Purnatugas, Tiga Pakar Pendidikan Bahasa Dilepas

Jumat, 15 Agustus 2014 | 11:17 WIB


Tiga pakar ilmu bahasa dan pendidikan bahasa Universitas Negeri Semarang (Unnes) mengakhiri masa tugas sebagai pegawai negeri sipil (PNS). Ketiganya adalah Prof Dr Edi Astini (Jurusan Bahasa Asing), Prof Mursid Saleh MA PhD (Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris), dan Drs Suparyanto (Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia).

Ketiga dosen itu secara resmi dilepas oleh keluarga besar (Unnes) bersamaan dengan halal bihalal Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Senin (11/8).

Prof Edi Astini adalah pengajar mata kuliah fonologi pada program studi bahasa Perancis. Sebelum mengajar di IKIP Semarang pada 1972, dosen kelahiran Madiun 8 Mei 1944 pernah mengajar di SMA Institut Semarang.

Pendidikan S1 Prof. Astini tempuh di Universitas Indonesia pada bidang sastra. Adapun studi doktoral ia selesaikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada bidang Pendidikan Bahasa. Sebagai peneliti, ia banyak melakukan riset tentang kedwibahasaan.

Prof Mursid Saleh merupakan pengajar mata kuliah metodologi penelitian. Profesor kelahiran Sleman 9 Juni 1944 dikenal luas karena kegemarannya nembang macapat, termasuk membuat macapat berbahasa Inggris.

Ia menempuh pendidikan pada Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris IKIP Yogyakarta. STudinya kemudian dilanjutkan di Macquarie University, Sydney, Australia.

Prof Mursid memiliki perhatian besar pada perilaku guru bahasa Inggris yang berperan sebagai konduktor pembelajaran. Menurut beliau, “teacher beliefs” atau kepercayaan guru merupakan elemen penting dalam suksesnya proses belajar mengajar. Faktor pengalaman dan melalui percobaan-percobaan oleh guru berpengaruh langsung dalam pembentukan “belief” seorang guru.

Adapun Drs Suparyanto adalah pengajar mata kuliah Membaca Teknik. Dosen yang selalu mengenakan kaca mata ini dikenal mahasiswanya sebagai dosen bertutur lembut dan menyenangkan.

 


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 1.295 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

3 komentar pada “Purnatugas, Tiga Pakar Pendidikan Bahasa Dilepas

  1. Terima kasih kepada Prof Dr Edi Astini, Prof Mursid Saleh MA PhD, dan Drs Suparyanto atas ilmu dan pengabdiannnya. Semoga menjadi amal ibadah bapak/ibu. Salam konservasi

  2. selamat untuk Ibu Prof Edi Astini dan Prof Mursid, serta pak Drs Suparyanto, yang telah menyelesaikan tugas dan kewajiban dengan elok. dari beliau ber 3, kebetulan saya sering berkomunikasi dan berinteraksi dg Prof Astini dan Prof Mursid. beliau berdua adalah 2 di antara beberapa profesor elegan yang menjadi panutan saya. selamat menikmati masa purna Prof.

  3. Selamat dan terima kasih atas pengambdian beliau semoga menjadikan bermanfaat untuk semua umat,
    mohon konfirmasi kontak person bapak Prof.Mursid Saleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X