bisa mengikuti SBMPTN dengan pilihan Unnes di kota terdekat Saudara. Salam.

  32. dedi saputa siregar

    Kamis, 27 Desember 2012 | 14:25

    saya dedy lulusan tahun 2012, ani min saya mau nanya apakah kmi anak2 lulusan yang tahun 2012 msih berhak mengikuti snmptn atau bidikmisi tahun ini? tlong min ksih info nya. soalnya saya butuh nian min…. terimaksihhh. slamm…

  33. Bambang Pamungkas

    Minggu, 30 Desember 2012 | 09:09

    setau saya ada 3 jalur masuk ptn
    1.jalur undangan tuk siswa beprestasi (yg dtrima yg raportnya bagus dr semester 1-5), kmd siswa masukan raportnya ke pihak skul, kmd raport ddaftarkan o/ pihak skul, kmd nunggu pengumuman
    2.SNMPTN tulis masih ada cuma ganti nama SBMPTN tuk 2011,2012,2013
    3.ujian mandiri= biasanya sih mahal, tp y gmn lg kl uda ga da pilihan lain
    nb. bagi yg kurang mampu bisa ikut bidikmisi pas daftar smptn undangan
    -dkampus pun ada beasiswa jg dr pemrintah dan sponsor2 lain bagi mhswsa berprstasi dan krg mampu, jd jgn kuwatir (tp ada ipk minimum biasanya)
    klo ga ya masuk kuliahan yg gratus ja ex, ipdn,stis,akmil,pln gitu2 lah
    -mhswa dr 3 jalur ini, biasanya dperlakukan sama (spp,aturan2 lain) tgtung kebijakan ptn
    -srg2 update info dr pihak skul, PTN yg dtuju via online, tanya alumni(efektif bgt) ,harus kepo n jgn kuper
    sukur2 baik,rajin belajar,berprestasi n pinter jd ga repot2 nyari ptn.,hehe

  34. rizky

    Senin, 31 Desember 2012 | 13:13

    izin copas

  35. Niya

    Kamis, 3 Januari 2013 | 07:11

    Saya mau tanya:
    saya akan lulusan pd tahun 2013 nanti .
    Misalkan di sekolahan saya untuk kepala sekolahnya tidak mendaftar dds kemudian saya ingin mendaftar Snmpt sendiri bagaimana?
    Please commen

  36. musya

    Kamis, 3 Januari 2013 | 13:45

    lulusan SMA tahun 2011 , apakah bisa ikut jalur SNMPTN?

    thx

  37. putri

    Kamis, 3 Januari 2013 | 17:31

    aku ingin sekali masuk dalam satu jurusan desainer di universitas ini..
    aku berharap di smptn di 2013 aku bisa masuk di universitas terbaik

  38. mulyo subagyo

    Jumat, 4 Januari 2013 | 13:06

    Pak Cip,Sekolah kami tahun kemarin telah melaksanakan akredutasi dan sudah mengetahui hasilnya,tetapi kami belum menerima sertifikatnya,lha kira2 gmana pak,kan ketika pengisian PDSS harus ada scan sertifikat hasil akreditasinya..mohon solusinya..terima kasih

  39. arju

    Jumat, 4 Januari 2013 | 13:15

    kapan di buka pendaftaran SBMPTN

  40. arju

    Jumat, 4 Januari 2013 | 13:20

    KAPAN D BUKA PENDAFTARAN SBMPTN ?

  41. Bayu Tri

    Jumat, 4 Januari 2013 | 15:09

    Kapan ni pendaftaran sbmptn dibuka? Via online bisa tidak? Jadwal tesnya?

  42. Nur Rohmah

    Sabtu, 5 Januari 2013 | 14:31

    Saya ini LuLusan kejar pket C pak thn 2012 pa bsa mengikuti SMPTN???

  43. Nur Rohmah

    Sabtu, 5 Januari 2013 | 14:33

    Maaf bkn SMPTN tpi SNMPTN. . .

  44. astrina sitompul

    Sabtu, 5 Januari 2013 | 23:50

    kalo lulusan tahun 2011 s.d 2012 mahasiswa undangannya masi bisa berlaku gak?

  45. Yusuf Imam M.

    Minggu, 6 Januari 2013 | 09:53

    astrina@ Siswa 2011/2012 kLo gak salah ikut yg SBMPTN sm SPMU. SNMPTN khusus 2013

  46. Yudha Immanuel M

    Minggu, 6 Januari 2013 | 14:09

    kak.
    Kalau lulusan tahun 2012 kemarin yg blum sempat lulus di SNMPTN 2012 trus mau lanjut untuk tahun ini bagaimana solusinya ?

  47. Yusuf Imam M.

    Senin, 7 Januari 2013 | 09:34

    Yudha@ kalau Mau masuk unnes brarti km bisa lewat 2 jalur, SBMPTN atau SPMU. SNMPTN cuma buat lulusan 2013.

  48. Kiki desi a

    Senin, 7 Januari 2013 | 09:34

    saya lulusan 2012 dan mau mendaftar kulyah lg….apakah sya bsa ikut tes lg atau gmana?dan persyaratan apa saja yang hrus dipenuhi?trus apakh bsa mengajukan bidik misi?
    terima kasih

  49. Yusuf Imam M.

    Senin, 7 Januari 2013 | 10:20

    Kiki desi a@ sekedar masukan, coba km baca panduanya dari 6 materi download di atas..

  50. Irfan

    Senin, 7 Januari 2013 | 12:49

    Kalo lulusan d3 misal di undip bisa ngelanjutin s1 di undip lagi apa nggak ya mas ??
    Mohon Informasinya ^^

  51. Wieske Utami

    Selasa, 8 Januari 2013 | 08:24

    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Saya ingin sekali menjadi mahasiswa UNNES dan insya Allah menjadi Guru
    Saya ingin bertanya berapa jumlah kuota yang diberikan universitas UNNES untuk calon mahasiswa jalur bidik misi dan persyaratannya apa saja (kriteria nilai) ??? tolong jawabannya terima kasih
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  52. Dina

    Kamis, 10 Januari 2013 | 08:14

    SNMPTN (undangan) hanya bisa diikuti oleh siswa yang tercatat sebagai siswa angkatan 2012-2013 (tahun ini). sedangkan, SBMPTN (tulis) bisa diikuti semua angkatan, yang artinya angkatan 2011 dan 2012 bisa mendaftar melalui jalur ini. SPMU merupakan jalur mandiri, ini jalur terakhir bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

  53. nadiyah

    Kamis, 10 Januari 2013 | 09:07

    hanya beda istilah saja ya klo begitu… hmm,, nice info.
    terimakasih….

  54. FUAD ARZAK MAHARDIKA

    Kamis, 10 Januari 2013 | 18:34

    kalo lulusan 2012 bisa ikut snmptn 2013 ?

  55. Ega

    Jumat, 11 Januari 2013 | 12:13

    saya ingin daftar Teknik Kimia S1, mau nyusul kakak kelas saya, tapi di pengumuman jurusan tersebut tidak ada, apakah betul sudah tidak dibuka????

  56. dini

    Jumat, 11 Januari 2013 | 12:46

    pendaftran sbmptn lwat online atau tertlis …
    persyratanya apa aja…
    tolong d.jwb
    mksh

  57. maryam

    Jumat, 11 Januari 2013 | 18:52

    kapan dibuka pendaftaran SBMPTN dan persyaratannya apa saja.

  58. Sikha

    Sabtu, 12 Januari 2013 | 10:31

    Assalamualaiku.. saya Sikha lulusan Th 2012.. apakah SPMU itu sm dengan ujian jalur Mandiri? jd apakah saya harus menunggu pendaftaran SPMU dibuka setelah Pengumuman seleksi SBMPTN? Trimakasih…

  59. mala

    Senin, 14 Januari 2013 | 12:51

    SMBPTN dan SPMU ada bidikmisi apa tidak?

  60. Rohman Maulana

    Senin, 14 Januari 2013 | 21:31

    kejar paket c.. kira2 bisa ketrima gak…… makasih

  61. levita

    Senin, 14 Januari 2013 | 23:13

    Snmptn UNNES boleh lintas jurusan ga? Misalnya dari ipa ke ips ?

  62. andre

    Selasa, 15 Januari 2013 | 18:35

    kalo untuk lulusan tahun 2010 masih bisa ikut gak??

  63. Opita

    Rabu, 16 Januari 2013 | 20:19

    Selamat mlem,,
    Mw tanya , kalo lulusan 2010 mash bisa daftr di unnes tidak?
    Apakah bisa lewat jalur spmu?
    Mohon info dn jawabnya terimakash.

  64. liezty

    Kamis, 17 Januari 2013 | 07:40

    asalamualaikum,
    kk mau tny snbptn, maksud dri biaya dtnggung pserta tu bgmana?? Mhon info ny

  65. Deni pratama

    Kamis, 17 Januari 2013 | 08:59

    Syarat2 tuk mngkuti sbmptn pa ja n cra y gmna,..???

  66. Deni pratama

    Kamis, 17 Januari 2013 | 09:09

    Assalamu alaikum
    Mo naya syarat2 mngkuti sbmptn pa ja n cara daftr y gmna tlong inform y,..

  67. Afifatuts tsamroh

    Kamis, 17 Januari 2013 | 15:51

    sbmptn itu ada jalur bidik misinya nggak????

  68. Hafshah

    Sabtu, 19 Januari 2013 | 19:20

    Permisi mo nanya, tes sbmptn itu dilaksaanakn di ptn masing2 kah?

  69. erma

    Minggu, 20 Januari 2013 | 16:23

    daftar snmptn harus bersamaan ya dengan sbmptn? apa harus milih salah satu atau gimana?

  70. erma

    Minggu, 20 Januari 2013 | 16:25

    apa klo ga lulus snmptn, trus bisa dftr sbmptn lagi pd tahun yg sama stlh pngumuman hasil snmptn?

  71. AGUSTINSYA VARENA

    Senin, 21 Januari 2013 | 12:56

    pengen banget msuk unnes…
    yaa ampun,tapi takut kalo gak keterima di unnes….:(

  72. RIZA

    Senin, 21 Januari 2013 | 19:24

    untuk alumni 2012 bisa gak ikut bidikmisi untuk SBMPTN ?

  73. Triasrini Nor Cahyanti

    Selasa, 22 Januari 2013 | 17:51

    mau daftar unnes tapi caranya masih bingung :(

  74. ruli

    Rabu, 23 Januari 2013 | 09:41

    saya mau tanya,,,sekolah adik saya blum da sosialisasi SNMPTN,,apa ssemua sekolah tidak ada perwakilan yang di undang pada saat seminar SNMPTN di Tegal ???

  75. Ady

    Rabu, 23 Januari 2013 | 12:06

    Target Lulus SBMPTN 2013 Fisip Unair Kalu gak Fisip UGM !
    Wajib!!!!

  76. RIZKI.F

    Rabu, 23 Januari 2013 | 12:40

    Kapankah Buku Pedoman Bidikmisi 2013 muncul? Lalu apakah untuk lulusan tahun 2012 untuk daftar bidikmisi harus mengisi PDSS juga terlebih dahulu sebelum mendaftar ke BidikMisi? Karena jika membuka laman http://daftar.bidikmisi.dikti.go.id selalu terdapat kolom pengisian PDSS. Mohon jawabannya pak Sucipto Hadi Purnomo. Terima kasih.

  77. Surya

    Kamis, 24 Januari 2013 | 05:21

    Daya tampung untuk snmptn dan SBMPTN tiap jurusan berapa?

  78. yuliana

    Jumat, 25 Januari 2013 | 07:28

    berarti untuk lulusan 2012 yang ingin mengikuti SBMPTN juga harus direkomendasikan oleh sekolah melalui PDSS?? bagaimana kalau misalkan yang bidikmisi. terimakasih

  79. ahmad fauzi

    Jumat, 25 Januari 2013 | 18:05

    salam.
    mau tanya, kalo mengenai soal snbptn bagaimana? apakah tidak jauh dengan snmptn?
    mohon infonya. hususnya bagi saya yg sudah tidak aktif dalam dunia akademik selaama 2 tahun.
    makasih

  80. Kana

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 18:35

    kalo daftar di unnes bisa lintas jurusan gak?

  81. ali

    Minggu, 27 Januari 2013 | 00:16

    Assalamuslaikum…saya lulusan 2012 bagaimana cara mendaftar untuk yg Spmu…. Tetus jadwalnya kapan??? Terima kasih…

  82. Farandi

    Minggu, 27 Januari 2013 | 12:04

    Pak klu lulusan 2012 bisa gk dapet bidikmisi sbmptn kayak snmptn tulis 2012
    jadi kap gk beli tp dikasih ma dikti
    makasih

  83. fitri

    Minggu, 27 Januari 2013 | 14:09

    assalamualaikum, saya mau tanya kalo cara daftar untuk test masuk unnes itu gimana?

  84. Diah

    Minggu, 27 Januari 2013 | 17:39

    calon mahasiswi UNNES via undangan *amin*
    mau tanya pak,ibu,teman-tman, sputar ujian mandiri UNNES dong, ujiannya di lakukan di semarang ?
    nahh kalo di ujian mandiri itu hanya untuk bbrapa fakultas atau jurusannya mencakup keseluruhan seperti snmptn ??
    terima kasih :))

  85. umi

    Minggu, 27 Januari 2013 | 22:28

    apakah ad lowongan besar bgi yg ikut ujian SNMPTN lo2z semua…???

  86. Khaerul Umam

    Senin, 28 Januari 2013 | 05:30

    Izin copas…
    syukron.

  87. ada g cara wat masuk PTN jalur SNMPTN lulusan th 2012 selain SBMPTN ? trima kasih...

    Senin, 28 Januari 2013 | 15:48

    ada g cara wat masuk PTN jalur SNMPTN lulusan th 2012 selain SBMPTN ? trima kasih…n kalau SBMPTN kapan tgl dilangsungkan nya???

  88. rasyid

    Senin, 28 Januari 2013 | 15:50

    ada g cara wat masuk PTN jalur SNMPTN lulusan th 2012 selain SBMPTN ? trima kasih…n kalau SBMPTN kapan tgl dilangsungkan nya???

  89. Ichah

    Selasa, 29 Januari 2013 | 19:15

    Mudahan saya lulus di tahun ini. amieen, dan mudahan lulus tes jalur SNMPTN. amin…

  90. daniel

    Rabu, 30 Januari 2013 | 13:16

    saya adalah lulusan 2012,bisa tidak mengikuti SNMPTN 2013
    klw soal SBMPTN kapan jadwalnya akan dimulai dan apa syarat yang harus di penuhi untuk mengikuti SBMPTN, dan apakah masi bisa mengikuti program bidik misi.trima kasih sebelumya

  91. hadiwas

    Rabu, 30 Januari 2013 | 22:17

    Saya adalah walimurid, secara pribadi berharap semoga kebijakan dan aturan yg telah digulirkan, dalam pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru di PTN dapat berjalan konsisten, sesuai atauran yg semestinya, dengan harapan tdk ada pelanggaran etika / sesuai norma.
    Selamat berkompetisi, demi prestasi kalian utk menyonsong masa depan kalian semua ( para lulusan sma/ma dan sederajad).

  92. ninik

    Kamis, 31 Januari 2013 | 13:13

    saya siswi smk lulusan 2013… belum begitu faham dengan SNMPTN. materi tes tulisnya apa ya? saya juga butuh info lengap tentang pendaftaran PTN

  93. Alimah

    Kamis, 31 Januari 2013 | 14:00

    saya mau tanya tentang kuota di fakultas MIPA PEN.Biologi tahun 2013 berapa?mohon di jelaskan lebih detail.! terima kasih

  94. Grasida

    Jumat, 1 Februari 2013 | 07:35

    terimakasih atas infonya.

  95. Deni pratama

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 06:18

    Sbmptn kpan dlaksnakan,….???

  96. indah

    Minggu, 3 Februari 2013 | 18:45

    berharap masuk unnes, sosialisasi unnes di serang banten belum ada tapi saya harus optimis bisa masuk unnes…

  97. ica

    Senin, 4 Februari 2013 | 05:37

    gimnaa caraa daftarr SNMPTN mandirii???

  98. afif

    Senin, 4 Februari 2013 | 10:36

    kpan pendaftaran SBMPTN dan info lengkapnya ada dimana??
    terimakasih..

  99. junya

    Rabu, 6 Februari 2013 | 08:10

    pak, saya lulusan 2010.. G pengn nglewatin kesempatan kuliah di PTN, kira2 msih bsa g ikut jalur SPMu? Tolong di jwb bagi yg tau.. Penting bnget..

  100. onad

    Rabu, 6 Februari 2013 | 11:23

    menurut saya ini sama saja membeda”kan lulusan 2012 dan 2013…
    kasian yang lulusan 2012 yang gagal tes ptn thn lalu pasti jadi beban..n yang lulusan 2012 bekerja dulu bru thn 2013 mau mask ptn.
    dan karena smua kentuan blm di umum kan dan di pastikan..blum lgi lulusan 2012 hruz krja keras mengerjakan soal” n materi yang mungkin sdh lupa..
    ini kan sama saja menghalangi potensi dan keinginan yang besar buat masuk k PTN..yang di inginkan untk mnuntut ilmu..

  101. khabibah

    Rabu, 6 Februari 2013 | 22:08

    perubahan kebijakan yang diambil pemerintah dalam penerimaan mahasiswa baru PTN tahun 2013 tidak berjalan lancar karena terhambat oleh kurangnya sosialisasi sehingga membuat siswa lulusan 2013 bingung dan membuat kelabakan siswa lulusan 2011 dan 2012. mengapa istilah PMDK harus diganti dengan snmptn jalur undangan dan kini dirubah lagi dengan istilah ‘snmptn’ jika sebenarnya intinya hampir sama?

  102. anisa rika

    Jumat, 8 Februari 2013 | 10:28

    sy mau tanya ,bilA dari hasil seleksi lulus maka akan melanjutkan,tapi jika tidak di terima bgmna?
    apakah bisa ikut seleksilainnya……..

  103. Lian

    Jumat, 8 Februari 2013 | 13:50

    sekarang cara daftar PTN itu online apa gak sii ? terutama di UNNES.
    saya kurang jelas. Trima kasih

  104. dewi

    Jumat, 8 Februari 2013 | 15:13

    Untuk pendaftaran Unnes thn 2013 boleh lintas jurusan enggak?? Mohon infonya..

  105. Audi Hifi

    Jumat, 8 Februari 2013 | 17:46

    kalo SNMPTN tahun ini boleh lintas jurusan gak?

  106. Ulum Koesoema

    Sabtu, 9 Februari 2013 | 11:43

    permisi .. saya mau tanya ..
    sbmptn itu cara pendaftarannya gimana ? dan pendaftarannya dimulai kapan ?
    kenapa masih belum ada infonya ..
    thks ..

  107. rozi

    Minggu, 10 Februari 2013 | 06:55

    kapan ujian tulis smptn di mulai???

  108. nurikha

    Minggu, 10 Februari 2013 | 14:28

    sy lu2san th 2010, msh ad ksmptan buat msuk PTN tdak? Share jwbny bgi yg tw, trimaksh. .

  109. Apsari

    Minggu, 10 Februari 2013 | 19:22

    Kenapa pembayarannya harus via bank,???

  110. Erman Istanto

    Senin, 11 Februari 2013 | 09:35

    semangat rekan – rekan sekalian, setelah melakukan pendaftarn tetap semangat dan fokus menghadapi UN. keep spirit :)

  111. herny

    Senin, 11 Februari 2013 | 20:32

    saya mau tanya,,, sy kan sda dftr bidik misi dan sda merekomndsikan ank2 dn sda sy verifikasi dan finalisasi (ini sy bermksut dftr snmptn jalur undangan). ternyata ada yang mnyusul dan tu kan tdk bisa d ubah lg baik d tambah maupn d kurangi. nah pertanyaan saya : apakah masih bisa ikut bidik misi tapi ikut jalur sbmptn ?? kalau bisa, mohon infonya dan pnjelasan alur pndftran bidikmisi trsebut. dan sbmptn kapan mulai d buka ?? trimakasih

  112. Eka Lutfiana

    Senin, 11 Februari 2013 | 21:03

    Admin , PGSD di UNNES masuk prodi ipa/ips?? SNMPTN di unnes bisa lintas jalur tidak?mohon infonya,

  113. reni sekar

    Selasa, 12 Februari 2013 | 14:22

    sya mw tnya,
    saya dri IPA ,,pgin msuk jurusan pend. b inggris,,
    berarti saya tes nya lewat SBMPTN ?
    mksh sblmnya

  114. NURDIONO

    Selasa, 12 Februari 2013 | 16:23

    SMBPTN kapan????? terima kasih

  115. iman

    Rabu, 13 Februari 2013 | 20:07

    klo seandai’a saya siswa lulusan tahun 2012,bagaimana prosedur untuk mendaftar snmptn tahun2013.?
    terimakasih

  116. Addy Kurniawan

    Kamis, 14 Februari 2013 | 10:11

    Assalamu’alaikum..??
    saya mau tanya, apakah program bidik misi 2013 itu ada tes tertulis lagi..?

    mohon konfirmasinya,
    trima kasih sbelumnya.. :)

  117. ari

    Kamis, 14 Februari 2013 | 20:08

    pak mau tanya, untuk prodi Teknik Mesin itu sebenarnya program D3 atau S1?soalnya saya membaca info prodi S1 yang ada di beranda web ini dengan rincian/detailnya kok beda, yang didetailnya cuman D3….
    yang benar yang mana pak?mohon penjelasannya
    terima kasih

  118. Riyanto Justofeel

    Jumat, 15 Februari 2013 | 00:05

    makasih buat infonya admin unnes, membantu kita2 sebagai orang tua yang ingin mengawal anak2 kita yang mau masuk perguruan tinggi. :)

  119. Auliana Sotya

    Jumat, 15 Februari 2013 | 19:12

    sya maw tanya , saya ingin mendftar pgsd unnes… tpi sya dari ipa..
    klo thun ini bsa lintas jurusan gak? mhon infonya

  120. aratoli refa juwita

    Sabtu, 16 Februari 2013 | 08:02

    semoga saya bisa masuk di sini yaaa.

  121. kaliktus koda

    Sabtu, 16 Februari 2013 | 23:41

    mat mlam, saya mau tanya cara pendaftaran SBMPTN itu bagaimana. apakah sekolah yang belum perakreditasi bisa ikut pendaftaran?? harap di balas….

  122. gita

    Minggu, 17 Februari 2013 | 10:26

    maaf, untuk SBMPTN pndftran nya kapan, dan utk biaya pndftran nya brpa??
    apakah harus daftr PDSS dlu??
    mhon pnjelasan nya.

    trimksh,,

  123. limbongrohal

    Senin, 18 Februari 2013 | 10:37

    bisa ngak sekali 3 tiganya di ikuti

  124. anddy firmansyah

    Senin, 18 Februari 2013 | 12:54

    bagaimana cara mendaftar Sbmptn ??

  125. Andi nurul

    Senin, 18 Februari 2013 | 15:42

    sayangnya sekolah ku tidak ada kesempatan untuk Jalur Undangan lagi T___T

  126. ika lestari

    Selasa, 19 Februari 2013 | 12:00

    jurusan apa yang menyediakan peluang terbesar untuk bisa lolos seleksi snmptn di UNNES ini????? yang tidak banyak peminatnya. thanks

  127. hani

    Selasa, 19 Februari 2013 | 16:41

    foto yang diminta kayak gimana sih?

  128. anita risky

    Kamis, 21 Februari 2013 | 13:04

    kalau dari ipa bisa daftar pgsd undangan tdk?

  129. eming

    Kamis, 21 Februari 2013 | 15:05

    ass….
    saya mau tanya Jalur SBMPTN ato SPMU pendaftarannya mulai kapan?
    terima kasih infonyaa pak/bu……
    wass….

