MAJU BERSAMA

Sarjana Mendidik di Pelosok Dapat Honor Rp2 Juta per Bulan

Rabu, 19 Oktober 2011 | 15:59

Berita Terkait

Peserta Program Sarjana Mendidik di Daerah 3T (SM-3T) akan memperoleh insentif dan biaya hidup setiap bulan Rp2 juta selama setahun. Mereka juga memperoleh biaya transpor keberangkatan dari lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) penyelenggara ke daerah sasaran dan kepulangan dari daerah saran ke LPTK penyelenggara (at cost).

Ketua Penyelenggara Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia dari Unnes Dr Hartono mengemukakan hal itu di sela-sela sosialisasi program tersebut, Selasa (18/10) malam, di Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

“Lebih dari itu, setelah mengabdi mereka akan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti program Pendidikan Profesi Guru (PPG),” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Unnes akan merekrut 300 sarjana pendidikan untuk mengabdi di berbagai pelosok Nusantara. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan kuota secara nasional 3.500 sarjana.

Meski demikian, para peserta juga memiliki sejumlah kewajiban sebelum pelaksanaan, selama program berlangsung, hingga setelah pelaksanaan program. “Jika tidak memenuhi kewajiban, mereka akan diberi sanksi, mulai dari peringatan lisan hingga penghentian penugasan sebelum waktunya berakhir,” katanya.

Dikemukakan pula, persyaratan utama peserta adalah lulusan S1 kependidikan empat tahun terakhir (2008, 2009, 2010, 2011) dari program studi yang terakreditasi dan memiliki bidang keahlian sesuai dengan mata pelajaran yang dibutuhkan. Selain itu, ber-IPK minimal 2,75, berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter, bebas narkotik yang dibuktikan oleh pejabat berwenang, dan berkelakuan baik dengan surat keterangan polisi.

“Pendaftar juga harus belum menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti program ini, memiliki motivasi dan semangat pebdian tinggi, mampu beradaptasi, dan diutamakan yang memiliki pengalaman organisasi kemahasiswaan/UKM,” katanya.

Selain di Unnes, calon peserta bisa mendaftarkan diri di Unimed, UNP, UNJ, UPI, UNY, Unesa, UM, Undiksa, UNM, Unima, dan UNG. “Pendaftar ke Unnes bisa lulusan dari perguruan tinggi mana pun, asalkan memenuhi ketentuan tersebut,” tandasnya.

Pendaftaran dibuka 20-29 Oktober 2011. “Lebih lengkap tentang teknis pendaftaran segera dapat diakses di laman ksg.dikti.go.id/majubersama atau lewat laman perguruan tinggi penyelenggara paling lambat saat pendaftaran mulai dibuka,” katanya menjawab sejumlah pertanyaan pembaca web ini.

Diunggah oleh :
Editor: Sucipto Hadi Purnomo

132 Komentar untuk “Sarjana Mendidik di Pelosok Dapat Honor Rp2 Juta per Bulan”

  1. agus tulus

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 04:54

    pendaftaranya online atau memakai surat lamaran seperti halnya melamar pekerjaan???
    Terimakasih.

  2. maharani

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 06:07

    Pendaftarannya bagaimana? Kpn?saya berminat tlong diperjelas infonya?

  3. bowo

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 06:57

    Untuk NKRI, Nasionalisme Bangsa, ini sebuah terobosan yg sangat bagus…
    Semoga Indonesia bisa bangkit dan menjadi lebih baik….

    program ini dilaksanakan berapa tahun? 1th/ 2th/ 3th/ 4th/ 5th…
    adakah tindak lanjut program lanjutan???????

  4. Three_soesanto

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 07:34

    pak yang diutamakan kok yang ikut organisasi………..loe menurut saya yang diutamakan yang berdedikasi tinggi pak wlo g aktif waktu jadi mahasiswa..semoga saya bisa masuk program ini.amin…………..

  5. david rahman

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 08:48

    sangat disayangkan saya tidak dapat ikut program ini, dikarenakan terhalang persyaratan belum menikah. semoga ke depan menjadi pertimbangan lagi mengenai syarat tersebut. terimakasih.

  6. Mai Yusro

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 09:17

    Setelah satu tahun mengabdi, bagaimana kelanjutan kerjanya Pak?
    Terima kasih.

  7. hijrah eko putro

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 09:20

    ass………….
    syarat syarat untuk administrasi /berkas untuk mengikuti progam ini ap aj ya

  8. elvira

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 09:45

    Trima kasih atas infonya^
    Syarat&ketentuannya lum jelas nie, gmn akses ld lnjutnya koq gak bisa liat pengumudetailnya yah (khusus ttg program ini),makasih^

  9. R FURQON HIDAYAT

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 10:35

    bagaimana pendaftarannya?, ini sesuai dengan prinsip saya, membagi ilmu ke pelosok nusantara.

  10. dhian

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 10:37

    pak saya mahasiswa dari UNY, saya baru akan di wisuda bulan desember apakah saya masih bisa ikut mendaftar? trimakasih

  11. Tika

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 10:43

    Kelanjutan setelah mengikuti PPG bagaimana Pak?

  12. dwi

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 11:06

    mohon link untuk syarat pendaftarannya..
    karena link yang dicantumkan sekarang tidak bisa dibuka
    terima kasih.

  13. harno

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 11:35

    aslm. pak peluang dr mahasiswa bukan lulusan unnes gimana???

  14. anita

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 11:36

    bila ada salah satu kriteriayang kurang memenuhi,misalkan angkatannya lebih dari 4 tahun tapi bersedia ditempatkan dimana saja bagaimana?

  15. munir

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:04

    wah mantap….ada yang ke papua lagi
    mau saya pak….bagaimana caranya

  16. eka

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:07

    pak. bagaimana status nya apabila sudah mengabdi dari luar Jawa pak?apakah PNS tau bagaimana? terimakasih

  17. Muhammad Gunarso

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:08

    setelah selesai & lulus dari PPG ,statusnya bagaimana pak?
    apakah menjadi guru honorer, guru bantu , PNS ato apa?
    kemudian kejelasan kerja selanjutnya bagaimana?
    akan di tempatkan di sekolah2 pelosok kembali ato bagaimana?
    Mohon info & kejelasan yang selengkap-lengkapnya
    Terima kasih

  18. Adisti Candra

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 12:10

    Pak…apakah p’syaratan yg ikut oragnisasi harus dbuktikan dgn daftar riwayat hidup atau CV??????ato bagaimana tlng djelaskan scara detail….terimakasih

  19. denny

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 13:06

    pak, kalo lulusan non pendidikan tapi punya pengalaman mengajar gimana? Apa bisa mendaftar ato tidak. Makasih

  20. ahmad salafuddin

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 13:55

    kenapa yang di utamakan hanya yang pernah di UKM/ berorganisasi, kenapa yang tidak sudah pernah mengajar/ wiyata bakti saja pak. terima kasih.

  21. saptono putro

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 14:07

    jangan kalah dengan dokter-dokter yang mau melayani kesehatan masyarakat sampai kepelosok, para guru punya kewajiban untuk mencerdaskan bangsa Indonesia sampai ke pelosok bahlan pulau-pulau terlura supaya tidak di aku negara tetangga

  22. Yeni

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 17:04

    Untuk persaratan dserahkan langsung ke tempat pendftrn (UNNES)/ dikirim lwt OL,,
    gmn caranya. mksh… mohon penjelasannya

  23. NIndya

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 17:38

    Pak, jurusan apa saja yang boleh mendaftar? Di laman ksg.dikti.go.id tidak dijelaskan jurusan apa saja yang dibutuhkan. Terimakasih..

  24. Khorifah

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 19:14

    Pak, apakah harus dari jurusan kependidikan?

  25. Sain

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 20:02

    Saya SIAP…Persyaratan Sudah Siap…. :-),,,, semangat 3x

  26. pa'uds

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 20:18

    untuk lulusan D2 PGSD g bs ngikut ya..

  27. Gatot sukarno Putra

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 20:59

    AS WR.WB.Bagaimana dengan pengabdian yamg lama Bapak Sucipto apakah bisa diteruskan setelah menyelesaikan kontrak selama 1 tahun. Semoga syaratnya mempermudah orang yang mau mengabdi pada negara dan bangsa sesuai dengan kemampuan dan kemauan yang dimiliki.Saya Tungguh jawabannya terimakasih.

  28. bambang ispono

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 21:45

    jangan mengutamkan yang mantan orang organisasi, kebnyakan sana-sini gak tau maksutnya dan aturan, yang penting kemauan,kemampuan, dan kelakuan. tolong infonya yang lebih jelas.
    jangan pandang dari lulusan mana tapi pandang bisa gak dia menjadi guru yang dapat memintarkan anak. trims sebelumnya.

  29. Rany

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 22:31

    Mohon diperjelas lagi, jurusan apa saja yg dibutuhkan? Biasanya yg byk dbutuhkan/ditmpatkan di pelosok guru SD!
    Lalu p’syaratan dkirim via apa?

