Rektor UNNES: Berbudaya Lulus Tepat Waktu, Berprestasi, dan Publikasi

Senin, 20 Maret 2017 | 16:23 WIB


Rektor UNNES: Berbudaya Lulus Tepat Waktu, Berprestasi, dan Publikasi
SIHONO/HUMAS

Harum luhurnya UNNES ini adalah tergantung pada kita semua, salah satunya yakni Pascasarjana UNNES meluhurkan para mahasiswa untuk cepat lulus tetap waktu, berprestasi, dan publikasi. Jadi UNNES berkomitmen mendorong mahasiswa lulus tepat waktu untuk S2 lulus empat semester dan S3 lulus tujuh semester.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan itu saat menjadi Keynote Speaker pada Kuliah Umum Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Pascasarjana UNNES, Senin (20/3) di kampus Pascasarjana UNNES Jalan Kelud Semarang.

Selain itu, UNNES juga berprestasi yakni UNNES memperoleh akreditasi unggul (A) artinya prestasi di UNNES diatas standar nasional. Misalnya nasional menerapkan kurikulum berbasis kompetensi, UNNES sudah menerapkan. Karena UNNES di atas standar nasional maka punya keunggulan yakni kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi.

Kemudian, semua dosen UNNES wajib melakukan penelitian, karya ilmiah, dan jangan sampai ada profesor yang mengeluh dengan permendikti Nomor 20 Tahun 2017. UNNES akan memfasilitasi para profesor untuk bisa menulis.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof Intan Ahmad PhD saat menjadi nara sumber menyampaikan bahwa pendidikan tinggi di Inonesia sangat komplek yakni jumlahnya 4.492 perguruan tinggi/24.966 program studi, dan dosen 237.837 orang.

Situasi publikasi di Indonesia (versi Scopus 19/03/17) pada urutan pertama diduduki oleh Institut Teknologi Bandung, kedua Universitas Indonesia, ketiga Universitas Gajah Mada, keempat Institut Pertanian Bogor, kelima Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan UNNES pada urutan ke 41.

Jadi banyaknya dosen di perguruan tinggi itu belum tentu publikasinya banyak. Ini tergantung pada banyaknya dosen yang aktif menulis artikel. Untuk itu mari di UNNES ini dibudayakan menulis artikel supaya lebih baik lagi.

Belajar menulis artikel sebenarnya sangat mudah dilakukan bagi setiap orang, hanya terkadang orang sering terbentur dengan hal-hal sepele yang justru menghambat proses belajar menulisnya. Untuk itu perbanyaklah membaca.

Sebelum memutuskan untuk memulai menulis sebuah artikel, ada beberapa tips diantaranya cari waktu khusus untuk menulis ini penting sekali, hindari plagiarism, dan minta kolega atau rekan untuk membaca manuskrip anda.

Sebelumnya Direktur Pascasarjana Prof Dr Achmad Slamet menyampaikan, kegiatan ini diikuti 292 mahasiswa dari S2 dan S3 Pascasarjana UNNES, serta dosen.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 489 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *