Peringati Sumpah Pemuda, Hima Sejarah Gelar Seminar Nasional

Kamis, 29 Oktober 2015 | 22:18 WIB


Peringati Sumpah Pemuda, Hima Sejarah Gelar Seminar Nasional
HUMAS/DOK

Pada peringatan hari Sumpah Pemuda ke-87, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Sejarah Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar Seminar Nasional di Gedung C7 Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Rabu (28/10).

Dengan Tema “Aktualisasi Semangat Sumpah Pemuda: Penguatan Karakter Melalui Sejarah dan Budaya”, seminar ini diikuti 222 peserta. Sejarawan Nasional JJ Rizal dan Gunawan Budi Santoso (Kang Putu) menjadi pembicara dalam seminar ini.

JJ Rizal mengatakan ada perbedaan pemuda pada masa pergerakan nasional dan pemuda masa kini. “Pemuda zaman dulu itu jika punya uang, pertama membeli buku, kedua pergi ke penjahit terbaik, dan bedanya dengan pemuda sekarang apa? Pemuda masa kini itu jika punya uang akan pergi ke  distro (distribution outlet) membeli celana keren, membeli kaos keren, tapi tidak membeli buku.”

Ketua HIMA Sejarah Ganda Febri Kurniawan menyampaikan acara ini digelar dalam rangka untuk mengaktualisasi semangat Sumpah Pemuda. “Demi mengembalikan eksistensi Pemuda Indonesia di mata nasional maupun internasional dan juga untuk kembali merefleksikan nilai-nilai kepemudaan yang sudah mulai terlupakan, terutama membaca dan menulis.


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 728 kali
EDITOR : Lintang Hakim