Rektor Lepas 28 Calon Haji

Rabu, 5 Oktober 2011 | 15:13 WIB


Rektor Lepas 28 Calon Haji
SIHONO/HUMAS

Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo (berdasi hitam) melepas calon jamaah haji Unnes 2011.

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Sudijono Sastroatmodjo melepas 28 calon haji Unnes 2011 di gedung rektorat kampus Sekaran, Selasa (4/10).

Mereka yang berangkat adalah dosen dan karyawan Unnes, termasuk Pembantu Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Prof Fathur Rokhman.

Ketua Pengurus Persaudaraan haji Unnes Dr Abdulrahman Faridi melaporkan, ke-28 orang itu berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 3 orang, yakni Dr Sri Sulistyorini MPd, Drs Susilo MPd, dan Dra Sri Ismi Rahayu MPd. FBS 5 orang (Prof Dr Fathur Rokhman MHum, Prof Dr Suparmin Dandan Supratman MPd, Dr Dewi Liesnoor Setyawati MSi, Dr Suwito Eko Pramono MPd, Prembayun Miji Lestari SS, MHum). FIS 1 orang, yakni Drs Sudaryo.

Dari FMIPA 6 orang (Drs Moch Chotim MS, Dr Dwijanto MS, Dr Masrukhan MSi, Drs Jumaeri MSi, Dr Ir Amin Retnoningsih MSi, dan Dra Wiwi Isnaini MS). FT 4 orang (Prof Dr Soesanto MPd, Dr Asih Kuswardinah MPd, Dra Erna Setyowati MSi, Drs Said Sunardiyo MT).

FIK 3 orang (Drs Hadi Setyo Subiyono MPd, Drs Margono MKes, Drs Cahyo Yuwono MPd). FE 2 orang (Prof Dr Rusdarti MSi, Dra Margunani MP). PPs 2 orang (Dra Rini Arini, Hermawan Angga Nugraha).
Dari BAAKK 2 orang (Supaat SE MPd, dan Marino SPd).

Rektor mengatakan, Unnes sangat mengapresiasi 28 calon haji Unnes yang akan berangkat ke Tanah Suci. “Semoga keberangkatan Saudara diridai Allah SWT,” katanya.

Kata haji atau kaji, lanjut Rektor, di desanya sering dijarwadosokkan tekade siji, tekadnya satu. Yakni, pasrah kepada Allah, tidak memikirkan hal-hal lain. “Cuma satu, yakni menjalankan ibadah haji. Apa pun yang terjadi di sana nanti itu adalah bagian hidup kita. Jagalah fisik dengan baik, saling toleransi dengan sesama, dan hadapilah dengan ikhlas,” kata Prof Sudijono.

Dia juga mengatakan, salah satu ciri orang ikhlas adalah tidak rindu dengan pujian, karena pujian hanyalah untuk Allah. “Setelah pulang dari Tanah Suci semoga lebih baik lagi dan menjadi haji yang mabrur, menjadi panutan sanak keluarga dan tetangga,” katanya.

Ustaz Mohammad Arifin dari Pemerintah Kota Semarang dalam tausiahnya mengatakan, dalam menjalankan ibadah haji ada rukun dan sunah haji. Rukun haji adalah kegiatan yang harus dilakukan dalam ibadah haji. Jika tidak dikerjakan hajinya tidak sah.

Adapun rukun haji itu meliputi ihram (mulai memakai pakaian ihram disertai niat), wukuf (berdiam diri dan berdoa di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah), tawaf (mengelilingi Kakbah tujuh kali setelah melontar jumrah aqabah pada 10 Zulhijah), sai (lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah tujuh kali), tahallul ( bercukur atau menggunting rambut), dan tertib (mengerjakan urut sesuai urutan).


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 2.235 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

2 komentar pada “Rektor Lepas 28 Calon Haji

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X