Terus Lakukan Kebaikan, Tuhan Akan Membalas

Jumat, 18 Juli 2014 | 18:55 WIB


Kebaikan yang dilakukan seseorang tidak selalu diketahui orang lain. Namun, tidak satu pun kebaikan yang luput dari perhatian Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan akan memberikan balasan, baik melalui orang sekitar maupun melalui alam.

Demikian pesan yang disampaikan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Prof Dr Fathur Rokhman MHum dalam acara buka puasa bersama petugas cleaning service, satuan pengamanan, dan para pengemudi, Jumat (18/7).

“Kalau Bapak dan Ibu bekerja dengan baik, melayani mahasiswa, barangkali hanya daun-daun yang menyaksikannya. Daun-daun adalah bagian dari alam. Nanti, alam yang akan membalas kebaikan Bapak dan Ibu sekalian,” katanya.

Rektor kembali mengingatkan, peran petugas kebersihan bagi warga Unnes sangat penting. Pada satu waktu, sentuhan tangan petugas kebersihan jauh lebih diperlukan mahasiswa daripada pimpinan perguruan tinggi.

“Menjelang perkuliahan, kerja Bapak dan Ibulah yang paling diharapkan. Agar ruangan menjadi nyaman. Kalau Bapak dan Ibu tidak bekerja sehari atau dua hari, Bapak dan Ibu yang paling dicari. Tapi kalau rektor atau pembantu rektor yang hilang sehari, belum tentu ada yang mencari,” kata profesor sosiolinguistik ini.

Jujur dan Disiplin

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaan (BAUK) Drs H Anwar Haryono MPd menyampaikan, tujuan berpuasa adalah membangun mentalitas manusia bertaqwa. Menurutnya, setidak-tidaknya ada dua sikap yang merepresentasikan mentalitas menusia taqwa, yakni jujur dan disiplin.

Puasa, katanya, adalah penempaan agar tiap-tiap orang menjadi jujur. Diharapkan, perilaku jujur terinternalisasi dalam hidup dan terimplementasi dalam berbagai aspek kehidupan.

“Panjenengan punya makanan di rumah. Panjenengan lapar. Tapi karena sedang berpuasa, Panjenengan tidak akan makan meski tidak diketahui orang lain. Inilah salah satu bentuk latihan jujura,” katanya.

Sama halnya dengan jujur, Anwar berpendapat, kedisiplinan juga merupakan identitas manusia taqwa. Perilaku disiplin diajarkan oleh agama melalui berbagai ritual ibadah. Bagi pribadi bertaqwa, kedisiplinan akan terpraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

 


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.333 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

satu komentar pada “Terus Lakukan Kebaikan, Tuhan Akan Membalas

  1. Terima kasih kepada rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum yang sudah memberikan inspirasi untuk warga unnes dan unnes menjadi lebih maju. Walaupun hanya sekedar buka puasa bersama kegiatan ini menunjukkan bahwa kondisi Unnes semakin damai, nyaman, indah dan penuh dengan rasa kekeluargaan. Sesuai dengan jiwa kampus unnes yaitu kampus konservasi. Konservasi tidak hanya dalam bentuk fisik, namun juga dalam bentuk jiwa yang dapat dirasakan sebuah kedamian. Semoga Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman selalu diberi kesehatan dan keselamatan dalam menjalankan tugas dan dapat memajukan Unnes. Salam konservasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X