Protokoler Unnes Harus Selalu Mempresentasikan Citra Positif Lembaga

Rabu, 27 April 2016 | 12:55 WIB


Protokoler Unnes Harus Selalu Mempresentasikan Citra Positif Lembaga
Humas / Setyo Yuwono

Selain memiliki peran penting dalam merepresentasikan citra positif Universitas Negeri Semarang (Unnes)  kepada tamu yang berkunjung, seorang protokoler juga mempunyai peranan yang dominan dalam menentukan keberhasilan suatu acara.

Kepala UPT Pusat Humas Unnes Hendi Pratama MA mengatakan hal itu saat membuka acara pelatihan humas dan protokoler , di Gedung H Kampus Unnes Sekaran, Rabu (27/4).

Hal itu, kata dia, dapat diawali dengan membentuk kesan yang baik kepada para tamu yang berkunjung.  “Dari sinilah, mereka akan memberikan penilaian terhadap institusi seperti Universitas konservasi  ini,” kata Hendi di hadapan 60 peserta dari unit kerja  di lingkungan Unnes.

Senada dengan Hendi, Kepala sub Bagian Protoko Universitas Gajah Mada Haryanto MM mengatakan sebuah institusi pada umumnya memiliki serangkaian aturan atau tata cara yang menjadi rujukan ketika mengadakan acara resmi dan menyambut tamu yang berkunjung ke institusi tersebut.

“Aturan itu meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan untuk menghormati tamu sesuai dengan jabatan dan kedudukan yang disandangnya,” Tutur pria yang akrab disapa Jack Haryanto itu.

Jack menambahkan, hal yang perlu diperhatikan dalam protokol adalah persiapan dan koordinasi dengan pihak-pihak yang akan menyelenggarakan  kegiatan, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana.

“Fungsi keprotokolan dinilai vital untuk merepresentasikan citra yang dimiliki oleh institusi kepada dunia luar. Dengan memiliki fungsi protokol yang baik, sebuah institusi dapat memperoleh kesan positif yang semakin memperkuat citranya,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 1.076 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

3 komentar pada “Protokoler Unnes Harus Selalu Mempresentasikan Citra Positif Lembaga

  1. Citra positif memang sangat penting bagi suatu institusi karena merupakan value yang membuat suatu istitusi tidak dipandang sebelah mata. Jadi berikan lah kesan yang baik. Pandangan pertama atau kesan pertama merupakan hal yang paling menentukan ke hal hal berikutnya

  2. Peran protokoler memang sangat penting. Bila dijalankan dengan baik, akan memberikan kesan yang baik pula. Citra pemimpin, organisasi atau lembaga yang bersangkutan akan tetap baik di mata yang lain. Sehingga diperlukan kesiapan para petugas protokol.
    Melihat pentingnya kegiatan protokoler suatu lembaga, maka adanya pelatihan humas dan protokoler ini akan sangat membantu para unit kerja dalam memahami bagaimana menjadi protokoler yang baik sehingga acara bisa berjalan dengan sukses.

  3. Betul sekali. Karena dalam menyiapkan acara, diperlukan konsep yang matang dan kerja sama yang baik dari semua pihak, agar kesan pertama yang didapatkan oleh orang yang mengikuti acara tersebut menjadi baik dan tidak pernah terlupakan. Sukses terus untuk Unnes.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X