Sambut Ramadhan, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNNES adakan Kuliah Umum Keajaiban Berpuasa

Rabu, 24 Mei 2017 | 6:47 WIB


Sambut Ramadhan, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNNES adakan Kuliah Umum Keajaiban Berpuasa
Aziz, Bagas (Student Staff)

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Semarang mengadakan kuliah umum Ramadhan Academy pada Selasa (6/2) di Masjid Ulul Albab, UNNES. Acara yang diikuti oleh segenap mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1438 H. Program ini diawali dengan shalat maghrib berjamaah, kemudian mendengarkan kuliah umum, dan dilanjutkan dengan shalat isya berjamaah.
Adapun pembicara dari kuliah umum kali ini adalah Rohani, SPd, MA, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Beliau menyampaikan tausiyah dengan tema “The Scientific Miracles of Ramadhan”. Di dalam materi kuliah umum tersebut, beliau menyampaikan berpuasa di bulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang dapat meningkatkan ketakwaan dari setiap manusia. Sehingga, ibadah tersebut akan membuat manusia mendapatkan surga.
Materi perkuliahan kali ini juga menjelaskan, berpuasa memiliki keajaiban bagi fisik maupun mental manusia. Dalam hal ini, penelitian membuktikan bahwa kebiasaan berpuasa membuat manusia memiliki keinginan yang rendah untuk makan. Dengan keinginan yang rendah tersebut, manusia akan terhindar dari penyakit pencernaan. Karena, zat asam dalam lambung semakin menurun. Hal ini berbeda dengan hari biasa, di mana manusia memiliki keinginan untuk makan yang membuat proses zat asam dalam lambung bekerja secara terus menerus. Di sisi lain, berpuasa juga bagus bagi kejiwaan manusia. Dari sifat buruk dan baik manusia, manusia diberi kesempatan untuk melatih hawa nafsunya dengan berusaha membatasi diri dari nafsu mulai dari subuh hingga adzan maghrib datang. Proses selama satu bulan tersebut akan memberikan dampak positif bagi manusia.
Di luar dari tausiyah, acara yang dilakukan sepenuhnya dengan bahasa Inggris ini dihadiri pula oleh Dr Rudi Hartono, SS, MPd, selaku Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris beserta jajaran. Kepada unnes.ac.id, Rudi berkata bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme dari mahasiswa dalam menyambut bulan Ramadhan. Ia berharap bahwa program ini akan menjadi role model bagi jurusan lain yang ada di UNNES, sehingga jurusan lain bisa beramai-ramai menyebarkan kebaikan bagi mahasiswanya di bulan suci tersebut.
(Cesar, Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 451 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X