SPMU Unnes Dibuka Mulai 20 Juni

Senin, 27 Mei 2013 | 10:45

ilustrasi

Berita Terkait

Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyediakan 10 % dari total penerimaan mahasiswa baru  lewat Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU). Pendaftaran dibuka secara online di laman http://spmu.unnes.ac.id mulai 20 Juni hingga 16 Juli 2013 (bukan 3 Juni seperti yang diberitakan sebelumnya).

Plt. Rektor Agus Wahyudin mengemukakan, dari seluruh mahasiswa yang akan diterima, di antaranya merupakan calon penerima beasiswa Bidikmisi yang lolos persyaratan sesuai ketentuan yang tercantum pada laman http://bidikmisi.dikti.go.id.

Peserta tes SPMU wajib melakukan pembayaran biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu, sedangkan peserta yang memilih kelompok Jurusan Seni dan Olahraga juga membayar biaya ujian keterampilan Rp 150 ribu di BNI seluruh Indonesia.

“Semua program studi wajib mengikuti tes tertulis tanggal 21 Juli 2013, dan tes keterampilan tanggal 22 Juli 2013,” katanya di kampus Sekaran, Senin (27/5).

Diingatkan pula, peserta SPMU wajib mengisi formulir pendaftaran secara online untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN). “PIN itu yang digunakan untuk pembayaran biaya SPMU,” tambahnya.

Mahasiswa yang diterima akan diumumkan pada tanggal 26 Juli 2013 secara online melalui laman http://spmu.unnes.ac.id.

Diunggah oleh :
Editor: Agestia Putri Nusantari

83 Komentar untuk “SPMU Unnes Dibuka Mulai 20 Juni”

  1. felik

    Senin, 27 Mei 2013 | 17:58

    maaf saya mau tanya. bagi yang mendaftar bidikmisi lewat SPMU apakah dikenakan biaya pendaftaran juga? terimakasih

  2. Ghofar

    Senin, 27 Mei 2013 | 21:03

    Gimana cara daftarnya

  3. iim

    Selasa, 28 Mei 2013 | 13:15

    saya mau tanya, apakahspmu untuk jurusan s1?
    dan jalur apa saja untuk masuk unnes sbgai mahasiswa baru ,selain jalur snmptn dan sbmptn.

  4. Agestia Putri Nusantari

    Selasa, 28 Mei 2013 | 15:30

    Pendaftaran dibuka secara online di laman http://spmu.unnes.ac.id mulai 20 Juni, silahkan di cek dilaman tersebut.

    selain snmptn dan sbmptn ya lewat jalur ini, spmu.

  5. chumairo'

    Selasa, 28 Mei 2013 | 17:16

    spmu ini apakah jalur mandiri ?

  6. septiani

    Rabu, 29 Mei 2013 | 09:08

    maaf klau blh thu cra pndftran bt ujian mndiri cranya kya gmn dan persyratanya ap?

  7. Zakiya

    Rabu, 29 Mei 2013 | 09:13

    SPMU ini beda sama jalur sbmptn dan jalur mandiri?

  8. Arina Fauzia fatma

    Rabu, 29 Mei 2013 | 12:13

    spmu unnes akan mengadakan ujian tulis, yang saya tanyakan dimana tempat testnya ya?

  9. ulil

    Rabu, 29 Mei 2013 | 12:45

    apakah kelulusan tahun 2009 masih bisa daftar?? atau memang ada kebijakan tahun kelulusan??? makasiiih

  10. panggih

    Kamis, 30 Mei 2013 | 14:40

    tes yang diujikan di SPMU di fakultas PJKR apa aja?

  11. rizqi

    Jumat, 31 Mei 2013 | 14:58

    kenapa ya, pin yang saya terima lewat bidikmisi tidak bisa dipakai untuk mengambil kartu peserta spmu unnes, ??

    mohon penjelasannya….

  12. Qoniah SMK N 1 Semarang

    Jumat, 31 Mei 2013 | 16:59

    Mohon petunjuk pendaftaran spmu unnnes jalur mandiri untuk anak saya. dan bagaimana pelaksanaan tes tulisnya. terimakasih

  13. amdatul khoiroh P.Z

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 08:23

    saya mau tanya, jika ikut program bidikmisi untuk mengikuti SPMU tetap harus bayar?

  14. Saroful anam

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 12:49

    maaf…mau tanya kalau daftar bidikmisi lewat jalur SPMU,,bagi lulusan 2012 apakh ada rekomendasi dari sekolah,,?

  15. Yudi

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 19:09

    cara pendaftaran SPMU Unnes Prodi S1 bagaimana?di website tidak ada pilihan pendaftaran S1 SPMU Unnes

  16. jhuna

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 19:31

    kaloo yg ikutt bidikmisi gmannnaa dong ?

  17. dwi junarko

    Sabtu, 1 Juni 2013 | 23:32

    maaf sya mau tnya untuk spmu ini ada batas umurnya gak? mhon infonya terima kasih…

  18. Ratna Nengsih

    Selasa, 4 Juni 2013 | 09:19

    cara pendaftaran dan persyaratan untuk mengikuti SPMU bagaimana? Terimakasih :)

  19. Titis puspitasari

    Selasa, 4 Juni 2013 | 15:40

    Kalau sudah ikuT sbmptn apakah b0leh mendaftar lg d jalur spmu in?

  20. wamin

    Selasa, 4 Juni 2013 | 19:44

    apa saja persyaratan pendaftaran mahasiswa PGSD

  21. diyah ayu catur p

    Rabu, 5 Juni 2013 | 08:01

    permisi mau tanya,
    minta penjelasannya tentang tata cara pendaftaran melalui jalur spmu ?

  22. Rintono Tyaswinarto

    Rabu, 5 Juni 2013 | 09:20

    KAPAN DIBUKA TRANFER PKG SENI RUPA TH. 2013/2014 ??

  23. O im

    Rabu, 5 Juni 2013 | 10:41

    maaf sy mau nnya, untuk pendaftaran fik Olahraga di tegal ada ga yah?

  24. zakiya

    Rabu, 5 Juni 2013 | 10:53

    Apakah biaya kuliah bagi yang mengikuti SPMU sama dengan yang mngikuti Mandiri???

  25. wahyudi

    Rabu, 5 Juni 2013 | 13:38

    apakah jalur SMPU buayanya jga menggunakan UKT..?..

  26. Nadya

    Kamis, 6 Juni 2013 | 20:56

    Mau nanya , kl yg ikut bidik misi itu cara pendaftarannya sama? Dan dimana tempat testnya?

  27. trihadi

    Jumat, 7 Juni 2013 | 14:50

    bgaimana cara mendaftar SPMU prodi S1 kok di webte tdk ada ???
    tolong di jawab?!

  28. rias

    Sabtu, 8 Juni 2013 | 18:16

    spmu ini apa hanya utk S1?

  29. lestari

    Minggu, 9 Juni 2013 | 12:36

    Info SPMU lbh lanjut untuk yg S1 dimana ??

  30. grace

    Minggu, 9 Juni 2013 | 18:40

    mulai kapan pendaftaran spmu unnes?

  31. sutamso

    Minggu, 9 Juni 2013 | 19:46

    maaf tanya, untuk yang tranfer dari D2 ke S1 syaratnya apa saja dan apakah sama pendaftarannya mulai tgl 20 Juni? trimakasih sebelumnya

  32. iswatun khasanah

    Senin, 10 Juni 2013 | 09:39

    bagaimana dengan siswa yang melamar bidikmiasi apakah harus membayar biaya pendaftaran atau untk mendapapatkan pin harus mengambil di portal bidikmisi?

  33. margahayuland

    Senin, 10 Juni 2013 | 16:13

    terimakasih informasi dan sharingnya

    http://www.postingku.com

  34. khadyjah

    Rabu, 12 Juni 2013 | 06:25

    maf,,.. mw tanya,.. klow yang udah nge,daftar SBMPTN apa boleh daftar SPMU sebelum,.. pengumuman,.

  35. lukman nur hakim

    Rabu, 12 Juni 2013 | 08:32

    maaf saya mau tanya untuk pendaftaran pjkr itu syarat nya pa ja ya? trimakasih

  36. restu fani

    Rabu, 12 Juni 2013 | 19:35

    apakah spmu unnes ini diadakan di padang?

  37. dona

    Selasa, 18 Juni 2013 | 13:05

    berkas apa saja yang perlu dibawa untuk SPMU?

  38. riki juanda

    Kamis, 20 Juni 2013 | 08:33

    maaf mw tanya cara daftar SPMU di mana yah?

  39. Hendra

    Kamis, 20 Juni 2013 | 08:49

    Apakah ada panlok untuk tes SPMU unnes di Lombok???

  40. Achmad Djamil Nr

    Jumat, 21 Juni 2013 | 19:41

    Ass,min apakah yang ikut program bidik misi diwajibkan membayar biaya pendaftaran itu?tapi saya sudah daftar di web bidik misi sudah dapat no kap dan pinnya min.terima kasih

  41. laely agustin

    Jumat, 21 Juni 2013 | 19:46

    ujiannya dimana ya ?

  42. Kusdewa Iman K

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 10:56

    -sudah tertulis jelas cara pendaftarannya di http://SPMU.UNNES.AC.ID
    Tesnya ya di UNNES, namanya juga SPMU
    -yang udah daftar SBMPTN TIDAK ADA LARANGAN UNTUK DAFTAR SPMU
    -MAU LULUS SMA TAHUN 1945 PUN MASIH DIPERBOLEHKAN DAFTAR SPMU
    -perrsyaratan PJKR/PKLO/PGJSD/IKOR atau Ujian Keterampilan lainnya hanya waktu pendaftaran dengan tambahan biaya Rp 150.000

    SUDAH KURANG JELAS APA LAGI???

  43. yanik

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 13:53

    saya mau tanya, saya mau upload foto di formulir pendaftaran saya tapi pin yg saya masukkan salah. trus itu gimana ya?

  44. yanik

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 14:06

    mohon penjelasannya..

  45. Ardiansyah

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 16:25

    kartu tes SPMU tdk bisa di cetak, ada kesalahan tanggaal lahir saya yang di tulis di formulir, trus bagaimana untuk melihat / mengedit kesalahan tersebut

  46. Ardiansyah

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 16:32

    kartu tes SPMU tdk bisa di cetak, ada kesalahan tanggaal lahir saya yang di tulis di formulir, trus bagaimana untuk melihat / mengedit kesalahan tersebut,apa solusinya…

  47. Ardiansyah

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 16:35

    kartu tes SPMU tdk bisa di cetak, ada kesalahan tanggaal lahir saya yang di tulis di formulir, trus bagaimana untuk melihat / mengedit kesalahan tersebut,apa solusinya…saya sdh membayar lewat BNI dgn no.pin 01434415 nomor trasfer 418126

  48. zain

    Minggu, 23 Juni 2013 | 11:08

    kalo waktu SNMPTN + SBMPTN itu ga ikut sebagai pelamamar bidik misi.
    tapi saya mau ikutan SPMU sebagai pelamar bidikmisi bisaga?
    tolong penjelasannya

  49. yanik

    Senin, 24 Juni 2013 | 15:54

    untuk spmu kita dapet buku panduan soal” ngga?
    terimakasih..

  50. alifia

    Selasa, 25 Juni 2013 | 10:20

    saya masih bingung ttg spmu inni,,

  51. andika w

    Selasa, 25 Juni 2013 | 21:32

    apakah siswa bidikmisi harus membayar uang pendaftaran?

  52. nina

    Rabu, 26 Juni 2013 | 13:55

    assalammualaikum
    maaf sebelumnya kak
    tadi saya sudah mengisi formulir pendaftaran setelah selesai kan harus dicetak terlebih dahulu formulirnya. tapi saya lupa mencetak dan langsung keluar dari dashboard. waktu mau mencetak ulang saya memasukkan kembali data dan tidak bisa memasukkan data yang sama dua kali.
    apa web untuk mencetak kembali formulirnya? terima kasih mohon dibalas
    jika no pin pendaftaran saya 66878783

  53. Atik

    Minggu, 30 Juni 2013 | 07:25

    saya mau bertanya?
    saya peserta bidikmisi, apakah untuk mencetak kartu peserta spmu harus membayar uang pendaftaran dulu,?
    setahu saya peserta bidikmisi dibebaskan dari biaya apapun termasuk pendaftran.

  54. annisa

    Senin, 1 Juli 2013 | 10:37

    kenapa pin saya belum dikirim di email saya padahal saya sudah mengisi formulir dengan lengkap .atau ada yang salah

  55. Farida Windarningsih

    Senin, 1 Juli 2013 | 15:36

    Maaf, saya mau tanya apakah pendaftaran SPMU bagi peserta bidikmisi gratis atau dikenakan biaya seperti yang lain yang bukan peserta bidik misi??
    Dan bagaimana cara pendaftaran bagi peserta bidikmisi…?

  56. Renatsani Alivia

    Sabtu, 6 Juli 2013 | 20:09

    tlg sgra dblz,klo sbmptn kmain g milih unnes bisa g ikt spmu unnes?,,plis sgra blznny

  57. winda

    Minggu, 7 Juli 2013 | 10:20

    maaf, sekali lagi saya ingin menanyakan, utk peserta bidikmisi yang akan mendaftar di jalur SPMU ini mengapa kok pd waktu akan mencetak katru peserta tetap dinyatakan di lamannya bahwa kartu tidak dpt dicetak karena sistim belum menerima konfirmasi pembayaran dr bank? apakah yang ikut bidik misi jg harus bayar??mohon balasan secepatnya.

  58. Renatsani Alivia

    Minggu, 7 Juli 2013 | 11:02

    kalau sbmptn kmarin g milih unnes bisa g ikut spmu unnes?,,tolong sgra blznny

  59. wika

    Minggu, 7 Juli 2013 | 11:49

    maaf saya mau tanya. syaratnya daftar SPMU bidikmisi apa ada ketentuan lebih detail? trus apakah semuanya bisa mendaftar lewat jalur ini?

  60. Hamidah

    Senin, 8 Juli 2013 | 11:57

    Mohon penjelasan cara daftar SPMU UNNES bagi peserta bidik misi,kenapa setelah isi formulir pendaftaran tetap diminta untuk bayar di bank.apakah tetap dikenakan biaya pendaftaran? dan bagaimana bila nantinya diterima apa bidik misinya berlaku? terima kasih atas penjelasan dan solusinya

  61. UMAR HIDAYAT

    Senin, 8 Juli 2013 | 18:56

    maaf saya mau tanya,, apakah pendaftar spmu jalur beasiswa bidik misi juga diwajibkan membayar biaya pendaftara??

    mohon bantuanya segera,,

  62. ita

    Senin, 8 Juli 2013 | 21:20

    saya mau bertanya, cara daftar SPMU UNNES bagi peserta bidik misi kenapa setelah isi formulir pendaftaran tetap diminta untuk bayar di bank? apakah tetap dikenakan biaya pendaftaran? terima kasih atas penjelasan dan solusinya

  63. dea savitri

    Rabu, 10 Juli 2013 | 06:47

    Mau nanya. Kalau dari jakarta bisa ikut spmu di unnes gak? terus nanti kalo bisa ikut testnya dijakarta juga atau di kampus unnesnya ? makasih :)

  64. Muhammad Iqbal

    Kamis, 11 Juli 2013 | 10:07

    Maaf, kenapa saya setelah melakukan pendaftaran tidak mendapatkan nomer PIN….???

  65. dani riwanto

    Kamis, 11 Juli 2013 | 14:03

    saya mau tanya apakah untuk siswa bidikmisi juga dikenakan biaya pedndaftaran ? dan jika tidak bagaimana prosedurnya ?

  66. Dias utari

    Kamis, 11 Juli 2013 | 14:08

    Aslm. maaf mau nanya. kalo pengen liat yang udh daftr d unnes buat masing2 prodi gimana ya? trmksh
    waslm.

  67. fahmi dwi

    Kamis, 11 Juli 2013 | 14:13

    Kalo yang mengikuti testnya mengenakan pakaian bebas atau seragam yah ?

  68. devi andriani

    Kamis, 11 Juli 2013 | 14:23

    maaf mau tanya…di laman pendaftaran SPMU di jelaskan bahwa pserta tes di kenakan biaya 200.000,sedangkan beberapa sumber mengatakan bahwaspmu untuk para pelamar bidikmisi di bebaskan dari biaya tersebut.yang benar yang mana???

  69. Remdra

    Kamis, 11 Juli 2013 | 17:17

    assalamualaikum wr wb.
    saya mau tanya, saya mendaftar SPMU memilih jurusan teknik informatika, tetapi yang ada di kartu bidikmisi pendidikan teknik komputer dan jaringan. bermasalah tidak?

  70. zulfa

    Jumat, 12 Juli 2013 | 06:57

    SPMU UNNES apakah ada IPC juga??

  71. anti

    Jumat, 12 Juli 2013 | 11:00

    assalamu’alaikum
    yth.admin mohon kesediaanya untuk menjawab pertanyaan saya.
    saya baru saja memfinalisasi pendaftaran spmu unnes melalui jalur bidikmisi. anehnya terjadi kesalahan data dalam kartu saya. keterangan kelulusan saya tersebut bahwa saya lulusan SMA kejar paket C. Apakah kesalahan ini dapat mempengaruhi kemungkinan saya untuk diterima? Mohon sekali keikhlasan admin untuk memberi jawaban. Trimakasih
    Wassalamu’alaikum

  72. winda p

    Jumat, 12 Juli 2013 | 12:13

    maaf min,, temen saya dah daftar spmu bidikmisi tapi saat mau cetak kartu.. gak jd malah perintahnya harus bayar dulu.. apa bididkmisi dikenai biaya jg.. mohon penjelasanya..? dan jika memang ad cara lain untuk cetak kartu mohon beri tahu caranya..?

  73. ANANTO WIDODO

    Jumat, 12 Juli 2013 | 13:51

    KLO LULUSAN 2010 BISA NGGA DAFTAR SPMU ?

  74. s.chasanah

    Sabtu, 13 Juli 2013 | 12:38

    maaf..mau tanya..
    apakah SPMU bidikmisi pendaftarannya tetap harus bayar.?
    soalnya penjelasan dari bidikmisi SPMU bidikmisi tidak bayar..tapi kenapa saya harus tetap transfer untuk bisa mencetak kartu peserta.?
    jika SPMU bidikmisi tidak bayar,tapi sudah transfer..apakah uang bisa dikembalikan…mohon penjelasannya,terima kasih.

  75. Vika Oktaviani Tazkiyah

    Minggu, 14 Juli 2013 | 12:11

    ass. maaf. saya sudah mendaftar dan mengisi formulir dengan benar, sudah mendapatkan PIN, sudah membayar 200rbu di Bank BNI. tetapi ko saya tidak dapat mencetak kartu. mohon penjelasanya. ini sudah 3 hari.

  76. Vika Oktaviani Tazkiyah

    Minggu, 14 Juli 2013 | 12:11

    mohon dijawab secepatnya . terimakasih.

  77. erviana

    Senin, 15 Juli 2013 | 13:02

    saya mau jurusan administrasi perkantoran, tapi di portal bidikmisi adanya pendidikan D3 AP, padahal di jurusan S1 web resmi unnes AP di termasuk Pendidikan Ekonomi. Nah saya tetep pilih Pendidikan Ekonomi atau D3 AP ???????????? Tolong ya dibalas

  78. feri

    Senin, 15 Juli 2013 | 16:02

    ini pendaftaran apakah bisa ambil ipc??

  79. satriyo

    Jumat, 19 Juli 2013 | 18:41

    mau nanya kalau kartu tes nya hilang caranya mau dapet no tes sama lokasi ujian nya gimana

  80. Cipto Junaedy

    Minggu, 4 Agustus 2013 | 19:29

    makasih untuk pengalamabn diatas..moga jadi pelajaran

  81. ATI MELIYANA CAHYANINGSIH

    Jumat, 23 Agustus 2013 | 10:55

    bagaimana peosedur pendaftaran mahasiswa baru konversi dari S1 PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS KE S1 PGSD UNNES PGSD UPP TEGAL TAHUN AKADEMIK 2013/2014?

  82. HARTI SUGIARTI

    Kamis, 6 Maret 2014 | 07:35

    ass.wr.wb
    maaf Saya mau brtnya pendftrn spmu dimulai kpn ya ?
    Wasslm. …

  83. Dian Fitri Febrianika

    Rabu, 25 Juni 2014 | 11:01

    Bagaimana cara mendaftar spmu ?