Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2013 Mulai 17 Desember 2012

Senin, 10 Desember 2012 | 20:44 WIB


Tahapan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 sudah akan dimulai 17 Desember 2012. Tahapan ini berupa pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh kepala sekolah.

“SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada prestasi akademik siswa kelas XII SMA/MA/SMK dengan menggunakan rapor dan prestasi-prestasi lainnya. Pada seleksi 2012 namanya SNMPTN Jalur Undangan, untuk seleksi 2013 nanti namanya SNMPTN saja,” ungkap Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Agus Wahyudin, Senin (10/12), di sela-sela sosialisasi awal SNMPTN 2013 di Jakarta. Sosialisasi dilakukan beberapa saat setelah peluncuran SNMPTN oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh, di kantor Kemdikbud.

Menurut PR I, pengisian PDDS yang dibuka hingga 8 Februari 2013 dan selanjutnya pengisian secara berkala setiap semester ini wajib dilakukan. “Jika tidak, siswa di sekolah yang bersangkutan tidak memiliki hak untuk mengikuti SNMPTN. Ini tahapan yang menentukan proses selanjutnya,” tandasnya.

Lebih lanjut dikemukakan, kepala sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id. “Kepala sekolah mendapatkan password setiap siswa yang digunakan untuk melakukan sertifikasi. Siswa melakukan validasi data rekam jejak prestasi yang diisikan oleh kepala sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah. Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi, maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh kepala sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir,” katanya.

Dikemukakan pula, pendaftaran SNMPTN baru akan dibuka 1 Februari – 8 Maret 2013. Selanjutnya proses seleksi 9 Maret – 27 Mei 2013 dan pengumuman hail seleksi 28 Mei 2013. Adapun pendaftaran ulang bagi yang lulus seleksi 11 – 12 Juni 2013.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 65.949 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

169 komentar pada “Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2013 Mulai 17 Desember 2012

  1. pak klo sudah dftr SNMPTN datay udh di krim tp ada yg mau diubah bisa ga’???
    misly nama perguruan tingginya mau digntia.. boleh gak?
    trmkshih.

  2. stiap skolah kan beda” KKMnya, kalo yang kkmnya 7.5 mah pasti terkecil 7.5, kalo 6?? ya nilai terkecilnya 6 juga. Walau udah ngulang juga pasti nilanya pas”an sama KKM

  3. pak,, ibu,, saya mau brtanya kalo angkatan 2011 mengikuti smbptn hrus minta pin juga sama kepala sekolah??
    tolong perhatikan nasib kami yg gagal tahun lalu

  4. kenapa password yang biasa saya gunakan tidak berfungsi?
    dan disana tertulis bahwa password saya salah.padahal biasanya saya menggunakan password tersebut.
    kenapa itu bisa terjadi?
    mohon dibalas di email saya.
    terima kasih.

  5. Sekolah sy terlambat mendapatkan informasi ini dari DINAS terkait “makhlum sekolah di daerah. Sehingga sekolah tidak bisa mendaftarkan anak2 ke PDSS. Mohon pencerahan kawan2 bagaimana mengatasi hal ini??apakah tidak bisa daftar SNMPTN…………………

  6. assalamualaikum,,,,
    buat pak mentri, keadilan di negeri ini sudah sangat diragukan kbenarannya.
    tolong pak, tegakan keadilan untk pendidikan di negeri ini, gimana dengan nasib anak bangsa yang lulusan tahun 2010,2011,2012 apakah kami tidak boleh ikut merasakan pendidikan di PTN kalau SNMPTN jalur tulis untuk lulusan kami tidak boleh lagi, tolong dong pak perhatikan jg nasib kami yang tidak mampu ini. kami ingin mengejar cita-cita kami.
    trimakasih pak M nuh semoga Allah memberikan hidayah kpda kita semua.
    amin….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *