PSA FH Unnes Adakan Seminar ASEAN dan Pameran Foto

Selasa, 23 Agustus 2016 | 23:33 WIB


PSA FH Unnes Adakan Seminar ASEAN dan Pameran Foto
HUMAS/ LINTANG HAKIM

Pusat Studi ASEAN (PSA) Fakultas Hukum (FH) Universitas Negeri Semarang (UNNES) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia mengadakan kegiatan Seminar dan Pameran Foto, Selasa (23/8). Kegiatan yang merupakan program dari Kemenlu dalam ASEAN University Week dalam rangka HUT ASEAN ke-49 tersebut mengusung tema ‘ASEAN 2015 and Beyond’.

Sekretaris Jenderal Kerjasama ASEAN Kemenlu RI, Ashariyadi menegaskan bahwa cita-cita masyarakat ASEAN sebagai global citizen harusnya merupakan cita-cita masyarakat Indonesia juga.

Ashariyadi menambahkan, salah satu tantangan bagi masyarakat Indonesia adalah merespons secara cepat dan siap segala isu-isu yang berkembang di ASEAN, termasuk dalam hal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Selain itu hadir sebagai narasumber, Marcella Elwina Simandjuntak Pakar Hukum Pidana Internasional Unika Soegijapranata Semarang (UNIKA), dan Saru Arifin Peneliti dari Pusat Studi ASEAN FH UNNES. Peran Indonesia dalam penyelesaian sengketa di ASEAN serta penyelesaian persoalan kehatan lintas negara yang melibatkan negara-negara anggota ASEAN menjadi fokus pembicaraan dalam diskusi kedua pemateri tersebut.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor Unnes Bidang Kerjasama, Prof Dr Sukestiyarno, tersebut merupakan kegiatan roadshow Kemenlu dalam rangka memperihati HUT ASEAN ke-49. Dalam sambutannya, Prof Sukestiyarno menekankan pentingnya peran Indonesia dalam memberikan kontribusi yang nyata bagi pembagunan masyarakat ASEAN.

Dr Martitah, Wakil Dekan Bidang Akademik FH UNNES juga mengatakan hal yang senada dalam sambutannya. Martitah menegaskan komitmen FH melalui Pusat Studi ASEAN dalam membangun ASEAN lebih baik dan ikut secara aktif memberikan solusi bagi permasalahan di ASEAN.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 645 kali
EDITOR : Lintang Hakim

satu komentar pada “PSA FH Unnes Adakan Seminar ASEAN dan Pameran Foto

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *