Penting soal Verifikasi PDSS dan Pendaftaran SNMPTN

Selasa, 5 Februari 2013 | 12:45 WIB


Penting soal Verifikasi PDSS dan Pendaftaran SNMPTN
DESAIN OLEH HUMAS

Ada beberapa hal penting terkait dengan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

Apa saja itu? Berdasarkan e-mail panitia pusat ke Humas Unnes, batas waktu untuk verifikasi nilai bagi siswa sampai saat ini tetap 8 Februari 2013. “Untuk itu, yang perlu diperhatikan adalah jika kepala sekolah sudah memverifikasi nilai siswa, kepala sekolah akan memperoleh password untuk tiap-tiap siswa,” kata Kepala Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo, mengutip pemberitahuan tersebut.

Apa langkah berikutnya? “Selanjutnya siswa masuk ke laman pdss.snmpt.ac.id untuk melihat data nilai yang dimasukkan oleh kepala sekolah. Cek data nilai tersebut. Jika sudah benar, siswa mengklik menu Verifikasi Nilai. Jika ada kesalahan, hubungi kepala sekolah. Jadi, jangan buru-buru mengeklik Verifikasi Nilai. Atas laporan siswa, kepala sekolah akan memperbaiki nilai yang salah di laman beliau,” katanya.

Setelah memverifikasi nilainya, lanjut Sucipto, siswa baru bisa mendaftar di laman snmptn.ac.id

Pendaftaran
Pendaftaran dimulai dengan masuk ke laman snmptn.ac.id dan memilih menu pendaftaran. Jika nilai sudah diverifikasi, siswa dapat lanjut untuk mengisi item yang ditanyakan. “Namun jika nilai belum diverikasi, akan muncul pesan ‘nilai anda belum diverifikasi’, dan siswa harus kembali ke laman PDSS untuk memverifikasi nilai,” katanya.

Berikut tahapan pendaftaran secara lebih detail.
Pertama, siswa login menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah (password sama dengan yang dipakai untuk login di http://pdss.snmptn.ac.id) selama 1 Februari 2013 – 8 Maret 2013.

Kedua, siswa mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi portofolio (jika memilih program studi seni/olahraga) pada 1 Februari 2013 – 8 Maret 2013.

Ketiga, siswa melakukan finalisasi pendaftaran pada 9 Februari 2013 – 8 Maret 2013.

Keempat, kepala sekolah melakukan verifikasi dan rekomendasi terhadap pendaftaran siswa pada 9 Februari 2013 – 8 Maret 2013.

Kelima, siswa mencetak kartu ujian SNMPTN 2013 9 Februari 2013 – 8 Maret 20.


DIUNGGAH : Dwi Sulistiawan Dibaca : 71.810 kali
EDITOR : Sucipto Hadi Purnomo

287 komentar pada “Penting soal Verifikasi PDSS dan Pendaftaran SNMPTN

  1. bagaimana kalaw tanggal,bulan,tahun lahir salah??sementara pendaftaran sudah d finalisasi???apakah bisa di perbaiki??

  2. Min gimana kalo salah isi formulir, yang seharusnya di isi NIS tapi sya tlis NISN ? Ksalahan fatal gak ? mohon bantuannya ya, makasih

  3. assa………………/
    saya mau tanya ,saya kan sudah di finalisasi snmptn nya tapi pas pengen ke bidikmisi nya malah ada tulisan kamu harus ganti jurusan tetapi gak bisa di ubah lagi , gmana cara nya?

  4. salammm””

    mau nanya ni pakk,,,,nama ku di pdss ada yang di singkat,,,,trus pas di finalisasi ,,,nama anda berbeda dengan no un yang di daftarkan,,,itu gmna y pak,,,tolong di balas ,,terima kasih

  5. Buat Admin mohon tanggapanx mengenai pertanyaan masalah Password yg lupa. Jawabn dari Admin saya kami harapkan. jangan Diam aja. Trims

  6. saya pengen ikut program jalur bidik misi, tetapi jadwal bidik misinya udah lewat , trus apa ada jalan lain selain jalur bidik misi bagi saya?
    karena saya kurang biaya. tolong tanggapannya Admin :)

  7. bagaimana kalau data yg d masukkan berbeda antara nama d data UN, nama d SNMPTN dan nama d BIdikmisi. karena ada penyingkatan nama yang tidak sama… mohon bantuannya ntuk merubah data… thanks..

  8. @all tmen2 yg lupa password,,, yg lupa,,, menghadap aja k pihak sekolah.. dan mohon untuk ganti password yg baru… smoga dpt mmbantu tman2 yg punya masalah lupa password…

  9. salah tahun lahir.kemaren uda finalisasi.trus kartu ny uda keluar.trus pas saya buka ge pendaftaran tu kata ny salah data saya.kata nya di dis.
    smentara kartu kemaren uda kelua.gimana ne???

  10. saya mau tanya bagaimana cara untuk mengubah no UN yg salah? apa mash bisa d rubah? saya minta tolong di balas wassalam….

  11. maaf saya mau tanya bagaimana cara mengubah no UN yang salah diberikan oleh sekolah? tetapi data saya sudah di vinalisasi terlebih dahulu. apakah masih bisa di perbaiki? saya mohon balasannya trimakasih…..

  12. Min mau nanya, kalo terlambat yang ngeprint out kartu pesertanya itu apakah gagal dalam pendaftarannya tah.?
    Saya baru kemarin tanggal 22 april yang ngeprint out :( ya alloh, balas yaa vvia emailku makasih, saya tunggu jawabannya :(

  13. saya mau tanya, ketika saya melihat data pdss ternyata tanggal kelahiran saya salah, itu bagaimana? mahon dibalas, terimakasih :)

  14. min maaf mau nanya,sayakan sudah finalisasi semua,tapi hp saya ilang sedangkan pass nya ada di hp saya ,dan saya jga lupa pass, apa masih bisa diperbaiki sedangkan pendaftarn snmptn kan sudah ditutup mohon saran min:(

  15. maaf sebelumnya saya mau tanya .
    snmptn yg sudah di finalisasi tapi salah nomor UN . apa bisa diperbaiki lagi ?

    MOHON BANTUANNYA …
    terimakasih ..

  16. Maaf sebelumnya, saya mau tanya…
    pendaftaran SNMPTN saya sudah saya finaliasasi pada bulan maret kemarin. Dan setelah saya cek kemarin ternyata saya salah memasukkan nomor UN saya.
    Apakah ada cara untuk memperbaikinya ?
    Mohon di jawab.
    Terima kasih…

  17. maaf sebelumnya saya mau tanya . snmptn yg sudah di finalisasi tapi salah nomor UN . apa bisa diperbaiki lagi ? MOHON BANTUANNYA … terimakasih ..

  18. Maaf sebelumnya saya mau tanya, snmptn sdh di tutup kan ya, dan sdh d finalisasi. Nah yang saya lupa itu mengunduh kartu peserta snmptn. Itu gmna caranya ya. Mohon bantuannya.

  19. tolong bantu saya dong. gimana cara mengetahui password yang sudah diganti? tolong secepatnya,, soalny, masih memasukkan banyak data untuk persyaratannya

    tolong di kirim melalui email

  20. permisi saya mau tanya gimana kalo lupa password yang sudah diganti? apa ada solusinya? tolong kirim jawaban ke email saya. terima kasih

  21. Permisi, apabila no rumah saya yang ada di pdss salah, tapi sudah difinalisasi apa bisa diganti? apakah akan berpengaruh terhadap proses vrifikasi data saya di univ tempat saya diterima? terimakasih tolong jawabannya ya:”(

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *