Ratusan Pendaftar SM-3T Tereliminasi

Selasa, 8 November 2011 | 3:01 WIB


Ratusan Pendaftar SM-3T Tereliminasi
SIHONO/HUMAS

Lebih dari 500 pendaftar program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) tereliminasi sehingga tidak bisa mengikuti seleksi pada tahap selanjutnya.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin mengemukakan hal itu di sela-sela pemantauan tes tulis program itu, Senin (7/11), di kampus Sekaran.

“Dari 1.185 pendaftar, hanya 594 orang yang akhirnya bisa mengikuti tes tulis. Tes terdiri atas tes potensi akademik dan kemampuan program studi,” kata penanggung jawab program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia dari Unnes itu.

PR I menjelaskan, pada tahap pertama, berdasarkan data yang dituliskan oleh para pendaftar, dari 1.185 pendaftar, hanya 914 orang yang memenuhi ketentuan. “Ada beberapa hal yang membuat mereka tereliminasi. Antara lain program studi yang tidak terakreditasi, sudah menikah, dan berasal dari program studi yang tidak dibutuhkan oleh daerah sasaran,” katanya.

Selanjutnya, panitia akan mengumumkan nama-nama yang lolos tes tulis pada Selasa, 8 November 2011 melalui http://majubersama.unnes.ac.id. “Mereka yang lolos wajib mengikuti tes wawancara sekaligus untuk verifikasi,” ujar Agus seraya menambahkan, wawancara akan berlangsung di gedung B6 FBS kampus Sekaran.

Sebagaimana diberitakan, tahun ini Unnes merekrut 350 sarjana kependidikan untuk mengajar di berbagai pelosok Nusantara. Selama setahun mereka mengabdi dan setelah itu akan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan biaya sepenuhnya ditanggung pemerintah.

SM-3T merupakan bagian dari program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia. Program lainnya, S1 Kependidikan dengan Kewenangan Tambahan (S1 KKT). Program ini, selainkan untuk meningkatkan mutu pendidikan, juga untuk mengurangi mismatch guru dalam mengajar.
“Tak bisa dimungkiri, hingga kini banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan disiplin ilmunya. Ini tentu tidak bisa dibiarkan. S1 KKT merupakan salah satu upaya untuk mengatasi hal itu,” tambah Agus.


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 7.336 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

35 komentar pada “Ratusan Pendaftar SM-3T Tereliminasi

  1. Mohon maaf,pengumpulan berkasnya padatanggal 9november,waktu wawancara yah? Bukan nya kemarin pengumuman nya,berkas dikumpulkan pada tgl22 november.bagaiman ini???

  2. Sahabat-sahabat yang tereliminasi pada Program SM3T dan/atau S-1 KKT di Unnes karena prodi yang dibutuhkan tidak sesuai dengan daerah sasaran, silakan mendaftar di Unesa (Universitas Negeri Surabaya), mungkin prodi Anda sesuai dengan prodi yang ditawarkan di Unesa. Pendaftaran gelombang II Program SM-3T dan S-1 KKT di Unesa masih dibuka sampai 10 November 2011. Informasi lebih lanjut silakan lihat di http://www.unesa.ac.id
    Semoga bermanfaat.

  3. Berikut ini jumlah kuota sarjana yang akan diterima di Unesa pada program SM-3T.
    PKN : 11
    B. Indonesia : 12
    B. Inggris : 15
    Matematika : 19
    Fisika : 15
    Biologi : 14
    Sejarah : 12
    Geografi : 12
    Senibudaya : 44
    Ekonomi : 5
    BK : 13
    Penjas : 15
    PAUD : 52
    PGSD : 227
    File jadwal dan pengumuman pelaksanaan SM-3T di Unesa dapat Anda unduh di tautan yang ada di http://www.unesa.ac.id
    Semoga bermanfaat.

  4. kemaren panitia mengatakan pengunguman akan di beritahukan lewat web unnes jam 12, kok sekarang belum ada hasil tes tertulisnya yah?

  5. iya pak..untuk link pendaftaran gelombang kedua SM-3T di Unesa koq gak ada. padahal sudah dibuka sesuai alamat web,mohon bantuannya….soalnya udah mepet pak tinggal besok..makasih

  6. INFO TERBARU: Pendafataran SM-3T dan S-1 KKT di UNESA masih diperpanjang hingga 14 November 2011. Pendaftaran di Unesa juga online. Silakan klik PMB Unesa (di bagian tautan web Unesa, tautan itu ada di kolom bagian tengah web Unesa). Tautan PMB Unesa itu nanti akan terintegrasi dengan subdomain web: akademik.unesa.ac.id Silakan dicoba.
    Terima kasih

  7. pak,..saya sudah buka di tautan PMB Unesa, tapi yang ada hanya pendaftaran online KKT..untuk yang pendaftaran SM-3T tidak ada pak. tolong bantuannya pak,susah banget cari link pendaftaran gelombang II di Unesa.makasih pak…

  8. pak bayu saya telah mendaftar S1 KKT UNESA secara online, saya mau tanya tahap selanjutnya setelah mendaftar online itu apa? berkas persyaratan seperti SKCK, surat bebas NAPZA dll itu dikumpulkan kapan?apakah pada saat daftar ulang setelah dinyatakan lulus?

  9. Untuk Putra Catur: Mohon maaf, pendaftaran gelombang II SM-3T dan S-1 KKT di Unesa telah ditutup pada 14 November lalu. Saat ini telah terdaftar 652 orang.

    Untuk Nurul: Mohon maaf, ya ternyata untuk pendaftaran di Unesa yang online hanya KKT, yang SM-3T tidak online. Mohon maaf atas info yang salah pada komentar sebelumnya, namun demikian info tentang prosedur pendaftaran SM-3T dan KKT di Unesa telah diberitakan di web Unesa.

    Untuk Lia: Berdasarkan info yang ada di web Unesa, seleksi/ pelengkapan administrasi program SM-3T dan S-1 KKT akan dilakukan pada saat tes tulis esok 18 November 2011. Selamat mempersiapkan diri. Semoga semuanya lancar ya. aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *