Selain Mencerdaskan, Guru Harus Mendidik Moral dan Karakter Siswa

Selasa, 12 April 2016 | 13:42 WIB


Selain Mencerdaskan, Guru Harus Mendidik Moral dan Karakter Siswa
SIHONO/HUMAS

Senin (11/4) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi Universitas Negeri Semarang (LP3 Unnes) menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Membangun Kompetensi Guru melalui Sertifikasi dan PKB dalam Pembelajaran Abad 21 Guna Menghadapi MEA. Seminar tersebut dilaksanakan dalam rangka final lomba guru unggul inovatif.

Dalam seminar tersebut hadir sebagai pembicara yakni Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr Anas M Adam MPd. Dalam makalah yang berjudul Membangun Kompetensi Guru Melalui Sertifikasi dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dia menyampaikan standar guru profesional di antaranya harus memenuhi kualitas akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Unnes akan mendorong para Profesor dan Doktor untuk memberikan inspirasi kepada guru-guru di sekolah dalam membantu guru dalam peningkatan mutu pendidikan.

“Banyak variabel dalam peningkatan mutu pendidikan, namun variabel yang paling utama yakni, guru harus mempunyai kompetensi dalam mencerdaskan murid, namun tidak hanya mencerdaskan tapi juga harus mendidik karakter dan nilai-nilai moral” tambah Prof Fathur. Muhammad Sholekan


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 1.344 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

9 komentar pada “Selain Mencerdaskan, Guru Harus Mendidik Moral dan Karakter Siswa

  1. Setuju sekali Pak Rektor! ditengah tengah semakin melunturnya karakter anak bangsa. Peran guru menjadi sanagt penting untuk tidak hanya mencerdaskan tapi juga memberikan keteladanan dan mendidik karakter yang baik. Unnes sebagai universitas yang mencetak banyak guru harus selalu berusaha untuk memenuhi tuntutan tersebut demi majunya pendidikan karakter di Indonesia. Pintar saja tidak cukup tapi harus ada akhlak yang baik disetiap diri peserta didik. Selamat mencetak guru berkarakter!!
    #UNNES BISA!
    #mari kita dukung,
    #2016 tahun akselerasi inovasi

  2. Sekarang ini telah kita lihat banyaknya kasus yang memperlihatkan merosotnya moral anak, seperti tawuran,pelecehan seksual, dan tindak kriminal. Sungguh miris sekali.
    Merosotnya moral anak bangsa adalah tanggung jawab semua pihak. Disisi ini, bisa kita rasakan betapa urgennya peran guru sebagai pembangun moral anak bangsa setelah keluarga.
    Maka dari itu perlunya peningkatan kompetensi guru. Karena dari guru yang berkompeten tercipta anak bangsa yang berpendidikan, cerdas dan menjunjung tinggi nilai-nilai dalam kehidupan.

  3. Guru tidak hanya mencerdaskan tapi juga harus mendidik karakter dan nilai-nilai moral memang benar. Karena karakter dan nilai-nilai moral sangat penting. Tidak ada gunanya orang yang cerdas jika tidak diimbangi dengan karakter dan moral yang baik.

  4. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Membangun Kompetensi Guru melalui Sertifikasi dan PKB dalam Pembelajaran Abad 21 Guna Menghadapi MEA. ini seminar yang sangat menarik agar guru punya kompetensi dalam bidang pendidikan yang sangat berpengaruh dalam pencerdasan kehidupan bangsa.semangat guru harus terus digelorakan. ujungnya guru punya integitas tinggi. semoga agenda seperti ini terus diadakan.. semangats mewujudkan indonesia emas.

  5. Event itu sangat cocok, tepat sasarannya dan akurat waktunya. Karena kompetensi yang di miliki seorang pendidik bukan hanya menjadi panutan yang cerdas saja melainkan juga harus kreatif dan profesional. Dengan kapasitas intelektual yang tinggi para pendidik hendaknya secara tidak langsung menetapkan dan menerapkan pemikiran yang luas dan mampu diterjemahkan dengan mudah oleh komponen yang dididik. Selain itu, di era sekarang yang mana moral baik perlu ditekankan kepada setiap orang, rasa cinta tanah air, dan tanggung jawab pun dibutuhkan untuk membangun Indonesia. Supaya masyarakat tidak cemas dalam membangun generasi emas

  6. saya sangat setuju dengan wacan tersebut, perlunya sebuah wadah untuk para profesor dan doktor membuat suatu inovasi pembelajaran untuk guru supaya mampu melakukan pembelajaran yang mencerdaskan serta memiliki moral dan karakter untuk siswa supaya cita-cita generasi indonesia emas 2045 dapat terwujud

  7. Berbagai informasi yang saya peroleh dari guru dan orang tua wali murid, seorang guru yang mengajar dengan juga menyampaikan akhlaq, moral, karakter sesuai dengan akhlaq para Rosulullah kepada siswa-siswanya sangat berdampak dengan kecerdasan intelektual, emosial dan moral anak didiknya, oleh karenanya para guru dan dosen langgengkan pendidikan karakter dan nilai-nilai moral dalam setiap mata pelajaran dan mata kuliah yang diajarkan. Semangat konservasi moral

  8. Guru memang memegang peran penting dalam mentransfer ilmu dan kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Maka dari itu mari bersama-sama menjadi calon guru yang bisa menjadi inspirasi bagi murid dan bisa menjadi pentransfer ilmu yang baik untuk murid.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *