Ratusan Pendaftar SM-3T Tereliminasi

Selasa, 8 November 2011 | 3:01

SIHONO/HUMAS

Berita Terkait

Lebih dari 500 pendaftar program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) tereliminasi sehingga tidak bisa mengikuti seleksi pada tahap selanjutnya.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin mengemukakan hal itu di sela-sela pemantauan tes tulis program itu, Senin (7/11), di kampus Sekaran.

“Dari 1.185 pendaftar, hanya 594 orang yang akhirnya bisa mengikuti tes tulis. Tes terdiri atas tes potensi akademik dan kemampuan program studi,” kata penanggung jawab program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia dari Unnes itu.

PR I menjelaskan, pada tahap pertama, berdasarkan data yang dituliskan oleh para pendaftar, dari 1.185 pendaftar, hanya 914 orang yang memenuhi ketentuan. “Ada beberapa hal yang membuat mereka tereliminasi. Antara lain program studi yang tidak terakreditasi, sudah menikah, dan berasal dari program studi yang tidak dibutuhkan oleh daerah sasaran,” katanya.

Selanjutnya, panitia akan mengumumkan nama-nama yang lolos tes tulis pada Selasa, 8 November 2011 melalui http://majubersama.unnes.ac.id. “Mereka yang lolos wajib mengikuti tes wawancara sekaligus untuk verifikasi,” ujar Agus seraya menambahkan, wawancara akan berlangsung di gedung B6 FBS kampus Sekaran.

Sebagaimana diberitakan, tahun ini Unnes merekrut 350 sarjana kependidikan untuk mengajar di berbagai pelosok Nusantara. Selama setahun mereka mengabdi dan setelah itu akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah.

SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Program lainnya, S1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (S1 KKT). Program ini, selainkan untuk meningkatkan mutu pendidikan, juga untuk mengurangi mismatch guru dalam mengajar.
“Tak bisa dimungkiri, hingga kini banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmunya. Ini tentu tidak bisa dibiarkan. S1 KKT merupakan salah satu upaya untuk mengatasi hal itu,” tambah Agus.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

35 Komentar untuk “Ratusan Pendaftar SM-3T Tereliminasi”

  1. silfia

    Selasa, 8 November 2011 | 05:09

    Mohon maaf,pengumpulan berkasnya padatanggal 9november,waktu wawancara yah? Bukan nya kemarin pengumuman nya,berkas dikumpulkan pada tgl22 november.bagaiman ini???

  2. bayu

    Selasa, 8 November 2011 | 08:47

    Sahabat-sahabat yang tereliminasi pada Program SM3T dan/atau S-1 KKT di Unnes karena prodi yang dibutuhkan tidak sesuai dengan daerah sasaran, silakan mendaftar di Unesa (Universitas Negeri Surabaya), mungkin prodi Anda sesuai dengan prodi yang ditawarkan di Unesa. Pendaftaran gelombang II Program SM-3T dan S-1 KKT di Unesa masih dibuka sampai 10 November 2011. Informasi lebih lanjut silakan lihat di http://www.unesa.ac.id
    Semoga bermanfaat.

  3. bayu

    Selasa, 8 November 2011 | 08:57

    Berikut ini jumlah kuota sarjana yang akan diterima di Unesa pada program SM-3T.
    PKN : 11
    B. Indonesia : 12
    B. Inggris : 15
    Matematika : 19
    Fisika : 15
    Biologi : 14
    Sejarah : 12
    Geografi : 12
    Senibudaya : 44
    Ekonomi : 5
    BK : 13
    Penjas : 15
    PAUD : 52
    PGSD : 227
    File jadwal dan pengumuman pelaksanaan SM-3T di Unesa dapat Anda unduh di tautan yang ada di http://www.unesa.ac.id
    Semoga bermanfaat.

  4. mimin

    Selasa, 8 November 2011 | 10:43

    gmn cr dftr yg program S1 KKT di unnes ya?
    mksh

  5. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Selasa, 8 November 2011 | 10:47

    Saudara Mimin, untuk pendaftaran S1 KKT, silakan Saudara mengeklik kkt.unnes.ac.id. Salam konservasi.

  6. dina

    Selasa, 8 November 2011 | 12:01

    mana tautan pengumumannya???

  7. Nana

    Selasa, 8 November 2011 | 12:06

    Tolong pengumuman hasil tes tertulis tepat pd waktuny sebagaimana yg telah diumumkan kemarin tepat jam 12

  8. Siti

    Selasa, 8 November 2011 | 12:31

    Untuk pengumuman yang lolos tulis hari ini jam berapa? terima kasih

  9. ella

    Selasa, 8 November 2011 | 12:41

    pengumuman tes tulis SM 3T di unnes ko belum ada, katanya jam 12??

  10. rini

    Selasa, 8 November 2011 | 12:43

    kok pengumnuman hasil seleksi tertulis belum ada ya?padahal dah jam 11.00

  11. rini

    Selasa, 8 November 2011 | 12:43

    pengumumannya katanya jam 12.00 dah bisa dilihat?

  12. sapto

    Selasa, 8 November 2011 | 12:53

    jam berapa pengumuman yang lolos tes tulis?

  13. sapto

    Selasa, 8 November 2011 | 12:54

    harap tepat waktu ya, ini sudah molor hampir 1 jam, suwun

  14. pujinah

    Selasa, 8 November 2011 | 13:58

    kemaren panitia mengatakan pengunguman akan di beritahukan lewat web unnes jam 12, kok sekarang belum ada hasil tes tertulisnya yah?

  15. supri

    Selasa, 8 November 2011 | 16:53

    untuk pak BAYU, pendaftaran ke UNESA nggak online kaya di UNNES ya?

  16. rizky

    Selasa, 8 November 2011 | 18:49

    kalau daftar yang lolos seleksi cari di mana y?

  17. rizky

    Selasa, 8 November 2011 | 19:03

    maaf untuk yg d surabaya link pendagtarannya kok g ada y?
    mohon bantuannya
    thx

  18. YAHYA NUR IFRIZA

    Rabu, 9 November 2011 | 08:43

    q belum bisa ikut nich….selamet ea pak…

  19. nurul

    Rabu, 9 November 2011 | 08:49

    iya pak..untuk link pendaftaran gelombang kedua SM-3T di Unesa koq gak ada. padahal sudah dibuka sesuai alamat web,mohon bantuannya….soalnya udah mepet pak tinggal besok..makasih

  20. nurul

    Rabu, 9 November 2011 | 09:13

    pripun pak,…saya mohon bantuannya…

  21. bayu

    Kamis, 10 November 2011 | 15:22

    INFO TERBARU: Pendafataran SM-3T dan S-1 KKT di UNESA masih diperpanjang hingga 14 November 2011. Pendaftaran di Unesa juga online. Silakan klik PMB Unesa (di bagian tautan web Unesa, tautan itu ada di kolom bagian tengah web Unesa). Tautan PMB Unesa itu nanti akan terintegrasi dengan subdomain web: akademik.unesa.ac.id Silakan dicoba.
    Terima kasih

  22. Hanggoro H

    Kamis, 10 November 2011 | 16:56

    Pak, nuwun sewu program KTT menika ndak yow sami kaliyan program ingkang kala wingi inggih menika SM – 3T???????Nuwun

  23. BUDI SANTOSO

    Jumat, 11 November 2011 | 12:41

    trimasih ats semua informasi yang telah disampaikan. semoga menjadi barakah dan bermanfaat Amin Alumni FKIP Unisma 2011

  24. putra catur

    Minggu, 13 November 2011 | 09:41

    katanya ada pendaftaran gelombang 2 ??mksh

  25. nurul

    Minggu, 13 November 2011 | 15:30

    pak,..saya sudah buka di tautan PMB Unesa, tapi yang ada hanya pendaftaran online KKT..untuk yang pendaftaran SM-3T tidak ada pak. tolong bantuannya pak,susah banget cari link pendaftaran gelombang II di Unesa.makasih pak…

  26. lia

    Senin, 14 November 2011 | 14:13

    pak bayu saya telah mendaftar S1 KKT UNESA secara online, saya mau tanya tahap selanjutnya setelah mendaftar online itu apa? berkas persyaratan seperti SKCK, surat bebas NAPZA dll itu dikumpulkan kapan?apakah pada saat daftar ulang setelah dinyatakan lulus?

  27. bayu

    Kamis, 17 November 2011 | 15:59

    Untuk Putra Catur: Mohon maaf, pendaftaran gelombang II SM-3T dan S-1 KKT di Unesa telah ditutup pada 14 November lalu. Saat ini telah terdaftar 652 orang.

    Untuk Nurul: Mohon maaf, ya ternyata untuk pendaftaran di Unesa yang online hanya KKT, yang SM-3T tidak online. Mohon maaf atas info yang salah pada komentar sebelumnya, namun demikian info tentang prosedur pendaftaran SM-3T dan KKT di Unesa telah diberitakan di web Unesa.

    Untuk Lia: Berdasarkan info yang ada di web Unesa, seleksi/ pelengkapan administrasi program SM-3T dan S-1 KKT akan dilakukan pada saat tes tulis esok 18 November 2011. Selamat mempersiapkan diri. Semoga semuanya lancar ya. aamiin.

  28. dewi

    Selasa, 22 November 2011 | 09:27

    masih adakah untuk gelombang III

  29. cocobi

    Selasa, 22 November 2011 | 16:03

    wah penginformasian yang buruk…kenapa hasil tes wawancara SM-3T nya belum keluar…payah

  30. herman aji prasetiyo

    Sabtu, 26 November 2011 | 12:01

    ap benar ak ikut
    sedangkan aku tes tertulisnya gagal
    ni ada pihak unnes hub ak ni no tlpnya +62248508001

  31. kusuma

    Jumat, 15 Juni 2012 | 09:24

    kapan ad program S1 KKT lg?

  32. rika wahyuni

    Selasa, 26 Juni 2012 | 16:03

    pengin ikut juga tapi khusus di aceh ada pak ???????????

  33. anang setiyono

    Kamis, 21 Februari 2013 | 07:50

    kapan ada program lagi Pk…??

  34. hendra

    Jumat, 29 Maret 2013 | 10:49

    kalau ipk kurang dari 3 apakah msh boleh mendaftar

  35. galuh