Teliti PKL, Eko Handoyo Raih Doktor Cumlaude di UKSW

Rabu, 9 Mei 2012 | 10:56 WIB


Teliti PKL, Eko Handoyo Raih Doktor Cumlaude di UKSW
SHP/HUMAS

Jangan sekali-sekali meremehkan para pedagang kaki lima (PKL). Mengapa? Eko Handoyo, dosen Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes) memiliki jawaban komprehensif soal itu.

Tampil dalam ujian terbuka  di Program Pascasarjana Doktor Studi Pembangunan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Rabu (9/5), Eko mempertahankan disertasi “Eksistensi Pedagang Kaki Lima: Studi tentang Kontribusi Modal Sosial terhadap Eksistensi PKL di Semarang”.

“PKL memiliki modal sosial sebagai hasil interaksi di antara mereka di lokasi masing-masing, yakni di Sampangan, Basudewo, dan Kokrosono. Dalam interaksi itu, kepemimpinan dan jiwa pengorbanan tokoh-tokoh PKL menulari etos pengorbanan kepada anggota kelompok pedagang yang memungkinkan menguatnya sikap bertahan dan melawan kebijakan Pemerintah Kota Semarang,” ungkap lelaki kelahiran Pati, 8 Juni 48 tahun lalu itu.

Mengapa pula PKL di Semarang cenderung resisten terhadap sejumlah ke(tidak)bijakan Pemerintah Kota? “Resistensi PKL tidak lepas dari sikap traumatik mereka. Ada pengalaman buruk ketika mereka dipindah, sementara pada saat yang bersamaan mereka suda berada pada zona nyaman. Selain itu, komunikasi yang dijalin oleh Pemkot dengan PKL buruk bersamaan dengan tadak dilibatkannya mereka dalam pengambilan keputusan atas diri mereka sendiri,” papar Pembantu Dekan Bidang Akademik FIS Unnes ini.

Ujian dipimpin Prof Pdt John A Titaley ThD dengan anggota penguji Prof Daniel D Kameo PhD, Dr Gatot Sasongko, Dr Rukmadi Warsito, Dr Soegeng Hardiyanto, Dr Sri Sulandjari, dan Prof Dr Tri Marhaeni Pudji Astuti.

Dia akhir ujian, oleh komisi penguji, Eko yang juga sekretaris jenderal Ikatan Keluarga Alumni Unnes ini tidak hanya dinyatakan lulus, tetapi juga memperoleh predikat cumlaude.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 2.836 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

18 komentar pada “Teliti PKL, Eko Handoyo Raih Doktor Cumlaude di UKSW

  1. Selamat dan sukses bapak Eko Handoyo, semoga semakin memberi pencerahan kepada generasi penerus untuk senantiasa menimba ilmu….selamat pula kepada sicitas akademika FIS atas bertambahnya Doktor..semoga semakin sehat unggul dan sejahtera

  2. luar biasa, ternyata Pak Eko mengambil tema tentang PKL yang mana beliau sangat menghargai tentang keberadaan PKL, Jaya buat Pak Eko jadi teringat saat advokasi bareng di PKL basudewo…..

  3. Selamat dan sukses untuk Pak Eko. Semoga ilmu yang diperoleh selama perjuangan menyelesaikan S-3 membawa keberkahan…

  4. selamat dan sukse untuk Pak Eko, Semoga bisa menjadi pelopor mahasiswa unnes untuk terus berkarya, khususnya bagi mahasiswa FIS, salam hangat dari alumni sosant 2011

  5. Bapak Eko Handoyo, selamat atas gelar Doktor yang telah diraih. Saya sedang menyelesaikan disertasi terkait dengan kapital sosial komunitas, saya mohon Bapak berkenan mengirim ringkasan disertasi Bapak. terima kasih banyak sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *