Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2013

Selasa, 28 Mei 2013 | 16:13

Berita Terkait

Tahapan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 sudah akan dimulai 13 Mei 2012. Yang berhak mendaftar SBMPTN adalah SMA/MA/SMK lulusan tahun 2011, 2012, dan 2013.

“SBMPTN merupakan salah satu dari tiga jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri, penerimaannya didasarkan pada hasil tes peserta,” ungkap Plt Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr Agus Wahyudin, di kampus Sekaran.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.ujian.sbmptn.or.id mulai 13 Mei hingga 7 Juni 2013. Pendaftar ujian SBMPTN dikenakan biaya sebesar Rp 175 ribu untuk kelompok ujian Sain dan Teknologi (Saintek) atau Sosial Humaniora (Soshum), sedangkan Rp 200 ribu bagi pendaftar yang hendak mengambil kelompok ujian campuran. Tambahan biaya Rp 150 ribu dikenakan bagi pendaftar yang proses seleksinya terdapat ujian keterampilan.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa tes terulis akan diselenggarakan tanggal 18-19 Juni, sedangkan tes keterampilan tanggal 20 dan atau 21 Juni 2013 di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) penyelenggara ujian sesuai yang tercantum pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SBMPTN 2013.

“Peserta bisa memilih 3 prodi, salah satunya harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian,” tambahnya.

Dikemukakan pula, pendaftar Bidikmisi yang pernah mendaftar SNMPTN tetapi tidak lulus seleksi, dapat mengikuti SBMPTN tanpa membayar biaya seleksi. Pengumuman lulus seleksi akan diumumkan tanggal 12 Juli 2013 melalui laman resmi SBMPTN.

Informasi lebih lengkap dapat dilihat di www.sbmptn.or.id.

Diunggah oleh :
Editor: Agestia Putri Nusantari

27 Komentar untuk “Tahapan Pendaftaran SBMPTN 2013”

  1. azizah

    Selasa, 28 Mei 2013 | 18:48

    asalamulaikum …
    kenapa jalur sbmptn_na gak bisa di buka ea pak ?????

  2. tri

    Selasa, 28 Mei 2013 | 19:41

    terus cara mendaftar sbmptn unnes nya gimana ?

  3. Windy asriani

    Rabu, 29 Mei 2013 | 01:58

    Pendaftar bidik misi yg tidak lolos SNMPTN, SBMPTNny gratis? Beneran itu?

  4. DEWI KHAFIYANI

    Rabu, 29 Mei 2013 | 11:48

    Assalamu’alaikum pak…….maaf pak saya mau bertanya ; cara mendaftar SBMPTN bagaimana pak?

  5. jika lulus snmptn, apakah bisa mengikuti bidik misi ? kalau bisa bagaimana prosedurnya ??

    Kamis, 30 Mei 2013 | 17:39

    jika lulus snmptn, apakah bisa mengikuti bidik misi ? kalau bisa bagaimana prosedurnya ??

  6. abdi

    Jumat, 31 Mei 2013 | 10:46

    peserta bisa memilih 3 prodi, tolong dijelaskan???

  7. Riskhi Putri P

    Jumat, 31 Mei 2013 | 11:49

    pak, kenapa KAP pada SNMPTN saya salah terus? saya mau ikut bidikmisi SBMPTN

  8. nurul dwiarti

    Jumat, 31 Mei 2013 | 12:16

    ma’ap..
    bagaimana ya cara cetak kartu tes..???terima kasih

  9. yani

    Jumat, 31 Mei 2013 | 16:03

    gimana ini pendaftaran SBMPTNnya tidak bisa di buka..

  10. ellena rizka arisa

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 07:58

    pak saya mau mendaftar tapi laman’nya tidak bisa dibuka.

  11. arif

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 11:23

    assalamu’alaiku.., mohan dikasih tau cara mendaftar SBMPTN di UNES

  12. marhaendra data

    Minggu, 2 Juni 2013 | 05:25

    selamat pagi, minta tolong diberi penjelasan, setelah kami mengirim data seleksi sbmptn bidikmisi, kok tidak bisa tersimpan dan melanjutkan, langkah kami seharusnya bagaimana, soalnya ini banyak anak yang belum terdaftar dan tidak bisa melanjutkan. dilaman tertera KAP salah, padahal KAP yang dimasukkan sesuai dengan kartu SNMPTN

  13. zaidatun masruroh

    Minggu, 2 Juni 2013 | 08:19

    pak klo dftr sbmptn kn hrus pke kap snmptn,,pdhal sya gk ikut snmptn,,lha trus kap.a gmn????

  14. LELLY KARUNIA

    Minggu, 2 Juni 2013 | 10:55

    Maaf,kenapa link pendaftaran SBMPTN diatas sulit diakses?

  15. haqqi

    Senin, 3 Juni 2013 | 14:45

    lha trz foto yg d maksud cocok itu yg pake seragam ap terserah ?

  16. NAILY ROKHMAH

    Senin, 3 Juni 2013 | 21:09

    maaf sebelumnya, sayamau mendaftar sbmptn dan sudah membeli KPA beserta PIN nya, tapi kenapa halamat pendaftarannya ga bisa di buka ??
    mohon untuk diberi kemudahan supaya kami bisa mendaftar. terimakasih..

  17. iin

    Selasa, 4 Juni 2013 | 07:49

    Assalamu’alaiku…
    perubahan data untuk Pendaftaran SBMPTN Unnes, apakah datanya bisa diperbarui? atas nama NURUL SITI FATIMAH, Pati 25 November 1995.

  18. komang gede ariyana

    Selasa, 4 Juni 2013 | 15:19

    kemarin saya udah daftar” tapi belum sempet selesai, karna mati listrik.
    tapi sekarang saya daftar lagi pakek kap dan pin yg sama kenapa ga bisa??
    tolong penjelasannya??

  19. R. AGUNG PRAMUDA

    Selasa, 4 Juni 2013 | 22:54

    Apakah ada bedanya kalo ikut bidik misi???

  20. eko

    Selasa, 11 Juni 2013 | 22:59

    selamat malam
    saya mau bertanya
    kalo da lewat tanggal pendaftaran
    kira2 masih bisa memprint kartu tanda ujian???
    mohon konfirmasinya
    tx

  21. Rini diantika

    Kamis, 13 Juni 2013 | 12:32

    pak setela lulus ujian sbmptn apa yg hrs d` lakukan

  22. m.riftiyanto

    Kamis, 13 Juni 2013 | 15:43

    assalamu’alaikum wr.wb
    saya mau tanya
    saya mau print kartu tanda ujian ,tp knp gak bisa di askes?

  23. Annas

    Selasa, 25 Juni 2013 | 18:09

    Mohon penjelasan:jika telah lolos tes sbmptn dan diterima,lantas mau ikut bidikmisi apa bisa,dan gemana caranya ?? Mohon kiranya dikasih penjelasan secepatnya ke email tsb.trims

  24. Nur Lina

    Jumat, 5 Juli 2013 | 20:03

    maaf pak…, katanya pengumuman SBMPTN dimajukan ke tgl 8 juli. apa benar it pak?
    terima kasih

  25. agnesta tarigan

    Rabu, 25 September 2013 | 15:04

    apakah SPMU itu termasuk jalur mandiri…????
    trus cara daftar sbmptn nya gmna pak….?

  26. khoirul arin ma'arif

    Sabtu, 26 April 2014 | 19:15

    trus cara pendaftarn sbmptn gmna../
    trima ksih

  27. gama