Sebulan Penuh, Hima Sejarah Gelar Bulan Pahlawan Sejarah

Senin, 27 Oktober 2014 | 5:36 WIB


Himpunan Mahasiswa (Hima) Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes menggelar rangkaiaa acara Bulan Pahlawan Sejarah (BPS) selama sebulan penuh, Selasa (28/10) hingga Jumat (28/11) mendatang. Kegiatan  itu dirangkai dengan tema besar “Bulan Pahlawan, Meretas Kejayaan Masa Silam Merengkuh Kebanggaan Masa Depan”.

Fungsionaris Hima Sejarah Eka Nurjanah mengatakan, acara BPS terbagi menjadi tiga subacara. Diawali dengan acara bedah buku yang dibuka untuk umum pada Selasa (28/10) . Adapun buku yang akan dibedah adalah Soekarno, Marxisme dan Leninisme karya Peter Kasenda. Penulis buku tersebut direncanakan akan hadir bersama Hilmar Farid.

Acara dilanjutkan dengan Olimpiade Sejarah Nasional (OSN) pada Sabtu (15/11). Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini untuk kali pertama Olimpiade Sejarah Nasional diadakan tingkat nasional dengan peserta berasal dari siswa SMA/MA/SMK/MAK se-Indonesia.

BPS ditutup dengan acara Kampung Sejarah pada Kamis-Jumat, 27-28 November 2014. Peserta Kampung Sejarah berasal dari mahasiswa Jurusan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang dari semester satu hingga lima.

Nurjanah melanjutkan, BPS diselenggarakan untuk menumbuhkan kembali nasionalisme anak muda yang disinyalir mulai pudar.

“Sebagaimana diketahui bahwa dewasa ini generasi penerus bangsa telah berjalan jauh dari jalan yang diharapkan founding father. Sebagai contoh, kekerasan dengan wujud agama marak terjadi, tawuran antarpelajar , tawuran antarsuku yang selalu terjadi karena perebutan lahan untuk hidup, dan maraknya aksi premanisme di masyarakat,” katanya.

Dengan demikian, katanya, BPS bisa menjadi solusi unik dan menarik. Lebih-lebih, BPS diselenggarakan pada momentum yang tepat, yakni moementum Sumpah Pemuda dan kemudian dilanjutkan momentum hari pahlawan.

“Kami berupaya memadukan unsur edukasi, kreativitas, dan entertainmen sehingga kami harap dapat menarik minat anak muda dari berbagai daerah,” pungkas Nurjanah.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.368 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

4 komentar pada “Sebulan Penuh, Hima Sejarah Gelar Bulan Pahlawan Sejarah

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *