Strategi dalam Menghadapi Akreditasi AUN-QA, Jurusan Matematika UNNES Selenggarakan Seminar

Kamis, 16 November 2017 | 16:22 WIB


Strategi dalam Menghadapi Akreditasi AUN-QA, Jurusan Matematika UNNES Selenggarakan Seminar

Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA UNNES) menyelenggarakan Seminar dalam rangka Program World Class Professor SKEMA B tahun 2017, Rabu (16/11) di Ruang Seminar Gedung D10 FMIPA UNNES Kampus Sekaran.

Seminar bertajuk “Strategi dalam Menghadapi Akreditasi AUN-QA” menghadirkan tiga pembicara utama yakni Prof Jin Peng PhD dari Huanggang Normal Unversity, Prof Dr Rustono MHum dari Universitas Negeri Semarang (UNNES), dan Dr Ratnawati MT dari Universitas Diponegoro.

Membuka seminar ini, Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNNES Pro Dr Zaenuri SE MSi Akt menyampaikan bahwa seminar ini merupakan bagian dari World Class Professor Program (WCP). WCP sendiri diinisiasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk mempercepat peningkatan kuantitas dan kualitas dari publikasi internasional di Indonesia. Tahun 2017 sendiri WCP sudah dilaksanakan di FMIPA sebanyak tiga kali yang pertama adalah jurusan Kimia, jurusan Biologi dan disusul oleh jurusan Matematika. Prof. Zaenuri juga berharap kegiatan ini dapat menjadi titik awal untuk memulai kerjasama antara UNNES dengan Huanggang Normal University.

Dalam presentasinya Prof Jin Peng menyampaikan mengenai bagaimana keadaan kurikulum di Mindland China dan Perspektif Masa Depan pada Kurikulum Matematika pada Jenjang Universitas. Diakhir presentasinya, Prof Jin Peng juga menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pendidikan modern di Indonesia telah berkembang pesat seiring dengan prestasi matematika. Sehingga sebagai akademisi dibidang matematika kita dapat memanfaatkannya dengan bijak.

Prof Rustono dalam presentasinya memaparkan materi mengenai Inovasi Kurikulum Prodi Matematika dan Pendidikan Matematika Standar AUN-QA. Didalamnya meyangkut kriteria, kurikulum, dan desain kurikulum. Sedangkan Dr Ratnawati menyampaikan mengenai Self Assessment atau penilaian diri. Beliau menyarankan sebaiknya jurusan melakukan beberapa hal seperti Mendukung dan memfasilitasi semua keperluan yang berkaitan dengan penyusunan dokumen SAR, Menyediakan dan mencarikan data, Selalu memberi semangat kepada tim. (Student Staff, Ryan)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 256 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X