SNMPTN dan Bidik Misi, Unnes Konsisten Sistem Online

Sabtu, 26 Februari 2011 | 22:01 WIB


Mereka tampak antusias mencermati paparan Sucipto Hadi Purnomo. Dalam rangkaian roadshow sosialisasi SNMPTN yang disampaikan Kepala Humas Unnes itu, sekira 35 guru bimbingan konseling se-Kabupaten Rembang  mengikuti demo alur pendaftaran SNMPTN. Maklumlah, pertanyaan seputar SNMPTN jalur undangan, jalur tulis, dan Beasiswa Bidik Misi masih menjadi persoalan yang membingungkan mereka.

Beasiswa Bidik Misi menjadi bahasan favorit pada forum yang diselenggarakan di ruang teknologi informasi SMAN 1 Rembang, Sabtu (26/2). Muncul beragam persepsi perihal beasiswa itu.

“Bagaimana prosedur mendapatkan nomor induk sekolah pemberi rekomendasi (NISR) pada isian pendaftaran online di laman bidik misi? Kami kesulitan mendaftarkan siswa tanpa NISR. Lagi pula, untuk data isian yang sudah kami input, tetap saja harus dikirimkan versi cetak kan, Pak?” tanya N Miektsirlina, guru bimbingan konseling SMAN 1 Sulang.

Lalu simulasi dimulai. Dioperatori oleh Subiyanto, semua peserta pun mencermati mekanisme pendaftaran Bidik Misi. Tapi memang, pada forum itu pun pertanyaan tentang NISR belum terjawab. Tanpa bermaksud cuci tangan, tim sosialisasi merekomendasikan untuk menanyakan ke call center SNMPTN pusat. Ditambah, tim menjanjikan akan menyampaikan informasi terbaru terkait dengan pertanyaan NISR, seusai koordinasi pada rapat tim. Selain itu, beberapa guru memang berasumsi berkas data siswa harus dikirim pula dalam bentuk cetak ke panitia SNMPTN dan perguruan tinggi pilihan siswa.

Segera, Sucipto dengan tegas menampik, “Saya pastikan, jikalau pilihan perguruan tinggi itu adalah Unnes, tidak ada pengiriman berkas dalam bentuk cetak. Kami konsisten online. Sebab, selain peduli konservasi, pengiriman berkas cetak dianggap tidak efektif dalam biaya. Dengan menggunakan sistem online pada pendaftaran SPMU tahun lalu, ada sekira Rp3 miliar dana masyarakat bisa dihemat.”

Lanjut Sucipto, dirinya dan tim juga berusaha berkoordinasi kepada perguruan tinggi lain untuk konsisten pada sistem pendaftaran online.


DIUNGGAH : Nana Riskhi Dibaca : 9.392 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

72 komentar pada “SNMPTN dan Bidik Misi, Unnes Konsisten Sistem Online

  1. apa sebenarnya yang menjadi syarat terpenting supaya bisa masuk ke perguruan tinggi dalam program bidik missi? apakah ada nomor contak person yang bisa di hubungi?
    terimakasih

  2. pak,bagaimana cara mengubah siswa tidak ikut seleksi mandiri, tetapi terjawab iya.??(pada tahap 2 rekomendasi calon bidik misi)

  3. pendaftaran snmptn jalur undangan sudah ditutup ea???

    jdwal penutupannya kok d’majuin terus sih pak,,, padahal kita udah berniat daftar hari ini,, eeeh kaget n sedih jg pass liat infonya pndftaran sdah ditutp :-(

  4. assalamualaikum pak..saya mau bertanya.apa di Unnes ada FK.? mksudnya SNMPTN undangan tuh pha.? saya kurang tau dan apa bedanya dgn SNMPTN tertulis? memang tiadak ada brasiswa selain bidikmisi tah? kenapa SNMPTN tahun 2013 harus dihapuskan.
    dan saya juga pngen kuliah di Unnes,tp mlah terhambat biaya.bagaimana caranya agar saya bisa masuk Unnes dgn jalur yg tentunya saya mampu.Terima kasih.

  5. aku kan udah ketrima SMPTN Bidik misi jalur tulis… tapi katanya masih ada verifikasi..kemarin dah ada kunjungan kerumah.. trus pengumuman lolos tidaknya bidik misi kapan pak..menurut info yang saya terima kan mau di umumkan di unnes.ac.id tapi koq belum ada…terima kasih

  6. kepada panitia bidik misi, saya mau bertanya gimana caranya mendaftar di UNIVERSITAS yang panitia miliki
    dengan hormat, saya sampaikan terima kasih
    dan apabila ada keterangan mohon kirim ulang
    by: fn-yoga

  7. untuk Bidikmisi unnes tolong dong…..di kasih tau caranya….
    aq bingung nih mu dftar …….dftarnya gmnaaa…….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *