Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2013

Selasa, 28 Mei 2013 | 16:13 WIB


Tahapan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 sudah akan dimulai 13 Mei 2012. Yang berhak mendaftar SBMPTN adalah SMA/MA/SMK lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013.

“SBMPTN merupakan salah satu dari tiga jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri, penerimaannya didasarkan pada hasil tes peserta,” ungkap Plt Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr Agus Wahyudin, di kampus Sekaran.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.ujian.sbmptn.or.id mulai 13 Mei hingga 7 Juni 2013. Pendaftar ujian SBMPTN dikenakan biaya sebesar Rp 175 ribu untuk kelompok ujian Sain dan Teknologi (Saintek) atau Sosial Humaniora (Soshum), sedangkan Rp 200 ribu bagi pendaftar yang hendak mengambil kelompok ujian campuran. Tambahan biaya Rp 150 ribu dikenakan bagi pendaftar yang proses seleksinya terdapat ujian keterampilan.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa tes terulis akan diselenggarakan tanggal 18-19 Juni, sedangkan tes keterampilan tanggal 20 dan atau 21 Juni 2013 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) penyelenggara ujian sesuai yang tercantum pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2013.

“Peserta bisa memilih 3 prodi, salah satunya harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian,” tambahnya.

Dikemukakan pula, pendaftar Bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN tetapi tidak lulus seleksi, dapat mengikuti SBMPTN tanpa membayar biaya seleksi. Pengumuman lulus seleksi akan diumumkan tanggal 12 Juli 2013 melalui laman resmi SBMPTN.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat di www.sbmptn.or.id.


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 11.176 kali
EDITOR : Agestia Putri Nusantari

27 komentar pada “Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2013

  1. jika lulus snmptn, apakah bisa mengikuti bidik misi ? kalau bisa bagaimana prosedurnya ??

  2. selamat pagi, minta tolong diberi penjelasan, setelah kami mengirim data seleksi sbmptn bidikmisi, kok tidak bisa tersimpan dan melanjutkan, langkah kami seharusnya bagaimana, soalnya ini banyak anak yang belum terdaftar dan tidak bisa melanjutkan. dilaman tertera KAP salah, padahal KAP yang dimasukkan sesuai dengan kartu SNMPTN

  3. maaf sebelumnya, sayamau mendaftar sbmptn dan sudah membeli KPA beserta PIN nya, tapi kenapa halamat pendaftarannya ga bisa di buka ??
    mohon untuk diberi kemudahan supaya kami bisa mendaftar. terimakasih..

  4. Assalamu’alaiku…
    perubahan data untuk Pendaftaran SBMPTN Unnes, apakah datanya bisa diperbarui? atas nama NURUL SITI FATIMAH, Pati 25 November 1995.

  5. kemarin saya udah daftar” tapi belum sempet selesai, karna mati listrik.
    tapi sekarang saya daftar lagi pakek kap dan pin yg sama kenapa ga bisa??
    tolong penjelasannya??

  6. selamat malam
    saya mau bertanya
    kalo da lewat tanggal pendaftaran
    kira2 masih bisa memprint kartu tanda ujian???
    mohon konfirmasinya
    tx

  7. Mohon penjelasan:jika telah lolos tes sbmptn dan diterima,lantas mau ikut bidikmisi apa bisa,dan gemana caranya ?? Mohon kiranya dikasih penjelasan secepatnya ke email tsb.trims

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *