Sarjana Mendidik di Pelosok Dapat Honor Rp2 Juta per Bulan

Peserta Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T) akan memperoleh insentif dan biaya hidup setiap bulan Rp2 juta selama setahun. Mereka juga memperoleh biaya transpor keberangkatan dari lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) penyelenggara ke daerah sasaran dan kepulangan dari daerah saran ke LPTK penyelenggara (at cost).

Ketua Penyelenggara Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia dari Unnes Dr Hartono mengemukakan hal itu di sela-sela sosialisasi program tersebut, Selasa (18/10) malam, di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

“Lebih dari itu, setelah mengabdi mereka akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG),” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Unnes akan merekrut 300 sarjana pendidikan untuk mengabdi di berbagai pelosok Nusantara. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kuota secara nasional 3.500 sarjana.

Meski demikian, para peserta juga memiliki sejumlah kewajiban sebelum pelaksanaan, selama program berlangsung, hingga setelah pelaksanaan program. “Jika tidak memenuhi kewajiban, mereka akan diberi sanksi, mulai dari peringatan lisan hingga penghentian penugasan sebelum waktunya berakhir,” katanya.

Dikemukakan pula, persyaratan utama peserta adalah lulusan S1 kependidikan empat tahun terakhir (2008, 2009, 2010, 2011) dari program studi yang terakreditasi dan memiliki bidang keahlian sesuai dengan mata pelajaran yang dibutuhkan. Selain itu, ber-IPK minimal 2,75, berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter, bebas narkotik yang dibuktikan oleh pejabat berwenang, dan berkelakuan baik dengan surat keterangan polisi.

“Pendaftar juga harus belum menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti program ini, memiliki motivasi dan semangat pebdian tinggi, mampu beradaptasi, dan diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan/UKM,” katanya.

Selain di Unnes, calon peserta bisa mendaftarkan diri di Unimed, UNP, UNJ, UPI, UNY, Unesa, UM, Undiksa, UNM, Unima, dan UNG. “Pendaftar ke Unnes bisa lulusan dari perguruan tinggi mana pun, asalkan memenuhi ketentuan tersebut,” tandasnya.

Pendaftaran dibuka 20-29 Oktober 2011. “Lebih lengkap tentang teknis pendaftaran segera dapat diakses di laman ksg.dikti.go.id/majubersama atau lewat laman perguruan tinggi penyelenggara paling lambat saat pendaftaran mulai dibuka,” katanya menjawab sejumlah pertanyaan pembaca web ini.

133 Responses to “Sarjana Mendidik di Pelosok Dapat Honor Rp2 Juta per Bulan”

  1. fera mengatakan:

    kapan di buka pendaftara online……………………..

  2. buwax mengatakan:

    gaji 2 juta apakah bersih pak..

  3. dodo mengatakan:

    mohon pertimbanganya pada syarat belum menikah, karna bagi teman teman yang sudah menikah juga berhak mendapat pekerjaan da kesempatan mengabdi dan mencerdaskan bangsa

  4. Nana mengatakan:

    Pak apabila saya k uny,apakah cr daftar,tgl pndaftaran sama dgn di unnes.

  5. Nana mengatakan:

    Pak pndaftrn onlineny dibuka kpn? N saat msuk k alamat unnes.ac.id knp sulit bgt?apakah sama mendaftar lewat online dgn lgsg?

  6. aik irma mengatakan:

    saya bukan sarjana pendidikan tapi saya sudah mengabdi di dunia pendidikan selama 3 tahun dan bidang saya adalah sains,apakah bisa ikut daftar?

  7. JAWARA mengatakan:

    PEMERINTAH HANYA PANDAI MEMBUAT RENCANA DAN PROGRAM !!! SUKA LATAH/ IKUT2AN ..!! ITU KARENA SEKARANG LAGI IRI DENGAN KEMAJUAN PENDIDIKAN MALAYSIA!!! HANGAT2 TAHI AYAM !!! KASIHAN JIKA TAHINYA SUDAH DINGIN, NASIB PEMUDA GURU (SM3T) BAKALAN TERLANTAR!!! MANIS RENCANANYA, PAHIT DAMPAKNYA…. DUIT 2… SEMUA ORANG BUTUH DUIT… JADI PNS DARI DULU PERLU DUIT…!!! MAKANYA NEGARA JADI SARANG DEMIT>>!!!

  8. JAWARA mengatakan:

    kpd sdr. sucipto hadi purnomo, SING WIYATA 5 – 10 TAHUN ISIH AKEH..!!! KOK ORA DI URUSI!!! OPO DO KEPENGIN GOLEK RAI…!!!???

  9. Archuna mengatakan:

    mending jangan ikut kawan karena programnya penuh dengan janji2 yg tidak jelas……..awas menyesal dikemudian hari…..

  10. iwan setiawan mengatakan:

    jangan jangan
    jangan
    jangan
    ini PENIPUAN… soalnya saya sudah mengakses situs resmi UNIMED medan, tapi informasi ini tidak ada, sepertinya UNNES yg paling mantap memberikan informasi ini.
    coba kawan_kawan akses dulu ke LPTK universitas lain.
    semoga aja bukan PENIPUAN.
    yg paling aneh saat kita klik tautan halaman UNIVERSITAS lain lewat situs ini malah kagak bisa.
    wowww moga2 bukan penipuan.

  11. iwan setiawan mengatakan:

    di unnes sudah bisa kita daftar online internet, tapi LPTK lain/ universitas lain kok tidak ada info tentang hal ini.
    jangan jangan !!! jangan jangan !!!! ini PENIPUAN. harusnya jika ini program ini bersifat resmi dan nasional maka sangat mudah buat CEKGU CEKGU ni kemudahan mengakses ini informasi dari LPTK LPTK yang lain. mohon penjelasan situs resmi hal berita ini di universitas ini jika ini adalah kerjasama sesama LPTK LPTK indonesia.

  12. iwan setiawan mengatakan:

    PENIPUANNNNN. DI LPTK LAIN SANGAT SULIT MENDAPATKAN INFORMASI SEDETIL INI. CUMA UNNES AJA YG DETAIL. JANGAN JANGAN INI ADA UDANG DIBALIK BATU, COBA KAWAN KAWAN BUKAK SITUS UNIVERSITAS LAIN/ LPTK LAIN YANG ADA INFORMASI SEDETIL DISINI. PASTI JAWABAN TIDAK ADA.
    PENIPUANNNNNNNNN

  13. dwi ari swandi mengatakan:

    kalau seandainya diterima, untuk pendidikan Matematika mengajar di SD/SMP/SMA,?? terus ada biaya yang harus dikeluarkan tidak,?
    terima kasih,

  14. nur mengatakan:

    apakah gaji 2 jta/blan untk hdup di luar jawa itu cukup???? apakah biaya asrama+makan+dll sudah ditnggung phak pnyelenggara???

  15. almi mengatakan:

    masa krj brp thn di sana?trims

  16. Archuna mengatakan:

    JANGAN MAU JADI KELINCI PERCOBAANNYA DIKTI KAWAN
    MENDING YANG SUDAH WIYATA JANGAN IKUT PROGRAM INI
    CARI KERJAAN SSAMPINGAN YANG LAIN…
    HIDUP DI JAWA ADALAH YANG PALING NYAMAN….
    WASPADALAH
    WASPADALAH
    JEBAKAN BETMEN….

  17. sulpan mengatakan:

    link pendftarannya di perjelas dong bila perlu kalolangsung di buka langsug muncul link pendaftarannya

  18. mathias m.ola mengatakan:

    kami pernah kirim nama 50 orang dari Nusa Tenggara Timur lewat pengelola PPG Universitas Manado atas permintaan mereka tapi sampai dengan saat ini tidak ada berita lebih lanjut mohon info balik.

  19. zulhaeri ishak mengatakan:

    Asslmlkm. Salam pendidikan. Bagaimana nasib atau kelanjutan dari peserta sm3t yang sudah mengabdi di daerah terpencil? apakah mereka akan diangkat menjadi cpns jika sudah mengabdi? trima ksih………..

  20. PRASETYO mengatakan:

    saya bersedia,,,demi mencerdaskan saudara-saudara se TANAH AIR saya akan bulatkan tekat untuk mengabdi pada negeri kita tercinta INDONESIA ………

  21. nonny mengatakan:

    Met siang pak. Sy mau bertanya pak, bagaimana kelangsungan nasib kami setelah program 3T dan PPG selesai? karena sekolah asal kami atau tempat kerja kami yang pertama pasti sudah merekrut tenaga kerja yang baru segera sesudah kami ikut program 3T. terima kasih

  22. Yanti mengatakan:

    Stlah sya mgabdi d daerah 3T trnyata bgt bnyk tntagan/pndritaan yg sya hdpu dsn sla 1.x sya prna dpukulu oleh wrga dsn cma krn irihati ats kcntkan,,, muda2hn dgn pgabdian sya ad masa dpan yg cerah jg yg dbrkan dri DIKTI

  23. sugik mengatakan:

    ternyata tdk ada kontrak dengan pihakkementrian bahwa peserta SM3T yg telah lulus PPG akan di PNS kan cuman sebagai langkah persuasif agar kiranya pemda memperioritaskan pengangkatan peserta SM3T, tpi yakin sja peluang i2 akan lebih besar untuk kawan2 peserta sm3T, SalamIndonesia maju bersama
    by: peserta sm3t 2012.

  24. cilmut mengatakan:

    wah, kesempatan seperti ini ko di bilang penipuan. kerjasama dengan dikti, diprioritaskan untuk pns. apalagi yang kurang? kenapa selalu memilih zona aman dan nyaman ketika zona tidak nyaman lebih berpeluang untuk menyukseskan kita. sarjana ko tak mau susah..
    semangat kakak2 sm3t..pahala dari Tuhan YME selalu mengiringi langkah mu. aamiin

  25. yunita mengatakan:

    kenapa sarjana pendidikan yang sudah menikah dilarang ikut SM-3T, padahal hal tersebut tidak akan menghalangi semangat seorang guru untuk mengabdi, saya rasa surat pernyataan diperbolehkan dari keluarga terdekat sudah menjadi hal yang seharusnya dibutuhkan. Saya rasa pihak yang berwenang dalam hal ini bisa memikirkan kembali tentang persyaratan yang satu ini!

  26. IRA SITEPU mengatakan:

    APAKAH D.BUKA UNTUK TAHUN 2013

  27. Arie Dwiyana mengatakan:

    Mohon informasi untuk angktan tahun 2013 apkah masih dibuka lagi untuk kesempatan ini?
    Untuk Fers Graduated ap diperbolehkan?
    Trmkci

  28. JUMRAWATI mengatakan:

    ASSLM,,,mohon informasinya untk angkatan 2013,,dan gimana cara untuk mendaftarkan diri,,,,,,

  29. iwan saputra mengatakan:

    bagaimana cara daftarkan diri,,,, saya sangat tertarik dengan program ini
    cinta mengajar untuk indonesiaku

  30. Miss Daisy mengatakan:

    Dear All…
    pendaftaran ONLINE untuk program SM3T Sudah mao berakhir per 15 July 2013, silahkan akses ke Situs DIKTI…

    doakan buat yang berminat bisa lolos…

    Semoga kita bisa mengabdi untuk kemajuan pendidikan di indonesia.

  31. agyil syahril mengatakan:

    apakah setelah mengikuti sm3t dan ppg, peserta yg ikut akan mengganggur kembali, seperti sebelum mendaftar kegiatan tersebut diatas?
    trus bagaiman nasib yg dimiliki oleh guru honor yg mengikuti kegiatan ini, apkah dia tdak akan menjadi guru honor lagi di tempatnya setelah selesai dari semu kegiatan tersebut di atas? terima kasih

  32. Lisiantoro mengatakan:

    mohon infonya saya ingin daftar untuk pengiriman guru di daerah terpencil untuk tahun 2015 bagaimana masih ada apa tidak,trimakasih.

Tinggalkan Balasan