Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2013 Mulai 17 Desember 2012

Senin, 10 Desember 2012 | 20:44

Berita Terkait

Tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 sudah akan dimulai 17 Desember 2012. Tahapan ini berupa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh kepala sekolah.

“SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada prestasi akademik siswa kelas XII SMA/MA/SMK dengan menggunakan rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Pada seleksi 2012 namanya SNMPTN Jalur Undangan, untuk seleksi 2013 nanti namanya SNMPTN saja,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin, Senin (10/12), di sela-sela sosialisasi awal SNMPTN 2013 di Jakarta. Sosialisasi dilakukan beberapa saat setelah peluncuran SNMPTN oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, di kantor Kemdikbud.

Menurut PR I, pengisian PDDS yang dibuka hingga 8 Februari 2013 dan selanjutnya pengisian secara berkala setiap semester ini wajib dilakukan. “Jika tidak, siswa di sekolah yang bersangkutan tidak memiliki hak untuk mengikuti SNMPTN. Ini tahapan yang menentukan proses selanjutnya,” tandasnya.

Lebih lanjut dikemukakan, kepala sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. “Kepala sekolah mendapatkan password setiap siswa yang digunakan untuk melakukan sertifikasi. Siswa melakukan validasi data rekam jejak prestasi yang diisikan oleh kepala sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah. Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi, maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh kepala sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir,” katanya.

Dikemukakan pula, pendaftaran SNMPTN baru akan dibuka 1 Februari – 8 Maret 2013. Selanjutnya proses seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013 dan pengumuman hail seleksi 28 Mei 2013. Adapun pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi 11 – 12 Juni 2013.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

169 Komentar untuk “Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2013 Mulai 17 Desember 2012”

  1. Rudolf NH

    Selasa, 11 Desember 2012 | 06:17

    Bagaimana memfasilitasi para alumni SLA atau SMK periode 2011 dan 2012 untuk dapat mengikuti seleksi SNPTN 2013,mengingat aturan terdahulu berbunyi bahwa Siswa lulusan sebelumnya bisa mengikuti ujian masuk SNPTN,diberi 3x kesempatan…azas keadilan harus dikedepankan.

  2. Kholis

    Selasa, 11 Desember 2012 | 10:55

    @Rudolf : masih bisa kok, ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

  3. chan

    Selasa, 11 Desember 2012 | 13:40

    yang lulusan 2012 dan 2011 yang benar ikut jalur mana.?? dulu waktu snmptn 2012 lulusan 2011 dan 2010 bisa ikut mandiri, dan ujian tulis dan kuotanya dengan lulusan 2012 sama. sekarang bagaimana… pak menteri nuh, juga harus bersikap adil. saya sebagai lulusan tahun 2012 yang gagal snmptn bagaimana. seharusnya jalur mandiri itu tidak usah dilaksanakan, kita tahu bahwa ujian mandiri hanya diperuntukan mahasiswa yang orangtuannya kaya. masuk kedokteran saja lewat jalur mandiri sama halnya mencekik orang tua kami. mengapa pemerintah masih menggunakan jalur mandiri. yang namanya mau mencerdaskan bangsa harus dibebarengi pendidikan yang mumpuni. kalau pendidikan mahal bagaimana nasib anak bangsa. itu harus di ingat oleh pak menteri. soal biaya pendaftaran gratis sya sangat setuju. soalnya banyak teman saya yang ga bisa ikut snmptn karena biaya daftar mahal dan spp bahkan dpp masuk kuliah. saya siswa lulusan siswa sma di pacitan tahun 2012. mau daftar saja harus ke jawa tengah dikarenakan bank yang untuk pendaftaran tidak tersedia di pacitan. Yang penting untuk pak nuh. jika ingin mencerdaskan anak bangsa, ingat pendidikan harus merata, adil bijak. dan perlu di ingat biaya untuk pendidikan jangan mahal terutama masuk kuliah. DPR RI saja buat kamar mandi serba mewah dan kursi serba internasional apakah itu tidak mencerminkan sikap yang boros. apakah dana tersebut apa tidak lebih baik buat pendidikan di indonesia. semoga SNMPTN 2013, lulusan 2013, 2012,2011 adil dan merata. kita tahu antara yang di terima di PTN dan jumlah pendaftar tidak sebanding.

  4. aka

    Selasa, 11 Desember 2012 | 15:41

    knp SNMPTN TULIS dhapuskan?

  5. Nida

    Selasa, 11 Desember 2012 | 17:18

    Untuk biaya SBMPTN apakah tergantung kebijakan dari perguruan tinggi masing2 atau dari pemerintah juga?
    Terimakasih .

  6. iga

    Selasa, 11 Desember 2012 | 19:01

    Pak lulusan thn 2012 bisa ikut jalur SNMPTN(undangan) nggak
    Minta info juga kpan peMbukaan pndaftaran snMptn(undangan) – SBMPTN Dan jalur Mandiri
    triMakasih

  7. rizal

    Selasa, 11 Desember 2012 | 20:43

    saya lulusan taun 2012…saya sengaja taun pertama bekerja dulu untuk ikut snmptn…tapi ternyata kesempatan buat saya ga ada..di hapus..saya skg harus cari jalur mandiri yang harganya sangat mahal atau cari kuliahan swasta…M nuh ini gimnana?dari PKS kok pendidikan tidak merata…apa lagi nilai UN semuanya hasil modifikasi kepala sekolah biar lulus, jadi semuanya hasil Un itu bohong apa lagi niali rapot penuh dengan rekayasa..yang paling bagus adalah hasil SNPTN tulis

  8. fandi ahmad

    Selasa, 11 Desember 2012 | 20:44

    bgmna nsb llssn 2011 dn 2012 yg pngn msk ptn lg……………………???????????????????

  9. rita

    Rabu, 12 Desember 2012 | 11:28

    kapan di posting formulir pendaftaran SNMPTNnya?

  10. Darmanto

    Rabu, 12 Desember 2012 | 11:54

    Sistem ini memang merugikan siswa lulusan 2011 dan 2012, selain itu yang harus di pikirkan oleh Pemerintah adalah belum meratanya jaringan internet di daerah ini menjadi kendala utama bagi kami yang sekolahnya berada di daerah yang belum ada sarana internet yang memadai walaupun di satu sisi kami senang bahwa jenis akreditas sekolah sudah tidak lagi menjadi pertimbangan, kedepan harapaan kami tentu pemerintah mempunyai pertimbangan yang lebih adil dan bijaksana bagi semua sekolah dan alumni di manapun berada….. Amin..

  11. Wenny

    Rabu, 12 Desember 2012 | 15:29

    Saya Insya Allah akan lulus tahun 2013. Saya barusan baca komentar2 di atas dan menyadari bahwa sistem yg baru ini memang merugikan lulusan 2012 dan 2011.
    Saya rasa nilai rapor memang tidak bisa dijadikan patokan kok. Nilai rapor kan subjektif sekali, tergantung kehendak gurunya. Guru juga belum tentu tahu kualitas murid yang sesungguhnya.
    SNMPTN tulis bagus kok buat mengukur kemampuan terpendam siswa.
    Sebenarnya.
    Tapi kalau pak menteri udah mantap dengan keputusannya ya sudah sih. Saya nggak bisa melawan kan, hanya wong cilik :’)

  12. alfian

    Rabu, 12 Desember 2012 | 18:50

    bagaimana dengan siswa akselerasi ???
    Adakah keistimewaan atau kelebihan dalam proses snmptn undangan 2013 ??

  13. nitha

    Kamis, 13 Desember 2012 | 14:28

    penghapusan SNMPTN 2013 ga adil buat anak2 lulusan 2011 dan 2012

  14. rinie

    Kamis, 13 Desember 2012 | 18:27

    laman PSSD dibuka belum bisa kok

  15. Ice

    Sabtu, 15 Desember 2012 | 18:46

    Bapak-Bapak Panitia koq emailnya gag di bls to ?
    kasih ilooow

  16. Andiani Dwiastuti

    Senin, 17 Desember 2012 | 14:57

    dgn bnyknya peraturan seperti ini bikin calon mahasiswa/i menjadi bingung…

  17. Ayi Mubarok

    Rabu, 19 Desember 2012 | 09:29

    sebenernya SMPTN jalur tulis masih ada apa sudah di hapuskan??
    kalo emang udah di tiadakan berarti sia2 saya menunggu satu tahun ini
    terus kalo gak ada SNMPTN jalur tulis kami yg lulusan 2012 bagaimana nasibnya???
    pemerintah harus ADIL kalo mau mencerdaskan anak bangsa jgn cuma setengah2, jgn cuma mencerdaskan anak miskin yg memang sudah pintar dan anak orang kaya, dan membiarkan orang yg gagal SNMPTN 2012 kami juga ingin mencoba lagi siapa tau bisa lolos.
    kalo kami harus kuliah di universitas swsta yg biayanya selangit, sama saja kami membunuh orang tua kami secara perlahan. kalopun ada universitas swasta yg murah tentu fasilitasnya juga tidak memadai.
    dan pada akhirnya yang bodoh makin bodoh
    yang miskin makin miskin
    yang kaya makin kaya dan yang pintar makin pintar.

  18. fikrul

    Rabu, 19 Desember 2012 | 21:22

    snmptn tertulis dihapus,,,,, akan timbul konflik….. anak anak yang les untuk snmptn jadi g karuan.. biaya yang dah dikeluarkan jadi gak bergunaa.aaaapaaa lah niiiiii…. :-(… kenapa gak jauh2 hari.. jangan lah buat kami seperti kelinci percobaan…..

  19. fikrul

    Rabu, 19 Desember 2012 | 21:27

    JALUR UNDANGAN POTENSI MASALAH.. NILAI RAPOR TIAP SEKOLAH BISA BEDA STANDAR WALAUPUN KEMAMPUAN ANAK SAMA.. MISAL JIKA ADA SEKOLAH YANG MEMILIKI KKM 80, PASTI NILAI RAPORNYA TERBILANG BAGUS2… BEDA DENGAN SEKOLAH DENGAN KKM RENDAH…

  20. gylan

    Kamis, 20 Desember 2012 | 06:53

    bagaiamana nasib kami llusan th lalu……
    Ga bs ikut snmptn……..

  21. maria

    Kamis, 20 Desember 2012 | 10:10

    kak saya mau tanya, katanya di IPB siswa smk yang masuk jalur snmptn undangan lebih sulit dari pada siswa dari sma…
    saya sebagai siswa smk menjadi berkecil hati untuk masuk ipb…
    mohon jawabanya ya kak!!!

  22. Hendra

    Jumat, 21 Desember 2012 | 08:47

    Tp kami para alumni msh bsa msuk d3 d univ negeri kan. . ?

  23. zayyin

    Jumat, 21 Desember 2012 | 21:01

    kak NPSN sekolah saya tidak bisa, mohon bantuanya. Mungkin Kontak person dari Pan. PDSS.

  24. zery saputra

    Senin, 24 Desember 2012 | 05:34

    jadi kesimpulannya untuk siswa lulusan 2012 yang ingin ke ptn bagaimana ? apa yang harus dilakukan ?

  25. Neke Yohana

    Senin, 24 Desember 2012 | 21:11

    Pak nuh yang terhormat bagaimana dgn nasib ku yang lulusan tahun 2012..??

  26. hamidah

    Selasa, 25 Desember 2012 | 07:34

    maaf , jaman sekarang oknum2 sekolah sudah pandai dlm memanipulasi nilai anak didiknya , setidaknya pihak panitia seleksi snmptn harus mempunyai rumus tertentu , yg tidak hanya melihat grafik nilai , sejak awal masuk sma , siswa sudah di ancang2 untuk memroses nilai mreka.

  27. Ikhwan

    Selasa, 25 Desember 2012 | 08:53

    bagaimana dengan siswa AKSELERASI, karena bulan Pebruari baru ulangan akhir semester V, apakah tidak terlambat ?

  28. Abdul Mutalib

    Rabu, 26 Desember 2012 | 22:18

    Bapak M.Nuh/Kemenbud sekarang Prof.Dr.Djoko santoso. M.Sc yg terhormat?
    Bagaimana dengan nasib kami para lulusan thn 2011,2012 ?
    yang sangat dirugikan dgn
    pernyataan anda bahwa SNMPTN 2013 DI HAPUSKAN
    untuk lulusan thn 2011,2012.
    inilah bentuk ketidakADILan di negeri ini ?

  29. abdul karim

    Rabu, 26 Desember 2012 | 23:50

    Bagaimana dg saya,yg tdak lolos ujian SNMPTN tahun lalu,n gmna crnya bwt masok PTN sya hrus pkek jlur apha..klo snmptn 2013 dhpuskan itu sma sja sya drugikan slma sthun sya mnunggu,sia” hasilnya..

  30. Marissa elfita

    Kamis, 27 Desember 2012 | 19:49

    Apa piagam yg di dpat
    bsa mnjdi salah
    satu peluang snmptn undangan ?

  31. rabiatul

    Jumat, 28 Desember 2012 | 16:31

    Jadi yg benernya gimana ni ka ?
    Mohon informasi yg jelasnya yah, saya siswi yg gagal SNMPTN 2012 ..
    Terimakasih ..

  32. SITI SARAH

    Jumat, 28 Desember 2012 | 22:03

    Bagaimana dgn lulusan tahun 2009 ,apakah boleh ikut SNMPTN 2013???

  33. Soraya Devi Aisha

    Minggu, 30 Desember 2012 | 18:25

    untuk sekolah swasta terakreditasi B. apa mungkin bisa masuk PTN? dan, jika mungkin prosentasenya brp %? karna ada informasi yg saya dengar bahwa PTN lebih condong pada sekolah negri ketimbang swasta. dengan begini apakah sekolah swasta tidak memiliki kesempatan yang sama besar dengan sekolah negri untuk bersaing secara sehat?

  34. sabar ryanto

    Minggu, 30 Desember 2012 | 22:29

    iya pak gmn dengan kami yang lulusan tahun 2012 yang mau ikut SNPTN pada tahun ini , apakah kami masih bisa mengikuti SNPTN.
    TOLONG KEJELASANNYA PAK

  35. faisal

    Selasa, 1 Januari 2013 | 02:35

    Kenapa ujian nya tahun ini semangat di perumit sih pak
    padahal tekad saya sudah bulat
    dan mengapa sekolah terpelosok seperti kami ini susah untuk mengikutinya

  36. Juwita

    Selasa, 1 Januari 2013 | 12:58

    Bagaimana lulusan 2012 dan 2011,apakah masih bisa ikut snmptn lagi?

  37. Cahya

    Jumat, 4 Januari 2013 | 07:51

    Buat jalur undangan syarat2nya gimana yah?

  38. Ruwanti

    Jumat, 4 Januari 2013 | 12:19

    lalu bagaimana dengan yang bidikmisi ???? apakah termasuk yang jalur undangan tersebut???????????

  39. rame

    Jumat, 4 Januari 2013 | 14:40

    buat jalur tertulis syrat2nya gimna ?

  40. Bayu Tri

    Jumat, 4 Januari 2013 | 14:43

    Infonya tolong diperjelas lagi dunk!
    SNMPTN sekarang itu sistemnya gimana?
    Pndaftarannya lwat mana? Bila untuk Lulusan 2010/11/12 apakah masih bisa ikut Snmptn?
    Trus snmptn tulis dihapuskan, kita snmptnnya gimana?

  41. handa dwi

    Jumat, 4 Januari 2013 | 18:47

    maksih,, semoga bermanfaat bagi kami

  42. samantha veda

    Jumat, 4 Januari 2013 | 21:20

    klau nilai ada yg trun bgaimana pak

  43. Dede Kurnia

    Sabtu, 5 Januari 2013 | 19:17

    Tolong Bapak Menteri bagaimana cara siswa/i lulusan 2012 yang masih ingin mengikuti snmptn pada tahun ini karena tahun lalu gagal/tidak ikut serta ?
    Mereka juga anak Bangsa yang ingin merasakan kursi di PTN

  44. meiriska citra

    Minggu, 6 Januari 2013 | 11:46

    Siang,
    Untuk mendaftar snmptn apa harus kepsek yg mendaftar di PDSS?
    Lalu apa benar yg disikan dalam pendftaran adalah nilai raport?
    Nilai UN dimasukan tidak?
    Trus prestasi lain sperti mendapat piagam atau sertifikat apa dilampirkan/dimasukan jg?
    Sbelumnya trimakasih.

  45. lemensi

    Senin, 7 Januari 2013 | 13:35

    snmptn thun nie harus benar@ di trapkan dgn baik

  46. siti nur aisyah

    Selasa, 8 Januari 2013 | 08:20

    mengapa dalam smnptn undangan harus memilih 1 universitas dalam daerah sendiri dan 1 universitas luar daerah?
    please answer my question????????

  47. nadya

    Rabu, 9 Januari 2013 | 10:19

    kalau tidak ada undangan bagaimana

  48. ntrex

    Rabu, 9 Januari 2013 | 11:04

    wah. .. ternyata banyak yang g setuju juga ya,
    saya lulusan angkatan tahun 2011, alhamdulillah saya udah diterima di salah satu PTN di jatim,
    cuma mau menyampaikan pendapat saja, apa sebaikknya yang dihapus itu yang SNMPTN undangan saja bukan malah SNMPTN tulis,
    berdasarkan pengalaman tahun angkatan saya, soalnya banyak anak yang kemampuannya diatas rata-rata gagal dalam SNMPTN undangan dan mereka semua sukses pada SNMPTN tulis, semua itu hanya dikarena mereka beda tempat sekolah, antara sekolah SBi, RSBI atau SSN nilai standart yang ditetapkan sangat berbeda jauh, sehingga sekolah yang tingakatan dibawah pasti akan kalah dengan sekolah-sekolah favorit yang nilainya hampir g ada nilai 8 di raport, semuanya 9 karena nilai dapat dibuat, sedangkan kemampuan seseorang tidak hanya dapat diukur dengan nilai saja :D
    jd menurut saya lebih baik SNMPTN tulis diadakan lagi,
    TERIMA KASIH !!

  49. cakg

    Rabu, 9 Januari 2013 | 21:35

    gimana kalau yg smk pembangunan program 4 tahun?¿?
    saya ikut unas tahun 2011/2012 tp lulusnya tahun 2012/2013 apakah boleh ikut snmptn?

  50. penky vw

    Jumat, 11 Januari 2013 | 08:47

    snmptn harus benar dan gmn cara buat undangan ya?

  51. Veer

    Minggu, 13 Januari 2013 | 15:01

    Assalamualaikum..
    mbak-mbak.. mas-mas.. kakak-kakak..
    saya siswa SMA yang insyaallah akan lulus tahun 2013.. Amiin..
    kata guru saya SNMPTN tulis bukan dihapus,, hanya diubah namanya menjadi SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) yang kuotanya 30%..
    Jadi, bagi kakak-kakak yang lulusan tahun 2012 maupun 2011 masi bisa ikut di test SBMPTN tersebut.. ada juga jalur test mandiri yg kuotanya 20%.. kakak-kakak juga bisa ikut di jalur itu..
    Tapi kakak-kakak tidak bisa ikut jalur SNMPTN UNDANGAN.. karena itu dikhususkan bagi siswa/i yang lulus tahun 2013 saja..
    sekian info dari saya yg didapat dr guru BK saya..
    Terimakasih… :) Wassalam..

  52. faridatul badriyah

    Senin, 14 Januari 2013 | 13:13

    semoga snmptn pada tahun 2013 bisa berjalan dengan lancar, dan semoga kita semua bisa meraih apa yang kita impikan, amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiin.

  53. rina sulastri

    Senin, 14 Januari 2013 | 14:30

    sayang nya untuk sekolah saya sampai sekarang pun belum ada pengumuman mengenai snmptn jalur undangan. saya harap sebagai salah satu pelajar indonesia, para panitia snmptn 2013 mengecek langsung kelapangan. memberi pengumuman resmi mengenai snmptn dan cara pendaftarannya. terimakasih

  54. deni.sapari

    Selasa, 15 Januari 2013 | 11:29

    gmna klu pak.kapsek tdk mau mengisi pdds

  55. devi

    Selasa, 15 Januari 2013 | 21:55

    saya lulusan 2012 saya butuh informasi SNMPTN jalur apa yang harus saya ikuti kalau benar SNMPTN tulis di tiadakan??????

  56. kiki

    Rabu, 16 Januari 2013 | 18:52

    semoga bisa tembus SNMPTN 2013 di jalur undangan dan bisa msk PTN faforit

    Amin

  57. endah

    Kamis, 17 Januari 2013 | 10:28

    ka sekolah kan udh trdaftar d pdss tp aq mo daftar indentits siswa koq gak biza?
    lez

  58. achmad

    Kamis, 17 Januari 2013 | 17:07

    yang lulusan 2012 gmna mash bsa dftar ????

  59. KINISIUS YOHAME

    Sabtu, 19 Januari 2013 | 08:51

    pendaftaran sntpn ini di lakukan bulan februari di seluru perguruan tinggi negeri di indonesia akan membuka pendaftaran tgl 1 februari in ka..?

    by =kINISIUS YOHAME dari jayapura papua
    asal sekolah=SMK NEGERI 8 JAYAPURA

  60. eka fitrianingsih

    Minggu, 20 Januari 2013 | 15:02

    em…..knpSNMPTN 2013 tambh sulit z….z allah,,,

  61. eka fitrianingsih

    Minggu, 20 Januari 2013 | 15:07

    apakah harapan ku tahun ini bsa tercapai z…hanya allah yang tau q hanya bisa berusaha,smoga tahun ini tahun keberhasilan bagi q…
    by; Eka Fitrianingsih Wonosalam Demak
    asal sekolah: MA MIFTAHUSSALAM.

  62. eko yudiantoro

    Senin, 21 Januari 2013 | 06:27

    melihat sistem yang sedang dan akan digunakan dalam proses seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri saya sarankan bahwa entry data yang dilakukan oleh masing-masing sekolah hendaknya mendapat perhatian ekstra, sementara apakah perguruan tinggi negri yang dituju memiliki rumusan tertentu untuk membendung jika saja terjadi “kecurangan” sanksi administrasi dan moral apa yang akan diberikan kepada “pelanggaran” tersebut, mohon penjelasan. terima kasih, semoga semua dapat berjalan sesuai dengan rencana dan lancar, amin.

  63. elly

    Senin, 21 Januari 2013 | 13:05

    Kenapa SNMPTN.a tambah sulit…
    Kenapa jalur tertulisnya di hapuskan…
    Gak adil banget.

  64. muh arief

    Rabu, 23 Januari 2013 | 08:02

    bagaiman cara pendaftaranx SNMPTN setelah mendapat pasword. tahun 2013 u siswa …
    makasih..

  65. Babad Sorenggana

    Rabu, 23 Januari 2013 | 09:56

    MIN, gmna maksdnya yang khusus jurusan SEni itu?
    harus mengunggah piortofolio apa maksdnya?

  66. akmali

    Rabu, 23 Januari 2013 | 10:53

    semoga snmptn ini saya ikut terdaftar

  67. lily setiawati

    Rabu, 23 Januari 2013 | 10:56

    klo kpala skolah ga ddtarin pdss ga bsa ikut snmptn donk??

  68. Juang

    Kamis, 24 Januari 2013 | 03:46

    Gimana kalo yang Alumnus bisa ikutan SNMPTN udangan dari sekolah terdahulu ? mohon infonya pak.

  69. MARIA SAPA ROSITA

    Kamis, 24 Januari 2013 | 20:22

    untuk para bapak dan ibu panitia .. siswa siswi pada bingung dengan banyaknya peraturan seperti ini.
    hmmmm

  70. EKA SUSANTI

    Kamis, 24 Januari 2013 | 21:52

    saya setuju dgn temen2 klw SNMPTN tulis jgn di hapus….
    karena pasti bnyak tmn2 yg mempunyai kemampuan yg tidak kalah dgn yg lain ny utk melajutkan d PTN mungkin thn kemaren hnya strategi aja yg salah, jd saya berharap jg bahwa SNMPTN tulis tidak dihapuskan…
    saya jg mw bertanya apakah benar bahwa grade FKIP lebih tinggi dibandingkan FK? karena dgn alasan utk menciptakan seorang guru yg profesional?
    mohon di beri penjelasan atas apa yg kami tanyakan ini…
    terimakasih

  71. benyamin

    Kamis, 24 Januari 2013 | 22:00

    menuju kehancuran pendidikan..
    saya kira selama ne,, hal yg masih murni dalam seleksi pendidikan adalan SNMPTN.. dan menteri tak berpengalaman..

  72. Hilmayani

    Jumat, 25 Januari 2013 | 19:43

    Untuk Panitia,,, Bagai mana sih cara daftar lewat Online???

  73. MULIANI TEDJOKUSUMO

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 07:46

    Kebijakan pak kemendiknas membingungkan sekali ya? Memang demikian sebab pemikiran orang pinter kan beda dengan kita-kita “wong cilik” ini. Setahu saya SNMPTN TIDAK DIHAPUS melainkan dikurangi kuotanya. 50% utk jalur undangan (dulu jalur prestasi) ato SNMPTN, 30% utk SNPTN, 20% utk jalur mandiri dan alumni alias lulusan 2011 dan 2012. Mudah-mudahan ga salah. Ini menurut berita di koran yang saya baca lhoo..

  74. fidiyah

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 07:54

    kalau yang lulusan 2010/2011 apa masih bisa daftar buat masuk perguruan tinggi dan kalau masih bisa caranya gimana?tolong penjelasanya kak.

  75. Atik

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 12:09

    kenapa sih lulusan tahun 2012 dan 2013 harus dibedakan, padahal sama sama ikut UN sama sama mati matian belajar buat hasil rapot yang memuaskan,.

  76. aruni

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 12:19

    saya lulusan 2012, dulu saya dapat undangan dari UNNES tapi saya tidak ambil karena masalah biaya, apakah kesempatan itu sudah tidak bisa digunakan lagi?

  77. fitri

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 12:51

    Ntuq lulusan thun 2011/2012 gmna kaq??pa bisa ikut ujian SNMPTN thun skrang??klau bsa gmna cara pndaftarannya??
    Mohon bantuannya….

  78. putri

    Sabtu, 26 Januari 2013 | 13:11

    bagaimana cara pendaftaran bagi lulusan tahun 2011-2012 yang mau mengikuti SNMPTN ini?

  79. imam

    Minggu, 27 Januari 2013 | 12:01

    saya lulusan 2011., mau ikut pendaftaran unnes
    saya harus gimana., mengikuti jalur mana., kapan pendafatan juga tesnya?
    tolongg., infonya

  80. rina eriani

    Minggu, 27 Januari 2013 | 15:16

    Brapa persen kah siswa yang mengikuti jalur undangan?

  81. randi putra

    Minggu, 27 Januari 2013 | 22:04

    semoga kita* lulusan 2013 lulus semua dalam program snmptn ini amiiiinnn………

  82. fian salsabila putrisasantie

    Senin, 28 Januari 2013 | 21:52

    kalo untuk lulusan 2010 gimana nii??? ada kesempatan ikut ndaa

  83. Dh d'Gareget Get

    Rabu, 30 Januari 2013 | 20:04

    do’akan aku kakak semua LULUS UN & SNMPTN 2013…
    dengan Nilai Yang sangat Memuaskan..
    dan mendapatkan PTN dan Jurusan yang aku inginkan…
    juga mendapatkan Bidik MISi..
    amin. :)

  84. FEBRY

    Jumat, 1 Februari 2013 | 10:00

    gimana cara daftarnya gun

  85. Lisnawati

    Jumat, 1 Februari 2013 | 11:44

    gimna cra dftrnya nih

  86. kawaiiy

    Jumat, 1 Februari 2013 | 12:55

    truss bagi alumni tahun 2012..bgmn cra.y klo mau ikut snmptn tahun 2013..??

  87. reski yani

    Jumat, 1 Februari 2013 | 14:10

    snmptn the bestt,,,

  88. dedi

    Jumat, 1 Februari 2013 | 15:15

    kira2 pemerintah memang sudah matang untuk hal sebegituan ya????perlu digaris bawahi yang bahwa cara yang demikian masih kurang tepat dikarenakan masih banyak masyarakat indonesia ini masih buta akan tekhnologi..jangan kan internet listrik aja masih ada daerah yang belum menerangi bagaimana mau kasih hidup komputer..pakek kayu bakar?

  89. lamria naibaho

    Jumat, 1 Februari 2013 | 16:26

    MOHON PERHATIANNYA PAK MENTRI
    KHUSUSNYA KAMI YANG BLUM DAPAT KESEMPATAN PADA TAHUN 2012 UNTUK MEMENANGKAN SNPTN,
    dan masuk ke perguruan swasta jadinya,
    tetapi orang tua saya sendiri, menyatakan tidak sanggup lagi melanjutkan saya untuk lebih lanjut,
    berhubung karena biaya yang begitu besar,dan dengan hati yang penuh penderitaan,saya mengatakan kpd orang tua saya,dimana apa bila saya memenangkan snptn 2013,apakah bpk/mama masih bisa menjekolahkan saya…?
    dan orang tua saya menjawab bersedia,
    saya merasa senang,
    tetapi setelah saya ketahui persyaratan untuk mengikuti snptn untuk tamatan 2011/2012.saya merasa kecewa,kenapa peryaratan kami beda dengan tamatan 2013,
    klau menurut saya pak
    disamakan aja, nilai lapor dan hasil ujian akhir aja,sama keterampilam siswa aja (sertifikat) karna itulah jalur dengan MURNI,
    dimana sperti yang saya lihat pda thun 2012 snptn karna orang tuanya kalangan atas bisa menang,sementara
    orangnya ADOH TIDAK TERKATATAN DARI SISIMANAPUN TIDAK DAPAT MENDUKUNG.
    Hormat saya.

    Lamria naibaho.

  90. andi julitra

    Jumat, 1 Februari 2013 | 16:31

    berapa besar peluang kami lulus snmptn…?
    dan apa yang harus kami lakukan agar kmi pasti/dapat lulus snmptn…..?

  91. Arya

    Jumat, 1 Februari 2013 | 23:13

    Kalau lulusan 2009 apa masih bisa ikut seleksi masuk ptn?

  92. firman al -mahdi

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 01:30

    seharusnya menteri nya itu pakai aturan snmptn yang tahun kemarin biar adil dan bijak. kalo aturannya skrg jd kyk gni ini namanya diskriminatif..
    menteri nya engak adil korupsi mulu pejabatnya.

  93. shilva

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 12:28

    saya siswa lulusan tahun 2012 dan pernah mengikti snmptn tahun 2012 namun tidak lolos (gagal). apakah bisa mengikuti snmpn di tahun 2013 yg menggunakan nilai rapor ??

  94. Nita fahmasari

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 17:35

    gimana caranya daftar snmptn itu???

  95. yudi

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 19:28

    untuk pendaftaran yang alumni bagaimana…?

  96. khoirul anam

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 19:42

    semoga kita lulus tahun 2013 mudahan saya terima di snmptn amin

  97. NUR KHAFIDZ

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 20:58

    KOK BELUM DIBUKA PENDAFTARANNYA

  98. Yel Dewita

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 21:19

    saya mau nanya bgaimana cra dftar ny mlalui online it ????

  99. Andreas Alexanders

    Minggu, 3 Februari 2013 | 15:48

    saya mau nanya bgaimana cra dftar ny mlalui online it ?

  100. lamria naibaho

    Minggu, 3 Februari 2013 | 18:37

    sesuai dengan isu-isu karena belum di mufakati,
    yang kami terima ,bahwa bagi para tamatan 2012 masih ada kesempatannya untuk mengikuti snptn,dengan jalur beda,dengan ujian tertulis dan daya tampung 30%,apakah ini sudah syah????
    dan saya meminta agar lebih ditindak lanjuti informasi selengkapnya,
    dan segera dipublikasikan,
    dan tidak mengurangi rasa hormat saya meminta agar segera dibuka pendaftarannya.
    terimakasih.
    hormat saya
    lamria naibaho

  101. zakiyah

    Minggu, 3 Februari 2013 | 19:48

    saya siswa lulusan tahun 2012 dan pernah mengikuti snmptn tahun 2012 namun gagal, bagaiman caranya?

  102. diki

    Minggu, 3 Februari 2013 | 21:30

    pak apakah taun lulusan 2012 bisa ikutt

  103. hti

    Senin, 4 Februari 2013 | 08:49

    bagaimana cSNMPTN lagi, dan bagaiman menyangkut biaya?
    apakah akan disamakan dengan jalur reguler?
    tolong perhatiannya pak mentri

  104. putri

    Senin, 4 Februari 2013 | 10:54

    pak apakah taun lulusan 2012 bisa ikutt

  105. Dewi setianingsih

    Selasa, 5 Februari 2013 | 09:33

    cara verifikasi data setelah memasukkan password dan nisn siswa itu bagaimana y?

  106. ridcel yandres

    Selasa, 5 Februari 2013 | 11:12

    minta contact person PAN PDSS…terima kasih

  107. farissa

    Selasa, 5 Februari 2013 | 14:02

    bagi lulusan tahun kemarin masih bisa kok lewat jalur tulis kak. SBMPTN namanya :) setahu saya prosentase untuk SNMPTN(undangan) 50% SBMPTN 30% UM 20%
    lagipula bagi yg lulusan tahun ini paket soal ujiannya saja sudah fix 20 paket dan tingkat kesulitannya pun ditingkatkan. terimakasih.

  108. heri tri utomo

    Rabu, 6 Februari 2013 | 22:20

    saya alumni angkatan 2012
    saya dr kudus perantauan ke cilacap dan skul di sana

    kmaren ke cilacap
    v d persulit untuk minta dan mendaftarkan data dan kelengkapan lain a

    bagaimana saya untuk mendaftar ecara online
    sedang saya pada masa sekolah dulu sama sekali tidak dibekali informasi satupun
    mengingat jaman sekarang adalah serba online

  109. fina

    Jumat, 8 Februari 2013 | 08:39

    pak kalo saya udh terlanjur daftar ,trus bisa daftar online lg gak snmptnnya ?

  110. naufal

    Jumat, 8 Februari 2013 | 13:42

    pak kok sya ngisi formulir snmptn d tabel biaya sklah ndak bsa2.. thu gmn pak ? dan stelah pngisian formulir slesai apakah ada pemberitahuan ?

  111. Marselus firdaus

    Sabtu, 9 Februari 2013 | 14:37

    Pak, cara daftar ye kok dk bisa,,,, kasik cara ya lh pak

  112. Mohd Syawal Irwansyah

    Sabtu, 9 Februari 2013 | 19:55

    SNMPTN= Untuk lulusan tahun 2013 aja…
    SBMPTN & MANDIRI = untuk lulusan 2013, 2012, & 2011

    Itu makanya yang lulusan tahun kemarin gak bisa daftar untuk SNMPTN 2013. pemerintah sudah menyediakan prospek untuk alumni tahun kemarin dalam SBMPTN. Berterimakasih lah anda masih bisa mengikuti SBMPTN :)

  113. kadek santika yasa

    Minggu, 10 Februari 2013 | 08:07

    aq bingung dgan pendaftaran snmptn

  114. Albert Haekal

    Selasa, 12 Februari 2013 | 09:43

    - 2013 (SMA/SMK/STM) SNMPTN (undangan)
    - 2011 dan 2012 (alumni/ ijazah palet C) ujian SBNMPTN (tertulis)
    - 2011-2013 ikut ujian mandiri (bagi yang tidak dapat SNMPTN/SBNMPTN)
    - ( bagaimana nasib ankatan sebelumnya? Masih bisa ikut ujian PTN bahkan angkatan tahun 1980 (tergantung universitas PTN yag mau mengadakan)\

    SO, seabagai Mahasiswa FKUI inernational siapkan mental mu dan cita-cita yang kuat! masa depan kalian yang tentukan!

  115. Dison Siregar

    Selasa, 12 Februari 2013 | 13:27

    sasaya juga kurang setuju kalau snmptn tulis dihapuskan.,
    kenapa?
    kbetulan saya masuk snmptn undangan stambuk 2011..
    dan yang saya lihat hampir mau 2tahun, cara brpikir snmptn tulis dgn snmptn undangan cukup jauh perbandingannya,snmptn tulis yang lebih efektif belajar nya..
    mungkin bukan smua sperti itu,,
    tapi secara umum inilah kenyataannya..
    trimakasih..
    mohon dipertimbangkan lagi..
    apalagi smakin meningkatnya zaman harus bisa membuat negara kita ini lebih maju yang dipimpin oleh orang-orang yang berkualitas..

  116. rando firmansyah

    Selasa, 12 Februari 2013 | 20:42

    klu kt ingin mngubah jurusan yg sudah kt isi sblmNya,bgmana crnya untuk mengubah jurusan?

  117. rizko

    Selasa, 12 Februari 2013 | 20:43

    ini saya buka ke pdss.snmptn kenapa malem ini tidak bisa?

  118. wanda maharani

    Rabu, 13 Februari 2013 | 16:52

    apakah jika sekolah belum mendaftar ke pdss dan baru akan di mulai pendaftaran nya masih bisa atau tidak?

  119. dani

    Rabu, 13 Februari 2013 | 19:42

    harus nya jalur tertulis lebih diutamakan, dari pada jalur undangan yang nilai nya bisa diatur oleh sekolah..

  120. kiekix

    Rabu, 13 Februari 2013 | 20:54

    saya lulusan th.2011..karna mslah biaya jadi kerja dulu 2 th.la sekrg saatnya pgn ikut daftar…sekarang masih boleh kah ikut SNMPTN 2013?..

  121. irma inda

    Kamis, 14 Februari 2013 | 18:10

    saya insaallah akan lulus pada tahun 2013 ini.. saya senang dengan adanya jalur undangan ini,, karena sangat membantu.. tidak semua sekolah itu mempunyai niat untuk mengotak atik nilai,,

  122. ajun

    Kamis, 14 Februari 2013 | 18:41

    waw perubahan uud yaaaa…
    untungx saya dah lulus di salah satu perguruann tinggi di sulsel…
    tpi aku sngat prihatin akan realita yg sering terjadi dikampus sekarng ini….
    katax hanya orng2 miskin dan pintar yg bisa menerima Beasiswa Bidikmisi…tpi realitax apa sob, rata2 yg dapat itu haxlah keluarga dari para peneindas yg duduk diatas sana….sungguh tdak sngat adil….apakah indonesia sudah ditakdirkan seperti ini….
    dan masih bxk lagi realita2 yg sngat memprihatinkan yg tak snggup aku uraikan satu2 par satu di layar kaca ini…

    o yaaaa pak mentriku yg maha adil dan maha kuasa…..bagaimana dong dengan saudara2 sya yg belum sempat untuk memijakkan kaki mereka di PT dan pengen untuk mendaftar di tahun ini….apa masih ada cara-lain yg lebih adil buat mereka….gimna carax ayahanda mentri !!!!!!!

    kasihanilah kami yg tak pux n tertindas ini…
    jngan biarkan indonesia semakin terpuruk lebih dalam lagiiiii…………..

  123. adi cahyadi

    Jumat, 15 Februari 2013 | 10:14

    smoga ada cara yg pasti bagi sy lulusan 2012 untuk mendaftar snmptn di tahun 2013 krn kayanya pendaftan snmptn tahun ini cuman di peruntukkan, untuk lulusan tahun ini ajah

  124. febri

    Jumat, 15 Februari 2013 | 14:55

    yang tamatan 2012 gmna??? masih bisa daftar nggak???

  125. rokino purba

    Jumat, 15 Februari 2013 | 21:42

    saya berharap masuk PTN yang saya minati

  126. kiki rivaldi

    Sabtu, 16 Februari 2013 | 09:28

    bantulah saya untuk masuk ke snmptn

  127. nia

    Minggu, 17 Februari 2013 | 04:39

    gimana sih cara verifikasi nilai secara onlen buat daftarin ke snmptn ?

  128. Rini alvionita

    Minggu, 17 Februari 2013 | 09:49

    insyaalha saya akan berusaha agr msuk d smptn itu,n bsa mngbil jrusan yg saya inginkan….pd thun 2013,,,,,,,

  129. yulli

    Senin, 18 Februari 2013 | 14:49

    insyaallah sy akn brusaha utk mndptkn nilai yang sy harapkn dan smaksimal mngkin dan dpt kuliah tnpa mngeluarkn biaya yg terlalu mhl. mhn do’anya y

  130. yulli

    Senin, 18 Februari 2013 | 14:53

    n sy ingin mmbuat ortu sy bangga trhdp saya n sy lulus n smoga sy dpt brtemu dg tmn2sy yg lama,krna mereka adlh tmn2 yg trbaik buat sy, mskipun brpisah kami akn ttap brtemu kmbali d mana itu. amin ya robbal’alamin

  131. yulis

    Selasa, 19 Februari 2013 | 09:56

    bagaimana dengan lulusan 2012,kami berharap
    ada opsi bisa ikut snptm

  132. Irene Prasetya Ningsih

    Selasa, 19 Februari 2013 | 20:08

    saya berharap tahun ini saya lulus UN . dan juga lulus di snmptn . amiin

  133. brasil

    Selasa, 19 Februari 2013 | 23:27

    pak tolong , saya lulusan thun 2011, di pilihan bidik misi kok untuk opsi 2011 tdk ada.. pdhal kmrn telah dijelaskan PR 1 UB di surya online, untuk alumni bisa dapat bidik misi asalkan dpet rekom dari skolah, terus kapan itu opsi.nya dibuka?

  134. suryadi j

    Kamis, 21 Februari 2013 | 21:50

    pak saya jga binggung untk msk perguruan tinggi thn 2013, sya lulusn thun 2012.. apa sama cara Snmptn thn kmrn ma ckrg…????????

  135. noona flo

    Jumat, 22 Februari 2013 | 17:47

    buat yg masih bingung ttg snmptn tulis/SBMPTN, silahkan liat di http://www.ptn-online.com/sbmptn-2013-snmptn-tertulis-2013/
    http://id.berita.yahoo.com/sbmptn-gantikan-snmptn-jalur-tulis-134014638.html
    aku sendiri angkatan 2011, juga mw daftar itu insya Allah

  136. atun

    Sabtu, 23 Februari 2013 | 11:07

    bagaimana kalau saat penyeleksian SNMPTN tidak lulus, apakah boleh ikut jalur SBMPTN

  137. tahjul fuzari

    Senin, 25 Februari 2013 | 10:11

    klo bidikmisi itu gimna ea …ap ada persyratan tertentu atau tes tertentu

  138. rizky ananda

    Senin, 25 Februari 2013 | 18:59

    saya mau nanya,untuk yang prestasi itu,itu sertifikat/piagam/penghargaan yang gmna ?
    apa semuanya bisa kita masukan ?
    mohon jawabannya

  139. asep

    Selasa, 26 Februari 2013 | 19:54

    saya mau nanya pak,,,
    gimana dengan saya yang lulusan 2012 yang mau masuk perguruan tinggi 2013 ??

  140. asep

    Selasa, 26 Februari 2013 | 19:56

    saya mau nanya pak,,,
    gimana dengan adik saya yang lulusan 2012 yang mau masuk perguruan tinggi 2013 ?? jadi adik saya tidak bisa masuk perguruan tinggi pak???

  141. reffa

    Rabu, 27 Februari 2013 | 18:27

    pak gimana kalau salah dalam mengisi formulir snmptn 2013

  142. Amil Muttaqin

    Kamis, 28 Februari 2013 | 13:12

    saya mau nanya,,,
    prestasi yang boleh dimasukkan hanya 3 prestasi saja atau lebih ??
    Prestasi di bidang bahasa inggris, itu dimasukkan di Sastra ??

  143. DIMAS

    Kamis, 28 Februari 2013 | 22:02

    . kepada yang terhormat bapak mentri pendidikan M.nuh

    . jujur saya ingin sekali masuk perguruan tinggi yang saya inginkan,tapi waktu saya dinyatakan tidak lolos SNMPTN 2012,saya ngeDOWN rasanya saya gak berguna didunia ini rasanya ingin ngakhiri hidup ini,
    . tapi aku sadar kalau aku masih ALLAH swt dan aku berdo;a semoga SNMPTN aku bisa lolos,

    . jadi aku mohon untuk bapak mentri pendidikan M.nuh dengarkan rintihan anak yang tak mampu ini berilah keleluasan dan kesempatan untuk ikut SNMPTN jalur tulis

    #aku mohon bapak

  144. rudianto unyil

    Sabtu, 2 Maret 2013 | 08:53

    sebenarnya SNMPTN itu untuk siswa yang berprestasi atau umum???

  145. dyana ciboluwe zaits

    Sabtu, 2 Maret 2013 | 15:13

    dlam choose file jpg maksudnya apa ya…………………….?

  146. uti

    Senin, 4 Maret 2013 | 16:49

    Jadi siswa smk bisa masuk IPB kan?melalui jalur undangan?saya dari kejuruan akutansi bisa masuk fakultas statistika nya nggak di ipb?

  147. Tetty

    Senin, 4 Maret 2013 | 17:23

    sampe jam berapa bisa ngisi formulir, jam 5 be sudah tutup… e lah

  148. reza alfikri

    Senin, 4 Maret 2013 | 19:02

    jika dalam pendaftaran ada kesalahan dalam pengisian alamat email apa pengaruh terhadap hasil pengumuman nanti?? apakah pengumumannya dikirim ke email masing2?

  149. MAHZUM

    Selasa, 5 Maret 2013 | 12:23

    bagaimana ncaranya untuk mengikuti SNMPTN klau lulusan tahun2012? apakah prosedurnya sama dangan tahun ini?

  150. khoerul anam

    Selasa, 5 Maret 2013 | 19:55

    bagaimana yg lulusan 2010 ni, tolong info nya???
    please….

  151. mila

    Selasa, 5 Maret 2013 | 20:38

    pak klo sudah dftr SNMPTN datay udh di krim tp ada yg mau diubah bisa ga’???
    misly nama perguruan tingginya mau digntia.. boleh gak?
    trmkshih.

  152. wida

    Selasa, 5 Maret 2013 | 23:23

    stiap skolah kan beda” KKMnya, kalo yang kkmnya 7.5 mah pasti terkecil 7.5, kalo 6?? ya nilai terkecilnya 6 juga. Walau udah ngulang juga pasti nilanya pas”an sama KKM

  153. diana ciboluwe zaits

    Rabu, 6 Maret 2013 | 18:41

    ukuran kartu peserta berapa ya, biar saya print sekarang?

  154. RAPIKA

    Rabu, 6 Maret 2013 | 18:49

    pak,, ibu,, saya mau brtanya kalo angkatan 2011 mengikuti smbptn hrus minta pin juga sama kepala sekolah??
    tolong perhatikan nasib kami yg gagal tahun lalu

  155. LISA LIYANTI

    Kamis, 7 Maret 2013 | 08:18

    bagaimana bila mendaftarnya tidak melalui online,,,!! bisa apa tidak ya ..?

  156. elvira

    Kamis, 7 Maret 2013 | 10:10

    bagaimana caranya agar yang tamat tahun 2012 bisa ikut ujian perguruan tingggi pak?

  157. indri

    Jumat, 8 Maret 2013 | 17:20

    kenapa password yang biasa saya gunakan tidak berfungsi?
    dan disana tertulis bahwa password saya salah.padahal biasanya saya menggunakan password tersebut.
    kenapa itu bisa terjadi?
    mohon dibalas di email saya.
    terima kasih.

  158. Mery

    Jumat, 8 Maret 2013 | 20:36

    Ribet amat sih ><;;;
    udah servernya sibuk mulu, gmn mau mndftar jalur bidik misinya :'(

  159. firman

    Jumat, 8 Maret 2013 | 21:22

    Sekolah sy terlambat mendapatkan informasi ini dari DINAS terkait “makhlum sekolah di daerah. Sehingga sekolah tidak bisa mendaftarkan anak2 ke PDSS. Mohon pencerahan kawan2 bagaimana mengatasi hal ini??apakah tidak bisa daftar SNMPTN…………………

  160. Sigif

    Sabtu, 9 Maret 2013 | 02:57

    tenang saja, bagi lulusan 11 & 12 ada 2 ksmpatan masuk PTN.
    Bila ada suatu masalah, pasti ada jln kluar.

  161. Prasetya

    Senin, 11 Maret 2013 | 11:56

    buat llusan 12 gmna cara daftarnya..?

  162. nuggi

    Selasa, 12 Maret 2013 | 14:07

    smptn tahun sekarang tambah rumit, saya llulusan tahun 2010 apakah masih bisa mngitu smptn utuk tahun sekarang?

  163. dhimas hardi septiadi

    Selasa, 19 Maret 2013 | 13:22

    tamatan 2009 apakh masih bisa ikutan sbmptn??mohon jawabannya donk

  164. dian purnomo

    Kamis, 21 Maret 2013 | 23:21

    assalamualaikum,,,,
    buat pak mentri, keadilan di negeri ini sudah sangat diragukan kbenarannya.
    tolong pak, tegakan keadilan untk pendidikan di negeri ini, gimana dengan nasib anak bangsa yang lulusan tahun 2010,2011,2012 apakah kami tidak boleh ikut merasakan pendidikan di PTN kalau SNMPTN jalur tulis untuk lulusan kami tidak boleh lagi, tolong dong pak perhatikan jg nasib kami yang tidak mampu ini. kami ingin mengejar cita-cita kami.
    trimakasih pak M nuh semoga Allah memberikan hidayah kpda kita semua.
    amin….

  165. m.jalal

    Senin, 8 April 2013 | 11:04

    gemana cara daftar ulang snmptn? Bila sudah trlmbt tnggal nya?

  166. dwi

    Rabu, 5 Juni 2013 | 15:15

    lulusan tahun 2009 masih bisa ikutan sbmptn 2013??

  167. septiadi

    Minggu, 1 September 2013 | 15:49

    lulusan tahun 2012

  168. frans

    Selasa, 17 Desember 2013 | 21:41

    alumni bisa ujian melalui sbmptn.. ujian smnptn tulis di ganti menjadi sbmptn

  169. obat sakit kencing

    Selasa, 24 Desember 2013 | 16:19

    terima kasih untuk inpormasi nya

    http://goo.gl/TNkhO5

Tinggalkan Komentar

Copyright © 2010 Universitas Negeri Semarang | Sitemap | Kredit | Arsip| Situs Lama | Masuk log | Arsip PS | Arsip PS
^Back to Top