Robot Sutera dan Semut Ijo Unnes Melaju ke Tingkat Nasional

Rabu, 8 Mei 2013 | 14:05 WIB


Robot Sutera dan Semut Ijo Unnes Melaju ke Tingkat Nasional
dok. ukm riptek

Robot Sutera dan Robot Semut Ijo karya mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil melaju ke tingkat nasional dalam Kontes Robot Regional III. Perhelatan tahunan bergengsi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) tersebut diadakan di Gelanggang Olah raga (GOR) Ki Bagoes Hadikusumo, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Kamis–Sabtu (2-4/5).

Kabar membanggakan tersebut datang dari tim robotik Unit Kegiatan Mahasiswa Rekayasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (UKM Riptek)  Unnes.

Kontes diikuti oleh 71 tim yang terdiri atas  cabang Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot pemadam Api Indonesia (KRPAI) beroda dan berkaki, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Di partai puncak, tim robotik Unnes dari cabang KRSI dengan Robot Sutera berhasil meraih juara ke III setelah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sedangkan  KRI dengan Robot Semut Ijo berhasil menempatkan posisinya di empat besar setelah Unissula, UNY, dan Udinus.

Kontes Robot Tingkat Nasional

M. Ridwan, Arif lukman K, Faela Shofa dari tim KRSI yang dibimbing Drs I Made Sudana MPd dan tim KRI , Firmanto, Hermawan Afandi, Arif Irwani, Mohamad Nadhif, Achmad Buchori yang dibimbing Tantyantoro Andrasto ST MT dipastikan akan mewakili regional III dalam Kontes Robot tingkat Nasional.

Keberhasilan ini tentu saja tak lepas dari kerja keras seluruh tim yang dukungan penuh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masrukhi, Dosen Pendamping Ukm Riptek Alamsyah MKom, dan Supraptono MPd. Kontes Robot tingkat Nasional tahun ini akan diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Juni mendatang.

Liliek H


DIUNGGAH : Agestia Putri Nusantari Dibaca : 1.655 kali
EDITOR : Agestia Putri Nusantari

11 komentar pada “Robot Sutera dan Semut Ijo Unnes Melaju ke Tingkat Nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X