Prodi Nonkependidikan Kian Diminati

Sabtu, 2 Juni 2012 | 9:41 WIB


Sejumlah program studi nonkependidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes) makin diminati oleh lulusan SMA/SMK. Itu tampak dari tingginya animo memasuki program studi yang lazim disebut ilmu murni itu pada tabulasi pendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tulis-Keterampilan.

“Hingga Sabtu (2/6) pagi, sejumlah prodi nonkependidikan diminati pendaftar. Di antara program studi itu adalah Kesehatan Masyarakat, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum, dan Psikologi,” ungkap Pembantu Rekor Bidang Akademik Unnes Agus Wahyudin kepada unnes.ac.id, Sabtu (2/6).

Sebagai gambaran, pendaftar ke Kesehatan Masyarakat 1.310 orang dari daya tampung pada SNMPTN Ujian Tulis 39 orang, Manajemen 1.291 (29), Akuntansi 1.235 (29), Ilmu Hukum 617 (56), dan Psikologi 600 (26).

Program studi lainnya, yakni Ekonomi Pembangunan, Tekik Arsitektur,  Ilmu Keolahragaan, Matematika, Biologi, dan Sastra Inggris dengan pendaftar lebih dari 200 orang. Adapun prodi dengan pendaftar kurang dari 200 pendaftar adalah Geografi, Sastra Indonesia, Kimia, Fisika, Seni Rupa, Ilmu Sejarah, Sastra Jawa, dan Sastra Perancis.

“Besarnya minat pada program studi nonkependidikan menunjukkan makin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Unnes, bukan hanya sebagai lembaga pendidikan tenaga  kependidikan, melainkan juga sebagai lembaga yang melahirkan sarjana ‘ilm murni,” kata PR I.

Sejalan dengan itu, lanjut Agus Wahyudin, pada umumnya program studi nonkependidikan telah menunjukkan performa sangat bagus. “Tak sedikit yang telah memperoleh akreditasi A,” imbuhnya.

Pendaftaran SNMPTN Ujian Tulis-Keterampilan akan ditutup Sabtu (2/6) pukul 23.59 WIB. Ujian Tulis akan digelar 12 dan 13 Juni 2012, sedangkan ujian keterampilan 14 dan 15 Juni 2012. Adapun pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan jalur mandiri meski biaya kuliahnya sama dengan jalur seleksi nasional, dibuka mulai 7 Juli 2012 atau pada hari yang sama dengan pengumuman hasil SNMPTN Ujian Tulis.

 


DIUNGGAH : Sucipto Hadi Purnomo Dibaca : 5.019 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

8 komentar pada “Prodi Nonkependidikan Kian Diminati

  1. Saya sebagai salah satu alumnus Program Studi S1 Kimia FMIPA UNNES yang berkiprah sebagai praktisi industri berharap agar kampus kebanggaan UNNES mampu bersaing dengan PTN ternama lainnya.

    UNNES harus mengikuti perkembangan zaman. kembangkan program-program studi nonkependidikan yang marketable, yang tidak jenuh (lulusannya telah overload), dengan seleksi masuk yang berkualitas dan ketat (proporsional) agar outputnya pun berkualitas.

    Buktikan bahwa UNNES sebagai kampus favorit bukan kampus pilihan yang ke sekian. Untuk kemajuan Program Studi Ilmu Murni, hendaknya Dosen-dosen yang bergelar Sarjana Pendidikan dikonsentrasikan pada Program studi Kependidikan. demikian sebaliknya, untuk Program Studi Murni harus diajar oleh Dosen dari disiplin ilmu murni. Kenyataan di lapangan banyak sarjana ilmu murni output UNNES yang mlempem, karena belum mampu bersaing dengan alumni dari PTN ternama lainnya karena faktor pola didikan yang kurang pas. Sarjana Ilmu Murni diajar oleh dosen kependidikan yang notabenenya pencetak guru. cara mendidik calon sarjana ilmu murni harus dibedakan dengan cara mendidik calon guru.

    Hal ini sangat perlu disikapi. banyak Sarjana ilmu Murni UNNES yang tidak percaya diri menjadi scientist, kurang berkiprah di dunia industri, wawasan keilmuannya minim, sehingga stakeholder meragukan kualitas mereka, sebagai pelarian mereka banting stir sebagai guru. sangat disayangkan kondisi ini. Hal ini karena nuansa perkuliahan di program studi Ilmu Murni masih kental dengan pola dan cara mendidik calon guru. mata kuliah nya pun banyak yang kurang up to date. jumlah SKS yang tidak makes sense.

    UNNES harus berbeda, UNNES bukan IKIP, UNNES adalah Universitas. Program Studi Ilmu Murni saatnya dikembangkan dengan lebih baik.

    Apa gunanya peminat membanjir namun outputnya sulit diserap oleh dunia kerja atau tidak memiliki bekal berwirausaha? batasi jalur-jalur ujian mandiri, berilah ruang seluas-luasnya untuk Seleksi Nasional Tertulis dengan passing grade yang pantas dan kompetitif.

    Saya yakin, UNNES akan menjadi PTN ternama bila seluruh civitas akademika dan alumninya mau ikut berperan dalam membangun kualitas, citra dan nama besar kampus tercinta ini.

  2. Ass…
    nama saya Gusti dari Bengkulu saya sangat tertarik pada pendidikan jepang
    akreditas nya apa ?
    apakah pendidikan jepang jurusan yang diminati di UNNES?
    Berapa kuota penerimaan nya tahun 2012/2013?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X