Rektor UNNES: Jadi Guru Profesional Harus Miliki Empat Kompetensi

Rabu, 18 Oktober 2017 | 13:49 WIB


Rektor UNNES: Jadi Guru Profesional Harus Miliki Empat Kompetensi

Guru merupakan jabatan atau profesi yang membutuhkan keahlian khusus. Pekerjaan sebagai guru ini tidak bisa dilakukan oleh seseorang tanpa mempunyai keahlian sebagai guru. Untuk itu menjadi seorang guru profesional harus memiliki empat kompetensi.

Keempat kompetensi itu yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan itu saat membuka kegiatan Orientasi Perkuliahan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pra Jabatan Bersubsidi Tahap I 2017, Rabu (18/10/2017) di gedung Prof Satmoko (Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi UNNES).

Prof Dr Fathur menjelaskan, karakteristik guru profesional diantaranya menguasai kurikulum, menguasai materi yang di ajarkan, terampil menggunakan multi metode pembelajaran, mempunyai prilaku yang baik, disiplin, dan berberkomunikasi dengan baik.

Sebelumnya, Kepala Pusat Program Pendidikan Profesi Guru dan Sertifikasi UNNES Drs Agus Yuwono MSi MPd melaporkan, Orientasi PPG Pra Jabatan Bersubsidi Tahap I ini dilaksanakan selama tiga hari diikuti 55 peserta dari Teknik Otomotif 25 peserta, Teknik Mesin 14 peserta, dan Teknik Kimia 16 peserta.

Para peserta akan menumpuh 36-38 SKS selama dua semester (1 tahun) dengan rincian 58% lokakarya, 39% Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dan 3% praktik serta seminar hasil PTK. Di akhir perkuliahan nanti peserta akan menempuh Uji Kompetensi yakni meliputi uji pengetahuan dengan skor kelulusan 80 dan Uji Kinerja.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 354 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X