Penting, Keterampilan Jurnalistik bagi Calon Guru

Senin, 7 Oktober 2013 | 11:24 WIB


Penting, Keterampilan Jurnalistik bagi Calon Guru
HUMAS/SETYO YUWONO

Keterampilan bidang jurnalistik tak hanya diperlukan oleh wartawan profesional. Calon guru juga memerlukan keterampilan di bidang itu untuk menunjang profesi sebagai pendidik. Demikian dikatakan Kepala UPP PGSD Unnes Tegal Akhmad Junaidi saat membuka pelatihan jurnalistik PGSD UPP Tegal, Senin (7/10).

“Anda sekalian bisa menggunakan untuk memublikasikan gagasan-gagasan Anda kepada masyarakat. Juga, menggunakan keterampilan itu untuk mengembangkan karier,” katanya.

Pelatihan yang diikuti lebih dari 90 mahasiswa itu difasilitasi tiga pembicara, antara lain Surahmat untuk materi reportase, Lintang Hakim untuk materi fotografi, dan Setyo Yuwono untuk materi desain media.

Selain untuk mengemangkan karier, menurut Junaidi, softskill bidang jurnalistik diperlukan untuk menyosialisasikan program lembaga tematnya bekerja. “Silakan diikuti sebaik mungkin. Saya ykini ini memberi banyak manfaat.”

Terpisah, Kepala UPT Humas Sucipto Hadi Purnomo mengungkapkan, usai mengikuti pelatihan mahasiswa diharap bisa menulis berita dan artikel. Produk berita dan artikel dapat dikemas dalam media internal, media komunitas, juga media luar.

“Pelatihan ini sekaligus jadi undangan kepada mahasiswa dan dosen PGSD UPP Tegal untuk berpartisipasi pada berbagai kegiatan publikasi,”katanya sambil mengungkapkan bahwa baik warga kampus Sekaran, Ngaliyan, maupun Tegal sebagai sebuah keluarga besar. Hingga berita ini diturunkan pelatihan masih berlangsung.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 1.983 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

6 komentar pada “Penting, Keterampilan Jurnalistik bagi Calon Guru

  1. Wah, acata yg sangat super sekali. padahal sampai hari ini saya masih dlm proses membuat berita acara ini, eeh tapi sudah Mas Setyo post beritanya. ternyata butuh proses utk menjadi jurnalis hehe :)

  2. Wah, acara yg sangat super sekali. padahal sampai hari ini saya masih dlm proses membuat berita acara ini, eeh tapi Mas Setyo udah post berita duluan :D ternyata butuh proses utk menjadi jurnalis hehe :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *