Inilah Unit Kerja di UNNES dengan Kinerja Terbaik

Jumat, 5 Agustus 2016 | 9:43 WIB


Inilah Unit Kerja di UNNES dengan Kinerja Terbaik
HUMAS/SIHONO

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman mengevaluasi sekaligus mengapresiasi kinerja sejumlah unit kerja di lingkungan kerjanya. Untuk meningkatkan kinerja, ia memberikan penghargaan kepada sejumlah unit kerja yang berkinerja baik.

Penghargaan diberikan berdasarkan sejumlah indikator kinerja yang dikembangkan dan dikawal Badan Penjaminan Mutu (BPM). Empat aspek utama yang dinilai adalah bidang akademik, bidang administrasi umum, bidang kemahasiswaan, dan bidang kerja sama. Masing-masing aspek memiliki sejumlah indikator.

Pada bidang akademik, indikator penilaiannya meliputi jumlah program studi terakreditasi A, jumlah publikasi ilmiah internasional, jumlah jurnal terakreditasi, jumlah buku referensi,  hak kekayaan intelektual, dan dinikator lain.

Penilaian pada bidang adminsitrasi umum dikembangkan meliputi beberapa aspek seperti kualifikasi pendidikan dosen, dosen yang sedang studi lanjut, dan anggaran program studi.

Indikator pada bidang kemahasiswaan didasarkan pada dua indikator, yaitu prestasi mahasiswa pada tingkat nasional dan internasional.

Adapun pada bidang kerja sama, penilaian dikembangkan dengan memperhatikan sejumlah indikator seperti prestasi fakultas di pemerintahan dan dunia industri, jumlah mahasiswa inbound dan outbound, visiting dosen ke luar negeri, juga jumlah dosen asing.

Empat Bidang

Secara akumulatif, unit kerja dengan kinerja bidang akademik terbaik adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FE) dan Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Pada bidang administrasi umum, kinerja terbaik diraih oleh FMIPA, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), dan FT serta FE. Pada bidang kemahasiswaan, kinerja terbaik diraih oleh FT, FE, dan Fakultas Hukum (FH). Adapun pada bidang kerja sama, kinerja terbaik diraih oleh FMIPA, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK).

Selain melakukan penilaian kierja terhadap fakultas dan program pascasarjana, BPM juga melakukan penilaian terhadap Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3) dengan indikator penilaian yang berbeda.

Cerdas dan Tuntas

Rektor mendorong setiap unit kerja agar bekerja cerdas dan tuntas untuk memajukan institusi. “Apresiasi dan penghargaan yang tinggi saya berikan kepada semua unit kerja yang telah bekerja cerdas dan tuntas melaksanakan program dan kegiatan,” katanya, Kamis (4/8).

Rektor juga menekankan pentingnya semua unit kerja untuk mendukung program dan kebijakan universitas dalam pencapaian visi UNNES “Menjadi Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional“.

Lebih lanjut Rektor mengajak semua warga UNNES bersama mengembangkan Unnes sebagai Rumah Ilmu Pengembang melalui pelayanan prima tri dharma perguruan tinggi.

“Dengan menjadikan UNNES sebagai rumah ilmu, diharapkan, UNNES dapat menghasilkan lulusan yang cerdas dan berkarakter, meningkatnya karya iptek dan terapan, dan terwujudnya good governance,” tegasnya.

Untuk melihat penilaian  kinerja fakultas dan pascasarjana selengkapnya silakan klik di sini.

 


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.366 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X