  130. Adib R

    Jumat, 22 Februari 2013 | 08:07

    menurut saya< kebijakan pemerintah juga kurang tepat. knp bidikmisi hanya diperuntukkan siswa yg terdaftar UN tahun 2013?, itu sudah memutus banyak harapan anak bangsa terutama yg lulus tahun 2011 dan 2012. kenapa mereka tidak memiliki peluang yang sama dg lulusan thn 2013 meskipun mereka gagal seleksi pada waktu itu, atau mungkin dia berhenti 1 tahun dengan alasan tertentu. seharusnya program bidikmisi tetap berlaku untuk lulusan tahun 2011, 2012 dan 2013. di luar sana banyak sekali yang berharap mengenyam program biddikmisi. padahal APBN yang dipersiapkan untuk membiayai pendidikan di negeri ini lumayan 20% APBN, bahkan anggaran untuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) sudah dipangkas sekian persen. harusnya pemerintah melihat dan mereview kembali kebijakan ini

  131. Rinna

    Jumat, 22 Februari 2013 | 17:28

    saya mau tanya misalkan saya snmptn tidak diterima otomatis saya kan ikut jalur sbmptn.
    misalkan prodi.nya diganti tidak sama pada waktu pendaftaran snmptn bagaimana ?terimakasih

  132. jasti

    Senin, 25 Februari 2013 | 21:24

    Salam,
    gmana kriteria nilai untuk masuk unnes dn itu yang dlhat nilai rata” mapel yg D UN Kan or Selurhnya ??
    Mhon penjelznnya

  133. galih

    Selasa, 26 Februari 2013 | 11:57

    unnes semarang idamanku

  134. Abazheila

    Selasa, 26 Februari 2013 | 12:41

    Persyaratan nya semakin sulit saja, mau daftarin adik saya sekarang semakin ribet. Sepertinya kurang efektif.
    Kasihan juga buat para pelajar dari sma swasta karena tidak semua siswa sma swasta mendapatkan NISN+PASSWORD untuk log in PDSS sehingga tidak bisa mendaftar.

  135. karisah

    Selasa, 26 Februari 2013 | 17:09

    mmm….kira” kpan yah pengumuman hasi smbptn lewat jalur bidikmisi……..

  136. Suci

    Selasa, 26 Februari 2013 | 19:58

    Salam,
    Kalau di Unnes bisa lintas jurusan ngga?

  137. Adji

    Selasa, 26 Februari 2013 | 20:42

    saya mau daftar, boleh?

  138. sarah

    Rabu, 27 Februari 2013 | 11:08

    salam, apakah masuk teknik sipil , mutlak tidak boleh buta warna ? terim kasih

  139. chola

    Kamis, 28 Februari 2013 | 20:30

    UNNES TUNGGU AKU YA DATANG MENGHAMPIRIMU :{}

  140. kost

    Jumat, 1 Maret 2013 | 01:51

    ayo pada belajar yang giat, biar dapat masuk ke PTN idaman seperti UNNES

  141. hani

    Jumat, 1 Maret 2013 | 09:13

    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Saya ingin bertanya kalo anak ipa daftar SNMPTN dengan prodi PGSD boleh tidak?
    Makasih..
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  142. nur endah permata sari

    Jumat, 1 Maret 2013 | 19:05

    UNNES bisa lintas jalur gak lewat snmptn?

  143. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Jumat, 1 Maret 2013 | 19:49

    Bisa lintas jalur, Mas/Mbak.

  144. neli,,

    Jumat, 1 Maret 2013 | 20:02

    asalamualaikum,,,,wr wb

    pk mau tanya,,d unes itu daya tampg mahasiswa th ini berapa ya?

  145. neli,,

    Jumat, 1 Maret 2013 | 20:06

    bagi temen” smua yang tau tentang bidikmisi tolong dong infonya….

  146. sutiah

    Sabtu, 2 Maret 2013 | 17:39

    doa’in aku ya???? biar bisa di trima di UNNES.
    amin 3x ya robbal ‘alamin………

  147. mustika rini syahdewi

    Sabtu, 2 Maret 2013 | 19:15

    Gimana kemaren wktu daftar snmptn lupa masukin piagam, tapi udh di finalisasi :(

  148. Agustianto

    Minggu, 3 Maret 2013 | 10:57

    maaf, caranya siswa memverifikasi data pdss bagaimana? siswa mau daftar snmptn tetapi diharuskan verifikasi data dulu

  149. izam gvmelar

    Minggu, 3 Maret 2013 | 14:46

    bagi siswa yang lu2san 2012 msih bsa ikut snmptn ga tu pak??
    kalau misalkan ga bisa lagi pak, lewat apa lagi mau masuk perguruan tinggi nya tu pak??

  150. rhauf

    Senin, 4 Maret 2013 | 18:40

    kapan pndaftran sbmptn nya di buka

  151. yuliansyah

    Senin, 4 Maret 2013 | 20:23

    klo msal saya msuk jalur SNMPTN, kemudian saya gagal msuk apa saya msh bisa msuk dgn jalur SBMPTN???

  152. Randy Pranata

    Selasa, 5 Maret 2013 | 18:05

    sudah berapa yang mendaftar jalur snmptn?

  153. misbahul jamal

    Selasa, 5 Maret 2013 | 18:51

    caranya bagaimana kalau mendaftar melaluin online
    mohon penjelasannya

  154. ifha

    Selasa, 5 Maret 2013 | 18:58

    apakah bsa lulusan 2012 ikut SNMPTN?trus kpan di bka pndaftaran SBMPTN?

  155. Ratna Sariningsih

    Rabu, 6 Maret 2013 | 12:56

    Saya baru dapat informasi sekarang jadi untuk pendaftaran snmptn 2013 sepertinya sudah terlambat, apakah ada susulannya?

  156. ayu nitasari

    Rabu, 6 Maret 2013 | 19:24

    SBMPTN nya kapan ya?

  157. ibnu

    Jumat, 8 Maret 2013 | 10:00

    sbmptn.nya kpan ? syaratnya apa aja?

  158. dede

    Minggu, 10 Maret 2013 | 12:50

    nice info gan! hehe

  159. Lisa Sona Yohana

    Senin, 11 Maret 2013 | 08:47

    Min, jumlah pendaftar fakultas psikologi unnes brp sampai saat ini?

  160. Adi Kurniawan

    Senin, 11 Maret 2013 | 16:22

    Asskum..
    mau nanya. Jalur bidikmisi kan terakhir hari ini, tadi mau daftar kok mau dimasukin tidak bisa. Klau bapak/ibu/teman” tahu solusinya mohon dibalas.
    terimakasih.
    Wasskum.

  161. ian

    Selasa, 12 Maret 2013 | 10:49

    saya tamatan 2011..
    apa msih bisa ikut smptn???

  162. Lita

    Selasa, 12 Maret 2013 | 13:00

    apa benar yang keterima SNMPTN undangan hanya siswa/i yang mendapatkan pringkat 1-5 besar di kelasnya? dan hanya di ambil 1 anak dengan univ sama per kelas

  163. stephanie

    Rabu, 13 Maret 2013 | 12:15

    bagaimana cara pendaftaran PTN lewat SBMPTN ????
    apakah sama dengan SNMPTN ???

  164. Jelika

    Kamis, 14 Maret 2013 | 21:40

    Mw nyak.
    D’unnes ntu jrusan yg plg d’mnati itu ap sih,
    pend biologi pemint ny byk pha gx,?

  165. luluk

    Jumat, 15 Maret 2013 | 17:30

    saya mau tanya pak, saya sudah mendaftar bidikmisi,tapi saya gak ikut PDSS…apa saya harus ikut SBMPTN ato seleksi mandiri yg ditentukan masing-masing PTN pak?

  166. sukron

    Jumat, 15 Maret 2013 | 22:42

    Berapa biaya pendaftaran SBMPTN?
    Kalo keterima kuliah di PTN lwt SBMPTN biayanya di tanggung pemerintah?

  167. dila

    Sabtu, 16 Maret 2013 | 12:09

    mau tanyak ni,,kalo’ jalur mandiri itu uang kuliahnya lebih mahal ya dari pada jalur SBMPTN,terus jalu SBMPTN itu cara pndaftran sma gag kayak jalu SNMPT tahun 2012,,

  168. dicky

    Senin, 18 Maret 2013 | 18:59

    good evening sir,,
    May I ask u , kalo lulusan 2010 mash bisa daftr di unnes tidak?
    Apakah bisa lewat jalur spmu?
    Mohon info and answer my question?
    Thanks….

  169. majidnur

    Rabu, 20 Maret 2013 | 10:01

    Selamat berjuang adik2 ku semoga diterima di kampus Konservasi tercinta, apapun jalurnya, SNMPTN, SBMPTN dan SPMU, semoga kalian bisa bergabung bersama kami di sini, selamat berjuang!!!
    yang bilang “amin” saya doakan bisa diterima di UNNES,.

  170. WawanAkhir

    Kamis, 21 Maret 2013 | 11:01

    Kira-kira kapand yeah jalur SBMPTN trbuka??
    Soal.nya zaya mau mendaftar lwat jalur itu. Mohon info.y

  171. T RIYANTO

    Jumat, 22 Maret 2013 | 00:53

    assalamualikum,pak tolong di jawab
    apa jalur SNMPTN masih di buka?
    Saya lupa telat mendaftar SNMPTN
    apakah saya bisa mendaftar SNMPTN?

    Saya lupa,karena saya masih bingung setelah lulus mau kerja/kuliah.

  172. heris fatmalasary

    Senin, 25 Maret 2013 | 22:54

    。,去,q mau dftarr kliahh gmna nihhh ..?? sulitt amatt sihh ..??ksihh tw q donkk

  173. Relis destiana

    Kamis, 28 Maret 2013 | 09:07

    assalamualaikum,saya mau tanya,gimana cara melihat pengumuman bidik misi,saya cari kok gak bisa ketemu.

  174. ruth

    Jumat, 29 Maret 2013 | 23:06

    bagamana nichhhh??
    q dnger pndaftaran ptn hny untuk llsan un 2013 n tngglny udah dkce tw
    truss bwt llusan 2012 gmn??
    ko infony gk kluar..
    kpn pndaftrany q gk tw
    pha sma yach dng tnggl pndaftaran ptn thun lalu???
    tolong dikasih infonya ea..

  175. Khoirinnisa

    Minggu, 31 Maret 2013 | 19:53

    Saya masih bingung dengan jalur SBMPTN dan cra daftarnya apa bsa dengan daftar langsung ke unnes.nya?

  176. andre

    Senin, 1 April 2013 | 00:20

    Jadwalnya dunk tq

  177. atiq

    Kamis, 4 April 2013 | 23:18

    SBMPTN . .d.buka mulae kpan yua. . .

  178. sutiran

    Selasa, 16 April 2013 | 10:47

    Tgl brp? ujian mandiri di buka, & gemana cara onlinenya tolong aku di kasih tahu ya ….. secepatnya. karena tahun kemarin aku terlambat..jangan sampai sedih ke 2x…

  179. fira

    Selasa, 16 April 2013 | 10:57

    kasih tahu……..tgl ujian mandiri dan cara daftar…..oooooommmm?…tak tunggu ya…

  180. Dendi

    Rabu, 17 April 2013 | 07:03

    Ada yg tau jadwal seleksi mandiri unnes 2013.? Mohon bantuanya..
    Terima kasih

  181. Azis Maulana

    Jumat, 19 April 2013 | 23:29

    mau tanya nh.

    saya pngen msuk PTN , tpi jalur yg SBMPTN , pndaftrannya blum ada info juga ya kapan d bukanya.

    ksh tahu dong yg udah tw.

  182. anisa

    Jumat, 26 April 2013 | 11:14

    caranya dftar kuliah diinternat gimana ????????????????

  183. Ayu

    Jumat, 26 April 2013 | 11:43

    Assalamualaikum..
    Saya mau tanya,, apakah saya bisa ganti jurusan setelah saya mendaftar bisik misi prodi kimia di UNNES?? Tolong jwbnya ya.. Soalnya ibi pnting bgt bwt msa dpan sya.. Trimksih..

  184. ira

    Sabtu, 27 April 2013 | 20:34

    saya ikut program bidikmsi dan saya memilih seleksi mandiri, cara mendaftar di unnes dengan jalur tersebut bagaimana?? tolong disertakan link pendftaran online 2013 beserta jadwalnya

  185. yus

    Minggu, 28 April 2013 | 16:31

    hebatttttt……

  186. syuha arfah

    Senin, 27 Mei 2013 | 08:30

    apakah harus mendaftar lewat SBMPTN jika ingin masuk PTN?..

  187. Mutia

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 09:50

    kalo SNMPTN dan SBMPTN gagal apa ada jalur lain?

  188. SUPRIHADI

    Selasa, 4 Juni 2013 | 19:47

    Mohon informasi tentang SPMU: jadwal pendaftaran, tes, dst.

    Terima kasih

  189. paket wisata pulau tidung

    Jumat, 14 Juni 2013 | 06:10

    Ada yg tau jadwal seleksi mandiri unnes 2013.? Mohon bantuanya..
    Terima kasih

  190. mayang praditha

    Selasa, 16 Juli 2013 | 15:52

    saya bersekolah di smk pariwisata,dalam satu program keahlian ada 3 kelas. jika saya akan mengisi prestasi akademik di spmu unnes. apakah harus hasil pringat dalam satu kelas atau 3 kelas sekaligus?
    mohon jawabannya segera

  191. fauzi

    Sabtu, 20 Juli 2013 | 15:11

    apa ada jalur lain setelahnya jalur mandiri

  192. Normand

    Senin, 5 Agustus 2013 | 05:28

    Hi, its fastidious paragraph on the topic of media print, we all
    be familiar with media is a wonderful source of information.

  193. Isis

    Sabtu, 24 Agustus 2013 | 21:28

    Sebenernya SMPTN sama SBMPTN bedanya apa ya? :bingung

  194. wati

    Kamis, 12 September 2013 | 16:09

    admin.. kalau lulusan 2012 untuk pendaftaran SNMPTN tahun 2014 masih bisa apa enggak?
    ditunggu jawabannya ya :D

  195. dhiah

    Kamis, 31 Oktober 2013 | 09:07

    ada persyaratan lain gak buat yg berasal dari luar provinsi

  196. nislatul mila

    Sabtu, 23 November 2013 | 11:58

    saya ingin memint iinformasi…klo ingin ikut jalur prestasi kira kira dari raport semes 1 sampe semes 5 itu rata ratanya harus berapa
    n besarnya bidik misi yang diberikan oleh setiap siswa kisaranya berapa

  197. Hasrika Annas Ghazali

    Rabu, 16 April 2014 | 12:24

    Aamiin yaa rabbal ‘aalamiin.