Rektor Unnes Ajak Mahasiswanya Tangkal Paham Radikal

Rabu, 20 Januari 2016 | 12:09 WIB


Rektor Unnes Ajak Mahasiswanya Tangkal Paham Radikal
Humas / Dok

Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman MHum menjamin para mahasiswanya bebas dari pemahaman radikal keagamaan dan rekrutmen gerakan radikal. Namun demikian, profesor sosiolinguistik itu terus mengajak mahasiswa Unnes untuk menangkal paham radikal yang kini disinyalir menyasar anak muda.

“Jangan ada generasi muda intelektual terjebak paham radikal dan terorisme. Sebab, Unnes menaruh harapan agar mahasiswanya dapat menjadi agen pencegahan terorisme karena kaum ilmiah diyakini memiliki wawasan dan pengetahuan yang andal,” ungkap Prof Fathur usai menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEMSI) IX di Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang, Selasa (19/1).

“Ini penting bagi mahasiswa karena kami khawatir ada perubahan gerakan dari terorisme yang sebelumnya merekrut golongan dengan tingkat intelektual biasa, mengarah ke golongan intelektual tinggi seperti mahasiswa,” jelasnya.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof M Nasir yang juga hadir dalam acara tersebut bahkan akan memberikan penghartian khusus untuk menanggulangi persebaran paham radikal. Ia akan meminta kepada seluruh rektor untuk melakukan pendampingan pada mahasiswanya.

“Hal itu perlu kami lakukan agar para mahasiswa tidak terlibat dalam aliran radikalisme dan juga terorisme. Tugas utama para mahasiswa adalah belajar untuk mencapai cita-citanya dan membangun bangsa,” jelas Prof Nasir.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 689 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *