Semua Siswa Berhak Ikuti SNMPTN 2013

Kamis, 3 Januari 2013 | 17:07 WIB


Semua Siswa Berhak Ikuti SNMPTN 2013
SIHONO/HUMAS

Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 adalah sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Maka dari itu, semua siswa mempunyai hak yang sama untuk mendaftar SNMPTN 2013 ini,” kata Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) Dr Agus Wahyudin, saat Sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Periode I, Kamis (3/1/2013) di auditorium kampus Sekaran.

Ratusan kepala sekolah dari SMA, SMK, dan MA yang hadir dalam sosialisasi itu berasal dari wilayah Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Batang, Kendal, dan Kota Semarang.

Kepala sekolah, kata Dr Agus, mengisi data PDSS di laman pdss.snmptn.ac.id. “Pengisian oleh kepala sekolah hingga 8 Februari 2013,” katanya. Secara teknis pada sosialisasi tersebut, pengisian PDSS dijelaskan oleh Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Informasi (BPTIK) Unnes, Sugiyanto MPd.

Sedangkan bagi lulusan 2011 dan 2012 tidak berkesempatan mendaftar lewat seleksi secara nasional. “Mereka tidak bisa mengikuti SNMPTN yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lain, namun masih ada SBMPTN dan ujian mandiri yang di Unnes disebut SPMU,” kata Dr Agus.

Adapun Ketua SNMPTN Unnes Suhadi, mengungkapkan perbedaan antara SNMPTN tahun 2012 dan 2013. Di tahun 2012, dia mengatakan, peserta didik masih dikenai biaya pendaftaran sedangkan tahun ini dibebaskan.

“Jika tahun lalu kepala sekolah tidak diwajibkan mengirim data prestasi siswa ke PDSS, maka SNMPTN 2013 hal itu diwajibkan,” katanya. Selain itu, tahun ini akreditasi sekolah tidak menentukan jumlah siswa yang boleh mendaftar.

Setelah sekolah mengisi PDSS, pendaftaran SNMPTN 2013 dapat dilakukan 1 Februari-8 Maret 2013, proses seleksi 9 Maret-27 Mei 2013, dan akan diumumkan 28 Mei 2013. Materi dan informasi terkait dapat diunduh di link ini.


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 9.347 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

26 komentar pada “Semua Siswa Berhak Ikuti SNMPTN 2013

  1. Saya berharap hal ini bisa menjadi kesempatan yang sangat baik bagi seluruh siswa SMA/ SMK negeri/ swasta untuk mengambil kesempatan dalam SNMPTN 2013 karena seleksi th ini syaratnya dimudahkan bagi seluruh siswa calon lulusan 2013. Buat adek2 yg butuh info ttg Unnes bisa hubungi saya. di 08986548590. insya allah bisa saya bantu carikan info ttg unnes. oke,, selamat berusaha… salam konservasi…

  2. tolong kbarin saya tntang pendaftaran unnes …

    saya mau daftar di unnes tapi masih bngung
    kapan pendaftaran di mulai ,,,terus prosedur untuk masuk ke unes gimana ,,???

    makasiih

  3. permisi..
    saya kelas 12 ips,
    saya pengen ndaftar SNMPTN, tapi gada NISN nya, udah dicari dmana” ga ada, sementara itu syaratnya siswa memiliki NISN. bgmana menyikapi hal itu?mhn penjelasanya. trmksh :)

  4. Permisi Bapak/Ibu. Saya ingin bertanya mengenai pemilihan jurusan SMNPTN 2013 di UNNES ini. Setiap kuliah yg dipilih hanya memperbolehkan memilih 2 jurusan ipa/ips, tapi bagaimana jika yg dipilih adalah 1 jurusan mipa & 1 jurusan seperti desain komunikasi visual? Apakah diperbolehkan disini? Mohon penjelasannya.
    Terima kasih..

  5. bagaimana prosedur buat masuk /pendaftaran diUNNES ya pak/bu??saya mau jadi mahasiswi UNNES .
    kapan pendaftaran dibuka??

  6. saya harap ini sebuah peluang bagi siswa/i untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi dengan cepat dan baik… semoga saya dan teman” saya dapat lulus… ammiinn …. terima kasih memberi kesempatan untuk mengomentari.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X