Siswa SMP Karangturi Juara Kontes Literasi

Senin, 1 Oktober 2012 | 14:39 WIB


Siswa SMP Karangturi Juara Kontes Literasi
Dwi Sulistiawan/Humas

dari kiri ke kanan berturut-turut Dewan Juri Bambang, Reza, Wardono (Ketua Panitia), Michael (Juara I), Christofel (Juara II), Eliora (Juara III), Mulyono (Sekjur Matematika), Kharis, dan Adi Nur Cahyono (Juri)

Tiga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Michael Agung N, Christofel Rio Gunawan, dan Eliora Violain Buyamin berhasil mencetak prestasi membanggakan pada Kontes Literasi Matematika (KLM) dan Semiloka PMRI-PISA tingkat Jawa Tengah di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (29/9).

Michael (SMP Karangturi Semarang) meraih juara I, Christofel (SMP Kristen Tritunggal Semarang) juara II, dan Eliora (SMP Kristen Tritunggal Semarang) juara III.

Menurut Ketua Panitia KLM Dr Wardono MSi, kegiatan yang diikuti 100-an siswa SMP/MTs dari berbagai daerah di Jawa Tengah ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa yang mengacu pada penilaian PISA (Programme International for Student Assessment).

“Para juara berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan dan trofi. Khusus juara I berhak melenggang ke grand final KLM tingkat nasional di Yogyakarta atau di Bandung pada 19-20 Oktober 2012,” jelas dosen FMIPA Unnes itu.

Semiloka PMRI-PISA
Pada kegiatan KLM juga dilaksanakan seminar dan lokakarya (semiloka) Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI-PISA) dengan pembicara Dr Rahmah Johar (Unsyiah) menyajikan materi “Domain Soal PISA untuk Matematika”, Dr Scolastika Mariani (UNNES) menyajikan materi “Soal Baku PISA Berbasis PMRI”, sedangkan Dr Wardono (Unnes) dan Melda (IP-PMRI Pusat Bandung) menyajikan materi “Perancangan Kegiatan Pembelajaran Matematika Berstandar PMRI Bermuatan Pendikar dengan Penilaian Serupa PISA”.

Semiloka diikuti 263 orang terdiri atas guru SD, SMP/MTs, SMK, dan SMA dari berbagai daerah di Jawa Tengah, dosen, dan mahasiswa Unnes.

“Semiloka ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru dan calon pendidik terhadap PISA dan inovasi pembelajaran matematika PMRI),” kata Wardono.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 5.935 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Siswa SMP Karangturi Juara Kontes Literasi

  1. Selamat kepada sang juara…baik yang juara maupun yang belum juara terus semangat belajar matematika yang akan berguna untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Semoga hasil Semiloka juga menambah wawasan tentang inovasi pembelajaran matematika PMRI PISA bagi guru-guru, calon guru dan pendidik bangsa, amiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X