Seorang Pemimpin Harus Mampu Lakukan Perubahan

Senin, 17 November 2014 | 15:42 WIB


Seorang Pemimpin Harus Mampu Lakukan Perubahan
HUMAS/DOK

Peserta mengimplementasikan materi kerjasama pada kegiatan outbound.

Sebagai seorang pemimpin harus mampu melakukan perubahan dalam berbagai hal. Dalam melakukan perubahan itu ada empat On yakni Visi-On, Acti-On, Passi-On, dan Colllaborati-On.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Fathur Rokhman MHum menyampaikan itu saat menjadi pembicara pada kegiatan Leadership Training, Sabtu (15/11) di gedung pusat kegiatan mahasiswa universitas (PKMU) lantai 2 Unnes kampus Sekaran.

Visi-On, kata Prof Fathur Rokhman, yakni seorang pemimpin harus mempunyai visi yang jelas apa yang harus dicapai pada lembaga atau instansi yang dipimpinnya.

Acti-On, seorang pemimpin harus mempunyai langkah langkah bagaimana caranya mencapai tujuan itu, kata Prof Fathur. Kegiatan diikuti 85 siswa tingkat SMA/SMK/MA di kota dan kabupaten Semarang.

Kemudian, passi-On, yakni seorang pemimpin harus mempunyai gaerah dalam mencapai tujuan. Kegiatan dengan tema “Become the Next True Indonesian Future Leaders”.

Sedangkan, collaborati-On, seorang pemimpin dalam mencapai tujuan tidak bisa dilakukan sendiri harus bekerjasama dengan orang lain yang memiliki visi yang sama, kata Prof Fathur.

Apabila keempat itu bisa dilakukan oleh seorang pemimpin maka lembaga atau instansi yang dipimpin tersebut bisa berkembang dengan pesat, terang Prof Fathur.

Selain Prof Fathur Rokhman, pemateri lain dari alumni Asia Pacific Leaders Education Program 2014 yang diadakan di Brunei silam yakni Andika Eko Prasetiyo (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Selma Lady Diana (Pendidikan Bahasa Inggris), Bunga Amelia, S.Pd (Staff bidang Kerjasama), Zeni Rofiqoh (Pendidikan Matematika), Qurrota A’yun (Pendidikan IPA), dan Siti Fiki Ikmah, S.Pd (Staff bidang Kerjasama).

Bunga Amelia SPd salah satu pemateri menyampaikan, peserta pelatihan tidak hanya menerima materi saja, namun juga langsung mengimplementasikan materi melalui kerja tim dalam games dan outbound.

Sebagai tiga peserta terbaik Vina Aprilia Anggriani dari SMK N 9 Semarang, Irvan Khoirul Iman (SMA N 8 Semarang), dan Geovani Ayu Astuti (SMA N 13 Semarang).

Di akhir acara, peserta diberikan questionare terkait pelaksanaan kegiatan dan minat studi di Unnes. 85% memberi tanggapan kegiatan ini baik berminat melanjutkan pendidikan ke Unnes.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.458 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *