Target 3 Besar, Tim Pimnas Unnes Jalani Pelatihan Intensif

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 12:01 WIB


Target 3 Besar, Tim Pimnas Unnes Jalani Pelatihan Intensif
DOK. KEMAHASISWAAN/HUMAS

Sejumlah 76 mahasiswa dari 19 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang akan berlaga di Pimnas mengikuti pelatihan intensif di PNFI Ungaran, Jumat (30/8).

Sejumlah 76 mahasiswa dari 19 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan mewakili Universitas Konservasi ini dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2013 di Universitas Mataram, 9 sampai 13 September.

Agar mereka mampu berlaga dengan baik, 76 mahasiswa tersebut menjalani pelatihan intensif selama tiga hari di PNFI Ungaran. Tim menargetkan dapat menembus tiga besar dalam kompetisi yang diselenggarakan berkala oleh Dirjen Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) ini.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Masrukhi MPd mengungkapkan, agar bisa menembus tiga besar tim Unnes akan bersaing dengan tim dari berbagai universitas besar lain.

“Di Pimnas Unnes sudah dikelompokkan sebagai perguruan tinggi kelas pertama bersama perguruan tinggi besar lain di Tanah Air. Oleh karena itu, kompetisi saya kira akan berjalan ketat. Namun, peluang kita masih cukup besar untuk masuk tiga besar,” ungkapnya, Jumat (30/8).

Ia menambahkan, tim Unnes memiliki rekam jejak cukup bagus selama mengikuti Pimnas. Dalam Pimnas 2011 di Makassar, tim Unnes masuk tiga besar bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Adapun pada Pimnas 2005 di Padang tim Unnes masuk tiga besar bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Kami mohon restu dan doa dari civitas akademika Unnes agar tim bisa berkompetisi dengan baik dan berhasil meraih hasil terbaik,” lanjut Prof Masrukhi.

Presentasi Hingga Poster

Selama mengikuti pelatihan intensif, tim Pimnas Unnes mendapat berbagai pelatihan, mulai dari cara presentasi, mendesain media presentasi, hingga mendesain poster.

Ketua Tim Pembina PKM Unnes Tommy Yuniawan MPd berharap, setelah mengikuti pelatihan ini tim siap berlaga dengan penuh percaya diri.

“Kami bekali dengan berbagai keterampilan, mulai dari cara presentasi yang baik, mendesain media presentasi dengan power point, sampai mendesain poster. Di luar hal teknis itu, persoalan mental dan kepercayaan diri sangat penting,” katanya.

Pelatihan intensif menjelang Pimnas melengkapi program pembinaan yang telah dilakukan oleh Unnes sepanjang tahun. Jauh hari sebelumnya Unnes menyosialisasikan program PKM melalui berbagai kegiatan workshop penulisan PKM. Selanjutnya,  bersama DP2M Dikti juga melakukan monitoring dan evaluasi terhadap mahasiswa penerima dana PKM.

Kesembilan besar tim PKM yang akan mewakili Unnes terdiri dari 2 tim PKM Gagasan Tertulis (PKMGT), 5 tim PKM Kewirausahaan (PKMK), 2 tim PKM Karsa Cipta (PKM KC), 5 tim PKM Pengabdian Masyarakat (PKMM), 3 tim PKM Penelitian (PKMP), dan 2 tim PKM Terknologi (PKMT). Diketahui, 9 tim dari 19 tim yang akan berlaga di Pimnas diketuai oleh mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.752 kali
EDITOR : Rohmawati

10 komentar pada “Target 3 Besar, Tim Pimnas Unnes Jalani Pelatihan Intensif

  1. persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang memuaskan, seluruh warga Unnes mendoakan keberhasilan di PIMNAS. Good Luck

  2. Selamat berkarya dan suksess.. khususnya untuk suprapti, ms nasrun, dkk… semoga dapat memberikan hasil terbaik. amin..

  3. Selamat Bertanding Buat Sahabat2 Pimnas UNNES 2013
    Ini Kesempatan terbaik Kalian untuk Mengharumkan Nama Universitas Kebanggaan Kita. .
    Kami Doakan Jadi Yang Terbaik di Pimnas Nanti Yaa. .
    Harus Menang. . Kami yakin Kalian Juaranya. .
    Kami Harap Melebihi Prestasi Sebelumnya Yaitu Juara 1 Atau Juara 2

    Kami Yakin Kalian Semua Pasti Bisa Berbicara Banyak Di Universitas Mataram.
    Go PIMNAS UNNES to Championship PIMNAS 2013 ^.^

  4. Kalau untuk yang namanya Pimnas……, aku selalu berharap dan berdoa… semoga menang, menang dan menang….., Sukses selalu untuk adik adik mahasiswa yang mewakili Unnes dalam laga Pimnas di Mataram tahun ini…. Salam Mahasiswa……

  5. hasil final pimnas ke 26 cukup membanggakan dan tetap perlu kita syukuri, mengingat semua pernguruan tinggi pasti telah menyiapkan diri semaksimal mungkin. mari kita segera berbenah dan menatap kedepan dengan persiapan yang lebih prima. tetap semangat dan tetap bersatu untuk kesuksesan pimnas 2014, smoga

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X