Siapa pun Pemimpinnya, Unnes Tetap Sehat, Unggul, Sejahtera

Senin, 17 Juni 2013 | 7:46 WIB


Siapa pun yang menjadi pemimpinnya, Universitas Negeri Semarang (Unnes) akan tetap mewujudkan visinya sebagai universitas konservasi bertaraf internasional yang sehat, unggal, dan sejahtera.

Hal tersebut ditandaskan kembali oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Bambang Budi Raharjo saat menjadi pembina apel pagi, Senin (17/6), di beranda rektorat kampus Sekaran.

Ketua LP2M mengingatkan kembali tahapan visi tersebut seperti dalam ilustrasi sampul buku Pergulatan Pikir Sudijono Sastroatmodjo Mewujudkan Universitas Sehat Unggul Sejahtera (2010). Dalam buku tersebut digambarkan Prof Sudijono memanggul bendera Unnes dan menaiki tangga yang bertuliskan dari atas ke bawah sehat, unggul, dan sejahtera.

Menurutnya, sehat, unggul, dan sejahtera itu persis anak tangga yang harus dilalui satu demi satu. Sehat merupakan syarat untuk mewujudkan unggul, dan unggul yang menjadi syarat untuk bisa sejahtera. “Tidak bisa melompat tiba-tiba sejahtera tanpa unggul dan sehat lebih dulu,” katanya.

Ketua LP2M kemudian membandingkan urutan tersebut dengan tembang dolanan Jawa E Dhayohe Teka. “E… dhayohe teka, e… gelarna klasa, e… klasane bedhah, e… tambala jadah, e… jadahe mambu, e… pakakna asu (E… tamunya datang, e… siapkan tikar, e… tikarnya robek, e… tambalkan jadah, e… jadahnya basi, e… umpankan anjing). Jadi, gak bisa to, tiba-tiba: e… dhayohe teka, e… pakakna asu,” katanya yang segera saja disambut gelak tawa peserta.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 1.419 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Siapa pun Pemimpinnya, Unnes Tetap Sehat, Unggul, Sejahtera

  1. Mantabs, sistem yang unnes bangun dengan baik untuk menuju visinya tak akan berubah walaupun 10 kali ganti pimpinan, karena Unnes bekerja dengan sistem

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *