PPs Unnes Tambah 9 Prodi Baru

Selasa, 6 Agustus 2013 | 12:20 WIB


PPs Unnes Tambah 9 Prodi Baru
humas/dok

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menambah sembilan program studi baru. Adapun prodi baru tersebut pada jenjang magister (S-2) dan doktor (S-3).

Untuk prodi baru di jenjang S-3 meliputi, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Pendidikan Matematika, Bimbingan Konseling, dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Sedangkan prodi baru di jenjang S-2 diantaranya, Pendidikan Fisika, Pendidikan Luar Sekolah, Ilmu Hukum, Magister Manajemen, dan Ilmu Ekonomi.

Direktur PPs Unnes, Prof Samsudi mengatakan, ke sembilan prodi tersebut sudah pihaknya ajukan ke Ditjen Dikti dan telah di visitasi juga pada akhir Juli 2013 lalu.

“Saat ini kami tinggal menunggu rekomendasi dan pengesahan operasional prodi-prodi tersebut pada awal September 2013 ini dan awal tahun 2014 mendatang,” ungkapnya saat dihubungi, Senin (5/8).

Adapun alasan PPs Unnes untuk membuka prodi-prodi tersebut diantaranya, karena untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Sebab, ilmu tidak dapat berhenti pada jenjang S-1 atau S-2.

“Maka itu PPs Unnes tidak hanya hendak untuk memperkaya khasanah keilmuan, tapi juga untuk memfasilitasi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi,” tutur Guru Besar Unnes itu.

Selain itu, kata Samsudi, alasan lain pembukaan prodi tersebut adalah sebagai tuntutan permintaan SDM dari luar yang mengharapkan adanya pengembangan keilmuan.

Dengan penambahan prodi-prodi baru tersebut jenjang magister di PPs Unnes akan bertambah menjadi 19 prodi dari yang sebelumnya 14 prodi. Sedangkan untuk jenjang S-3 yang semula lima prodi akan menjadi sembilan prodi, sehingga total PPs Unnes akan memiliki 28 prodi.

“Prodi-prodi baru tersebut tidak hanya prodi pendidikan tapi juga ada prodi non kependidikan, dan diharapkan izinnya akan segera turun,” tandasnya.

Sumber: Suaramerdeka.com


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro Dibaca : 3.142 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

5 komentar pada “PPs Unnes Tambah 9 Prodi Baru

  1. Assalamu’alaikum wr. wb

    Salam hormat Bapak/Ibu Admin
    Terkait banyaknya pertanyaan guru peserta PLPG 2013 di LPTK UNNES tentang waktu pelaksanaan PLPG, setelah dicek laman portofolio.unnes.ac.id [rekomend Disdik Kota Semarang] ternyata portal tidak bisa dikunjungi.

    Mohon penjelasan dan infonya terkait hal tersebut, demi kepentingan para peserta.
    Suwun

    Wassalamu’alaikum wr. wb

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *