Public Speaking ala Annisa Widayati Sastrowilogo

Rabu, 18 November 2015 | 15:57 WIB


Public Speaking ala Annisa Widayati Sastrowilogo
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Menjadi pemimpin yang baik, tentu harus berani bicara di depan audience, termasuk saat berpidato, memimpin rapat, presentasi, dan juga saat mengajar.

Pakar public speaking Annisa Widayati Sastrowilogo menyampaikan itu saat menjadi pembicara pada Studium General, Rabu (18/11) di Gedung Serba Guna Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang yang diikuti 247 mahasiswa PJKR semester 1 dan 3.

Annisa juga menyampaikan, untuk melatih public speaking harus dilakukan terus menerus, tekun dan mencari kesempatan untuk berbicara di depan umum meskipun suaranya kurang menarik.

“Ada bebarapa metode saat berbiacara didepan umum, yaitu dengan teknik menggunakan naskah seperti pidato presiden, metode hafalan (memoriter), dan juga metode spontanitas (impromtu),” tambah perempuan yang pernah bekerja di Metro TV tersebut.

“Tak hanya itu kita juga harus menghindari kecemasan, seperti melakukan persiapan dan latihan, menguasai materi dan harus menganggap demam panggung adalah hal biasa jika perlu menyanyilah sebelum acara dimulai” ungkapnya sambil tertawa.

Sebelumnya dalam kegiatan yang sama, Caly Setiawan PhD juga menjadi narasumber yang memberikan materi Komparasi Praksis Penjas antara Indonesia dan United States.

Ketua panitia Andry Akhiruyanto MPd mengatakan “kegiatan ini digelar setiap setahun sekali karena didalam mata kuliah PJKR ada mata kuliah Sport Jurnalism, sport Entertainer, dan Sport Entrepreneship yang akan menuntut guru untuk berbiacara di depan umum,” katanya.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 1.106 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X