SNMPTN dan Bidik Misi, Unnes Konsisten Sistem Online

Sabtu, 26 Februari 2011 | 22:01

Berita Terkait

Mereka tampak antusias mencermati paparan Sucipto Hadi Purnomo. Dalam rangkaian roadshow sosialisasi SNMPTN yang disampaikan Kepala Humas Unnes itu, sekira 35 guru bimbingan konseling se-Kabupaten Rembang  mengikuti demo alur pendaftaran SNMPTN. Maklumlah, pertanyaan seputar SNMPTN jalur undangan, jalur tulis, dan Beasiswa Bidik Misi masih menjadi persoalan yang membingungkan mereka.

Beasiswa Bidik Misi menjadi bahasan favorit pada forum yang diselenggarakan di ruang teknologi informasi SMAN 1 Rembang, Sabtu (26/2). Muncul beragam persepsi perihal beasiswa itu.

“Bagaimana prosedur mendapatkan nomor induk sekolah pemberi rekomendasi (NISR) pada isian pendaftaran online di laman bidik misi? Kami kesulitan mendaftarkan siswa tanpa NISR. Lagi pula, untuk data isian yang sudah kami input, tetap saja harus dikirimkan versi cetak kan, Pak?” tanya N Miektsirlina, guru bimbingan konseling SMAN 1 Sulang.

Lalu simulasi dimulai. Dioperatori oleh Subiyanto, semua peserta pun mencermati mekanisme pendaftaran Bidik Misi. Tapi memang, pada forum itu pun pertanyaan tentang NISR belum terjawab. Tanpa bermaksud cuci tangan, tim sosialisasi merekomendasikan untuk menanyakan ke call center SNMPTN pusat. Ditambah, tim menjanjikan akan menyampaikan informasi terbaru terkait dengan pertanyaan NISR, seusai koordinasi pada rapat tim. Selain itu, beberapa guru memang berasumsi berkas data siswa harus dikirim pula dalam bentuk cetak ke panitia SNMPTN dan perguruan tinggi pilihan siswa.

Segera, Sucipto dengan tegas menampik, “Saya pastikan, jikalau pilihan perguruan tinggi itu adalah Unnes, tidak ada pengiriman berkas dalam bentuk cetak. Kami konsisten online. Sebab, selain peduli konservasi, pengiriman berkas cetak dianggap tidak efektif dalam biaya. Dengan menggunakan sistem online pada pendaftaran SPMU tahun lalu, ada sekira Rp3 miliar dana masyarakat bisa dihemat.”

Lanjut Sucipto, dirinya dan tim juga berusaha berkoordinasi kepada perguruan tinggi lain untuk konsisten pada sistem pendaftaran online.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

71 Komentar untuk “SNMPTN dan Bidik Misi, Unnes Konsisten Sistem Online”

  1. retno

    Rabu, 2 Maret 2011 | 11:54

    mau masuk bidik misi,info lebih lanjut ada call center yang bisa dihubungi apa tidak?

  2. Halimah

    Rabu, 2 Maret 2011 | 13:47

    mau info bidik misi yang lebih lengkap nya ?

  3. lina

    Rabu, 2 Maret 2011 | 14:20

    saya mau daftar unnes lewat jalur bidik misi, cara nya bagaimana???

  4. DERIA WIDYANINGSIH

    Rabu, 2 Maret 2011 | 15:20

    maaf pak mau bertanya ? bagaimana cara mengikuti bidik misi UNNES . dan apabila melalui online mcari infonya di mana (alamatnya) dan buat saat ini apakah masih di buka ?

  5. ilmy

    Kamis, 3 Maret 2011 | 09:06

    alamat kejuruannya susah sekali carinya, d unes ini.bagaimana caranya ya?

  6. dian

    Kamis, 3 Maret 2011 | 09:15

    kasih tau info lengkap tentang bidik misi donk….dan pendaftarannya kpn???
    makasihh…

  7. dian

    Kamis, 3 Maret 2011 | 10:34

    bidik misi apakah diambil dari peserta SNMPTN saja? atau dari SPMU juga?

  8. nopek

    Kamis, 3 Maret 2011 | 14:54

    pyeeeeeeeeeeeee crne dftar online, ngelu……………….

  9. Riris

    Jumat, 4 Maret 2011 | 11:52

    Assalamualaikum,,,
    pak syarat bidik misi apa saja??? pa harus pringkat 10 besar di kelas? atw gmna??

  10. Musaffikah

    Jumat, 4 Maret 2011 | 12:09

    apakah ada info terbaru untuk peserta SNMPTN Undangan???

  11. zhieezah

    Jumat, 4 Maret 2011 | 23:21

    assalamualaikum. pak tolong jelaskan syarat2 pendaftaran melalui bidik misi dan kapan pendaftarannya?

  12. sirrul muna

    Sabtu, 5 Maret 2011 | 11:31

    assalamu’alaikum…….. mau tanya ni. terakhir daftar bidik misi kapan? dan program studi apa saja yang diajukan dalam bidik misi?

  13. ella

    Sabtu, 5 Maret 2011 | 14:12

    saya ingin ikut bidik misi..tolong kasih petunjuk yang jelas

  14. humas unnes

    Sabtu, 5 Maret 2011 | 16:20

    Karena pendaftaran Bidik Misi terintegrasi dengan SNMPTN, silakan membuka undangan.snmptn.ac.id. Itulah satu-satunya sumber info tersahih tentang Bidik Misi via SNMPTN Jalur Undangan. Salam.

  15. Mar'atus

    Sabtu, 5 Maret 2011 | 17:21

    Assalamu’alaikum wr,wb
    Mau tanya, program bidik misi di unnes kalo semisalnya udah diterima ada tes lagi nda?terima kasih

  16. Dwi Hanggoro Wahyuadi

    Sabtu, 5 Maret 2011 | 19:57

    canY eaftar online….. “gi5na sich

  17. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Minggu, 6 Maret 2011 | 05:05

    Jika pendaftar Bidik Misi sudah diterima, tidak ada seleksi lagi. Yang dilakukan hanya verifikasi data. Salam.

  18. idda

    Senin, 7 Maret 2011 | 13:03

    kalau ga bs lwat online dftar bidikmisinya gmn??otomatis hrus kirim data manual…
    trus cara ngedapetin kode PTnya gmn?????

  19. esty

    Selasa, 8 Maret 2011 | 17:48

    kalau di unnes sih da beasiswa selain bidikmisi pa tidak

  20. selly

    Rabu, 9 Maret 2011 | 14:27

    kenapa sampai skrng alamtnya tidak bsa di buka?
    sedangkan pendaftaran jalur undangn di tutup 3hr lg?

  21. selly

    Rabu, 9 Maret 2011 | 14:31

    trs klo lwt online gak bsa cra dftr’y gmna?

  22. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Rabu, 9 Maret 2011 | 16:26

    Silakan buka kembali undangan.snmptn.ac.id. Jika masih kesulitan, silakan hubungan tim IT kami, 024-8508085. Salam.

  23. abdulloh

    Rabu, 9 Maret 2011 | 20:17

    eh………yg tw caranya daftar bidik misi online sms q ya…………085736653317

  24. ajeng nuarizma

    Kamis, 10 Maret 2011 | 16:07

    assalam,
    mau nanya, klo daftar lewat undangan,apa di tes lagi???
    nilai rata-rata Rapor itu semua mapel ato gimana???

  25. deni

    Kamis, 10 Maret 2011 | 18:17

    berapa call centre bidik misi. trimakasih.

  26. aminah

    Kamis, 10 Maret 2011 | 21:09

    gimana cara mendaftar bidik misi pak kok saya tidak paham???

  27. mey

    Sabtu, 12 Maret 2011 | 14:04

    bagaimana cara mendaftar apabila sudah punya nomor pendaftaran.

  28. hendra

    Kamis, 17 Maret 2011 | 11:41

    saya mw tanya bagaimana cara mengirin berkas bidik mis?apakah lewat online atau manual?

  29. Zakki

    Selasa, 22 Maret 2011 | 13:19

    lha nanti wawancaranya kapan?
    sebelum atau setelah diterima snmptn nya?
    tepatnya tanggal berapa Pak/Bu?

  30. MARIYA

    Kamis, 24 Maret 2011 | 15:37

    Untuk memasuki program beasiswa ini mudah gk??????
    n gmn caranya?

  31. rizal stm n 1 kandeman

    Selasa, 29 Maret 2011 | 11:32

    saya pingin masuk unesss.saya pingin masuk ke jurusan pendidikan teknik otomotiff.saya pernah mengikuti uji kompetensi dalam bidang otomotif.saya
    termasuk siswa yang mendapat peringkat kelas setyap semesternya.dan bagaimana caranya mendaftar.tlong hubungi no saya 085786232188.thanks

  32. lina

    Kamis, 31 Maret 2011 | 08:30

    assalamu’alaikum wr.wb………..
    untuk SNMPTN jalur Undangan yang bukan bidikmisi ada pemberkasan engga??? klo ada kapan batas terakhir dikirim????
    makasih……..
    wassalamu’laikum wr.wb………

  33. fitri

    Sabtu, 9 April 2011 | 09:41

    admin unnes…pengumuman bdik misi 2011 thp 1 nya kapan dimumkan?katanya tgl 9. kug blm ada to?

  34. Sego Kuchink

    Senin, 2 Mei 2011 | 08:21

    Bidik misi jalur undangan, dikabarkan ada bidik misi jalur tulis. Benarkah, jika benar bagaimana tata cara pendaftarannya dan diinformasikan juga kalau pada jalur tersebut dilampirkan Surat Rekomendasi Kepala Sekolah, dalam hal ini Surat Rekomendasi Kepala Sekolah yang seperti apa ?

  35. AGUS

    Rabu, 4 Mei 2011 | 11:57

    TANYA KODE PERGURUAN TINGGI NEGERI SEMARANG APA? MOHON SEGERA DIKIRIM KE EMAIL SAYA? MAU PAKAI DAFTAR BIDIKMISI

  36. nia

    Jumat, 6 Mei 2011 | 10:34

    daftar online caranya gimana?

  37. indah

    Jumat, 6 Mei 2011 | 12:42

    mau tanay pengiriman berkas persyaratan bdik misi lulusan tahun 2010 paling lambat tgl berapa?ni mau sgera daftar

  38. Cha-cha

    Minggu, 8 Mei 2011 | 20:18

    Asslmk..
    Pak gimana c kalw kita maw ambil Bidik Misi jalur SNMPTN… kurang ngerti pak…?? n apa NISR itu harus ada…

  39. alyah

    Jumat, 13 Mei 2011 | 18:35

    minta info lngkp ttg prsyaratan & tgl pndaftaran bdk.misi…..

  40. Fakhrur Rozi

    Jumat, 20 Mei 2011 | 20:03

    Kepada panitia Bidik misi Unnes jalur ujian tulis,
    mohon dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk NISR (nomor induk sekolah pemberi rekomendasi)? matur nuwun sebelumnya atas penjelasannnya

  41. irin

    Senin, 23 Mei 2011 | 18:00

    gimana kalo kita udah bayar ke bank mandiri dan mau narik uang nya lagi ? soalnya program bidikmisi udah dapet pin dan id nya ?

  42. aasob

    Selasa, 24 Mei 2011 | 10:19

    cara pendaftaran bidikmisi yg tertulis tolong ksih penjelasan yg lengkap dan apakah unes pnya cabang? jk pnya dmana sja cabang-cabang tersebut?

  43. anik

    Sabtu, 2 Juli 2011 | 10:20

    kapan pengumuma bidik misi unnes 2011?

  44. AENI

    Selasa, 5 Juli 2011 | 19:31

    Assalamualaikum Wr.Wb, saya mau tanya . . pengumuman bidik misi SNMPTN TAHUN 2011 jalur tertulis kpan y? terimakasih Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  45. listyowati

    Jumat, 8 Juli 2011 | 15:14

    assalamu’alaikum wr. wb ,saya mau tanya,,,,,
    bagaima caranya ragistrasi online untuk jalur tertulis yg bidik misi?

  46. hujjat

    Sabtu, 9 Juli 2011 | 19:35

    kapan pengumuman bidik misi unnes?

  47. hujjat

    Sabtu, 9 Juli 2011 | 19:36

    kapan pengumuman bidik misi unnes 2011?

  48. Dhidik

    Sabtu, 23 Juli 2011 | 17:32

    KApan pengumuman BM SNMPTN TULIS

  49. ifah

    Minggu, 24 Juli 2011 | 11:36

    assalamualaikm.. mau bertanya kpan pengumuman bidikmisi jalur snmptn tertulis?

  50. BIMANSENTANA

    Selasa, 26 Juli 2011 | 13:53

    MOHON INFORMASI SAYA INGIN MASUK UNES TAPI BIYAYA KURANG MENDUKUNG BAGAIMANA CARANYA MEMPEROLEH BIDIK MISI

  51. izza

    Rabu, 27 Juli 2011 | 10:34

    bagi yg sudah di terima bidikmisi kmren,, brati sudah positif dapat bidikmisi kan???… untuk pengumuman hasil survai apakah mempengaruhi bidikmisi yg sudah di dapat?? mohon di balas…

  52. gita

    Minggu, 9 Oktober 2011 | 14:34

    minta infonya masuk bidik misi dunkkk…………………..

  53. dayat

    Sabtu, 15 Oktober 2011 | 15:00

    kalau ikut jalur bidik misi,,,,,ntar kalau masuk,,bayar uang gedung ndak?

  54. ujang alp

    Jumat, 28 Oktober 2011 | 23:35

    apakah klo mu ngikut bidik misi tu hrs melalui skolah ? mang gak bisa sndiri

  55. taqin

    Rabu, 25 Januari 2012 | 16:54

    minta ifonya lebih lengkap dong… tlong y di beri tahu, soalnya penting bangt buat aku.. skali lg tolong ya bapak/ibu…

  56. ayu

    Jumat, 3 Februari 2012 | 07:48

    apa sebenarnya yang menjadi syarat terpenting supaya bisa masuk ke perguruan tinggi dalam program bidik missi? apakah ada nomor contak person yang bisa di hubungi?
    terimakasih

  57. ami

    Jumat, 24 Februari 2012 | 16:05

    daftar online nya bagaimana pak ????

  58. SRI

    Minggu, 4 Maret 2012 | 19:25

    pak,bagaimana cara mengubah siswa tidak ikut seleksi mandiri, tetapi terjawab iya.??(pada tahap 2 rekomendasi calon bidik misi)

  59. nais asmiyati

    Selasa, 6 Maret 2012 | 20:33

    pendaftaran snmptn jalur undangan sudah ditutup ea???

    jdwal penutupannya kok d’majuin terus sih pak,,, padahal kita udah berniat daftar hari ini,, eeeh kaget n sedih jg pass liat infonya pndftaran sdah ditutp :-(

  60. anni

    Minggu, 18 Maret 2012 | 11:38

    assalamualaikum pak..saya mau bertanya.apa di Unnes ada FK.? mksudnya SNMPTN undangan tuh pha.? saya kurang tau dan apa bedanya dgn SNMPTN tertulis? memang tiadak ada brasiswa selain bidikmisi tah? kenapa SNMPTN tahun 2013 harus dihapuskan.
    dan saya juga pngen kuliah di Unnes,tp mlah terhambat biaya.bagaimana caranya agar saya bisa masuk Unnes dgn jalur yg tentunya saya mampu.Terima kasih.

  61. iqrok jordan raiz

    Selasa, 17 Juli 2012 | 13:34

    apakah sudah ada pemberitahuan untuk daftar ulang program bidik misi lewat jalur tertulis…???

  62. Airin

    Rabu, 25 Juli 2012 | 19:09

    aku kan udah ketrima SMPTN Bidik misi jalur tulis… tapi katanya masih ada verifikasi..kemarin dah ada kunjungan kerumah.. trus pengumuman lolos tidaknya bidik misi kapan pak..menurut info yang saya terima kan mau di umumkan di unnes.ac.id tapi koq belum ada…terima kasih

  63. novandari

    Selasa, 15 Januari 2013 | 15:16

    saya ingin daftar bdik misi di unnes, pling lmbat tgl brapa? trus cara.a bgaimana?
    terima kasih

  64. rofiki yoga

    Sabtu, 2 Februari 2013 | 10:49

    kepada panitia bidik misi, saya mau bertanya gimana caranya mendaftar di UNIVERSITAS yang panitia miliki
    dengan hormat, saya sampaikan terima kasih
    dan apabila ada keterangan mohon kirim ulang
    by: fn-yoga

  65. Lian Nur

    Rabu, 6 Februari 2013 | 09:27

    saya pengen dapet bidik misi di unes..caranya bagaimana???

  66. arifin

    Kamis, 7 Februari 2013 | 20:26

    Kepada panitia bidik misi
    saya mau tanya, cara pendaftaran bidik misi bagaimana?
    Terima kasih. . .

  67. elinda wahyuni

    Rabu, 13 Februari 2013 | 12:30

    apa persyaratan bidikmisi di unnes

  68. yudha

    Jumat, 1 Maret 2013 | 13:47

    bagaimana cara mengubah data yang salah tpi sudah log in dalam bidik misi..?

    mhon bantuannya.

  69. nur lailanti

    Senin, 4 Maret 2013 | 11:11

    ,..aq pengen dapat BIDIKMISI di UNES,…
    caranya gimana,….
    dan persyaratanya,….

  70. dewii

    Selasa, 5 Maret 2013 | 09:58

    gimana sich cara daftar bidikmisi unnes online.
    nag ada yang tau mbok aku dikasih tau too…

  71. huda tahu

    Selasa, 28 Mei 2013 | 10:28

    untuk Bidikmisi unnes tolong dong…..di kasih tau caranya….
    aq bingung nih mu dftar …….dftarnya gmnaaa…….