  30. rekno

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 22:39

    caranya daftar gmn Pak? mohon penjelasan secara lengkap.
    maturnuwun…

  31. mahfudi-salatiga

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 22:42

    saya minat banget pak bisa berbagi ilmu,tp persyaratan blm menikah mnjadi penghalangnya.ap gk ad toleransi pak,mksh.

  32. uchie

    Rabu, 19 Oktober 2011 | 23:47

    semangat mencerdaskan anak2 yang tertinggal karena keadaan lingkungannya,,,

  33. Sucipto Hadi Purnomo

    Sucipto Hadi Purnomo

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 00:12

    Saudara Gatot dan pembaca lainnya, program ini memang berujung pada tiket Pendidikan Profesi Guru (PPG) sekaligus beasiswanya. Adapun lulusan PPG merupakan (calon) guru profesional. Perlu diketahui bahwa pada masa mendatang, mereka yang lulus PPG-lah yang akan mendapatkan prioritas dalam perekrutan guru PNS. Di samping itu, penyelenggara program ini hanya sebatas melakukan tindakan persuasif agar pemerintah kabupaten setempat mengangkat mereka yang menunjukkan kinerja baik saat setahun mengabdi menjadi guru PNS. Semoga keterangan ini bisa menjelaskan sejumlah pertanyaan teman-teman. Salam.

  34. Gatot Sukarno Putra

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 01:16

    As wr wb.Terimaksih Bapak Sucipto atas Jawabannya.Sekarang Saya mau daftar tapi webnya belum bisa untuk mendaftar.Sudah saya klik di tautan Tempat Pendaftaran di Salah satu tempat tapi belum Bisa untuk detik ini.

  35. datik

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 04:00

    pak, mhn formasi yang dbthkan dari jurusan apa saja?

  36. rekno

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 06:17

    sampai sekarang xo belum ada tata cara daftar online…….?
    kemudian syarat2 yang diajukan tu setelah kita lolos seleksi atau ktika kita akan mendaftar ? mohon lebih diperjelas lagi……
    nuwun.

  37. tina

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 07:11

    pak sucipto, mohon sistem pendaftarannya lebih diperjelas… OL/ langsung k univ, jurusan apa yg dibutuhkan… apakah tidak ada toleransi buat yg udh nikah, yg gak aktif organisasi… tapi punya semangat tinggi untuk mencerdaskan bangsa? mohon ini dipertimbangkan…

  38. Fiengky

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 07:29

    Lulusan S2 boleh ikut mengabdi tidak?

  39. ruby

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 07:54

    dimana halaman pendaftaran onlinenya?

  40. linda

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 08:26

    trma kash atas info ny, tp tautan utk t4 pndaftaran tdk bisa d buka…..

  41. sulis

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 08:29

    setelah PPG, apakh d kirim kembali k daerah pengabdian? terima kasih…..

  42. Ayudhia

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 08:32

    Ass. wr.wb
    bapak, mata pelajaran yang dibutuhkan apa saja? dan mengenai untuk pendaftaran hari ini tautannya belum bisa dibukan. terima kasih.

  43. kokom

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 08:34

    pak, mohon maaf… kq tautan t4 pndaftaran tdk bisa d buka ya??????? terima kasih….

  44. akalily

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 08:38

    pak, ini pendaftarannya sudah dibuka apa belum, saya buka website unnes tp tidak ada kolom pendaftaran… apa onlinenya lgsg kekampus unnes? atau memang belum dibuka….
    terimakasih

  45. Three_soesanto

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:02

    pak sucipto……….fee 2jt itu dah dapat biaya hidup buat makan apa belum.kalau belum ya 2jt apa cukup buat biaya hidup dinegeri orang.mohon diperjelas lagi infonya.soalnya ini sudah tgl 20

  46. emma

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:04

    maav pak sblmnya mau tnya pndftrn d unnes gmn ya?ku mlh bisanya buka pndftrn yg di UM(universitas ngri malang)…
    kok yang d UM pnjelasannya gag ada sulawesi utara mlh adanya maluku utara

  47. aiyu

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:05

    pendaftaranya gmn ya…? blm ada di unnes.ac.id

  48. huda

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:10

    semangatlah wahai teman-teman yang ingin mengabdikan dirinya pada negara

  49. divy

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:29

    berarti kita harus daftar ke kampus yamg sudah ditunjuk secara langsung ya pak? makasih

  50. ani kurniasari-cirebon

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:40

    sebelumnya mohon maaf pak, kenapa tautan untuk pendaftarannya tidak bisa di buka???? syarat pendaftaran seperti keterangan dari kepolisian, dll dikirimkan melalui online atau langsung ke unnes? mohon untuk diperjelas tentang syarat dan ketentuan pendaftarannya. terima kasih…..

  51. fitriyatul marzukah

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:51

    assalamu’alaikum pak…. dlm masing-masing tempat di kelompokkan beberapa orang apa satu satu pak?trus masalah tempat tinggal apakah kita mencari sendiri atau ada asrama?mohon penjelasannya,terimakasih pak…

  52. izza

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:53

    saya berharap sekali program ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. mohon informasinya di perjelas lagi mengenai pendaftarnnya. hanya lewat online apa langsung ke campus unnes? saya berminat sekali untuk mengikutinya karena ini sesuai cita2 saya sejak saya masih semester 3 untuk mengabdikan jiwa raga meski harus ke pelosok daerah.

  53. bimz

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 09:55

    .klo cm psang ikln tnpa kjlsan bhkan info yg baik, tlong jngn trllu mnjanjikn sbuah hrapn

  54. Three_soesanto

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:05

    pak sucipto daftarnya kok belum bisa thu bagaimana

  55. tuti alawiyah

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:16

    Bagaimana tentang biaya PPG selama satu tahun, apakah biaya dari pribadi atau akan dapat beasiswa? kalau ada beasiswa saya akan langsung mendaftar, kalau biaya pribadi saya masih pikir-pikir.

  56. muth

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:19

    so….gmn cara pendaftarannya??? kawan.. ada kah yang uda mendaftar? ato yang uda dateng langsung ke UNNES??
    mohon infox segera.. thanks

  57. Shinta ASyanti

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:29

    PAk atau teman2 semua mau tanya..jika bukan dari S1 kependidikan NAMUN S1 T.informatika di Swasta BAGAIMANA bisa daftar tidak ????? MOHON DI BLSSSS

  58. Mahardika Bagus Prasetyo

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:31

    Bapak Sucipto Hadi Purnomo terhormat
    saya mau menanyakan mengenai persyaratan pendaftaran :
    1. Surat Keterangan Berkelaukuan Baik dan bebas narkotika itu didapat dari pihak yang berwenang? apakah cukup polsek atau polres ya pak?
    2. Belum menikah atau tidak akan menikah selama ditugaskan, nah apakah kita perlu membuat surat keterangan belum menikah itu pak? kalau ya, lewatnya dari kelurahan setempat kemudian disahkan oleh kepala desa atau dari KUA setempat pak?
    3. apakah pendaftaran ini yang berada di UNNES hanya untuk pendaftar dari wilayah jawa tengah saja atau boleh mendaftar di Univ. yang lain?
    4. Pendaftaran dibuka mulai kapan pak?
    mohon maaf sebelum dan sesudahnya, dan diucapkan banyak terimakasih untuk bantunnya.

  59. kurniawan

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:43

    assalamu’alaikum..
    pak saya berniat ikut…untuk d luar lulusan unnes boleh ikut ndak?? trus tmpat pndaftarannya d unnes apa online??
    terima kasih sebelumnya..
    wasallamu’alaikum..

  60. umah

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 10:55

    syaratnya blm mnikah tp kalo statusnya janda blh ga ikut daftar?

  61. herman

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 11:37

    klo pilih tempat bs g ?

  62. Yusnia Ayu Kusumaningtyas

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 11:41

    pendaftaran lewat online bisa apa tidak?

  63. ela

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 11:42

    apakah yang boleh mengikuti program ini hanya terbatas mulai angkatan 2008 saja? sangat disayangkan saya tidak dapat ikut program ini, dikarenakan terhalang persyaratan tersebut. semoga ke depan menjadi pertimbangan lagi mengenai syarat tersebut. terimakasih.

  64. hardianto

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:03

    Aku sangat siap dan sanggup…tapi sayang ada sarat belum menikah…apa tidak bisa di rubah

  65. Sandra Noryz

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:19

    Online belum bisa mendaftar…Bagian pendidikan dan evaluasi UNNES juga belum bisa memberi informasi lebih detail mengenai prosedur pendaftaran. Alasannya karena belum semua link terhubung dengan semua LPTK…mungkin UNNES salah satunya.

  66. hardianto

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:27

    Bapak pengambil kebijakan tolong pertimbangkan lagi syarat blm menikah…banyak yang telah minikah tapi sangat siap untuk ditugaskan di daerah terdepan…termasuk saya….terimakasih

  67. catur sari dewi

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:40

    web untuk daftar gimana..??? saya lulusan pendidikan matematika
    saya berminat

  68. edi prasojo

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:41

    kalau sudah menikah apa tidak boleh daftar??

  69. reny

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 12:50

    terima kasih infonya.pak pendaftaran tautannya tidak bisa dibuka apakah saya daftar nya dtng langsung ke LPTK aj???.terima kasih.

  70. yohana

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 13:05

    kalau saya mahasiswa PPs apakah PPGnya sudah menempel atau masih hrs sekolah lagi.

  71. catur sari dewi

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 14:26

    yang sudah membuka pendaftaran online di UM (malang) kalau ikut disana jauh.., mending ikut di semarang aja.., ayo UNNES segera buka pendataran onlinenya.., terima kasih

  72. Christianto

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 14:46

    Bapak Ibu LPTK Unnes,mohon info yang lebih jelas, untuk status guru yang direkrut itu sebagai guru apa?apa selain honor dari pusat (seterusnya atau bagaimana?)apa juga Tunjangan Sertifikasi PPG, jadi mendapatkan penghasilan 2 x atau bagaimana?Terima kasih…mohon dijelaskan!

  73. ratu ismah

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 15:28

    gmn pak,saya nih llsan eko bs msk g krn trhlng prsyrtn llsn(angktn) mhn kjlsnnya & ol nya gbs dbk.

  74. Muhandis Faruq

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 15:57

    Saya sudah 4 bulan menikah, tapi berminat untuk ikut, bagaimana pak?? Apa tetap tidak boleh?Setelah 1tahun Mengikuti PPG bagaimana dengan nasib kami berikutnya pak?

  75. Muhan

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 16:18

    Mohon ada perubahan kebijakan, diperbolehkan ikut bagi yang sudah menikah asalkan benar-benar sanggup…saya sanggup pak…,Oya setelah besok ikut PPG lantas bagaimana nasib kami berikutnya pak?mksh…

  76. Arif

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 19:49

    Pak, saya berminat sekali dalam program ini , tapi besok tgl 29 oktober 2011 baru akan diwisuda dan sekarang belum mendapatkan ijazah s1. yang mau saya tanyakan , bisakah saya ikut mendaftar sedangkan ijazah belum ditangan,?klo bisa apa dan gimana caranya?makasih,,,…

  77. taufik

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 20:03

    kalau bukan alumni dari unnes gmn,peluangnya, atau memang progam itu di khususkan buat alumni situ ?
    suwun

  78. tatta

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 20:51

    kalau wisudanya masih bulan desember gimana? kan masih lulusan th 2011,.. sudah sidang skripsi, sudah yudisium, sudah lulus, coumloude, tapi cuma tinggal nunggu wisuada saja!
    jika tidak bisa,.. sungguh disayangkan,… :'(

  79. miftah

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 20:56

    apakah sudah positif pns yaaaa

  80. Nasrudin Yazid

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 20:56

    Kenapa yang udah nikah nda boleh kita sama-sama warga indonesia yang kepingin mencerdaskan bangsa. mohon kalau bikin program jangan membatasi diri.

  81. Rahmat

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 21:04

    kalau sudah punya bini tidak boleh ikut mendaftar ya?emang kenapa?syaratnya kok gitu kami kan mau ikut daftar juga

  82. Rahmat

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 21:06

    mungkin sebaiknya di umumkan jenis formasinya biar tidak bingung kan jurusan pendidik macam-macam boz

  83. Rahmat

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 21:08

    kami berharap agar informasi lebih lengkap dan jelas terima kasih nuwun

  84. rianta

    Kamis, 20 Oktober 2011 | 23:36

    Program Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia pastinya bukan AKMIL karena mencerdaskan pasti menggunakan OTAK DAN KOMPETENSI, knp harus ada syarat HARUS BELUM MENIKAH? bukankah Yang sudah menikah malah mempunyai tanggung jawab yang tinggi, mampu beradaptasi dan siap berkompetisi?? Bp. Sucipto Hadi Purnomo sudah menikah dan bisa membandingkan lebih bertanggungjawab mana anda pada waktu belum menikah dan setelah menikah, mohon di kaji kembali. terimaksih..

  85. zaman

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 00:25

    sepertinya menarik sekali ya kalo bisa berpartisipasi…

  86. sarjana muda sibuk mencari kerja

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 07:26

    yang udah menikah gak boleh ikut? Owalah pak, mau bikin program kok syaratna diskriminasi sekali. Kok tidak sekalian syaratnya yg belum pernah KAWIN???

  87. putri handayani

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 08:30

    saya sangat berminat dengan program ini,namun saya sdh menikah dan memiliki anak berusia 10 bln<bagaimana harap dipertimbangkan?

  88. Masrofi

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 08:34

    Selamat pagi Indonesia..
    Salam Indonesia Bersatu.
    mohon info link untuk pendaftaran on-line SM-3T nya pak.
    .
    Terima kasih

  89. arum

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 09:58

    INFO NYA GK JELAS….dtg k LPTK unnes malah lum tau jg info pastinya?

  90. poetry widiyanti

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 10:36

    ass, subhanallah bgt ada program kyk gini, seneng bgt ngelihatnya, minta info yg jelas dung mengenai syarat2 pendaftaranya gmna? n cara daftarnya jg gmna caranya, syukron.,

  91. IKA ARIES TANTIYA

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 10:50

    mohon penjelasan lebih detail mengenai syarat2 n ketentuannya, trimakah

  92. IKA ARIES TANTIYA

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 10:53

    saya sangat tertarik dengan info ini, semoga saya bisa ter-rekrut jg,, amien, oia pak, bagaimana pembuktian bahwa seseorang itu aktif dalam organisasi, apakah dengan melampirkan sertifikat ato lampitan lain? terimakasih , mohon penjelasannya

  93. Nana

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 11:03

    Mendaftarny online atau lgsg k lmbga univ.yg brsangkutan pak?

  94. yoyo

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 11:13

    untuk biaya hidup disana siapa yang nanggung pak…kalau gaji perbulan 2 jt itu cukup buat makan saja…apalagi diluar jawa semuanya mahal beda dengan dijawa mohon untuk dipertimbangkan….

  95. Ageng Sutejo, S.Pd

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 13:35

    cukup g y, honor 2 juta/bln buat kebutuhan hidup di daerah tsb, “Sarjana Mendidik di Pelosok Dapat Honor Rp2 Juta per Bulan”.

  96. setiyo rojikin

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 13:43

    ni saya bukan jurusan kependidikan tpi sudah mengajar,kira-kira masih bisa ikut berpartisipasi gak ya?

  97. Arie Kusworo, S.Pd

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 14:57

    Syarat dan ketemtuaannya bagalmana?
    pendaftaran lamaran atau via email?

  98. Riz

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 15:30

    rekan2 semua mbok yo pd bersabar.. jgn pngen’y sgla hrus cpet dan instan, klo penasaran dtg aja ke unnes, temui pk.cipto… (heheh) mengenai beberapa ‘requirement’ itu emang bgtu, psti dbuat aturan seperti itu sdh sgt dipertimbangkan, bukn krna diskriminasi atau gmna… ikuti aturan main adlh awal dari fairplay

  99. Devitta

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 19:36

    Pak,,,apakah sesampai di tempat tujuan kita sudah disediakan tempat tinggal atau bagaimana rinciannya…pengen ke ikut berp[artisipasi tapi kok ea dr pihak ortu agak berat hati menyetujui

  100. muzaki mahar

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 20:10

    Pak,tata cara ndaftar PPGT bgaimana???berkas2 harus dianter kmana??????

  101. gatot sukarno putra

    Jumat, 21 Oktober 2011 | 20:10

    As.wr. wb.Apabila kelak dalam pendaftaran online yang mengakses banyak sehingga terjadi error aksesnya dan sangat sulit untuk pendaftaran onlinenya karena yang membuka beribu-ribu orang Apakah boleh langsung mendaftar keseketariat pendafataran Di salah satu Tempat LPTK?.Saya Tunggu jawaban dari Bapak Sucipto.?

  102. fera

    Sabtu, 22 Oktober 2011 | 10:37

    kapan di buka pendaftara online……………………..

  103. buwax

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 09:48

    gaji 2 juta apakah bersih pak..

  104. dodo

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 10:31

    mohon pertimbanganya pada syarat belum menikah, karna bagi teman teman yang sudah menikah juga berhak mendapat pekerjaan da kesempatan mengabdi dan mencerdaskan bangsa

  105. Nana

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 14:04

    Pak apabila saya k uny,apakah cr daftar,tgl pndaftaran sama dgn di unnes.

  106. Nana

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 14:08

    Pak pndaftrn onlineny dibuka kpn? N saat msuk k alamat unnes.ac.id knp sulit bgt?apakah sama mendaftar lewat online dgn lgsg?

  107. aik irma

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 17:02

    saya bukan sarjana pendidikan tapi saya sudah mengabdi di dunia pendidikan selama 3 tahun dan bidang saya adalah sains,apakah bisa ikut daftar?

  108. JAWARA

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 19:34

    PEMERINTAH HANYA PANDAI MEMBUAT RENCANA DAN PROGRAM !!! SUKA LATAH/ IKUT2AN ..!! ITU KARENA SEKARANG LAGI IRI DENGAN KEMAJUAN PENDIDIKAN MALAYSIA!!! HANGAT2 TAHI AYAM !!! KASIHAN JIKA TAHINYA SUDAH DINGIN, NASIB PEMUDA GURU (SM3T) BAKALAN TERLANTAR!!! MANIS RENCANANYA, PAHIT DAMPAKNYA…. DUIT 2… SEMUA ORANG BUTUH DUIT… JADI PNS DARI DULU PERLU DUIT…!!! MAKANYA NEGARA JADI SARANG DEMIT>>!!!

  109. JAWARA

    Minggu, 23 Oktober 2011 | 19:44

    kpd sdr. sucipto hadi purnomo, SING WIYATA 5 – 10 TAHUN ISIH AKEH..!!! KOK ORA DI URUSI!!! OPO DO KEPENGIN GOLEK RAI…!!!???

  110. Archuna

    Senin, 24 Oktober 2011 | 21:10

    mending jangan ikut kawan karena programnya penuh dengan janji2 yg tidak jelas……..awas menyesal dikemudian hari…..

  111. iwan setiawan

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 00:23

    jangan jangan
    jangan
    jangan
    ini PENIPUAN… soalnya saya sudah mengakses situs resmi UNIMED medan, tapi informasi ini tidak ada, sepertinya UNNES yg paling mantap memberikan informasi ini.
    coba kawan_kawan akses dulu ke LPTK universitas lain.
    semoga aja bukan PENIPUAN.
    yg paling aneh saat kita klik tautan halaman UNIVERSITAS lain lewat situs ini malah kagak bisa.
    wowww moga2 bukan penipuan.

  112. iwan setiawan

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 00:32

    di unnes sudah bisa kita daftar online internet, tapi LPTK lain/ universitas lain kok tidak ada info tentang hal ini.
    jangan jangan !!! jangan jangan !!!! ini PENIPUAN. harusnya jika ini program ini bersifat resmi dan nasional maka sangat mudah buat CEKGU CEKGU ni kemudahan mengakses ini informasi dari LPTK LPTK yang lain. mohon penjelasan situs resmi hal berita ini di universitas ini jika ini adalah kerjasama sesama LPTK LPTK indonesia.

  113. iwan setiawan

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 00:40

    PENIPUANNNNN. DI LPTK LAIN SANGAT SULIT MENDAPATKAN INFORMASI SEDETIL INI. CUMA UNNES AJA YG DETAIL. JANGAN JANGAN INI ADA UDANG DIBALIK BATU, COBA KAWAN KAWAN BUKAK SITUS UNIVERSITAS LAIN/ LPTK LAIN YANG ADA INFORMASI SEDETIL DISINI. PASTI JAWABAN TIDAK ADA.
    PENIPUANNNNNNNNN

  114. dwi ari swandi

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 11:14

    kalau seandainya diterima, untuk pendidikan Matematika mengajar di SD/SMP/SMA,?? terus ada biaya yang harus dikeluarkan tidak,?
    terima kasih,

  115. nur

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 14:42

    apakah gaji 2 jta/blan untk hdup di luar jawa itu cukup???? apakah biaya asrama+makan+dll sudah ditnggung phak pnyelenggara???

  116. almi

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 18:05

    masa krj brp thn di sana?trims

  117. Archuna

    Selasa, 25 Oktober 2011 | 18:52

    JANGAN MAU JADI KELINCI PERCOBAANNYA DIKTI KAWAN
    MENDING YANG SUDAH WIYATA JANGAN IKUT PROGRAM INI
    CARI KERJAAN SSAMPINGAN YANG LAIN…
    HIDUP DI JAWA ADALAH YANG PALING NYAMAN….
    WASPADALAH
    WASPADALAH
    JEBAKAN BETMEN….

  118. sulpan

    Kamis, 27 Oktober 2011 | 08:16

    link pendftarannya di perjelas dong bila perlu kalolangsung di buka langsug muncul link pendaftarannya

  119. mathias m.ola

    Selasa, 29 November 2011 | 07:24

    kami pernah kirim nama 50 orang dari Nusa Tenggara Timur lewat pengelola PPG Universitas Manado atas permintaan mereka tapi sampai dengan saat ini tidak ada berita lebih lanjut mohon info balik.

  120. zulhaeri ishak

    Senin, 25 Juni 2012 | 19:48

    Asslmlkm. Salam pendidikan. Bagaimana nasib atau kelanjutan dari peserta sm3t yang sudah mengabdi di daerah terpencil? apakah mereka akan diangkat menjadi cpns jika sudah mengabdi? trima ksih………..

  121. PRASETYO

    Jumat, 6 Juli 2012 | 22:14

    saya bersedia,,,demi mencerdaskan saudara-saudara se TANAH AIR saya akan bulatkan tekat untuk mengabdi pada negeri kita tercinta INDONESIA ………

  122. nonny

    Kamis, 12 Juli 2012 | 12:15

    Met siang pak. Sy mau bertanya pak, bagaimana kelangsungan nasib kami setelah program 3T dan PPG selesai? karena sekolah asal kami atau tempat kerja kami yang pertama pasti sudah merekrut tenaga kerja yang baru segera sesudah kami ikut program 3T. terima kasih

  123. Yanti

    Rabu, 12 September 2012 | 14:03

    Stlah sya mgabdi d daerah 3T trnyata bgt bnyk tntagan/pndritaan yg sya hdpu dsn sla 1.x sya prna dpukulu oleh wrga dsn cma krn irihati ats kcntkan,,, muda2hn dgn pgabdian sya ad masa dpan yg cerah jg yg dbrkan dri DIKTI

  124. sugik

    Sabtu, 29 September 2012 | 20:48

    ternyata tdk ada kontrak dengan pihakkementrian bahwa peserta SM3T yg telah lulus PPG akan di PNS kan cuman sebagai langkah persuasif agar kiranya pemda memperioritaskan pengangkatan peserta SM3T, tpi yakin sja peluang i2 akan lebih besar untuk kawan2 peserta sm3T, SalamIndonesia maju bersama
    by: peserta sm3t 2012.

  125. cilmut

    Jumat, 12 Oktober 2012 | 21:10

    wah, kesempatan seperti ini ko di bilang penipuan. kerjasama dengan dikti, diprioritaskan untuk pns. apalagi yang kurang? kenapa selalu memilih zona aman dan nyaman ketika zona tidak nyaman lebih berpeluang untuk menyukseskan kita. sarjana ko tak mau susah..
    semangat kakak2 sm3t..pahala dari Tuhan YME selalu mengiringi langkah mu. aamiin

  126. yunita

    Kamis, 17 Januari 2013 | 17:45

    kenapa sarjana pendidikan yang sudah menikah dilarang ikut SM-3T, padahal hal tersebut tidak akan menghalangi semangat seorang guru untuk mengabdi, saya rasa surat pernyataan diperbolehkan dari keluarga terdekat sudah menjadi hal yang seharusnya dibutuhkan. Saya rasa pihak yang berwenang dalam hal ini bisa memikirkan kembali tentang persyaratan yang satu ini!

  127. IRA SITEPU

    Kamis, 14 Maret 2013 | 08:28

    APAKAH D.BUKA UNTUK TAHUN 2013

  128. Arie Dwiyana

    Jumat, 22 Maret 2013 | 14:30

    Mohon informasi untuk angktan tahun 2013 apkah masih dibuka lagi untuk kesempatan ini?
    Untuk Fers Graduated ap diperbolehkan?
    Trmkci

  129. JUMRAWATI

    Kamis, 9 Mei 2013 | 21:20

    ASSLM,,,mohon informasinya untk angkatan 2013,,dan gimana cara untuk mendaftarkan diri,,,,,,

  130. iwan saputra

    Sabtu, 22 Juni 2013 | 17:25

    bagaimana cara daftarkan diri,,,, saya sangat tertarik dengan program ini
    cinta mengajar untuk indonesiaku

  131. Miss Daisy

    Jumat, 12 Juli 2013 | 12:44

    Dear All…
    pendaftaran ONLINE untuk program SM3T Sudah mao berakhir per 15 July 2013, silahkan akses ke Situs DIKTI…

    doakan buat yang berminat bisa lolos…

    Semoga kita bisa mengabdi untuk kemajuan pendidikan di indonesia.

  132. agyil syahril

    Rabu, 24 Juli 2013 | 12:31

    apakah setelah mengikuti sm3t dan ppg, peserta yg ikut akan mengganggur kembali, seperti sebelum mendaftar kegiatan tersebut diatas?
    trus bagaiman nasib yg dimiliki oleh guru honor yg mengikuti kegiatan ini, apkah dia tdak akan menjadi guru honor lagi di tempatnya setelah selesai dari semu kegiatan tersebut di atas? terima kasih